Soal Penilaian Harian Bahasa Indonesia Kelas 7 Materi Menulis Teks Deskripsi

Monday, October 11, 2021



Soal Penilaian Harian Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil Materi Menulis Teks Deskripsi - Bagi bapak dan ibu guru SMP yang mengajar semester ganjil sudah dilalui beberapa minggu, dan biasanya bapak dan ibu guru akan disibukkan dengan membuat soal untuk penilaian harian yang sesuai dengan kurikulum 2013. 


Pada kesempatan ini kami akan berbagi soal-soal penilaian harian mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil Materi Menulis Teks Deskripsi yang mungkin bisa dijadikan referensi. 


Soal Penilaian Harian khususnya pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil Materi Menulis Teks Deskripsi yang dikutip dari Modul PJJ Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Gasal yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 


Berikut soal penilaian harian Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil Materi Menulis Teks Deskripsi : 

Wisata Teluk Lumba-Lumba


(1) Teluk Lumba-Lumba merupakan objek wisata yang ada di Lampung, tepatnya terletak di Pekon Segala Negeri, kecamatan Kelumba, Kabupaten Tanggamus. Jarak tempat wisata ini dari pusat kota Lampung yaitu sekitar 7 km dan memakan waktu selama 3 jam perjalanan dengan mengendarai mobil.

(2) Teluk Lumba-Lumba ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara. Alasan mereka ingin berlibur di teluk ini karena ingin menyaksikan secara langsung pemandangan laut lepas yang sangat memesona.

(3) Teluk ini memiliki pasir yang putih sekali dan bersih tentunya. Hampir tidak terlihat sampah-sampah berserakan. Selain itu, di sebelah utara teluk ini terdapat banyak sekali batu-batu karang besar yang menjadi destinasi favorit bagi para pengunjung yang ingin berfoto.

(4) Disebelah timurnya, masih berupa hutan bakau yang sangat lebat. Tempat ini biasanya di gunakan sebagai perlindungan sekaligus untuk budidaya ikan oleh masyarakat setempat.

(5) Salah satu daya tarik teluk ini adalah masih banyak ditemui lumba-lumba yang berenang bebas. Turis yang datang ke teluk ini dapat melihat kawanan lumba-lumba yang sedang bercanda ria dengan menyewa sebuah kapal tradisional dengan biayanya sekitar 50.000/orang. Para turis akan dibawa mengelilingi teluk untuk melihat lumba-lumba selama kurang lebih 30 menit.

Sumber: https://www.materibindo.com/2018/11/contoh-teks-deskripsi-tempat-wisata.html diunduh pada Kamis, 17 September 2020, pukul 19.55 WIB. 


1. Jelaskan struktur teks deskripsi tersebut.

2. Tuliskan dua contoh kalimat perincian.

3. Tuliskan kalimat yang menggunakan cerapan pancaindra.

4. Tuliskan penggunaan kata dengan kata dasar (k, p, t, s)

5. Tuliskan contoh kata depan.

6. Tuliskan contoh kata depan di- dan huruf kapital.

7. Tuliskan kalimat bermajas.

8. Carilah contoh penggunaan tanda koma dan huruf kapital yang tepat dan kurang tepat. Komentarilah ketepatan dan ketidaktepatan penggunaannya.

9. Carilah contoh kesalahan penggunaan kata depan dan kata berimbuhan pada teks tersebut.

10. Lengkapi teks deskripsi rumpang berikut dengan kata depan di, ke, dan dari.

Sekolahku berpredikat baik dalam mencetak lulusan berkualitas sangat produktif [...] jenjangnya. Prestasi ini dinilai [...] dua penilaian [...] input dan output prestasi sekolah. Tahun lalu aku baru saja lulus [...] sekolahku. Meski prestasiku tak begitu menonjol, tetapi banyak teman-temanku yang lulus dengan nilai yang terbilang sangat baik.


0 komentar:

Post a Comment test