Soal, dan Kunci Jawaban PAS Seni Budaya SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 Dilengkapi Dengan Kisi-kisi

Friday, February 5, 2021



Soal, dan Kunci Jawaban PAS Seni Budaya SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 – Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) sangat berarti bagi bapak dan ibu guru untuk dijadikan referensi pada saat Penilaian Akhir Semester tahun berikutnya.

 

Pada kesempatan ini kami akan berbagi soal, dan kunci jawaban PAS Seni Budaya SMP Kelas 9 semester ganjil kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021, serta dilengkapi dengan kisi-kisi penulisan soalnya.

 

Berikut Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Semester (PAS) Seni Budaya SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021 yang dibuat Tim MGMP Seni Budaya SMP Kabupaten Indramayu : 

I. Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1. Lukisan adalah suatu pengalaman artistik yang ditumpahkan dalam bidang dua dimensional dengan menggunakan warna dan garis. (Soedarso, Seni Lukis Kaligrafi Islam). Yang jika kita amati lukisan tersebut terdiri dari unsur-unsur/elemen-elemen….
A. Garis, bidang, warna, tekstur, gelap dan terang
B. Garis, bidang, warna, tekstur, irama dan gradasi
C. Garis, bidang, warna, irama, gelap dan terang
D. Garis, bidang, gradasi, tekstur, gelap dan terang

2. Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi dari objek tiga dimensi untuk mendapatkan kesan tertentu dengan melibatkan ekspresi, emosi dan gagasan pencipta secara penuh. Medium dua dimensi dapat diartikan sebagai….
A. Permukaan bergelombang
B. Permukaan datar
C. Bidang beraturan
D. Bidang tidak beraturan

3. Lukisan dapat mendekatkan diri dengan Sang Pencipta sebagai pelindung, Penjaga dan Pengampun dosa. Lukisan yang dibuat dengan tujuan seperti di atas adalah lukisan yang dibuat dengan….
A. Tujuan komersial
B. Tujuan ekspresi
C. Tujuan religius
D. Tujuan Kritik sosial

4. Naturalisme adalah aliran seni rupa yang penggambarannya alami atau sesuai dengan keadaan alam. Melukiskan segala sesuatu sesuai dengan alam nyata, sehingga perbandingan perspektif, tekstur, warna serta gelap terang dibuat seteliti mungkin. Dari penjabaran demikian maka lukisan dengan aliran naturalisme termasuk dalam ….
A. Lukisan bercorak Abstrak
B. Lukisan bercorak Deformatif
C. Lukisan bercorak Nonrepresentatif
D. Lukisan bercorak Representatif

5. Terkadang seorang pelukis menggunakan objek orang lain yang ada dalam kehidupannya seperti ibu, ayah, istri, anak, teman atau siapapun orang yang ada di pikirannya untuk mengekspresikan rasa cinta, kekaguman, penghormatan, memuliakan  dan sebagainya. Manakah di bawah ini lukisan yang bertema manusia dengan manusia lain…..

Jawaban : A

6. Melukis dengan cat air diperlukan teknik khusus, agar menghasilkan karya lukisan yang transparan (tembus pandang) dilakukan teknik aquarel, caranya adalah….
A. Cat air yang masih kental dicampur dengan minyak cat, lalu sapukan cat air dengan tipis
B. Cat air yang masih kental jangan dicampur dengan apapun lalu sapukan cat air dengan tebal
C. Cat air yang masih kental dicampur dengan air lalu sapukan cat air dengan tebal
D. Cat air yang masih kental dicampur dengan air lalu sapukan cat air dengan tipis

7. Romantisme adalah aliran seni lukis yang lebih bersifat imajiner, menggambarkan cerita yang romantis, peristiwa yang dahsyat, obyek digambarkan dalam suasana dinamis, penuh ketegangan, kegetiran dengan luapan emosi yang berlebihan. Manakah lukisan di bawah ini yang mewakili aliran tersebut ….

Jawaban : D

8. Realisme yaitu aliran lukisan yang memandang dunia ini apa adanya, tanpa menambah atau mengurangi objek. Penggambarannya sesuai dengan kenyataan hidup. Manakah lukisan di bawah ini yang mewakili aliran tersebut….

Jawaban : B

9. Patung diartikan juga sebagai plastic arts karena patung identik dengan sebuah cipta karya manusia yang meniru bentuk dan memiliki keindahan. Begitu banyak pendapat yang dikemukakan oleh para ahli tentang patung. Menurut KBBI patung adalah…. 
A. patung diartikan benda tiruan bentuk manusia dan binatang yang cara pembuatannya dipahat.
B. Seni patung adalah semua karya dalam bentuk meruang
C. Seni patung adalah karya tiga dimensi yang tidak terikat pada latar belakang apapun atau bidang manapun pada suatu bangunan
D. Seni patung adalah sebuah tipe karya tiga dimensi yang bentuknya dibuat dengan metode subtraktif (mengurangi bahan) atau aditif(membuat model lebih dulu)

10. Karya seni patung yang diciptakan semata-mata untuk kepentingan pribadi sebagai ekspresi perasaan dan ungkapan pribadi juga sebagai sarana ibadah. Adalah tujuan….
A. Patung sebagai fungsi sosial
B. Patung sebagai fungsi fisik
C. Patung sebagai fungsi personal
D. Patung sebagai fungsi estetika

11. Pada karya-karya seni patung modern, pembuatan karya seni patung merupakan ekspresi individu penciptanya karena lebih bebas dan bervariasi. Berdasarkan pembuatannya fungsi patung sebagai fungsi fisik mengandung pengertian….
A. Patung yang diciptakan untuk memperingati suatu peristiwa yang bersejarah atau mengenang jasa seorang pahlawan  besar dalam sebuah bangsa
B. Patung yang diciptakan untuk menghormati dewa atau untuk mengenang orang-orang yang diagungkan, misalnya raja atau pimpinan mereka
C. Patung yang dibuat hanya untuk mengedepankan nilai estetika. Artinya membuat patung semata-mata hanya untuk dinikmati keindahannya.
D. Patung dibuat untuk menghadirkan nilai estetika dan sekaligus untuk memperingati suatu peristiwa yang bersejarah atau mengenang jasa seorang pahlawan.

12. Patung ini merupakan tiruan dari bentuk alam(manusia, hewan dan tumbuhan)perwujudannya merupakan fisio plastis atau bentuk fisik, baik anatomi, proporsi, harmoni dan kesatuan. Adalah perwujudan patung dalam corak….
A. Bentuk deformatif
B. Bentuk nonfiguratif (abstrak)
C. Bentuk primitif
D. Bentuk imitatif (representatif)

13. Karya seni patung yang diciptakan semata-mata untuk kepentingan pribadi sebagai ekspresi dari perasaan dan ungkapan pribadi juga sebagai sarana ibadah. Ditunjukkan oleh gambar….


Jawaban : A

14. Dalam membuat seni patung dikenal beberapa teknik, di antaranya adalah teknik pahat, teknik pahat adalah teknik yang dilakukan dengan cara mengurangi bahan menggunakan alat pahat. Bahan yang biasa digunakan untuk teknik ini adalah….
A. Malam, tanah liat
B. Semen, gips
C. Tanah liat, semen
D. Kayu, batu

15. Amatilah gambar patung di samping ini. 


Tentukan alat, bahan dan teknik yang dipakai dalam pembuatan patung tersebut….
A. Alat : pahat, bahan : kayu, teknik : butsir
B. Alat : pahat, Bahan : semen, teknik : pahat
C. Alat : cetakan, Bahan : semen, teknik : cor
D. Alat : sudip, bahan : tanah liat, teknik : rakit

16. Ornamentasi dapat juga dilakukan dalam bidang musik. Dalam bidang musik ornamentasi melodis mengandung pengertian…..
A. Penambahan akor-akor tertentu
B. Penambahan bunyi-bunyian tertentu
C. Penambahan nada-nada tertentu
D. Penambahan kalimat-kalimat tertentu 

17. Penambahan ornamen dalam struktur lagu dapat bersifat horizontal, yakni dalam struktur melodi utama. Ornamentasi seperti ini disebut ornamentasi melodis. Berikut ini adalah jenis-jenis ornamentasi melodis yang biasa dikembangkan dalam sebuah lagu .... 
A. Trill, morden, grupeto, dan appogiatura
B. moderato, morden, grupeto, dan rittardando
C. Trill, morden, rallaentando, dan rittardando
D. Largo, moderato, adagio, dan vivace

18. Warna bunyi atau timbre yang dihasilkan oleh suara manusia akan berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor di bawah ini ….
A. Bentuk pita suara, Bentuk rongga tenggorokan, Teknik membunyikan 
B. Bentuk pita suara, Bentuk rongga tenggorokan, Warna kulit dari manusia
C. Bentuk pita suara, Bentuk rongga tenggorokan, bentuk kepala
D. Bentuk kepala, Bentuk rongga tenggorokan, Teknik membunyikan/memainkan vokal

19. Kemampuan seseorang dalam menjangkau nada terendah dan nada tertinggi, jenis kelamin dan usia menjadikan seseorang termasuk dalam pengkategorian suara tertentu. Berikut urutan nama jenis suara laki-laki dari yang terendah hingga suara yang tertinggi….
A. Bas, tenor, bariton
B. Bas, bariton, tenor
C.Bariton, tenor, bas
D. Tenor, bariton, bas 

20. Teknik pernapasan ini sangat dianjurkan dalam bernyanyi, karena bernyanyi dengan teknik ini memungkinkan untuk mengambil napas secara maksimal dan mengeluarkannya secara perlahan-lahan serta teratur. Deskripsi tersebut menjelaskan  teknik pernapasan yang terpusat pada.... 
A. Perut
B. Dada
C. Diafragma
D. Hidung

21. Amatilah gambar pembagian wilayah suara manusia dewasa di bawah! 




Wilayah suara Bas (suara laki-laki rendah) berada pada rentang nada….
A. A sampai dengan f’
B. F sampai dengan d’
C. c sampai dengan a’
D. F sampai dengan a’

22. Ornamentasi harmonis memiliki prinsip yang sama dengan ornamentasi melodis. Ornamentasi melodis ditambahkan secara horizontal, sedangkan ornamentasi harmonis ditambahkan secara….
A. Diagonal
B. Mendatar
C. Teratur
D. vertikal

23. Di bawah ini adalah ciri-ciri dan konsep tentang vokal grup yang telah kita pelajari…kecuali.
A. Jumlah penyanyi 3 sampai 10 orang
B. Banyak menggunakan improvisasi
C. Aransemen vokal terikat pada aturan baku
D. Dapat diiringi alat musik atau tidak

24. Diperlukan pengetahuan konsep untuk menyusun dan menentukan kategori suara dalam seni vokal. Jika kita menentukan vokal grup untuk kategori wanita maka komposisi suaranya adalah….
A. Sopran – mezzo sopran – tenor
B. Tenor – bariton – bas
C. Tenor – baritone – sopran
D. Sopran – mezzo sopran – alto 

25. Baca dan cermati partitur lagu Indonesia jaya ciptaan Chaken di bawah. 
 

Lagu di atas memiliki pola/bentuk lagu…
A. A – A – B
B. A – B – B 
C. A – B – C
D. C – A – B

II.  Uraian! 
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan cermat
26. Apa yang kamu ketahui tentang melukis dengan tujuan komersil? jelaskan!
27. Jelaskan apa yang dimaksud dengan patung bentuk Nonfiguratif(abstrak)!
28. Jelaskan apa yang dimaksud membuat patung dengan teknik cor!
29. Sebutkan dua pembagian jenis suara anak-anak dengan benar!
30. Amati lagu “Indonesia Jaya” ciptaan Chaken. Temukan pola/bentuk lagu “bagian C’ pada lagu tersebut dengan cara  menuliskan syair lagunya!

Jawaban 
26. lukisan yang dibuat dengan lebih mengutamakan aspek komersil, aspek keuntungan finansial sehingga gaya lukisannya cenderung mengikuti selera pasar

27. patung yang bentuknya sudah meninggalkan atau menyimpang dari bentuk-bentuk alam dalam perwujudannya

28. membuat karya seni patung dengan cara membuat cetakan, kemudian dituangkan kedalam cetakan tersebut berupa gips, semen dan sebagainya sebingga menghasilkan bentuk yang diinginkan

29. 1. suara anak-anak tinggi dan                                                            
      2. suara anak-anak rendah

30. hidup tiada mungkin tanpa perjuangan, tanpa pengorbanan mulia adanya.                    
      Berpeganglah tangan satu dalam cita, demi masa depan Indonesia Jaya


Bagi Anda yang membutuhkan file tersebut silakan download di bawah ini :  

Soal PAS Seni Budaya Kelas 9 Semester Ganjil [download di sini]

Kisi-kisi PAS Seni Budaya Kelas 9 Semester Ganjil [download di sini]


Apabila ada jawaban yang kurang tepat bisa tuliskan di komentar 

0 komentar:

Post a Comment test