Soal Penilaian Harian Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Genap Materi Suratku

Saturday, March 20, 2021



Soal Penilaian Harian Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Genap Materi Suratku - Bagi bapak dan ibu guru SMP/MTs walaupun kegiatannya masih PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) tetapi kegiatan penilaian harian harus dilakukan walaupun secara online atau daring. 


Untuk bapak dan ibu guru yang sedang mencari soal-soal Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Genap Materi Suratku. Pada kesempatan ini kami bagikan soal-soal yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk Penilaian Harian berdasarkan Modul Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.


Berikut Kumpulan Soal Penilaian Harian Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Genap Materi Suratku :

Pilihlah huruf A, B, C, atau D yang menurut Ananda adalah jawaban yang benar!

Perhatikan kutipan surat berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!

Jumpa sahabatku yang cantik

Natasya

Di Sungai Kendal

HaloTasya,

[…]Saya sekeluarga juga sehat.

Bagaimana sekolahmu? Tentunya sudah

banyak yah kawanmu. Aku selalu ingat kamu.

Kenangan kita waktu di sekolah benar-benar

bikin rindu, yah! Kapan yah aku bisa bertemu

kamu. Semoga liburan nanti aku atau kamu

yang saling mengunjungi. Oh, ya aku mau

kirim gelang benang buatanku. Nanti kamu

pakai yah Tas.

Sahabatmu,

Annisa

 

1. Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang surat pribadi tersebut adalah...

A. Bagaimana sekolahmu di sana?

B. Keluargaku mengajakku pergi.

C. Bagaimana keadaanmu sekarang? Semoga sehat-sehat saja.

D. Hai Sobat ... aku akan berkunjung ke kotamu. Tunggu aku!

 

2. Surat tersebut berisikan ….

A. kesibukan Anisa di sekolah

B. kesibukan Natasya di sekolah

C. kerinduan Anisa pada sahabatnya Natasha

D. keinginan Natasha gelang buatan Anisa

 

Perhatikan kutipan surat berikut untuk menjawab soal nomor 3-5!

Lembang, 12 September 2020

(…)

Hai, Ray apa kabarmu?

Semoga kamu ingat aku yah temanmu yang jauh. Kemarin aku lihat nenekmu

sedang memetik jagung. Aku membantunya dan tahu gak, nenekmu memberiku

upah. Hehehehe aku menerimanya karena nenekmu memaksa dan dia sedih ingat

kamu. Kata nenek gara-gara virus corona lebaran ini nenek tak bisa bertemu

denganmu.

Teman desamu,

Budi

 

3. Bagian pembuka surat yang tepat untuk melengkapi surat pribadi tersebut adalah …

A. Budi, kamu pasti sudah lulus, bukan? Jadi, kita ketemu?

B. Bersama surat ini aku beritahukan sesuatu kepadamu.

C. Bagaimana kabarmu? Semoga baik-baik saja seperti keadaanku.

D. Untuk temanku Raynaldi.


4. Informasi yang tertuang dalam kutipan surat tersebut adalah …

A. Ray membantu neneknya panen jagung.

B. Ray rindu sekali nenek yang tidak bisa dijumpainya.Bahasa Indonesia - Modul 6. Suratku 17

C. Budi mengabarkan kalau nenek Ray merindukan Ray.

D. Budi memberitahu Ray kalau panen jagung sudah selesai.

 

5. Hal yang disesalkan pengirim surat adalah …

A. Semoga kamu ingat aku yah temanmu yang jauh.

B. Kemarin aku lihat nenekmu sedang memetik jagung.

C. Aku membantunya dan tahu gak, nenekmu memberiku upah.

D. Nenek Ray tidak dapat bertemu cucunya karena virus corona.

 

Perhatikan kutipan surat berikut!

………………….

Nenekmu mengajak aku makan bersama. Masakannya enak sekali rasanya rugi kalau

aku tolak. Rupanya itu yang membuat kamu tidak mau aku ajak jajan yah. Kalau tahu

masakan nenekmu enak aku pasti tak menolak kalau kamu ajak makan.

Sudah dulu suratku yah. Aku lampirkan foto aku dan nenekmu waktu panen jagung.

…..

 

6. Bagian penutup surat pribadi tersebut adalah …

A. Nenekmu mengajak aku makan bersama.

B. Masakannya enak sekali rasanya rugi kalau aku tolak.

C. Sudah dulu suratku yah.

D. Aku lampirkan foto aku dan nenekmu waktu panen jagung.

 

7. Berikut ini adalah bagian-bagian surat yang ada dalam surat dinas tidak ada di surat pribadi

yaitu….

A. Salam pembuka

B. Tanggal penulisan surat

C. Kepala surat

D. Indentitas penulis surat

 

8. Contoh salam pembuka yang tepat untuk surat dinas adalah …

A. Salam rindu,

B. Salam sejahtera,

C. Asalamualaikum,

D. Dengan hormat,

 

9. Salam penutup surat pribadi dari seorang cucu kepada neneknya yang tepat adalah …

A. Salam rindu dari anakmu.

B. Salam rindu dari jauh

C. Salam sayang dari anakmu

D. Salam rindu dari cucumu

 

Perhatikan kutipan surat berikut!

Kami mohon bapak/ ibu selaku orang tua memberikan izin agar siswa tersebut

dapat mengikuti kegiatan lomba Perahu Naga yang akan di adakan selama dua hari di

pantai Marunda.

 

10. Tujuan pengiriman surat tersebut adalah …

A. Meminta orang tua hadir ke sekolah

B. Meminta siswa mempersiapkan diri untuk lomba

C. Meminta izin orang tua agar siswa dapat ikut lomba Perahu Naga.

D. Lomba akan diadakan di daerah Marunda.

 

Perhatikan kutipan surat berikut untuk menjawab soal nomor 11-13!


11. Isi surat ditandai dengan nomor ….

A. 3

B. 4

C. 5

D. 6

 

12. Alamat pengirim surat ditandai dengan nomor….

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

 

13. Nomor 6 berisi ….

A. penutup surat

B. nama pengirim surat

C. isi surat

D. catatan surat


Perhatikan kutipan surat berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!

 

14. Bagian surat yang ditujukan dengan nomor (1) adalah ....

A. pembuka surat

B. tanggal surat

C. nomor surat

D. tempat surat

 

15. Bagian surat yang ditujukan dengan momor (2) adalah….

A. salam pembuka

B. bagian pembuka

C. perihal surat

D. tujuan surat

 

Perhatikan kutipan surat berikut untuk menjawab soal nomor 16 -18!

Assalamualaikum

….

Sebelumnya Ananda mohon maaf karena baru bisa menulis surat. Sejak dua bulan

terakhir ini, Ananda disibukkan dengan berbagai ujian di sekolah . Dua minggu lagi

Ananda baru selesai menempuh ujian semester. Ananda mohon doa restu agar

Ananda lulus semua dalam menempuh ujian semester ini.

Wassalammualaikum.

Ananda

 

16. Pokok isi dalam surat tersebut adalah …

A. Ananda meminta kiriman uang pada orang tuanya.

B. Ananda tidak bisa pulang liburan ini.

C. Ananda akan ujian dan memohon doa pada orangtuanya.

D. Ananda selalu belajar hingga larut karena banyak tugas.

 

17. Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian pembuka surat pribadi di atas adalah ….

A. Melalui surat ini Ananda mengabarkan bahwa keadaan kakak dalam keadaan sehat-sehat

saja. Mudah-mudahan Ayahnda di Jakarta demikian halnya

B. Bersama surat ini Kakanda mengabarkan bahwa keadaan Kakanda di kampung dalam

keadaan sehat-sehat saja

C. Dengan surat ini Ananda khabarkan bahwa keadaan keluarga semuanya dalam lindungan

Tuhan.

D. Bersama surat ini Ananda mengabarkan bahwa keadaan Ananda sehat walafiat. Mudahmudahan Ayah dan Bunda di Jakarta demikian halnya.

 

18. Simpulan surat yang ditulis oleh Ananda adalah …

A. Ananda meminta kiriman uang pada orang tuanya.

B. Ananda tidak bisa pulang liburan ini karena tugas-tugas kuliahnya banyak yang belum

diselesaikan.

C. Ananda meminta maaf baru berkirim surat karena banyak tugas kuliah. Ananda akan ujian

dan memohon doa pada orangtuanya.

D. Ananda selalu belajar hingga larut karena banyak tugas. Ananda ingat ayah dan bundanya

di Jakarta.

 

Perhatikan kutipan surat berikut untuk menjawab soal nomor 19 dan 20!

 

Pengurus OSIS SMP Harapan akan mengadakan studi banding ke OSIS SMP Pelita Raya pada minggu ini. Tujuan studi banding itu adalah menjalin persahabatan dan salin bertukar informasi kegiatan yang dapat dilakukan bersama. Untuk itu kami memohon izin kepada bapak dan ibu guru memberikan izin pada siswa yang akan mengikuti studi banding.

 

19. Tujuan dari surat tersebut adalah …

A. Memohon izin pada kepala sekolah untuk mengadakan studi banding ke SMP Pelita Raya.

B. Memohon izin kepada bapak dan ibu guru untuk siswa yang akan mengikuti studi banding.

C. OSIS SMP Harapan akan bertanding dengan SMP Pelita Raya.

D. Ketua OSIS SMP Harapan memberi izin pada siswa yang akan bertanding.

 

20. Surat itu ditujukan kepada ….

A. Orang tua siswa SMP Harapan

B. Kepala sekolah SMP Harapan

C. Para guru SMP Harapan

D. OSIS SMP Pelita Raya

 

Pilihlah huruf A, B, C, atau D yang menurut Ananda adalah jawaban yang benar!

Perhatikan kutipan surat pribadi berikut!

Saya dengar dari Nurul kamu akan ke Samarinda, dan sedang sibuk mencari buah tangan

yang cocok untuk bertukar cenderamata, singgahlah ke rumah kakak saya. Kakak saya

membuat barang-barang kerajinan dari batu khas Samarinda dengan harga murah.

Untuk kamu ada diskon khusus.

21. Isi dari kutipan surat pribadi di atas adalah….

A. Undangan

B. Pemberitahuan

C. Peringatan

D. Pengumuman


Perhatikan kutipan kalimat berikut!

1) Dengan Hormat,

2) Dengan ini kami beritahukan

3) Gimana Kabarmu,

4) Datanglah ke tempatku,

5) Sehubungan dengan kegiatan tersebut,

6) Salam rindu,

7) Hormatku,

 

22. Kutipan surat dari surat dinas terdapat pada nomor ….

A. 2, 4, dan 6

B. 1, 3, dan 4

C. 1, 2, dan 5

D. 4, 5, dan 6

 

Tanjung Priuk, 2 September 2020

Nenek yang kami sayangi.

Bagaimana kabar Nenek? Semoga selalu sehat!

Sejak kami pindah ke kota Jakarta, rasanya selalu ingat rumah nenek di Lombok.Tiada

lagi tawa cerita nenek tentang legenda atau mitos.

Adik-adik juga begitu merindukan rumah di Lombok. Tetapi kata ayah, kami harus

betah di Jakarta karena mengikuti ayah bekerja. Kami janji jika liburan sekolah, kami

akan ke rumah nenek.

Semoga Nenek senantiasa sehat dan dalam lindungan-Nya.

Salam rindu,

Natasya

 

23. Yang termasuk unsur kalimat pembuka surat pribadi adalah ...

A. Nenek yang kami sayangi,

B. Sejak kami pindah ke kota Jakarta, rasanya selalu ingat rumah nenek di Lombok.

C. Tiada lagi tawa cerita nenek tentang legenda atau mitos.

D. Salam rindu,

 

24. Simpulan isi surat pribadi di atas adalah...

A. Kegelisahan seorang cucu.

B. Keluh- kesah cucu kepada Ibunya

C. Kerinduan cucu kepada neneknya yang ada di kota lain.

D. Kecintaan seorang anak pada ibunya

 

Perhatikan surat berikut ini!

Jakarta, 20 Agustus 2020

Hal: Undangan sosialisasi

(……………….)

Dengan hormat,

Sehubungan Sosialisasi Penilaian Tengah Semester dan juga kesiapan siswa menghadapi

ujian daring. Dengan ini, kami mengundang Bapak dan Ibu guru mata pelajaran untuk

menghadiri rapat yang diadakan pada:

……………………………….

Kepala SMP Negeri 231 Jakarta

H. Sriyono, M.Pd.

 

25. Penulisan tujuan surat yang tepat untuk melengkapi bagian surat tersebut adalah …

A. Kepada

Yth. Bapak Guru Mata Pelajaran

Di SMP Negeri 231 Jakarta

B. Yth. Guru Mata pelajaran

Di SMP Negeri 231 Jakarta

C. Kepada

Yth bapak Guru Mata Pelajaran

Di SMP Negeri 231 Jakarta

D. Yth. Guru Mata pelajaran

Di SMPN 231 Jkt

 

Perhatikan kutipan surat berikut ini!

Sekian dulu surat dariku sahabatmu yang jauh.

Semoga persahabatan kita sampai tua.

 

26. Dalam surat pribadi kalimat tersebut sebaiknya diletakkan pada bagian . . . .

A. salam pembuka

B. penutup surat

C. isi surat

D. pembuka surat

 

27. Bahasa isi surat pribadi yang paling santun adalah . . .

A. Segera kirimkan uang lagi. Transfer saja langsung jangan lama-lama.

B. Liburan tahun baru ini saya akan berlibur ke rumah kakek. Kakek harus menjemputku di

stasiun kereta api dengan membawakan koper saya nanti.

C. Saya minta Ibu mengirimkan uang lagi. Jangan pelit-pelit, Bu.

D. Saya harap kakak dapat menjemput aku di stasiun Senen pukul 12, yah.

 

Bacalah kutipan surat berikut untuk menjawab soal nomor 28 dan 29!

Yth. Ketua OSIS SMP Basini

Belitung

Dengan hormat,

Kami mengharapkan kehadiran Saudara dalam acara rapat kerja OSIS yang akan

dilaksanakan pada

Hari : Sabtu, 23 Agustus 2020

Waktu : pukul 08.00

Tempat: Aula SMP Sintuwu maroso

( .... )

 

28. Kalimat penutup surat untuk melengkapi surat dinas tersebut adalah . . .

A. Atas kerja sama dari saudara, kami ucapkan terima kasih.

B. Atas perhatinnya, kami ucapkan terima kasih.

C. Atas kehadiran Saudara, kami ucapkan terima kasih.

D. Atas perhatian, diucapkan terima kasih.

 

29. Penulisan kebahasaan yang salah pada kutipan surat tersebut adalah ….

A. penulisan perincian

B. penulisan tujuan

C. penulisan salam pembuka

D. penulisan kata saudara harusnya bapak dan ibu

 

30. Penulisan tempat dan tanggal surat yang benar adalah….

A. Kotabumi: 2 September 2020

B. Palu, 2-8-2020

C. Bandung: 2-8-2020

D. Jakarta, 2 September 2020

 

Perhatikan surat undangan berikut untuk menjawab soal no 31 dan 32

Dengan ini, kami mengundang Bapak/Ibu untuk menghadiri rapat pembentukan

panitia bulan bahasa, yang akan diselenggarakan pada:

Hari/tanggal : Kamis, 3 September 2020

Waktu : pukul 09.00-12.00 WIT

Tempat : Aula SMP Malaya

Acara : Rapat pembentukan panitia bulan bahasa

 

31. Kalimat penutup surat undangan rapat yang tepat adalah …

A. Atas kehadiran dan doa restu Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

B. Atas waktu yang diluangkan, kami ucapkan terima kasih.

C. Kehadiran Bapak/Ibu sangat kami harapkan tepat pada waktunya.

D. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

 

32. Penulisan yang salah dari surat tersebut adalah…

A. Penulisan sapaan Bapak/Ibu harusnya bapak dan ibu.

B. Penulisan perincian harusnya menggunakan huruf kecil.

C. Penulisan panitia bulan bahasa harusnya Panitia Bulan Bahasa.

D. Penulisan kata kami harusnya Kami.

 

Cermati kutipan surat pribadi untuk menjawab soal No 33 dan 34!

Jakarta, 5 -09- 2020

Untuk teman kecilku Nasir,

Jl. Demang Lebar Daun No.10

Di Palembang

Salam rindu banget,

 

33. Penyuntingan dalam surat tersebut adalah …

 





















Jawaban : D


34. Jika isi surat tersebut mangabarkan keadaan pengirim surat yang meminta dikirmkan buku

novel terbaru. Kalimat isi surat yang benar adalah …

A. Apa kabar? Aku pernah membaca novel di rumahmu yang berjudul “Toto Chan” apa kamu bisa mengirimkan padaku?

B. Aku minta dong novelmu untuk aku baca.

C. Bolehkah aku dikirimkan novel yang terbaru, nanti aku ganti deh duitnya.

D. Ayo, kirim novelmu yah yang banyak.

 

35. Cermatilah penulisan alamat surat berikut ini…

Yth. Pimpinan Forum Komunikasi Pemuda

Jalan Ciketing Udik Neverland

di Jawa Barat, 

Kesalahan penulisan bagian alamat surat di atas adalah ….

A. Penulisan tujuan harus menggunakan kata ‘Kepada’

B. Menghilangkan tanda titik di belakang Yth.

C. Menghilangkan kata Jalan.

D. Menghilangkan tanda baca koma di belakang kata Jawa Barat.

 

Bacalah kutipan surat berikut dengan saksama untuk menjawab soal 36-37

36. Tanggal surat yang tepat untuk mengisi nomor (1) pada surat tersebut adalah ....

A. 2 September 2020

B. Jakarta, 2 September 2020

C. 2 – 09 - 2020

D. Jakarta, 2 September 2020

 

37. Penyuntingan pada nomor (2) pada isi surat yang tepat adalah …

A. Sebentar lagi di sekolah kita akan diadakannya lomba sekolah wajah bahasa, maka kami mengundang Bapak/Ibu untuk hadir pada.

B. Sehubungan sebentar lagi di sekolah kita lomba sekolah wajah bahasa, maka kami mengundang Bapak/Ibu untuk hadir pada.

C. Dengan sebentar lagi di sekolah kita akan diadakannya lomba sekolah wajah bahasa, maka kami mengundang Bapak/Ibu untuk hadir pada.

D. Sehubungan akan diadakannya lomba sekolah wajah bahasa, maka kami mengundang


Bapak/Ibu untuk hadir pada.

Perhatikanlah surat undangan berikut!

Dengan ini kami mengundang Bapak/ Ibu untuk menghadiri rapat kerja sekolah

tahun pelajaran 2020/2021 yang akan diselenggarakan pada.

hari, tanggal : Kamis, 3 Kamis 2020

waktu : pukul 09.00 – 11.00 WIB,

tempat : Ruang rapat sekolah

acara : Program sekolah dan pembagian tugas mengajar.

Acara itu sangat penting jadi kami berharap sekali Bapak/ Ibu datang tepat waktu.

[ ... ]

 

38. Kalimat penutup surat undangan tersebut yang tepat adalah…

A. Atas kehadiran dan doa restu Bapak/ Ibu kami ucapkan banyak-banyak terima kasih.

B. Atas waktu yang diluangkan, kami ucapkan ribuan terima kasih.

C. Atas kehadirannya yang sangat kami harapkan diucapkan terima kasih.

D. Atas perhatian Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

 

Perhatikan kutipan surat berikut untuk menjawab soal nomor 39 dan 40!

Maka dari itu, saya mohon Bapak RT untuk berkenan memperlihatkan kehadiran

kepada saya untuk membuka acara lomba membaca puisi di daerah tersebut dalam

waktu dekat ini:

hari : Senin

tanggal : 8 Mei 2018

waktu : pukul 07.00 s.d. 12.00 WIB

39. Berdasarkan isi surat dinas tersebut, tujuan surat tersebut adalah....

A. Undangan lomba

B. permohonan membuka acara lomba

C. peminjaman tempat lomba

D. permohonan pemateri lomba

 

40. Penyuntingan paragraf pembuka surat yang tepat adalah …

A. Maka dari itu, saya mohon Bapak RT untuk berkenan memperlihatkan izin kepada saya

untuk mengadakan acara lomba membaca puisi di daerah tersebut dalam waktu dekat

ini:

B. Bapak RT untuk berkenan izinkan untuk mengadakan acara lomba membaca puisi di

daerah tersebut dalam waktu dekat ini:

C. Saya mohon Bapak RT membuka acara lomba membaca puisi di wilayah kita.

D. Sehubungan dengan lomba membaca puisi, kami memohon izin Bapak Ketua RT untuk

membuka acara lomba yang diadakan pada.

 

Perhatikan kutipan surat berikut untuk menjawab soal nomor 41 dan 42!

Jumpa sahabatku yang cantik

Natasya

di Sungai Kendal

Halo Tasya,

[…] Saya sekeluarga juga sehat.

Bagaimana sekolahmu? Tentunya sudah banyak yah kawanmu. Aku selalu ingat kamu.

Kenangan kita waktu di sekolah benar-benar bikin rindu, yah! Kapan yah aku bisa

bertemu kamu. Semoga liburan nanti aku atau kamu yang saling mengunjungi. Oh, ya

aku mau kirim gelang benang buatanku. Nanti kamu pakai yah Tas.

Sahabatmu,

Anisa

 

41. Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang surat pribadi tersebut adalah...

A. Bagaimana sekolahmu di sana?

B. Keluargaku mengajakku pergi

C. Bagaimana keadaanmu sekarang? Semoga sehat-sehat saja.

D. Hai Sobat ... aku akan berkunjung ke kotamu. Tunggu aku!

 

42. Surat tersebut berisikan ….

A. Kesibukan Anisa di sekolah

B. Kesibukan Natasya di sekolah

C. Kerinduan Anisa pada sahabatnya Natasha

D. Keinginan Natasha gelang buatan Anisa

 

Perhatikan kutipan surat berikut untuk menjawab soal nomor 43-45!

(…)

Hai, Ray apa kabarmu?

Semoga kamu ingat aku yah temanmu yang jauh. Kemarin aku lihat nenekmu sedang

memetik jagung sayang kamu tidak bisa ikut. Aku membantunya dan tahu gak,

nenekmu memberiku upah. Hehehehe aku menerimanya karena nenekmu memaksa

dan dia sedih ingat kamu. Kata nenek gara-gara virus corona lebaran ini nenek tak bisa

bertemu denganmu.

Teman desamu,

 

43. Bagian pembuka surat yang tepat untuk melengkapi surat pribadi tersebut adalah …

A. Budi, kamu pasti sudah lulus, bukan? Jadi, kita ketemu?

B. Bersama surat ini aku beritahukan sesuatu kepadamu.

C. Bagaimana kabarmu? Semoga baik-baik saja seperti keadaanku.

D. Untuk temanku Raynaldi.

 

44. Informasi yang tertuang dalam kutipan surat tersebut adalah ….

A. Ray membantu neneknya panen jagung

B. Ray rindu sekali nenek yang tidak bisa dijumpainya.

C. Budi mengabarkan kalau nenek Ray merindukan Ray.

D. Budi memberitahu Ray kalau panen jagung sudah selesai.

 

45. Hal yang disesalkan pengirim surat adalah …

A. Semoga kamu ingat aku yah temanmu yang jauh.

B. Kemarin aku lihat nenekmu sedang memetik jagung.

C. Aku membantunya dan tahu gak, nenekmu memberiku upah.

D. Nenek Ray tidak dapat bertemu cucunya karena virus corona.

 

Perhatikan kutipan surat berikut!

……

Nenekmu mengajak aku makan bersama. Masakannya enak sekali rasanya rugi kalau

aku tolak. Rupanya itu yang membuat kamu tidak mau aku ajak jajan yah. Kalau tahu

masakan nenekmu enak aku pasti tak menolak kalau kamu ajak makan.

Sudah dulu suratku yah. Aku lampirkan foto aku dan nenekmu waktu panen jagung.

…..

46. Bagian penutup surat pribadi tersebut adalah …

A. Nenekmu mengajak aku makan bersama.

B. Masakannya enak sekali rasanya rugi kalau aku tolak.

C. Sudah dulu suratku yah.

D. Aku lampirkan foto aku dan nenekmu waktu panen jagung.

 

47. Berikut ini adalah bagian-bagian surat yang ada dalam surat dinas tidak ada di surat pribadi

yaitu….

A. kepala surat

B. salam pembuka

C. tanggal penulisan surat

D. indentitas penulis surat

 

48. Contoh salam pembuka yang tepat untuk surat dinas adalah ….

A. Salam rindu,

B. Dengan hormat,

C. Salam sejahtera,

D. Asalamualaikum,

 

49. Salam penutup surat pribadi dari seorang cucu kepada neneknya yang tepat adalah …

A. Salam rindu dari anakmu.

B. Salam rindu dari jauh

C. Salam sayang dari anakmu

D. Salam rindu dari cucumu


Perhatikan kutipan surat berikut!

Kami mohon Bapak/Ibu selaku orang tua memberikan izin agar siswa tersebut dapat

mengikuti kegiatan lomba Perahu Naga yang akan di adakan selama dua hari di pantai

Marunda.

 

50. Tujuan pengiriman surat tersebut adalah …

A. Meminta orang tua hadir ke sekolah

B. Meminta siswa mempersiapkan diri untuk lomba

C. Lomba akan diadakan di daerah Marunda.

D. Meminta izin orang tua untuk siswa mengikuti lomba

 

Perhatikan kutipan surat berikut untuk menjawab soal nomor 51-53!

51. Isi surat ditandai dengan nomor …

A. 3

B. 4

C. 5

D. 6

 

52. Alamat pengirim surat ditandai dengan nomor

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

 

53. Nomor 6 berisi ….

A. penutup surat

B. nama pengirim surat

C. isi surat

D. catatan surat

 

Bacalah kutipan surat berikut dengan saksama untuk menjawab soal 54-55

54. Tanggal surat yang tepat untuk mengisi nomor (1) pada surat tersebut adalah ....

A. 2 September 2020

B. Jakarta, 2-09-2020

C. 2-09-2020

D. Jakarta, 2 September 2020

 

55. Penyuntingan pada nomor (2) pada isi surat yang tepat adalah …

A. Sebentar lagi di sekolah kita akan diadakannya lomba sekolah wajah bahasa, maka kami

mengundang Bapak/Ibu untuk hadir pada.

B. Sehubungan sebentar lagi di sekolah kita lomba sekolah wajah bahasa, maka kami

mengundang Bapak/Ibu untuk hadir pada.

C. Dengan sebentar lagi di sekolah kita akan diadakannya lomba sekolah wajah bahasa, maka

kami mengundang Bapak/Ibu untuk hadir pada.

D. Sehubungan akan diadakannya lomba sekolah wajah bahasa, maka kami mengundang

Bapak/Ibu untuk hadir pada.

 

Perhatikan kutipan surat berikut!

Assalamualaikum

….

Sebelumnya Ananda mohon maaf karena baru bisa menulis surat. Sejak dua bulan

terakhir ini, Ananda disibukkan dengan berbagai ujian di sekolah. Dua minggu lagi

Ananda baru selesai menempuh ujian semester. Ananda mohon doa restu agar

Ananda lulus semua dalam menempuh ujian semester ini.

Wassalammualaikum.

Ananda


56. Pokok isi dalam surat tersebut adalah …

A. Ananda meminta kiriman uang pada orang tuanya.

B. Ananda tidak bisa pulang liburan ini.

C. Ananda akan ujian dan memohon doa pada orangtuanya.

D. Ananda selalu belajar hingga larut karena banyak tugas.

 

Perhatikan kutipan surat pribadi berikut!

 

Saya dengar dari Nurul kamu akan ke Samarinda, dan sedang sibuk mencari buah

tangan yang cocok untuk bertukar cenderamata, singgahlah ke rumah kakak saya.

Kakak saya membuat barang-barang kerajinan dari batu khas Samarinda dengan

harga murah. Untuk kamu ada diskon khusus.

 

57. Isi dari kutipan surat pribadi di atas adalah ….

A. undangan

B. pemberitahuan

C. peringatan

D. pengumuman

 

Perhatikan surat berikut ini!

58. Penulisan alamat surat yang tepat untuk melengkapi bagian surat di atas adalah ….

A. Kepada

Yth. Bapak Guru Mata Pelajaran

Di SMP Negeri 231 Jakarta

B. Yth. Guru Mata pelajaran

Di SMP Negeri 231 Jakarta

C. Kepada

Yth bapak Guru Mata Pelajaran

Di SMP Negeri 231 Jakarta

D. Yth. Guru Mata Pelajaran

di SMPN 231 Jakarta

 

Bacalah kutipan surat berikut untuk menjawab soal nomor 59 dan 60!

Yth. Ketua OSIS SMP Basini

di Belitung

Dengan hormat,

Kami mengharapkan kehadiran Saudara dalam acara rapat kerja OSIS yang akan

dilaksanakan pada

Hari : Sabtu, 23 Agustus 2020

Waktu : pukul 08.00

Tempat: Aula SMP Sintuwu maroso

( .... )

59. Kalimat penutup surat untuk melengkapi surat dinas tersebut adalah . . .

A. Atas kerja sama dari saudara, kami ucapkan terima kasih.

B. Atas perhatinnya, kami ucapkan terima kasih.

C. Atas kehadiran Saudara, kami ucapkan terima kasih.

D. Atas perhatian, diucapkan terima kasih.

 

60. Penulisan kebahasaan yang salah pada kutipan surat tersebut adalah ….

A. penulisan perincian

B. penulisan tujuan

C. penulisan salam pembuka

D. penulisan kata saudara harusnya bapak dan ibu


Bagi Anda yang membutuhkan Soal Soal Penilaian Harian Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Genap Materi Suratku silakan download disini 



0 komentar:

Post a Comment test