Soal Penilaian Harian PJOK Kelas 8 Semester Ganjil Materi Aktivitas Beladiri Pencak Silat

Tuesday, September 28, 2021

 

Aktivitas Pencak Silat (Dok. Modul PJJ PJOK Kelas 8)


Soal Penilaian Harian PJOK Kelas 8 Semester Ganjil Materi Aktivitas Beladiri Pencak Silat - Bagi bapak dan ibu guru SMP yang mengajar semester ganjil sudah dilalui beberapa minggu, dan biasanya bapak dan ibu guru akan disibukkan dengan membuat soal untuk penilaian harian yang sesuai dengan kurikulum 2013. 


Pada kesempatan ini kami akan berbagi soal-soal penilaian harian mata pelajaran PJOK Kelas 8 Semester Ganjil materi Aktivitas Beladiri Pencak Silat yang mungkin bisa dijadikan referensi. 


Soal Penilaian Harian khususnya pelajaran PJOK Kelas 8 Semester Ganjil Materi Aktivitas Beladiri Pencak Silat yang dikutip dari Modul PJJ PJOK Kelas 8 Semester Gasal yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 


Berikut soal penilaian harian PJOK Kelas 8 Semester Ganjil Materi Aktivitas Beladiri Pencak Silat  : 

A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d yang merupakan jawaban paling benar.

1. Posisi kaki tertentu,sebagai dasar tumpuan untuk melakukan sikap dan gerakan bela-serang. Dalam sikap kuda-kuda, badan dalam keadaan seimbang, tetapi dapat mudah bergerak. Gerakan ini merupakan sikap . . . .

a. berdiri kuda-kuda

b. berdiri tegak

c. berdiri kangkang

d. pasang


2. Sikap tegak/sikap awal, kedua lengan di samping pinggang, langkahkan kaki kanan ke depan bersamaan kedua lengan mendorong ke arah depan. Gerakan ini merupakan pukulan. . . .

a. tebak

b. dorong

c. sodok

d. colok


3. Pada gerak spesifik tendangan tidak berbeda dengan serangan lengan, dimana terdapat bermacam-macam penggunaan variasi bagian kaki, antara lain: punggung kaki, telapak kaki, ujung kaki, tumit kaki, sisi kaki, dan pergelangan kaki. Semua teknik serangan tungkai tersebut tergantung pada . . . .

a. sikap pasang dan pola langkah

b. sikap pasang dan gerak gerik lawan

c. sikap pasang dan gerak gerik lawan

d. sikap kuda-kuda dan pola langkah


4. Suatu usaha pembelaan yang dilakukan dengan sikap kaki yang tidak berpindah tempat dinamakan . . . .

a. serangan

b. hindaran

c. tangkisan

d. elakan


5. Usaha pembelaan dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan. Kontak langsung tersebut bertujuan mengalihkan serangan dari lintasannya dan membendung atau menahan serangan(jika terpaksa). Teknik gerakan ini merupakan . . . .

a. menangkis

b. mengelak

c. menebak

d. menghindar


B. Jawablah soal di bawah ini dengan singkat dan tepat.

1. Jelaskan cara melakukan kuda-kuda atau sikap pasang dalam pencak silat.

2. Jelaskan cara melakukan elakan dalam pencak silat.

3. Jelaskan cara melakukan tangkisan dalam pencak silat.

4. Jelaskan cara melakukan pukulan dalam pencak silat.

5. Jelaskan cara melakukan tendangan dalam pencak silat.


Kunci Jawaban Uraian 

1. Merupakan posisi kaki sebagai dasar tumpuan untuk melakukan sikap dan gerakan bela serang, terdiri dari: kuda-kuda depan, kuda-kuda belakang, kuda-kuda tengah, kuda-kuda samping, dan kuda-kuda silang : silang depan, dan silang belakang.


2. Elakan adalah usaha pembelaan yang dilakukan dengan sikap kaki yang tidak berpindah tempat atau kembali ketempat semula. Elakan setempat dilakukan tanpa memindahkan kaki, tapi cukup dengan memutar tubuh, merunduk, meloncat, atau menggeser posisi tumit/ujung kaki.


3. Tangkisan dalam pencak silat merupakan usaha pembelaan dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan, yang bertujuan:  mengalihkan serangan dan lintasannya membendung atau menahan serangan, jika terpaksa. Tangkisan selalu disertai dengan sikap kuda-kuda, sikap tangan dan sikap tubuh yang baik, sedangkan tangkisan itu sendiri dapat menggunakan satu lengan, dua lengan, siku dan kaki.


4. Pukulan adalah berbagai macam gerak serangan yang dilakukan dengan menggunakan tangan sebagai komponennya. Dalam pertandingan pencak silat olahraga, gerakan pukulan yang sering digunakan adalah pukulan depan, pukulan sengkol/bandul, pukulan tegak, pukulan samping dan pukulan lingkar.


5. Tendangan, diawali dengan sikap tegak, angkatan kaki, dan salah satu kaki ditendangkan ke depan dengan gerak menyentakan kaki hingga lurus, telapak kaki menghadap arah sasaran, kedua tangan sikap waspada di depan badan. 


0 komentar:

Post a Comment test