Soal dan Kunci Jawaban PTS Matematika SMP Kelas 9 Semester Genap

Sunday, February 21, 2021

Soal dan Kunci Jawaban PTS Matematika Kelas 9 Semester Genap (Gambar Canva.com)


Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban PTS Matematika SMP Kelas 9 Semester Genap – Tidak terasa semester genap telah berjalan hampir setengah semester. Oleh karena itu bapak dan ibu guru harus mempersiapkan kembali Penilaian Tengah Semester (PTS).


Pada kesempatan ini kami akan berbagi soal, dan kunci jawaban PTS mata pelajaran Matematika SMP Kelas 8 semester genap kurikulum 2013 yang diharapkan dapat membantu bapak dan ibu guru dalam memilih soal-soal yang dianggap sesuai dengan kemampuan peserta didik Anda.


Berikut Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Tengah Semester (PAS) Matematika SMP Kelas 9 Semester Genap Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021 yang dikutip dari Soal AKM Puspendik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  :



1. Gambar berikut merupakan sebuah roda putar yang dibagi menjadi 24 bagian.



Pada sebuah acara, seorang tamu memutar panah yang dapat berhenti di sembarang bagian roda.  Apabila terdapat   7/24  bagian berwarna biru,   1/8 bagian ungu,  5/12  bagian kuning, dan sisanya berwarna  merah, maka peluang yang paling kecil yang ditunjukkan warna panah adalah …. 

A. biru

B. ungu

C. merah

D. kuning



2. Gambar berikut merupakan sebuah roda putar yang dibagi menjadi 24 bagian.


Seseorang memutar panah yang dapat berhenti di sembarang bagian roda. Apabila terdapat  1/24  bagian berwarna hitam,  1/12 bagian putih, 1/8  bagian merah, dan sisanya berwarna hijau dan kuning dengan bagian yang sama, maka peluang tanda panah berhenti pada bagian kuning adalah …. 

A. 1/12

B. 3/8

C. 1/2

D. 3/4


3. Diagram di bawah ini menunjukkan Data Pemantauan wabah karena Corona virus disease 19 (Covid 19) di DKI Jakarta. Data berdasarkan kelompok umur  yang berstatus  Orang Dalam Pantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pantauan (PDP) per tanggal 22 Maret 2020, pukul 6.27 WIB.




Berdasarkan diagram tersebut, peluang seorang perempuan yang berusia 60 tahun sampai 79 tahun menjadi terduga terinfeksi Covid 19 adalah …. (perhitungan hanya dibandingkan dengan total perempuan)
A. 13/915
B. 42/915
C. 76/915
D. 89/915


4. Masyarakat sudah dimudahkan dengan tersedianya berbagai layanan angkutan seperti KRL (Kereta Rel Listrik), MRT Jakarta (Moda Raya Terpadu Jakarta), maupun transportasi online. Biaya yang ditarifkan menyesuaikan dengan jarak yang ditempuh pengguna layanan. Melalui mesin pencarian maps, seseorang dapat melihat berbagai pilihan untuk menuju suatu tempat. Seperti tabel di bawah ini.


Adi akan melakukan perjalanan dari Rawa Buntu menuju Fatmawati. Ada berapa pilihan perjalanan yang berbeda yang bisa diambil Adi dengan menggunakan informasi di tabel? 
A. 2
B. 3
C. 4
D. 5


5. Perhatikan data berikut ini : 




COVID-19 MERAMBAH ASEAN 

Sejak Januari 2020, sejenis virus menimbulkan kegaduhan di Provinsi Wuhan Cina. Kemudian menyebar ke banyak negara. Diagram berikut merupakan data penderita yang sembuh dari wabah Covid-19 di beberapa negara ASEAN. Urutan negara-negara tersebut berdasarkan banyak penderita yang sembuh dilanjutkan dengan abjad nama negara secara meningkat adalah .... 

A. Brunei, Filipina, Indonesia, Thailand, Kamboja, Malaysia, Singapura, Vietnam.

B. Singapura, Malaysia, Vietnam, Indonesia, Filipina, Kamboja, Brunei, Thailand.

C. Thailand, Brunei, Kamboja, Filipina, Indonesia, Vietnam, Malaysia, Singapura.

D. Thailand, Kamboja, Brunei, Filipina, Indonesia, Vietnam, Malaysia, Singapura.


6. Pohon-pohon melepaskan air melalui daun-daunnya yang disebut transpirasi. Fakta iklim yang mempengaruhi transpirasi adalah intensitas penyinaran matahari, tekanan uap air di udara, suhu, dan kecepatan angin. Transpirasi dari tubuh tanaman pada siang hari akan melebihi evaporasi dari permukaan air atau permukaan tanah, sebaliknya pada malam hari lebih sedikit dan bahkan tidak ada transpirasi. Tabel berikut menunjukkan kecepatan rata-rata air yang terlepas dari daun-daun pohon di sebuah taman pinggiran kota. Perhatikan juga gambar pohon yang tersedia.



Pak Jaya ingin mengajak keluarganya piknik ke taman yang segar dan cahaya matahari cukup. Menurut data dan gambar tersebut, taman manakah yang menjadi prioritas akan dipilih Pak Jaya? 

A. Taman yang banyak Pohon Grindelia karena daunnya paling sedikit melepaskan air.

B. Taman yang banyak Pohon Bottlebrush karena banyak menghasilkan angin.

C. Taman yang banyak Pohon Oak karena daunnya paling banyak melepaskan air.

D. Taman yang banyak Pohon Sycamore karena pada daunnya terjadi transpirasi dan evaporasi.


7. Tabel berikut menunjukkan daftar harga dan diskon pada beberapa toko. Semua toko tersebut menjual barang yang sama.


Ali ingin membeli sebuah celana dan sebuah baju di Toko yang sama. Agar mendapat harga yang paling murah, di toko mana ia harus berbelanja?

A. Toko Jaya

B. Toko Andini Busana

C. Toko Selaras

D. Toko Bagus Fashion


Gambar untuk Soal 8 - 9 


8. Banu bersama lima temannya makan di sebuah restoran. Gambar di atas adalah total seluruh makanan dan minuman yang mereka pesan. Setiap orang akan membayar sesuai pesanan masing-masing.

Setelah membayar dan saat akan keluar dari restoran, Banu membaca poster di dinding. “Restoran memberikan diskon 5% setelah pajak, jika pelanggan mengikuti akun Instagram restoran”. Berapa selisih biaya yang seharusnya dibayarkan (dibulatkan) jika Banu dan teman-temannya menggunakan promo restoran tersebut?

A. Rp13.500,00

B. Rp14.500,00

C. Rp16.500,00

D. Rp17.500,00


9. Banu bersama lima temannya makan di sebuah restoran. Gambar di atas adalah total seluruh makanan dan minuman yang mereka pesan. Setiap orang akan membayar sesuai pesanan masing-masing.

Darimanakah perhitungan “Pajak Resto 10%” didapat? 

A. Sub Total x 10%

B. (Sub Total + Pajak Layanan) x 10%

C. (Sub Total x 5%) + Pajak Layanan

D. Sub Total + (Pajak Layanan x 5%)


10. Migrasi burung merupakan pergerakan populasi burung yang terjadi pada waktu tertentu setiap tahun, dari tempat berbiak menuju tempat mencari makan selama iklim di tempat berbiaknya itu tidak memungkinkan. Tidak kurang 60 jenis raptor setiap tahunnya bermigrasi ke Asia Tenggara, 19 di antaranya ke Indonesia sebelum akhirnya kembali ke habitat berbiaknya.

Ando, seorang peneliti migrasi burung mencatat pergerakan burung seperti ini:
 - Barisan pertama terdiri satu ekor burung. 
 - Barisan kedua terdiri tiga ekor burung dan seterusnya (Perhatikan gambar di samping).
Jika banyak barisan dalam formasi tersebut ada 12, banyak burung pada barisan terakhir dan banyak burung seluruhnya yang ada dalam kelompok tersebut adalah ....
A. 25 dan 169
B. 23 dan 144
C. 21 dan 144
D. 21 dan 121

11.  Pemfaktoran dari 49a²  – 64b²  adalah …
A. (7a + 4b)( 7a – 16b)
B. (7a + 8b)( 7a + 8b)
C. (7a – 16b)( 7a – 4b)
D. (7a + 8b)( 7a – 8b) 

12.  Diketahui 5(x + 3) – 25 = 3(4x – 1). Nilai dari x – 1 adalah ....
A. –2
B. –1
C. 0
D. 2

13. Himpunan penyelesaian dari –7p + 8 < 3p – 22, untuk p adalah bilangan bulat adalah ....
A. {…,–6, –5, –4}
B. {…,2, 1, 0}
C. {4, 5, 6, …}
D. {–2, –1, 0, …}

14. Dari 150 siswa kelas IX SMP Merdeka, 90 siswa senang sepakbola, 87 siswa senang basket, dan 60 siswa senang keduanya. Banyak siswa yang tidak senang sepak bola maupun basket adalah .... 
A. 33
B. 36
C. 30
D. 27

15. Perhatikan diagram panah berikut!

      
Yang merupakan fungsi adalah diagram panah nomor … 
A. (2) dan (3)
B. (2) dan (4)
C. (1) dan (3)
D. (1) dan (4)

16.  Diketahui f(x) = (3x – 2)(x + 1), nilai dari f(–2) adalah...
A. 8
B. 4
C. –4
D. –8

17. Gradien garis dengan persamaan  4x – 6y = 24  adalah...
A. -3/2
B. -2/3
C. 2/3
D. 3/2

18. Perhatikan grafik berikut !
       
Grafik dari persamaan garis 3x – 2y + 6 = 0 adalah ....
A. (i)
B. (ii)
C. (iii)
D. (iv)

19.  Himpunan penyelesaian dari sistem 
adalah …
A. {(1, 2)}
B. {(–1, –2)}
C. {(–1, 2)}
D. {(1, –2)}

20.  Perhatikan gambar berikut !

Nilai z adalah ….
A. 800
B. 700
C. 600
D. 500

Bagi Anda yang membutuhkan Soal PTS Matematika Kelas 9 Semester Genap silakan download disini 


0 komentar:

Post a Comment test