Kumpulan Soal PISA Bahasa Indonesia

Tuesday, October 6, 2020

 


PISA adalah singkatan dari Programme for International Students Assessment. Program ini digagas oleh the Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). OECD melakukan evaluasi berupa tes dan kuisoner pada beberapa negara yag ditujukan pada siswa-siswi yang berumur 15 tahun.

 

Tahun ini ada tes PISA lagi untuk siswa dan siswi SMP/MTs di Indonesia, nantinya hasil tes PISA tersebut akan dibandingkan dengan hasil tes PISA dari negara lain. Tetapi banyak yang belum pernah mengetahui seperti apa soal PISA tersebut.


Berikut Kumpulan Soal PISA Bahasa Indonesia :

Soal Nomor 1  -  4

AMANDA DAN SANG RATU

Prolog: Sejak kematian Locadia, Sang Pangeran, yang mencintainya, sangat merana. Di sebuah toko yang bernama Rsd Socurs, Sang Ratu, yaitu bibi Sang Pangeran, bertemu dengan seorang pramuniaga muda, Amanda, yang sangat mirip dengan Locadia. Sang Ratu ingin agar Amanda membantunya membebaskan Sang Pangeran dari kenangan yang selalu menghantuinya

 

Suatu persimpangan jalan di halaman istana, bangku bundar di sekitar tugu kecil...senja mulai turun...

 

AMANDA

Saya masih tetap tak mengerti. Apa yang dapat saya lakukan untuknya, paduka? Saya tak percaya, Paduka telah berpikir... Dan kenapa saya? Saya cantik juga tidak. Dan bahkan kalau pun seseorang sangat cantik - siapa yang dapat dengan tiba-tiba datang dan menghilangkan kenangan Pangeran seperti itu?

 

SANG RATU

Tak seorang pun kecuali engkau.

AMANDA, betul-betul terkejut saya?

 

SANG RATU

Dunia ini begitu bodoh, Anakku. Ia hanya melihat parade, tingkah laku, dan pangkat atau jabatan...mungkin karena itulah engkau tidak pernah diberitahu. Tapi hatiku tidak pernah berbohong - Aku hampir berteriak saat kulihat engkau di Rsd Soeurs untuk pertama kalinya. Untuk seseorang yang mengenal dia lebih dari sekadar citra publiknya, kau adalah seseorang yang teramat mirip dengan Locadia.

Sunyi. Burung-burung malam kini telah mengambil alih nyanyian burung-burung senja. Alam dipenuhi bayangan dan ceririt burung.

 

AMANDA,dengan sangat lembut

Saya benar-benar merasa tak dapat, Paduka. Saya tak memiliki apa-apa, saya bukan siapa-siapa, dan pecinta-pecinta itu....adalah khayalan saya, tidakkah Paduka mengerti?

Ia telah berdiri. Seolah hendak pergi, ia mengambil tas kecilnya

 

SANG RATU, juga dengan lembut dan kelelahan.

Tentu saja, Anakku. aku minta maaf.

Ia juga berdiri, dengan sulit layaknya seorang wanita tua. Bel sepeda terdengar di kesunyian malam itu, ia terhenyak.

Dengar...itu dia! Coba perlihatkanlah dirimu padanya, bersandarlah di tugu kecil ini, di mana ia dulu pertama kali bertemu Locadia. Biarkan dia melihat mu, walaupun untuk sekali ini saja, biarkan ia berteriak, tertarik oleh kemiripan ini, pada rencana yang akan kuakui padanya besok, yang pasti akan membuatnya membenciku - pada apa pun selain kekasihnya yang telah tiada, yang akan merenggutnya dariku suatu saat nanti, aku yakin...(Sang Ratu mencengkeram lengan Amanda) Engkau mau melakukannya, bukan? Aku memohon padamu dengan sangat, Nona. (Ia memandang Amanda dengan memohon dan menambahkan) Dan dengan begitu kau akan melihatnya juga. Dan...aku merasa tersipu-sipu mengatakannya lagi padamu - hidup terlalu gila ! Ini adalah kali ketiga aku tersipu-sipu dalam 60 tahun, dan kedua kalinya dalam 10 menit - kau akan melihatnya, dan seandainya dia bisa (mengapa tidak dia, dia kan tampan dan menarik dan bukan yang pertama) seandainya dia beruntung untuknya sendiri dan untukku, mengambil khayalanmu untuk sekejap saja...Suara bel lagi dalam bayangan, tetapi kali ini sangat dekat.

 

AMANDA, berbisik

Apa yang harus saya katakan padanya?

 

SANG RATU,mencengkeram lengan Amanda

Katakan saja: “Maaf, Paduka, dapatkah Paduka menunjukkan jalan ke laut ?

Amanda bergegas ke dalam bayangan pohon. Tepat pada waktunya. Ada kilasan pucat, yaitu Sang Pangeran dengan sepedanya. Ia lewat sangat dekat dengan Amanda di dekat tugu Amanda menggumam.

 

AMANDA

Maaf, Paduka

Ia berhenti, turun dari sepedanya, melepas topinya dan memandang Amanda

 

PANGERAN

Ya?

 

AMANDA

Dapatkah Paduka menunjukkan jalan ke laut?

 

PANGERAN

Berbeloklah di tikungan kedua ke kiri

Ia membungkuk, dengan sedih dan sopan, kembali menaiki sepedanya dan berlalu. Bel terdengar lagi di kejauhan. Sang Ratu keluar dari bayangan pohon, nampak sangat tua.

 

AMANDA, dengan lembut setelah beberapa saat

Ia tak mengenali saya...

 

SANG RATU

Memang gelap.... Dan lagi, siapa yang tahu wajah yang bagaimana yang disimpannya sekarang dalam mimpinya? (Ia bertanya pelan) Kereta api terakhir telah lewat, Nona. Maukah kau menginap di istana malam ini?

 

AMANDA, dengan suara aneh

Ya, Paduka

Hari benar-benar telah menjadi gelap. Keduanya tak lagi nampak dalam bayangan, dan hanya suara angin yang dapat terdengar di antara pohon-pohon besar di situ.

 

DEFINISI BEBERAPA PEKERJAAN TEATER

 

Aktor : memerankan peran di panggung

Sutradara : mengendalikan dan memantau semua aspek sandiwara. Dia tidak saja menempatkan para pemain, mengatur keluar dan masuk pemain dan menyutradarai permainan (akting) mereka, tetapi juga menyarankan bagaimana naskah harus diinterpretasi.

Staf Busana : memproduksi kostum untuk pemain.

Perancang Set : merancang model-model dan kostum. Model-model tersebut kemudian diubah ke dalam ukuran sebenarnya dalam workshop.

Manajer Props : bertanggung jawab untuk mencari properti/peralatan yang dibutuhkan. Kata “props” diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat dipindah-pindahkan: kursi, surat, lampu, bunga-bungaan, dan lain-lain. Set dan kostum tidak digolongkan ke dalam props.

Teknisi Suara : bertanggung jawab atas semua efek suara yang dibutuhkan dalam produksi. Ia bertugas mengendalikan kontrol suara saat pertunjukan.

Pembantu/Asisten Lampu atau Teknisi Lampu : bertanggung jawab atas pencahayaan. Ia juga bertugas mengatur cahaya saat pertunjukan. Pencahayaan begitu canggih sehingga suatu teater yang lengkap dapat mempekerjakan sampai sepuluh teknisi.

 

1. Klik pada satu pilihan jawaban!

Cuplikan sandiwara itu menceritakan Sang Ratu yang memikirkan tipuan agar ...

Amanda datang ke istana dan tinggal bersamanya.

Amanda membuat Pangeran melupakan kesedihannya.

Pangeran akhirnya memutuskan untuk menikah.

Pangeran lebih sering datang mengunjunginya.

 

2. Ketik jawabanmu!

 Dalam naskah sandiwara, selain kata-kata yang harus diucapkan pemain, ada pula perintah yang harus diikuti pemain dan teknisi teater. Bagaimana perintah-perintah tersebut dapat dikenali dalam naskah?

 

3. Sutradara menempatkan para pemain di panggung. Pada suatu diagram, sutradara memberi Amanda simbol huruf A dan Sang Ratu huruf D

 

Tarik dan geser huruf A dan Huruf D ke dalam diagram berikut untuk menunjukkan kira-kira di mana Amanda dan Sang Ratu berada ketika Pangeran tiba.



 

4. Klik pada satu pilihan jawaban!

 Mendekati akhir cuplikan sandiwara itu, Amanda berkata, “Ia tak mengenali saya...”

 Maksud perkataan Amanda adalah bahwa Sang Pangeran tidak ....

memandang pada Amanda.

menganggap bahwa Amanda mirip dengan Locadia.

menyadari bahwa Amanda seorang pramuniaga.

menyadari bahwa ia pernah bertemu dengan Amanda.

 

Soal untuk no. 5 – 11

 

HADIAH

Wanita itu bertanya-tanya sudah berapa hari dirinya duduk seperti ini, memandangi air keruh dan dingin merayap menutupi tebing tanggul. Yang samar-samar diingatnya hanya mulainya hujan, mengalir melintasi rawa dari arah selatan dan menghantam benteng rumahnya. Lalu air sungai mulai naik, turun lagi secara perlahan dan akhirnya berhenti sebentar untuk kemudian kembali seperti semula. Selama berjam-jam, air membanjiri sungai-sungai kecil dan parit-parit dan menggenangi tempat rendah. Di malam hari, ketika dia tidur, banjir telah menggenangi jalan dan mengurungnya sehingga dia duduk sendirian, perahunya hanyut, rumahnya seperti barang hanyut bertengger di tebing sungai. Bahkan sekarang air telah mencapai papan penyangga rumah yang berlapis aspal. Dan air terus naik.

 

Sejauh yang dapat dia amati, ke pucuk pepohonan di bantaran sungai di seberang, rawa itu seperti laut yang sepi, terbasuh siraman hujan, sungai lenyap ditelan air banjir. Rumahnya yang beralaskan perahu dibuat agar dapat dilayarkan tatkala banjir datang seperti ini, tetapi sekarang rumahnya sudah lapuk. Mungkin papan-papan di bagian bawah telah lapuk dan hanyut terbawa air. Mungkin juga tali penambat rumah ke pohon oak akan putus dan membuatnya hanyut ke hilir, seperti perahunya.

 

Tak seorang pun yang dapat menghampirinya. Dia dapat saja berteriak, tetapi tak akan ada artinya, tidak akan ada yang mendengar. Di rawa, yang lain tengah berjuang untuk menyelamatkan apa yang dapat diselamatkan, bahkan hidup mereka. Dia melihat sebuah rumah yang hanyut, dia termenung mengingat pekuburan. Ketika melihat rumah itu dia merasa bahwa dia tahu siapa pemiliknya. Melihatnya hanyut merupakan pemandangan yang mengerikan, tetapi pemilik rumah itu pasti telah menyelamatkan diri ke dataran yang lebih tinggi. Lalu, ketika hujan semakin lebat dan hari semakin gelap, dia mendengar suara harimau kumbang dari hulu sungai.

 

Kini rumahnya seakan-akan berguncang seperti sesuatu yang hidup. Dia kemudian mengulurkan tangannya untuk menangkap lampu yang miring di meja tidurnya dan menjepitnya di antara kakinya agar stabil. Dengan suara yang berderak-derak, rumah itu berusaha untuk keluar dari lumpur, terapung bebas, terombang-ambing seperti gabus dan bergerak perlahan-lahan terbawa arus sungai. Dia lalu mencengkram ujung tempat tidurnya. Rumah itu bergerak-gerak sepanjang tali tambatan. Terjadi sentakan dan derak kayu tua, lalu berhenti sesaat. Secara perlahan arus menghanyutkannya dan membiarkan terombang-ambing lagi, menuju tempat yang lain. Dia menarik napas dan duduk untuk beberapa lama merasakan ayunan yang bergerak perlahan. Gelap merayapi hujan yang belum reda, dan, dengan kepala di atas tangan, dia tertidur bersandar pada tempat tidur.

 

Malam harinya, suara jeritan membangunkannya, suara itu begitu memilukan. Dia sudah berdiri sebelum benar-benar terjaga. Dalam kegelapan kakinya tersandung tempat tidurnya sendiri. Suara itu berasal dari luar, dari sungai. Dia dapat mendengar sesuatu bergerak dan sesuatu yang besar mengeluarkan suara keras yang mengerikan. Bisa jadi rumah lain. Lalu menabrak, dan bukan tabrakan dari depan tetapi menyerempet sisi rumahnya. Ternyata hanya sebatang pohon. Dia mendengar dahan dan daun yang hanyut ke hilir, meninggalkan hujan dan daerah banjir, terdengar terus-menerus seperti menjadi bagian dari keheningan.. Sambil meringkuk di atas tempat tidur, dia hampir tertidur lagi sampai terdengar lagi suara jeritan yang kali ini begitu dekat seperti di dalam kamarnya. Dengan membelalakkan mata dalam kegelapan, dia meraba-raba tempat tidurnya sampai tangannya memegang laras senapan yang dingin. Kemudian dengan membungkukkan badannya di atas bantal, dia memangku senapan di lututnya. “Siapa di sana” tanyanya.

 

Jawabannya hanyalah suara jeritan yang berulang tetapi agak pelan, suara yang letih, dan diakhiri dengan keheningan. Dia kembali ke tempat tidurnya. Apa pun yang ada di luar itu, dia dapat mendengarnya bergerak di sekitar serambi. Papan berderak dan dia dapat mengenali suara benda jatuh. Terdengar suara cakaran pada dinding seolah-olah akan membuat jalan masuk. Sekarang dia tahu bendanya, yaitu seekor kucing besar, yang ditinggalkan oleh pohon yang tumbang dan hanyut melewatinya. Kucing besar itu datang bersama banjir, sebuah hadiah.

 

Tanpa disadari dia menekankan tangannya ke wajah dan lehernya sendiri yang tegang. Senapannya bergetar di atas lutut. Selama hidup dia belum pernah melihat harimau kumbang seperti ini. Dia pernah mendengar cerita tentang harimau itu dari orang lain dan pernah mendengar aumannya, seperti menderita, dari kejauhan. Harimau itu kembali mencakari dinding, dan menderakkan jendela dekat pintu. Sepanjang dia dapat mempertahankan jendela dan membiarkan harimau itu terkurung di luar antara dinding dan di air, dia akan baik-baik saja. Di luar, binatang itu berhenti menggaruk-garukkan cakarnya pada dinding lapuk. Sesekali, binatang itu hanya mengeram dan merintih.

 

Tatkala akhirnya cahaya menembus hujan, muncul seperti kegelapan lain, dia masih duduk di atas tempat tidurnya, dingin dan kaku. Tangannya, yang biasa digunakan untuk mendayung, terasa sakit karena terus memegang senapan. Dia tidak ingin bergerak karena takut menimbulkan suara yang akan memberi kekuatan pada harimau itu. Terlihat kaku, dia menggoyangkan badan seiring dengan gerakan rumah. Hujan belum reda juga seolah-olah tidak akan berhenti. Akhirnya, dengan cahaya remang-remang, dia dapat melihat banjir yang masih disirami hujan dan di kejauhan tampak ujung pohon yang tenggelam. Harimau itu tidak lagi bergerak-gerak sekarang. Mungkin sudah pergi. Dengan meletakkan senapan di sampingnya, dia turun dari tempat tidur dan bergerak ke arah jendela tanpa membuat suara. Ternyata ia masih ada di sana, meringkuk di ujung serambi, memandangi pohon oak yang masih hidup, penambat rumah, seolah-olah menghitung peluangnya untuk melompat ke sebuah dahan. Karena dia sekarang dapat melihatnya, harimau itu tidak tampak menakutkan lagi, bulu kasarnya berlekatan seperti ranting-ranting, perutnya kempis dan iganya menonjol. Mudah untuk menembaknya di tempat ia duduk, ekor panjangnya bergerak-gerak. Dia bergerak mengambil senapan saat harimau itu berbalik. Tanpa peringatan, tanpa peregangan otot, harimau itu melompati jendela, memecahkan kacanya. Dia terhempas, menahan jeritan, lalu mengambil senapan, dan menembakkannya ke jendela. Dia tidak dapat melihatnya lagi, tetapi dia meleset. Binatang itu bergerak lagi. Dia dapat melihat kepala dan punggungnya saat melewati jendela.

 

Menggigil, dia kembali ke tempat tidurnya dan membaringkan diri. Suara hujan dan sungai yang membuai, serta udara dingin yang menusuk, membatalkan niatnya. Dia hanya mengawasi jendela sambil tetap memegang senapan. Setelah menunggu beberapa saat, dia lalu bangkit untuk melihat. Harimau itu ternyata tertidur, dengan kepalanya berada di atas kakinya, mirip seperti kucing rumah. Untuk pertama kalinya sejak hujan turun, dia ingin menangis, menangisi dirinya, semua orang, dan semua yang terkena banjir. Ketika dia berbaring kembali di tempat tidur, dia menarik selimutnya ke atas pundaknya. Seharusnya dia ke luar saat jalan masih terbuka atau saat perahunya belum hanyut. Saat dia bergerak mengikuti gerakan rumahnya yang bergoyang, rasa sakit di perutnya mengingatkannya bahwa dia belum makan. Dia tidak ingat sudah berapa lama dia tak makan. Seperti harimau itu, dia juga merasa lapar. Lalu dia menyelinap ke dapur, dan membuat perapian dengan beberapa batang kayu yang tersisa. Apabila banjir terus berlanjut, dia akan membakar kursi, atau bahkan membakar meja sekalipun. Setelah mengambil sisa daging asap dari langit-langit, dia memotong beberapa potong daging itu tebal-tebal dan menaruhnya di penggorengan. Bau daging goreng itu membuatnya pusing. Ada biskuit basi sisa yang dia masak dulu dan dapat dimakan sambil minum kopi. Air pun berlimpah saat itu.

 

Ketika dia sedang memasak, dia hampir melupakan harimau itu sampai terdengar lagi geramannya. Harimau itu lapar juga. “Biarkan aku makan,” dia berkata, ” lalu aku akan mengurusmu.” Dia tertawa mencibir. Ketika dia menggantungkan sisa daging itu, harimau itu menggeram sehingga tangannya bergetar.

 

Setelah dia selesai makan, dia kembali ke tempat tidurnya lagi dan mengambil senapan. Rumahnya sudah terangkat begitu tinggi sehingga tidak lagi menggesek dasar tanggul ketika terayun kembali dari sungai. Makanan telah membuatnya hangat. Dia sebenarnya dapat mengusir harimau itu saat masih ada cahaya menembus hujan. Dia kemudian menyelinap ke jendela. Harimau itu ternyata masih di sana, menggeram dan mulai berjalan di serambi. Dia mengamati harimau itu untuk beberapa saat tanpa perasaan takut. Kemudian, tanpa memperdulikan apa yang sedang dia lakukan, dia meletakkan senapan di sampingnya dan kemudian berjalan dari ujung tempat tidur menuju dapur. Ternyata di belakangnya harimau itu bergerak dengan marah. Di dapur dia mengambil daging sisa dan berjalan lagi melalui lantai yang bergoyang menuju jendela lalu melemparkan daging itu melalui kaca jendela yang pecah. Di luar jendela, harimau lapar itu menyergap lalu menoleh kepadanya dengan tatapan heran. Terkejut dengan apa yang telah dilakukannya, dia kembali ke tempat tidur. Dia masih dapat mendengar suara harimau yang mencabik-cabik daging. Rumahnya kembali berguncang-guncang.

 

Saat bangun, dia langsung menyadari bahwa segalanya telah berubah. Hujan telah reda. Dia merasakan gerakan rumahnya, tetapi banjir tidak lagi menggoyangnya. Melalui celah pintu yang dibukanya, dia melihat dunia yang berbeda. Rumahnya berada di tepi tebing sungai, di tempat yang biasanya. Beberapa meter di bawahnya, air sungai masih mengalir dengan deras, tetapi tidak lagi menggenangi daerah antara rumahnya dengan pohon oak. Dan harimau itu telah pergi. Berjalan meninggalkan serambi menuju pohon Oak dan memasuki rawa, perlahan menghilang di ujung rawa dan akhirnya tak terlihat. Dan di serambi tertinggal tulang-tulang putih yang merupakan sisa daging itu.

 

5. Klik pada satu pilihan jawaban!

Bagaimanakah situasi wanita tersebut pada awal cerita?

Dia mempertahankan diri dari binatang liar.

Dia terlalu lemah untuk keluar rumah karena berhari-hari tidak makan.

Rumahnya telah dikelilingi air banjir.

Sungai yang banjir telah menghanyutkan rumahnya.

 

6. Klik pada satu pilihan jawaban!

 Ketika si Wanita berkata, "lalu aku akan mengurusmu" (paragraf 10) dia ingin mengatakan bahwa dia

akan memberi makanan kepada harimau kumbang

akan menembak harimau kumbang tersebut

mencoba menakut-nakuti harimau kumbang

yakin kalau harimau kumbang tersebut tidak akan menyakitinya

 

7. Ketik jawabanmu!

Apakah menurutmu kalimat terakhir dalam cerita "Hadiah" tersebut merupakan bagian akhir yang tepat?

Jelaskan jawaban kamu, dengan menunjukkan pemahamanmu terhadap hubungan kalimat terakhir dengan makna cerita.

 

8. Klik pada satu pilihan jawaban!

 “Dengan suara yang berderak-derak, rumah itu berusaha untuk keluar …” (Paragraf 4)

 Apa yang terjadi dengan rumah pada bagian cerita ini?

Ambruk sebagian

Menabrak pohon pak

Mulai mengapung

Tenggelam ke dasar sungai

 

9. Ketik jawabanmu!

 Berikut ini adalah beberapa kutipan mengenai harimau kumbang dalam cerita.

 “jeritan membangunkannya, suara itu begitu memilukan.”

 “Jawabannya hanyalah suara jeritan yang berulang, tetapi agak pelan, suara yang letih…”

 “Dan pernah mendengar aumannya, seperti menderita, dari kejauhan.”

Dengan mengamati kejadian pada sisa cerita, menurut pendapatmu apa alasan penulis menggunakan deskripsi seperti ini ketika mulai bercerita tentang harimau kumbang?

 

10. Ketik jawabanmu!

Menurut cerita itu, apa alasan si wanita memberi makan harimau kumbang tersebut?



11. Berikut ini adalah bagian percakapan antara dua orang yang membaca "Hadiah":



Tuliskan bukti dari teks bahwa pandangan kedua orang di atas dapat dibuktikan kebenarannya.


Orang Pertama:


Orang Kedua:


12. 


Kamu sedang mengujungi sanak saudaramu yang baru saja pindah ke sebuah peternakan untuk memelihara ayam. Kamu bertanya pada Bibimu, "Bagaimana Bibi belajar cara memelihara ayam?"

Ia berkata, "kami banyak berkosultasi dengan orang yang juga memelihara ayam, lagi pula ada banyak sumber informasi di internet. Misalnya, ada sebuah Forum Kesehatan Unggas yang Bibi suka kunjungi. Forum tersebut sangat membantuku belakangan ini ketika salah satu dari ayamku terluka kakinya. Bibi akan tunjukkan percakapannya."


Halo semuanya,


Apakah berisiko jika memberikan aspirin pada ayam? Ayam Saya berumur 2 tahun dan sepertinya kakinya terluka. Saya tidak bisa membawanya ke dokter hewan hingga Senin, lagi pula dokter hewan itu tidak menjawab telepon Saya. Ayam itu sangat kesakitan. Saya ingin memberikan sesuatu yang bisa membuatnya merasa nyaman sampai Saya dapat pergi ke dokter hewan. Terima kasih atas bantuannya.


Saya tidak tahu apakah aspirin aman untuk ayam atau tidak. Saya selalu bertanya lebih dulu kepada dokter hewan sebelum memberi obat pada unggas Saya. Saya tahu bahwa beberapa obat aman dikonsumsi oleh manusia, tetapi menjadi sangat berbahaya bila dikonsumsi oleh unggas.


 

Saya pernah memberikan aspirin pada salah satu ayam Saya ketika sakit. Tidak ada masalah yang terjadi. Keesokan harinya, Saya pergi menemui dokter hewan, tetapi ayam itu sudah sembuh. Menurut Saya, jika diberi obat terlalu banyak mungkin akan berbahaya. Jadi, jangan melebihi dosisnya! Saya berharap ayam segera sembuh!



Hai! Jangan lupa untuk mengecek penawaran super murah dari kami untuk pakan, perlengkapan, dan obat unggas. Kami sedang memberikan obral diskon sekarang! 



Adakah yang bisa memberitahu Saya cara untuk mengetahui jika ayam sedang sakit? Terima kasih.


Halo Irma, 


Saya seorang dokter hewan, spesialis unggas. Tidak apa-apa memberikan aspirin pada ayam yang terluka jika unggas tersebut menunjukan tanda-tanda sedang kesakitan. Ketika Saya memberikan resep aspirin untuk burung, Saya mengikuti petunjuk yang dipublikasikan dalam Panduan Pengobatan Unggas. Dosis untuk ayam adalah 5 mg aspirin per kg berat badan. Ini bisa diberikan 3-4 kali per hari sampai bisa menemui dokter hewan. Penting sekali untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter hewan. Semoga berhasil.

Klik pada satu pilihan jawaban!

Perhatikan bacaan Forum Kesehatan Unggas di samping. Klik pada salah satu pilihan jawaban untuk menjawab pertanyaan berikut.

Apa yang ingin diketahui oleh Irma_88?

Apakah ia bisa memberikan aspirin pada ayam yang terluka.

Apakah ia dapat menentukan tingkat kesakitan yang dirasakan oleh ayam yang terluka.

Bagaimana cara menghubungi dokter hewan untuk menangani ayam yang terluka.

Seberapa sering ia bisa memberikan aspirin pada ayam yang terluka.


13. Klik pada satu pilihan jawaban!

Perhatikan bacaan Forum Kesehatan Unggas disamping. Klik pada satu pilihan jawaban untuk menjawab pertanyaan berikut.

Mengapa Irma_88 memutuskan untuk memposting pertanyaannya pada forum di internet?

Karena ia ingin menolong ayamnya sesegera mungkin.
Karena ia tidak sanggup pergi ke dokter hewan.
Merasa masalah ayam itu tidak serius.
Tidak tahu bagaimana caranya menemukan dokter hewan.


14. Klik Benar atau Salah pada setiap pernyataan berikut!

Perhatikan bacaan Forum Kesehatan Unggas di samping.

Beberapa tulisan di forum itu sesuai dengan topik, tapi beberapa tulisan lainnya tidak.

Klik pada pilihan Benar jika tulisan relevan dengan masalah yang dihadapi Irma_88!

Klik pada pilihan Salah jika tulisan tidak relevan dengan masalah Irma_88!


15. Klik pada satu pilihan jawaban!

Perhatikan bacaan Forum Kesehatan Unggas disamping. Klik pada satu pilihan jawaban untuk menjawab pertanyaan berikut.

Mengapa Penawaran_Burung merespon tulisan Irma_88?
Mempromosikan sebuah usaha
Menjawab pertanyaan Irma_88
Menunjukan keahlian dalam bidang unggas
Untuk menambahkan saran Monika

16. Klik pada satu pilihan jawaban!

Perhatikan bacaan Forum Kesehatan Unggas di samping. Klik pada satu pilihan dan ketiklah penjelasan untuk jawabanmu.

Siapakah yang memberikan jawaban paling bisa dipercaya untuk pertanyaan Irma_88?

Farhan, dia seorang dokter hewan spesialis unggas.

Monika, karena dia pernah mengobati ayamnya dengan aspirin.

NeniB79, karena menyarankan untuk konsultasi dengan dokter hewan.

Penawaran_Burung, karena dia berjualan obat unggas.


17. Ketik jawabanmu!

Perhatikan bacaan Forum Kesehatan Unggas di samping. Ketiklah jawabanmu.

Mengapa Farhan tidak bisa memberikan takaran aspirin yang pasti kepada Irma_88?


Soal nomor 18 - 20

18. 



Nilai Nutrisi Susu: Beragam Manfaat!

Produk olahan Susu Cempaka mengandung nutrisi utama, seperti kalsium, protein, vitamin D, vitamin B12, riboflavin, dan potasium. Vitamin dan mineral ini membuat produk olahan Susu Cempaka menjadi bagian penting dari pola makan sehat. Mengonsumsi produk olahan Susu Cempaka setiap hari merupakan cara yang luar biasa untuk memastikan Anda mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.


Mengonsumsi produk olahan Susu Cempaka akan mempercepat penurunan berat badan dan membantu menjaga berat badan yang ideal. Susu meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Susu bahkan memperbaiki kesehatan jantung dan membantu mencegah kanker. Segelas susu mengandung vitamin, mineral, dan banyak manfaat kesehatan.


Menurut dr. Bill Sears, profesor klinis bagian anak di Universitas California di Irvine, susu memiliki banyak nutrisi penting. Asosiasi Produk Susu Internasional atau International Dairy Foods Association (IDFA) mendukung gagasan ini. IDFA juga menyebutkan banyak profesional dan kelompok kesehatan berpandangan sama.


"Susu mengandung satu paket lengkap sembilan nutrisi penting. Selain menjadi sumber kalsium dan vitamin D yang sempurna, susu juga merupakan sumber vitamin A, protein, dan potasium yang baik. Produk susu disarankan oleh para dokter. Peran susu dalam pola makan sehat telah ditanamkan oleh masyarakat sains dan sadar gizi sejak lama. Kelompok masyarakat ini termasuk National Osteoporosis Foundation (Yayasan Osteoporosis Nasional), Surgeon General (Kelompok Ahli Bedah Umum), National Institutes of Health (Institut Kesehatan Nasional), American Medical Association’s Council of Scientific Affair (Dewan Asosiasi Medis Amerika untuk Urusan Ilmiah), dan banyak lagi organisasi kesehatan terkemuka lainnya."


International Dairy Foods Association, 27 September 2007


Klik pada satu pilihan jawaban!


Perhatikan teks “Susu Cempaka” di samping.

Berdasarkan IDFA, manakah di antara pernyataan berikut ini yang disetujui oleh para profesional dan organisasi kesehatan terkemuka?


Meminum susu merupakan penyebab utama osteoporosis.

Mengonsumsi susu dan produk susu dapat menyebabkan kegemukan.

Susu mengandung lebih banyak vitamin daripada mineral.

Susu merupakan sumber yang baik dari vitamin dan mineral yang penting.


19. Klik pada satu pilihan jawaban!

Perhatikan teks “Susu Cempaka” di samping.

Apa tujuan utama bacaan ini?

Membandingkan produk olahan Susu Cempaka dengan produk susu lainnya.

Memberikan argumen bahwa produk susu dapat mempercepat penurunan berat badan.

Memberikan informasi kepada masyarakat mengenai risiko yang berkaitan dengan penyakit jantung.

Mendukung penggunaan produk olahan Susu Cempaka.


20. Klik Ya atau Tidak pada setiap pernyataan berikut!

Apakah pernyataan dalam tabel berikut didukung oleh bacaan?


21. 


Susu sapi adalah bagian penting dalam kehidupan banyak orang Amerika Serikat. Bayi meminum susu sapi dari botol susu bayi. Anak-anak memakan sereal dalam rendaman susu sapi. Bahkan orang dewasa menikmati segelas susu dingin dari waktu ke waktu. Ya, susu sapi adalah bagian sangat penting dalam pola makan manusia di banyak tempat di seluruh dunia. Namun, semakin banyak penelitian yang menyebutkan bahwa susu sapi mungkin tidak ‘memberikan kebaikan bagi tubuh’ seperti yang dinyatakan dalam slogan iklan di Amerika.


Departemen Pertanian Amerika Serikat, Dewan Produk Susu Amerika, Dairy Management, Inc., dan beberapa organisasi lainnya telah bekerja keras untuk menganjurkan minum susu selama bertahun-tahun. Mereka mendorong orang dewasa untuk minum tiga gelas susu setiap hari. Namun, beberapa kajian pada dasawarsa terakhir mempertanyakan peran susu dalam penguatan-tulang serta pernyataan lainnya tentang manfaat kesehatan dari susu. Hasilnya mungkin akan mengejutkan Anda.


Salah satu penelitian terbaru dan terpenting mengenai efek minum susu diterbitkan di British Medical Journal (Jurnal Kedokteran Inggris) edisi bulan Oktober 2014. Temuan pada penelitian ini memiliki kesimpulan yang kuat tentang konsumsi susu. Dalam penelitian ini, lebih dari 100.000 orang di Swedia diteliti dalam periode 20-30 tahun. Para peneliti menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi susu lebih rentan menderita keretakan tulang. Di samping itu, baik laki-laki maupun perempuan peminum susu lebih rentan menderita penyakit jantung dan kanker. Hasil yang mengejutkan ini mirip dengan temuan dari kajian-kajian lainnya.


Komite Dokter untuk Pengobatan yang Bertanggungjawab atau Physicians Committee for Responsible Medicine (PCRM) memberikan komentar atas beberapa masalah kesehatan terkait dengan konsumsi susu. PCRM mengklaim bahwa susu dan produk susu “sedikit atau sama sekali tidak memiliki manfaat bagi tulang.” PCRM lebih lanjut menerangkan beberapa masalah yang secara spesifik terkait dengan susu:


“Protein susu, gula susu, lemak, dan lemak jenuh dalam produk susu menyebabkan risiko kesehatan bagi anak-anak dan mendorong perkembangan obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.”


Ini adalah pernyataan yang serius dan perlu kajian lebih lanjut untuk meneliti kebenaran temuan tersebut. Namun, terdapat lebih banyak bukti yang menunjukkan bahwa minum susu sapi kurang bermanfaat bagi tubuh dibandingkan dengan yang diyakini sebelumnya. Jika klaim ini menjadi fakta tak terbantahkan, mungkin sudah saatnya kita katakan saja ‘tidak’ pada susu sapi.


21. Klik Ya atau Tidak pada setiap pernyataan berikut!

Perhatikan bacaan "Katakan ‘Tidak’ pada Susu Sapi!" di samping.

Apakah pernyataan berikut mewakili tujuan Dr. R. Galih menulis artikel tersebut? Klik pada pilihan Ya atau Tidak pada setiap pernyataan.


22. Klik pada satu pilihan jawaban!

Mengapa Dr. R. Galih mengacu pada "Slogan Iklan di Amerika" di bagian awal artikel?

Untuk memberikan argumen bahwa pemasang iklan seharusnya mencantumkan informasi mengenai informasi gizi di iklan mereka.

Untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai populernya kebiasaan minum susu.

Untuk memberikan masukan bahwa pemasaran merupakan bagian yang penting dalam kehidupan masyarakat.

Untuk menarik perhatian pada keyakinan masyarakat umum tentang manfaat susu.


23. Ketik jawabanmu!

Dr. R. Galih menyajikan beberapa hasil penelitian yang mungkin 'mengejutkan' para pembaca.

Sebutkan salah satunya!


24. Klik pada pilihan Fakta atau Opini pada setiap pernyataan berikut.

Berdasarkan kedua bacaan mengenai susu tersebut, apakah pernyataan-pernyataan pada tabel berikut merupakan fakta atau opini?


25. Klik pada satu pilihan jawaban!


Penulis kedua bacaan tersebut tidak setuju mengenai peran susu sebagai minuman sehari-hari.


Apa hal utama yang tidak disetujui oleh para penulis tersebut?

Bentuk produk susu terbaik untuk dikonsumsi secara rutin.

Dampak susu pada kesehatan dan peran susu sebagai minuman sehari-hari.

Jumlah vitamin dan mineral yang ditemukan di dalam susu.

Organisasi apa yang memiliki otoritas utama mengenai susu.


26. Anna, Christopher, dan Sam sedang membicarakan mengenai kedua bacaan tersebut.

Christopher: Apapun yang dilakukan pemilik kafe itu, aku akan tetap minum susu setiap hari. Susu itu sangat baik untuk kita.

Anna: Tidak untukku! Aku akan minum susu lebih sedikit mulai sekarang jika itu tidak baik untuk kita.

Sam: Aku tidak tahu. Aku pikir kita perlu tahu lebih banyak sebelum membuat kesimpulan.


Kamu lebih setuju dengan siapa?

Christopher

Anna

Sam


Jelaskan jawabanmu. Tunjukkan setidaknya satu informasi dari bacaan yang berbicara tentang itu.


0 komentar:

Post a Comment test