ASUS VivoBook 15 A516, Solusi Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Thursday, June 24, 2021

 

ASUS VivoBook 15 A516

Sudah lebih dari setahun kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring atau sering disebut dengan Belajar Dari Rumah (BDR). Membuat pelajar merasa bosan dan jenuh dengan kegiatan tersebut. Banyak kendala yang dihadapi tidak hanya oleh guru atau pendidik tetapi juga oleh peserta didik dan orang tua.


Selama kegiatan BDR pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 pada mata pelajaran yang saya ampu, tingkat partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan BDR hanya sekitar 68,5%. Menurut rekan-rekan guru dari sekolah lain, katanya itu lebih baik karena banyak sekolah yang tingkat partisipasi dalam kegiatan BDR di bawah 50%.   

Tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan BDR


Padahal sudah berbagai cara telah dilakukan agar pembelajaran tidak membosankan seperti menggunakan game interaktif menggunakan Wordwall, Liveworksheets, Google Formulir, video pembelajaran dengan animasi di Youtube, materi pembelajaran dan ujian online melalui blog dan lain sebagainya.  


Salah satu game interaktif menggunakan Wordwall


Untuk interaksi dengan peserta didik, saya pernah mencoba menggunakan beberapa aplikasi Zoom meeting, dan Google meet,  tetapi sangat minim sekali peserta didik yang ikut dalam kegiatan tersebut. Hal ini bisa dimaklumi mengingat saya mengajar peserta didik kelas 7 yang notabenenya belum mengenal semua aplikasi dan fitur-fitur yang ada pada smartphonenya. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk kembali menggunakan aplikasi perpesanan WhatsApp.



Hal ini tentu sesuai dengan data yang dirilis Kemdikbud, bahwa berdasarkan Survey Belajar Dari Rumah (BDR) di Masa Pandemi COVID-19 Puslitjak Kemdikbud Tahun 2021 sebanyak 71% peserta didik terkendala dalam BDR (Belajar Dari Rumah).


Beberapa kendala yang dihadapi oleh peserta didik selama BDR (Belajar Dari Rumah) adalah sebagai berikut :

1. Sulit konsentrasi

2. Keterbatasan jaringan internet

3. Kurang bersemangat

4. Sulit berkomunikasi dengan guru

5. Keterbatasan pengetahuan orang tua

6. Belum mampu mengoptimalkan media

7. Tidak memiliki perangkat TIK

Prosentasi kendala yang dihadapi selama BDR (Data Kemdikbud 2021)

 

Kendala tidak memiliki perangkat TIK memang menjadi salah satu kendala yang tidak bisa diatasi oleh guru, karena berhubungan dengan kemampuan orang tua. Untuk siswa yang ditinggal di pedesaan seperti di tempat saya ada sekitar 5-10% peserta didik yang masih belum memiliki perangkat TIK baik smartphone maupun laptop.  


Tidak hanya peserta didik yang memiliki kendala dalam BDR, para guru juga ada beberapa kendala. Seperti masih ada beberapa pendidik atau guru yang belum memiliki laptop untuk pembelajaran, atau laptop sudah ketinggalan zaman sehingga tidak bisa digunakan untuk video conference, pembuatan perangkat pembelajaran atau aktivitas lainnya. 

Kegiatan PTM pada saat pandemi 

Selain itu laptop yang dimiliki sudah tertinggal seperti desainnya yang sudah jadul, ukuran layar laptop yang terlalu kecil, bobot yang terlalu berat untuk dibawa kemana-mana, tidak memiliki webcam sehingga tidak bisa video conference, aplikasi Office yang sering bermasalah serta kinerjanya yang lambat. 


Awal tahun pelajaran baru 2021/2022 akan segera datang, berbagai persiapan sudah mulai dari sekarang. Walaupun pandemi sepertinya belum berakhir bahkan di beberapa tempat mengalami peningkatan. Sehingga kemungkinan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) belum bisa dilaksanakan secara penuh melainkan menggunakan PTM Terbatas. 


Persiapan untuk PTM Terbatas, bukan hanya sarana dan prasarana di sekolah seperti menyiapkan tempat cuci tangan, menyediakan thermogun, menyediakan masker, dan lain-lain. Melainkan juga peralatan yang harus dimiliki oleh guru atau pendidik, salah satunya adalah laptop. 


Laptop yang digunakan terntu harus bisa mengatasi semua permasalahan yang dihadapi tadi. Dan jawabannya adalah laptop ASUS VivoBook 15 A516.   Ini dia alasannya : 


Desainnya Menawan, Elegan, dan Tangguh

Laptop VivoBook 15 A516 memiliki desain yang menawan dan elegan. Ada dua pilihan warna yakni Tranparent Silver, dan Slate Grey yang menawan sehingga bisa diandalkan saat bertemu dengan rekan kerja, teman sekolah, rekan kuliah atau saat mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan. 


Desain ASUS VivoBook 15 A516

ASUS VivoBook 15 (A516) memiliki konstruksi yang tangguh. Berbagai bagian pada laptop ini, seperti pada chasis utama dan rangka layar, terbuat dari bahan logam untuk memperkuat keseluruhan konstruksi bodinya. ASUS juga menghadirkan perlindungan ekstra untuk HDD di VivoBook 15 (A516) bernama E-A-R HDD Protection. Perlindungan tersebut dapat menyerap getaran yang dihasilkan saat perangkat terguncang dan menyelamatkan HDD yang ada di dalamnya.


Ringkas dan Portabel

ASUS VivoBook 15 A516 memiliki bodi yang ringkas dan ringan. Bobotnya hanya 1,8 kilogram dan ketebalannya hanya 19.9mm membuat laptop ini nyaman untuk dibawa bepergian. Tidak hanya itu, ASUS menyediakan charger yang sangat ringkas dan mudah untuk dimasukkan di dalam tas.  


ASUS VivoBook 15 A516 ringkas dan portabel


Salah satu rahasia mengapa laptop ASUS VivoBook 15 A516 dapat memiliki bodi yang lebih ringkas dibandingkan dengan laptop 15 inci pada umumnya adalah karena penggunaan teknologi NanoEdge Display. 


Layar Lebar 

Berbicara soal layar, VivoBook 15 (A516) juga telah dibekali dengan layar berukuran 15 inci dengan resolusi hingga Full HD. ASUS menggunakan teknologi NanoEdge Display. Teknologi eksklusif yang  memungkinkan bezel layar pada VivoBook 15 (A516) dapat tampil sangat tipis, sehingga laptop ini dapat memiliki screen-to-body ratio hingga 83%. Tidak hanya itu, ukuran VivoBook 15 (A516) bahkan setara dengan laptop 14 inci yang masih menggunakan bezel layar tebal.

Layar ASUS VivoBook 15 A516

Dengan layar lebar tersebut sangat cocok digunakan baik untuk bekerja, apalagi bagi mereka yang sudah terkendala dalam penglihatan saat menggunakan laptop atau netbook berukuran kecil. Dengan layar lebar tersebut pengguna dapat menikmati konten multimedia lebih puas apalagi sudah dilapisi dengan lapisan anti-silau (anti-glare) sehingga tidak merusak mata serta memiliki sudut pandang hingga 178 derajat.


Siap Digunakan untuk Berbagai Aktivitas

Bagi sebagian orang, kerja tidak hanya pada siang hari tetapi juga malam hari. Untuk kenyamanan dalam mengetik ASUS VivoBook 15 (A516) dibekali dengan keyboard full-size yang telah dilengkapi backlit, sehingga tetap nyaman saat digunakan meski dalam kondisi gelap atau mati lampu sekalipun.  

Keyboard dengan backlit


Selain itu Keyboard VivoBook 15 (A516) juga didesain secara ergonomis dan lebih kokoh. Setiap tombol keyboard-nya memiliki key travel sejauh 1,4mm yang sangat ideal saat digunakan untuk kenyamanan saat mengetik tugas-tugas, pekerjaan atau perangkat pembelajaran.


Aman Dengan Fingerprint Sensor 

Fitur keamanan sangat dibutuhkan oleh pengguna laptop, beberapa varian VivoBook 15 (A516) telah dilengkapi dengan keamanan biometrik melalui fingerprint sensor. Fitur ini biasanya terdapat di laptop kelas premium tetapi kini disematkan pada VivoBook 15 (A516). 


Memiliki Fingerprint Sensor


Dengan fitur fingerprint sensor, memungkinkan pengguna VivoBook 15 (A516) dapat masuk ke dalam sistem Windows 10 Home melalui Windows Hello, sehingga tidak perlu lagi mengetikkan password saat membuka laptop cukup dengan sentuhan sidik jari saja. Sehingga data-data yang ada di dalam laptop tetap aman tidak bisa diakses oleh orang lain.  


Memiliki Webcam 

Bagi pendidik, pelajar, mahasiswa atau pekerja kantoran, keberadaan webcam sangat dibutuhkan pada saat BDR atau WFH (Work From Home) untuk komunikasi secara virtual. ASUS telah membekali VivoBook 15 (A516) dengan webcam yang sudah bisa diandalkan. Sehingga tidak perlu lagi membeli perangkat webcam tambahan. 

Webcam ASUS VivoBook 15 A516


Fungsi Webcam selain untuk komunikasi secara virtual dengan menggunakan beberapa perangkat lunak seperti Zoom, Google Meet, Microsoft Teams dan lain-lain. Juga digunakan untuk belajar jarak jauh antara peserta didik dengan guru nya, kegiatan webinar, pendidikan dan pelatihan, serta konferensi atau rapat. 


Sudah Dilengkapi Dengan Microsoft Office Pre-Installed

Anda mungkin pernah merasakan saat sedang mengerjakan tugas tiba-tiba ada peringatan Office-nya Unlicensed Product. Tetapi bagi pengguna VivoBook 15 (A516) tidak perlu khawatir lagi harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli software office karena laptop ini sudah dilengkapi dengan Microsoft Office Pre-Installed. 

ASUS VivoBook 15 A516 sudah dilengkapi dengan Microsoft Office Home & Student 2019

Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.


Kinerja dan Performa Cepat 

Siapa yang mau menunggu lama, begitu saat menunggu laptop menyala?. Nah laptop ASUS VivoBook 15 (A516) memiliki performa yang bisa diandalkan sejak booting awal hingga digunakan tidak perlu menunggu lama. Selain itu bisa diandalkan saat digunakan untuk bekerja, berselancar di internet, menikmati konten multimedia dan penyimpanan lebih cepat. 


Performa ASUS VivoBook 15 A516 


ASUS VivoBook 15 (A516) menggunakan prosesor hingga 10th Gen Intel Core, prosesor modern dengan serangkaian fitur dan teknologi terkini. Varian tertingginya hadir dengan prosesor Intel Core i5-1035G1 yang memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta boost clock hingga 3,6GHz. 


Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya. 


Beberapa varian VivoBook 15 (A516) juga ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce MX330 untuk pengguna yang membutuhkan performa grafis ekstra. Kehadiran NVIDIA GeForce MX330 memungkinkan VivoBook 15 (A516) dapat menjalankan berbagai aplikasi yang membutuhkan performa grafis ekstra tertutama bagi rekan-rekan yang sering menggunakan aplikasi photo editing, video editing, hingga bermain game kasual.


Konektivitas Lengkap 

ASUS VivoBook 15 (A516) dirancang sebagai laptop modern dan mengedepankan mobilitas. Laptop ini dilengkapi dengan serangkaian fitur konektivitas mulai dari port USB Type-C, USB Type-A, HDMI, serta combo audio jack untuk memenuhi kebutuhan konektivitas sehari-hari seperti saat dihubungkan ke proyektor, monitor, speaker, menghubungkan ke smartphone atau perangkat lainnya. 

Konektivitas lengkap

Selain itu untuk konektivitas nirkabel, VivoBook 15 (A516) dibekali dengan WiFi 5 (802.11ac) untuk terhubung dengan jaringan internet, serta Bluetooth 4.1 sehingga penggunanya dapat menghubungkan berbagai aksesori nirkabel.  


Penyimpanan Menggunakan SSD 

Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.

Perbedaan SSD dan HDD

VivoBook 15 (A516) telah menggunakan memori DDR4 yang merupakan standar laptop modern dengan kapasitas yang dapat di-upgrade. Sementara untuk penyimpanannya, laptop ini mengandalkan dua jenis penyimpanan yaitu 2.5” SATA dan M.2 PCIe. Tergantung konfigurasinya, Anda dapat menyematkan SSD dan HDD ke dalam laptop ini.


Lebih Mudah dengan MyASUS

Satu lagi kelebihan VivoBook 15 (A516) adalah hadirnya MyASUS, sebuah aplikasi bawaan yang merupakan pusat kontrol untuk laptop ini. Melalui MyASUS, pengguna VivoBook 15 (A516) dapat memantau status laptopnya sekaligus melakukan troubleshooting atau permasalahan yang dialami.


MyASUS juga menyediakan fasilitas agar penggunanya dapat memindai sistem laptop, menemukan masalah, dan memperbaikinya secara otomatis. Tidak hanya itu, MyASUS juga dapat memperlihatkan status garansi perangkat serta fasilitas untuk menghubungi layanan konsumen ASUS.

MyASUS

Yang paling menarik dari MyASUS adalah fitur bernama Link to MyASUS. Fitur tersebut memungkinkan pengguna VivoBook 15 (A516) untuk menghubungkan smartphone yang Anda miliki dengan laptop agar dapat beraktivitas secara lebih produktif. 


Link to MyASUS memiliki beberapa fungsi mulai dari menampilkan pesan dan notifikasi dari smartphone ke layar laptop, melakukan panggilan telepon langsung dari laptop, hingga membuat smartphone menjadi layar kedua untuk laptop. Selain itu Link to MyASUS bahkan menyediakan fasilitas untuk berbagi file secara instan antara laptop dengan smartphone.


Berikut Spesifikasi dan Harga ASUS VivoBook 15 A516 : 


Spesifikasi

VivoBook 15 (A516)

CPU

Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)

Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)

Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)

Sistem Operasi

Windows 10

Memori

Up to 8GB DDR4 RAM

Penyimpanan

256GB PCIe® Gen3 x2 SSD

512GB PCIe® Gen3 x2 SSD

1TB HDD + 256GB PCIe® Gen3 x2 SSD

Layar

15.6”, FHD (1920 x 1080) 16:9, Anti-glare

15.6”, HD (1366 x 768) 16:9, Anti-glare

Grafik

NVIDIA GeForce MX330 (optional)

Intel UHD Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader

Kamera

VGA Web Camera

Konektivitas

Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1

Audio

SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone

Baterai

37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

Dimensi

36.02 x 23.49 x 1.99 ~ 1.99 cm

Berat

1,8 Kg

Warna

Transparent Silver, Slate Grey

Harga

Rp5.299.000 (Celeron N4020/HD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD)

Rp5.399.000 (Celeron N4020/FHD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD)

Rp7.599.000 (Core i3/HD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD + 1TB HDD)

Rp7.899.000 (Core i3/FHD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD + 1TB HDD)

Rp7.799.000 (Core i3/FHD/GeForce MX330/4GB/256GB SSD)

Rp8.199.000 (Core i3/FHD/GeForce MX330/4GB/512GB SSD)

Rp10.999.000 (Core i5/FHD/GeForce MX330/4+4GB/256GB SSD + 1TB HDD)

Rp11.099.000 (Core i5/FHD/GeForce MX330/8GB/256GB SSD + 1TB HDD)

Garansi

2 tahun garansi global


Kesimpulan

Laptop ini sangat cocok untuk pelajar, mahasiswa, dan pekerja. Selain itu cocok juga untuk guru dan dosen yang membutuhkan laptop untuk aktivitas sehari-hari termasuk untuk kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas apalagi harganya cukup terjangkau dari Rp.5 jutaan. 


Dengan laptop ini penggunanya bisa bekerja dan berkarya lebih aktif, kreatif dan inovatif lagi. Sehingga segala cita-cita semoga dapat terwujud dengan menggunakan ASUS VivoBook 15 A516 yang menyandang julukan 15 inch Modern PC.  


Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS - 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com 



5 komentar for ASUS VivoBook 15 A516, Solusi Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas:

  1. Panitia lomba Asus kemarin skrg jadi pserta, ngeri..mana tulisannya keren banget . Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah bukan panitia lagi boleh dong jadi peserta.. sudah lama gak pernah menang lomba blog lagi..

      Delete
  2. Iya miris banget ya Kang karena nggak semua murid mampu untuk membeli laptop dan hp penunjang PJJ

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba tidak semua siswa memiliki hape apalagi laptop

      Delete
  3. Semoga pandemi ini segera berakhir, sebab benar kata mas kegiatan belajar dan mengajar jadi membosankan karna online terus tanpa adanya interaksi langsung.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam