Jun 24, 2021

Soal dan Kunci Jawaban PAT Informatika Kelas 7 Tahun Pelajaran 2020/2021

Soal dan Kunci Jawaban PAT Informatika Kelas 7 Tahun Pelajaran 2020/2021



Soal dan Kunci Jawaban PAT Informatika Kelas 7 Tahun Pelajaran 2020/2021 - Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun Pelajaran 2020/2021 dilaksanakan masih dalam kondisi pandemi sehingga pelaksanaannya masih secara daring atau luring tetapi soalnya dibawa ke rumah masing-masing. 


PAT SMP Tahun pelajaran 2020/2021 dilaksanakan dari hari Senin tanggal 7 Juni 2021 hingga Sabtu tanggal 12 Juni 2021. Pada kesempatan kali ini kami berikan soal dan kunci jawaban soal PAT Informatika kelas 7 yang bisa digunakan untuk analisis soal dan referensi pada tahun berikutnya.


Berikut Soal dan Jawaban PAT Informatika Kelas 7 Tahun Pelajaran 2020/2021 : 


I. Pilihan Ganda 

Pilihlah jawaban soal-soal dibawah ini dengan benar dan tepat!

1. Berikut bukan perangkat yang datanya dapat dibaca, tetapi tidak dapat diubah atau ditulis ulang adalah....

a. Flash drive

b. ROM

c. CD Room

d. CD-R


2. Perangkat komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi gambar adalah...

a. LAN Card

b. Kartu Suara

c. Kartu Grafis

d. Wifi Card


3. Perangkat berikut yang mempunyai slot untuk menempelkan perangkat lainnya adalah...

a. Memori

b. Kartu suara

c. Motherboard

d. Wifi Card


4. Perangkat yang umum digunakan untuk koneksi peer to peer adalah....

a. LAN Card

b. Bluetooth

c. Modem

d. Wifi Card


5. Antar muka yang menggunakan karakter untuk memberikn perintah adalah.... 

a. CUI

b. GUI

c. menu-driven

d. Mobile UI


6. Antar muka yang biasaa digunakan untuk sistem otomatis pada restoran adalah....

a. Touchscreen

b. GUI

c. menu-driven

d. CUI


7. Yang membutuhkan kartu grafis dengan sepesifikasi yang tinggi adalah....

a. Game catur ,musik youtube

b. Download file, streaming

c. Game online resolusi tinggi

d. Film online


8. Komponen untuk tampilan game, film dengan resolusi terbaik kecuali adalah...

a. Kartu grafis

b. Kartu suara

c. Prosesor

d. Media penyimpana besar


9. Alasan perusahan memilih penggunaan sidik jari dibanding retina adalah, kecuali....

a. Memudahkan pengguna

b. Lebih aman

c. kecepatan waktu

d. Lebih murah


10. Perangkat penyimpanan ini menggunakan magnetik adalah, kecuali...

a. Blu-ray disk

b. harddsik

c. flash drive

d. memori


11. Media penyimpanan berikut yang tidak dapat ditulis berulang adalah...

a. DVD-R

b. DVD RW

c. DVD+R

d. CD+R


12. Jaringan serat optik dibanding telpon adalah, kecuali,...

a. Transfer cepat

b. Jangkauan data jauh

c. Koneksi lama

d. Menggunakan sinyal cahaya


13. Perangakat lunak yang digunakan untuk mengendalikan perangkat yang terhubung ke computer termasuk perangkat….

a. System Operasi

b. Pemrograman

c. Driver

d. System operasi tools


14. Berikut yang bukan merupakan fungsi dari system operasi adalah.....

a. Mengatur ruang memori 

b. Mengatur ruang penyimpanan di hardisk

c. Membagi hardisk menjadi beberapa partisi

d. Mengatur proses input dan output ke komputer


15. Suatu perangkat dihubungkan ke computer dan perangkat tersebut tidak dikenali oleh computer. Hal ini berhubungan dengan system operasi sebagai....

a. Mengatur ruang memori 

b. Mengatur ruang penyimpanan di hardisk

c. Membagi hardisk menjadi beberapa partisi

d. Mengatur proses input dan output ke komputer


16. Jika computer menerima input dari keyboard dan mouse pada saat yang bersamaan, tugas system operasi adalah …..

a. Mengatur antrian input data untuk diproses secara bergantian

b. Mengatur ruang memori untuk mengatur ruang sementara input yang diberikan

c. Mengatur ruang penyimpanan  untuk menyimpan input dari dua perangkat yang berbeda

d. Mengenali perangkat keyboard dan mouse agar dapat digunakan.


17. Sistem operasi yang menggunakan sumber pengembangan yang sama adalah....

a. DOS dan IOS

b. Linux dan Android

c. Windows dan Unix

d. Windows dan IOS


18. Berikut yang bukan merupakan kelebihan OS android dibandingkan apple IOS adalah ....

a. Banyak aplikasi tersedia di playstore

b. Dapat diinstal diberbagai mobile phone

c. Harga smartphone yang beragam

d. Konsumsi listrik hemat


19. Berikut yang bukan merupakan bagian dari desktop Windows adalah…..

a. Taskbar

b. Tombol Start

c. Shortcut

d. Scrollbar


20. Tindakan berikut yang tidak termasuk upaya untuk mengurangi e-waste adalah….

a. Membeli perangkat yang memenuhi standar green technology

b. Mendonasikan perangkat computer yang sudah tidak dipakai

c. Menggunakan hardisk jenis SSD

d. Melakukan daur ulang perangkat komputer


21. Berikut yang tidak termasuk perangkat lunak pemrograman adalah ….. 

a. Borland Delphi

b. wxDev C++

c. Visual Studio

d. Lotus Word Pro 


22. Perangkat lunak yang digunakan agar penggunaan hardisk menjadi lebih hemat adalah ….. 

a. Disk Compression Utility

b. Partisi Disk

c. System Information tools

d. Backup Utility 


23. Perangkat lunak yang digunakan agar file yang dikirimkan melalui internet lebih kecil adalah... 

a. Antivirus

b. Disk Defragmenter

c. Disk Compression Utility

d. System Information tools 


24. Perangkat lunak yang dapat didownload secara gratis, tetapi dalam periode tertentu adalah  ….. 

a. freeware

b. adware

c. shareware

d. Demo software 


25. Lisensi perangkat lunak yang kurang disukai pengguna karena iklan yang ditampilkan adalah ….. 

a. Retail Software

b. Adware

c. Public domain software

d. freeware 


26. Pengertian algoritma adalah…..

a.Langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.

b.Langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara acak dan logis.

c.Langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis berdasarkan abjad.

d.Langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis berdasarkan nomor.


27. Karakteristik dari algoritma adalah:

1.Tertata dengan baik

2.Jelas

3.Dapat dihitung secara efektif

4.Random

Dari pernyataan diatas yang benar adalah….

a.1,2,3, dan 4

b.1,2, dan 3

c.1, dan 4

d.2, dan 4


28. Gambar simbol pada flowchart dibawah ini disebut sebagai….

a. Simbol arus

b. Simbol Communication link

c. Simbol Connector

d. Simbol Offline Connector


29. Gambar simbol pada flowchart dibawah ini disebut sebagai….


a. Simbol arus

b. Simbol Communication link

c. Simbol Connector

d. Simbol Offline Connector


30. Gambar simbol pada flowchart dibawah ini disebut sebagai….


a. Simbol Manual Input

b. Simbol Proses

c. Simbol Terminal

d. Simbol Decision/kondisi 


31. Gambar simbol pada flowchart dibawah ini disebut sebagai….

a. Simbol Manual Input

b. Simbol Proses

c. Simbol Terminal

d. Simbol Decision/kondisi 


32. Gambar simbol pada flowchart dibawah ini disebut sebagai….



a. Simbol Manual Input

b. Simbol Proses

c. Simbol Terminal

d. Simbol Decision/kondisi 


33. Gambar simbol pada flowchart dibawah ini disebut sebagai….



a. Simbol Input Output 

b. Simbol Documen

c. Simbol Dist Storage

d. Simbol Decision/kondisi 


34. Gambar simbol pada flowchart dibawah ini disebut sebagai….



a. Simbol Input Output 

b. Simbol Documen

c. Simbol Dist Storage

d. Simbol Decision/kondisi 


35. Algoritma dapat dibuat dalam bentuk…..

a.Kode program dan blok kode

b.Pseudocode dan blok kode

c.Kode program dan flowchart

d.Flowchart dan Pseudocode


36. Blok kode yang berfungsi untuk menyimpan blok kode yang mengatur tampilan program disebut dengan....

a.Blok Events

b.Blok Control

c.Blok Sensing

d.Blok Looks


37. Blok kode yang berfungsi untuk menyimpan blok kode yang merespon kejadian-kejadian yang ada disebut dengan....

a.Blok Events

b.Blok Control

c.Blok Sensing

d.Blok Looks


38. Blok kode yang berfungsi untuk menyimpan blok kode yang berupa pengecekan kondisi, perulangan, dan sebagainya disebut dengan....

a.Blok Events

b.Blok Control

c.Blok Sensing

d.Blok Looks


39. Blok kode yang berfungsi untuk menyimpan blok kode yang digunakan untuk men-trigger dijalankannya blok kode yang disebut dengan....

a.Blok Events

b.Blok Control

c.Blok Sensing

d.Blok Looks


40. Berfikir komputasional artinya:

1.Melatih diri agar bekerja secepat komputer

2.Memecah masalah kompleks menjadi sederhana

3.Membuang informasi yang tidak penting

4.Menyusun penyelesaian dengan langkah-langkah yang logis dan sesuai aturan

Dari pernyataan diatas yang benar adalah….

a.1,2, dan 3

b.2,3, dan 4

c.3, dan 4

d.1,2,3, dan 4


II. Uraian 

Jawablah Pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar dan tepat!

41. Perhatikan gambar dibawah ini!

Sebutkan jumlah kolom dab baris pada tabel tersebut!


42. Untuk mempermudah dalam pembuatan program, ada yang disebut dengan Flowchart. Jelaskan pengertian dari Flowchart tersebut!


43. Dalam pemrograman Scratch Offline 2 editor ada yang disebut dengan Sprite. Jelaskan langkah-langkah untuk mengganti sprite tersebut!


44. Dalam pemrograman Scratch Offline 2 editor ada yang disebut dengan Backdrop/Latar Baru. Jelaskan langkah-langkah untuk mengganti Backdrop/Latar Baru tersebut!


45. Jelaskan mengapa penyedia aplikasi transportasi online dapat lebih unggul dibandingkan dengan perusahaan taksi konvensional!


Bagi Anda yang membutuhkan Soal PAT Informatika Kelas 7 Tahun Pelajaran 2020/2021 silakan download disini 

Kunci Jawaban PAT Informatika Kelas 7 Tahun Pelajaran 2020/2021 silakan download disini

Kisi-kisi Soal PAT Informatika Kelas 7 Tahun Pelajaran 2020/2021 silakan download disini 

Soal dan Kunci Jawaban PAT Informatika Kelas 7 Tahun Pelajaran 2020/2021
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon