Soal dan Pembahasan Soal AKM IPS Kelas 8

Sunday, October 10, 2021
Soal AKM IPS Kelas 8 (Canva.com)


Soal dan Pembahasan Soal AKM IPS Kelas 8 - Beberapa hari yang lalu Asesmen Nasional baru saja digelar untuk siswa dan siswi SMP kelas 8. Siswa dihadapkan dengan soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) atau sudah mengarah kepada Critical Thinking peserta didik. 


Oleh karena itu bapak dan ibu guru harus aplikatif dengan persoalan tersebut dengan cara mencari soal-soal yang mendekati dengan soal-soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum). Agar peserta didik kelas 8 yang akan datang tidak kaget dengan soal-soal AN. 


Berikut ini contoh soal AKM IPS kelas 8 yang dibuat oleh rekan guru IPS yakni Bapak Mustofa Kemal Faturohman dari SMP PGRI 7 Bogor yang mudah-mudahan bermanfaat bagi bapak dan ibu guru IPS di seluruh tanah air.  


Topik :  Kebijakan Ekonomi (NEW!)

Subtopik :  Soal Kebijakan Moneter

Level :  HOTS

1. Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Creeping inflation merupakan jenis inflasi yang sangat merugikan bagi sebuah negara.

SEBAB

Setiap negara tidak bisa menghindari inflasi (inflasi = 0).   

Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …

A. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

B. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

C. Pernyataan benar dan alasan salah.

D. Pernyataan salah dan alasan benar.


Jawaban :  D

Pembahasan :  

Pernyataan salah, creeping inflation adalah inflasi yang besarnya kurang dari 10% per tahun. Inflasi seperti ini terkesan dibutuhkan dalam perekonomian untuk mendorong produsen agar memproduksi lebih banyak barang dan jasa sehingga jika dilihat secara ekonomi akan lebih menguntungkan.

Alasan benar, inflasi tidak bisa dihindari oleh setiap negara. Jadi, setiap negara pasti memiliki nilai inflasi walaupun mungkin rendah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah poin D.



Topik :  Kebijakan Ekonomi (NEW!)

Subtopik :  Soal Kebijakan Moneter

Level :  HOTS

2. Berikut ini contoh kebijakan moneter yang diterapkan pemerintah pada masa pandemi covid-19.

1. Pemberlakuan insentif pajak bagi pajak PPh 21 dan 22 impor. 

2. Pemberian insentif bagi pengangguran dan korban PHK melalui kartu prakerja. 

3. Pemberian bantuan tunai dan sembako bagi masyarakat yang terkategori miskin dan miskin baru akibat terdampak covid-19. 

4. Penerbitan peraturan keringanan kredit bagi debitur terdampak covid-19.

A. Jika (1), (2), dan (3) yang benar.

B. Jika (1) dan (3) yang benar.

C. Jika (2) dan (4) yang benar.

D. Jika hanya (4) yang benar.

E. Jika semuanya benar.


Jawaban :  D

Pembahasan :  

Kebijakan moneter adalah kebijakan pengaturan jumlah uang beredar yang dilakukan oleh bank sentral. Salah satu instrumen kebijakan moneter adalah imbauan moral. Imbauan BI melalui OJK kepada lembaga keuangan untuk memberikan keringanan kredit pada debitur yang terkena dampak covid-19 merupakan salah satu kebijakan moneter. Adapun poin 1, 2, dan 3 merupakan kebijakan fiskal ekspansif yang bertujuan meningkatkan jumlah uang beredar di masyarakat.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.


Topik :  Perilaku Konsumen

Subtopik :  Teori Ordinal Kurva Indiferensi

Level    :  HOTS

3. Teori yang menyebutkan bahwa kepuasan seorang konsumen tidak dapat dihitung tetapi dapat dibandingkan dengan menggunakan kurva indiferensi adalah ….

A. teori kardinal

B. teori ordinal

C. hukum Gossen

D. hukum kepuasan maksimal

Jawaban :  B


Pembahasan :  

Terdapat dua teori dalam menghitung kepuasan konsumen, yaitu teori kardinal dan ordinal. Teori kardinal menyebutkan bahwa kepuasan konsumen dapat dihitung dalam bentuk kuantitas melalui hukum Gossen I dan II. Adapun menurut teori ordinal, kepuasan tidak dapat dihitung secara kuantitatif, melainkan dibandingkan dengan kepuasan mengonsumsi barang lain. Penilaian kepuasan konsumen pada teori ordinal menggunakan kurva indiferensi (indifference curve) dan kurva anggaran (budget line).

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.


Topik :  Perdagangan Internasional

Subtopik :  Neraca Pembayaran Internasional

Level :  HOTS

4. Pada 1 Februari 2020, Pemerintah Indonesia memberikan bantuan kepada Pemerintah China sebesar 62.500 yuan untuk mengevakuasi warga negara Indonesia yang tinggal di kota Wuhan akibat melanda virus corona.

Dicatat di sisi mana bantuan dari Pemerintah Indonesia kepada Pemerintah China pada neraca berjalan?

A. debit sebesar 62.500 yuan pada neraca unilateral

B. debit sebesar 62.500 yuan pada neraca dagang

C. kredit sebesar 62.500 yuan pada neraca unilateral

D. kredit sebesar 62.500 yuan pada neraca dagang


Jawaban :  A

Pembahasan :  

Pada neraca berjalan atau current account, salah satu posnya adalah neraca unilateral. Neraca unilateral mencatat transaksi sepihak berupa hadiah atau bantuan sosial yang diterima atau diberikan dari/ke luar negeri tanpa kewajiban untuk membayar kembali. Apabila memberikan hadiah/bantuan, maka akan dicatat di sebelah debit karena sifanya berupa pengeluaran, begitu pun sebaliknya. Dalam soal dijelaskan bahwa Indonesia memberikan bantuan kepada Pemerintah China sebesar 62.500 yuan. Berdasarkan penjelasan di atas, maka transkasi terebut akan dicatat di neraca unilateral sisi debit sebesar 62.500 yuan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.


Topik : Kedatangan Bangsa Eropa dan Kolonialisme 

Subtopik : Kolonialisme di Indonesia 1

Level : HOTS

5. Mahakarya Itinerario yang berisikan tentang peta jalur pelayaran Portugis ditulis oleh kartografer Belanda bernama ....

A. Jacob van Neck 

B. Willem Janszoon 

C. Olivier van Noort 

D. Jan Huygen van Linschoten 


Kunci Jawaban : D

Pembahasan : 

Jan Huygen van Linschoten adalah seorang penjelajah sekaligus kartografer berkebangsaan Belanda. Ia pernah menulis tentang rahasia Portugis berkenaan dengan peta jalur pelayaran Portugis dalam menguasai dunia. Tulisannya tersebut kemudian diberi judul Itinerario: Voyage ofte Schipvaert van Jan Huygen van Linschoten. Itinerario menguak informasi-informasi maritim yang telah lama dijaga Portugis seperti stasiun perdagangan di dunia timur, kedalaman laut, informasi navigasi, dan lokasi pulau-pulau yang membahayakan pelayaran. Itinerario menyajikan panduan bagaimana menghindari Portugis di Selat Malaka dan menampilkan rute pelayaran alternatif lewat Selat Sunda. Terbitnya Itinerario pada tahun 1596 kemudian digunakan Belanda dalam melakukan ekspedisi pertamanya ke Nusantara. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.


Topik : Konflik dan Organisasi Dunia 

Subtopik : Konflik Dunia Modern

Level : HOTS

6. Konflik antara dua negara Kaukakus, yakni Azerbaijan dan Armenia memasuki babak baru. Pada 10 November 2020, kedua negara sepakat menandatangani perjanjian damai. Konflik antara Azerbaijan dan Armenia sendiri telah berlangsung sejak 1988, namun baru meningkat menjadi konflik berskala penuh pada awal 1990-an. Hal yang menjadi dasar konflik Azerbaijan-Armenia menjadi perang berskala penuh adalah …. 

A. konflik kelompok etnik Armenia dengan Azerbaijan 

B. keputusan parlemen Nagorno-Karabakh untuk bergabung dengan Armenia 

C. adanya intervensi Organisasi Keamanan dan Kerja Sama Eropa 

D. kemunduran negara Uni Soviet 


Kunci Jawaban : D

Pembahasan : 

Konflik Azerbaijan dan Armenia telah berlangsung sejak 1988. Konflik ini dilatarbelakangi oleh sengketa wilayah antar kelompok etnik Armenia yang tinggal di wilayah Nagorno-Karabakh, Azerbaijan. Mundur lebih jauh lagi, akar konflik ini bermuara pada penyatuan wilayah etnik Armenia dan etnik Azerbaijan dalam wilayah Nagorno-Karabakh oleh Uni Soviet di tahun 1921. Konflik ini semakin meningkat menjadi sebuah perang berskala penuh setelah Uni Soviet mengalami kemunduran di akhir tahun 1990-an. Terlebih setelah Armenia dan Azerbaijan menyatakan kemerdekaan dari Uni Soviet pada 1990 dan 1991. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.  


Topik : Kerajaan-Kerajaan di Nusantara 

Subtopik : Kerajaan Islam di Nusantara

Level : HOTS

7. Hubungan antara Kesultanan Demak dengan lahirnya Kesultanan Banjar serta berkembangnya Islam di Banjar adalah …. 

A. Kesultanan Banjar lahir seiring berkembangnya Islam di Banjar yang disebarkan oleh Sunan Ampel. 

B. Islam dibawa dan disebarkan ke Banjar oleh ulama Demak yang juga berhasil mengislamkan Pangeran Samudra. 

C. Sultan Suryanullah belajar agama Islam dengan berkunjung langsung ke Kesultanan Demak dan kemudian menyebarkan Islam di Banjar. 

D. Sultan Trenggono memberikan bantuan pada Pangeran Samudra dalam menghadapi lawannya dengan syarat akan memeluk agama Islam.  


Kunci Jawaban : D

Pembahasan : 

Semula Kerajaan Banjar merupakan kelanjutan dari Kerajaan Daha yang beragama Hindu. Peristiwa kelahiran Kerajaan Banjar bermula dari konflik yang dimulai ketika terjadi pertentangan dalam keluarga istana. Konflik terjadi antara Pangeran Samudra dengan pamannya Pamengaran Tumenggung, yang mana Pangeran Samudra adalah pewaris syah Kerajaan Daha. Dalam sejarah Daha, tersebutlah seorang perdana mentri yang cakap, bernama Patih Masih. Patih Masih mengusulkan kepada Pangeran Samudra untuk meminta bantuan kepada Kesultanan Demak. Sultan Demak bersedia membantu, dan pada waktu itu sultan Kesultanan Demak adalah Sultan Trenggono. Atas bantuan yang diberikan, Sultan Trenggono memberikan syarat agar Pangeran Samudra masuk Islam. Sultan Demak kemudian mengirimkan bantuan seribu orang tentara beserta dan seorang penghulu bernama Khatib Dayan untuk mengislamkan Pangeran Samudra beserta seluruh masyarakat Banjar. Dalam peperangan dan atas bantuan itu, Pangeran Samudra memperoleh kemenangan dan sesuai dengan janjinya, ia beserta seluruh kerabat keraton dan rakyat Banjar untuk menyatakan diri masuk Islam. Setelah masuk Islam pada tahun 1526 M, seketika itu Kerajaan Daha berubah menjadi Kesultanan Islam Banjar dan Pangeran Samudra pun diberi gelar Sultan Suryanullah.  

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.  


Topik : Konflik dan Organisasi Dunia 

Subtopik : Konflik Dunia Modern

Level : HOTS

8. Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Revolusi Beludru berlangsung sejak 17 November sampai 29 Desember 1989.

SEBAB

Rakyat sudah geram dengan Partai Komunis Yugoslavia.

Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah … 

A. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat. 

B. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat. 

C. Pernyataan benar dan alasan salah. 

D. Pernyataan salah dan alasan benar. 


Kunci Jawaban : C

Pembahasan : 

Pernyataan benar.  Revolusi Beludru berlangsung sejak 17 November sampai 29 Desember 1989. Hal ini terjadi karena rakyat sudah geram dengan rezim Partai Komunis Cekoslowakia. Rakyat menilai bahwa rezim ini adalah rezim yang korup dan otoriter. Harapan dari Revolusi Velvet atau Beludru ini adalah kekuasaan PKC diakhiri dengan adanya pergantian rezim yang sudah berkuasa selama 40 tahun terhitung sejak 1948.   

Alasan Salah. Revolusi Beludru atau Velvet adalah revolusi yang menentang pemerintahan komunis di Cekoslowakia dan tujuan dari revolusi ini adalah pergantian rezim dan sistem yang lebih adil dan tidak korup.   

Berdasarkan pembahasan di atas, pernyataan benar dan alasan salah

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.  


Topik : Peradaban Kuno Dunia

Subtopik : Peradaban Kuno

Level : HOTS

9. Berikut ini yang termasuk ke dalam peninggalan peradaban Inca yang paling tepat adalah … 

1. Penanggalan berjumlah 260 hari.

2. Piramida Templo Mayor.

3. Tulisan Piktograf.

4. Machu Picchu. 

A. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar. 

B. 1 dan 3 SAJA yang benar. 

C. 2 dan 4 SAJA yang benar. 

D. HANYA 4 yang benar. 

Kunci Jawaban : D


Pembahasan : 

Peradaban Inca terletak di wilayah negara Peru saat ini, yaitu meliputi sekitar Danau Titicaca dekat Pegunungan Andes. Bangsa Inca kemudian mengalami perkembangan secara luas wilayah. Sejak tahun 1200 M, mereka mendiami wilayah Cusco, yang wilayahnya membentang dari Quito (sekarang masuk wilayah negara Ekuador) di sebelah utara, sampai ke Cile di Selatan. Salah satu bukti peninggalan terkenal dari bangsa Inca adalah Machu Picchu, kalau di telisik dari peta saat ini letaknya ada di pegunungan negara Peru. Dari tata letak dan arsitekturnya, Machu Picchu diperkirakan merupakan sebuah komplek hunian bangsa Inca dan kini menjadi salah satu daya tarik wisata utama di dunia. Beberapa sumber mengatakan, bangunan bebatuan itu diyakini sebagai komplek milik seorang kaisar bangsa Inca. Kompleks itu juga menjadi tempat ibadah kepada para dewa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 


Topik : Pengetahuan Dasar Geografi

Subtopik : Konsep Esensial Geografi

Level : HOTS

10. Pada tahun 2019, terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Riau, Jambi, dan Sumatra Barat. Kejadian tersebut menyebabkan wilayah sekitarnya, seperti Singapura, dan Malaysia, terdampak bencana kabut asap. Fenomena tersebut dapat dikaji melalui konsep ....

A. ekologi  

B. distribusi

C. kewilayahan  

D. keterkaitan ruang 

Kunci Jawaban : D


Pembahasan : 

Soal tersebut menunjukkan peristiwa kebakaran hutan terjadi di Indonesia yang dampaknya terasa sampai ke Singapura dan Malaysia. Hal ini menunjukkan adanya keterkaitan fenomena yang terjadi di suatu wilayah dengan wilayah lainnya. Karena adanya keterkaitan fenomena yang terjadi, maka konsep geografi yang sesuai adalah konsep keterkaitan ruang. Konsep keterkaitan ruang menjelaskan bahwa terjadinya suatu fenomena di wilayah tertentu bisa saja diakibatkan oleh aktivitas di wilayah sekitarnya.  

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.



Topik : Bumi Sebagai Ruang Kehidupan

Subtopik : Perkembangan Planet Bumi

Level : HOTS

11. Fenomena yang dapat terjadi akibat gerak tektonik divergen adalah ....  

A. adanya zona subduksi  

B. terbentuknya palung laut  

C. pembengkakan tepi lempeng benua  

D. pembentukan tanggul dasar samudra  

Kunci Jawaban : D


Pembahasan : 

Divergen adalah gerakan antarlempeng tektonik yang saling menjauh. Fenomena yang timbul akibat gerakan divergen antara lain sebagai berikut.

A. Peregangan lempeng yang disertai tumbukan

B. Pembentukan tanggul dasar samudra di sepanjang lokasi peregangan

C. Aktivitas vulkanisme

D. Aktivitas gempa  

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.  


Topik : Dinamika Kependudukan di Indonesia

Subtopik : Pengolahan dan Analisis Data Kependudukan

Level : HOTS

12. Pada tahun 2018, jumlah penduduk di Kota X sebanyak 1.825.732 jiwa dengan jumlah penduduk berusia 15-64 tahun sebanyak 1.060.427 jiwa dan penduduk berusia di bawah 15 tahun sebanyak 623.735 jiwa. Kondisi tersebut mengindikasikan bahwa Kota X memiliki piramida penduduk berbentuk ....

A. dinamis  

B. ekspansif  

C. konstriktif  

D. regresif  

Kunci Jawaban : B


Pembahasan : 

Diketahui: 

Jumlah penduduk di Kota X = 1.825.732 jiwa

Penduduk berusia 15-64 tahun = 1.060.427 jiwa 

Penduduk berusia di bawah 15 tahun = 623.735 jiwa.

Langkah pertama adalah menghitung jumlah penduduk usia produktif dan non produktif.

Total penduduk = Usia Produktif (15-64 tahun) + Non produktif (usia <15 tahun + >64 tahun)

 


 

Dengan demikian, maka diketahui bahwa penduduk dengan usia 65 tahun ke atas berjumlah sebanyak 141.570 jiwa. Berdasarkan kondisi kependudukan tersebut, persentase penduduk pada kelompok usia tua (>65 tahun) mencapai 7,8% dari total penduduk. Sementara, penduduk usia produktif (15-64 tahun) sebanyak 58% dari total penduduk dan penduduk usia belum produktif mencapai 34% dari total penduduk. Hal ini mengindikasikan bahwa pada bagian puncak piramida akan berbentuk mengerucut dan kecil, sedangkan bagian tengahnya dan bawahnya makin melebar. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa Kota X memiliki bentuk piramida penduduk muda (ekspansif). 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.   



Topik : Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia

Subtopik : Pemanfaatan Sumber Daya Alam dengan Prinsip-prinsip Pembangunan  Berkelanjutan

Level : HOTS

13. Apabila suatu wilayah perairan laut telah mengalami indikasi kerusakan ekosistem sehingga penangkapan ikan dan sumber daya laut lainnya menjadi tidak produktif, hal yang harus dilakukan oleh pemerintah adalah ....

A. mencari para pelaku perusak lingkungan tersebut dan memberikan sanksi

B. menetapkan wilayah tersebut sebagai closing area dan memulai upaya rehabilitasi  

C. memberikan pembatas untuk menghalau kapal-kapal pencari ikan memasuki wilayah tersebut  

D. menetapkan wilayah tersebut sebagai zona terlarang untuk dikunjungi maupun dimanfaatkan sumber daya lautnya  

Kunci Jawaban : B


Pembahasan : 

Penangkapan ikan dengan bom, pukat harimau, atau sistem cantrang tentunya dapat merusak ekosistem laut dan harus segera dihentikan. Penangkapan ikan yang dianjurkan adalah penangkapan secara lestari. Ikan yang ditangkap hanya boleh yang sudah dewasa atau berukuran siap tangkap saja. Penangkapan ikan juga tidak boleh merusak habitat di dasar seperti koral dan terumbu karang yang merupakan rumah bagi ikan. Jika suatu wilayah perairan laut telah terindikasi mengalami kerusakan ekosistem sehingga penangkapan menjadi tidak produktif lagi, pemerintah harus segera menetapkan wilayah tersebut sebagai closing area dan memulai upaya rehabilitasi untuk mengembalikan kelestariannya.   

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.



Topik : Pemanfaatan Peta, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis

Subtopik : Analisis Keruangan SIG

Level : HOTS

14. Pada tahun 2020, berbagai wilayah di Indonesia menghadapi pandemi penyakit menular. Model analisis SIG yang dapat digunakan untuk mengetahui jangkauan wilayah yang terkena dampak penyakit menular adalah ....  

A. overlay

B. buffering

C. networking

D. digital image processing  

Kunci Jawaban : B


Pembahasan : 

Buffering merupakan model atau teknis analisis SIG yang menghasilkan layer berupa poligon yang melingkupi suatu objek sebagai pusatnya sehingga model atau teknik ini dapat membuat suatu jangkauan atau batasan dari area tertentu. Buffering bisa digunakan untuk menggambarkan wilayah persebaran atau wilayah terdampak penyakit menular. Contohnya adalah RT X memiliki banyak kasus penyakit menular sehingga dapat dikategorikan dalam wilayah berisiko tinggi. Kemudian, wilayah yang berada pada sekian ratus meter di sekitar RT X tersebut dapat dikategorikan sebagai wilayah terdampak paling besar karena bisa jadi ada masyarakatnya yang melakukan kontak langsung dengan orang yang terpapar pada RT X, sehingga wilayah terdampak paling besar tersebut juga harus melakukan langkah penanggulangan.  

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.



Topik : Sosiologi Sebagai Ilmu

Subtopik: Sosiologi Sebagai Ilmu

Level : HOTS

15. Perhatikan kedua kutipan artikel di bawah ini!

Artikel 1

Joni diduga mengakhiri hidupnya akibat stres masalah rumah tangga. Menurut aparat kepolisian, dugaan korban melakukan gantung diri disebabkan karena stres bertengkar dengan istrinya lantaran diminta untuk mencari pekerjaan.


Artikel 2

Sebelum wabah Covid-19 menyerang, tingkat pengangguran terbuka diseluruh Indonesia terpantau menurun. Namun, setelah terjadinya wabah Covid-19, beberapa provinsi tercatat mengalami kenaikan angka pengangguran. Hal ini disebabkan wabah Covid-19 yang berdampak pada penurunan dalam bidang pariwisata, industri, dan sektor lainnya.

Pokok bahasan Sosiologi C. Wright Mills dalam imajinasi sosiologi berdasarkan kedua artikel di atas adalah ….

A. seseorang yang menganggur dapat dikategorikan menjadi public issue, sedangkan persoalan di masyarakat dan dirasakan oleh banyak orang dikategorikan sebagai personal trouble

B. seseorang yang menganggur dikategorikan menjadi personal trouble, sedangkan persoalan di masyarakat dan dirasakan oleh banyak orang dikategorikan sebagai public issue

C. pengangguran adalah akibat dari masalah sosial, bukan sebab masalah sosial

D. pengangguran dapat mengganggu tatanan sosial masyarakat

Jawaban : B


Pembahasan:

Salah satu pokok bahasan sosiologi adalah imajinasi sosiologi (the sociological imagination). Imajinasi sosiologi diperlukan untuk dapat memahami apa yang terjadi di masyarakat maupun yang ada di dalam diri manusia. Imajinasi sosiologi dapat digunakan untuk mengkaji masalah sosial di masyarakat.

Komponen yang digunakan dalam mengkaji suatu masalah sosial, yaitu personal trouble of milieu dan public issues of social structure. Personal trouble of milieu memiliki arti bahwa suatu persoalan di masyarakat belum dapat terkategori sebagai masalah apabila persoalan tersebut menyangkut persoalan individu, contohnya, jika satu orang menganggur dalam masyarakat yang umumnya bekerja, maka hal tersebut belum dapat dikatakan sebagai masalah sosial karena tidak berdampak besar pada anggota masyarakat lain.

Public issues of social structure memiliki arti bahwa suatu persoalan di masyarakat terkategori sebagai masalah sosial apabila persoalan tersebut dirasakan oleh orang banyak dan berdampak besar bagi kehidupan masyarakat itu sendiri serta struktur sosial di masyarakat, contohnya, beberapa provinsi tercatat mengalami kenaikan angka pengangguran akibat wabah Covid-19 yang berdampak pada penurunan dalam bidang pariwisata dan industri. Maka menurut Mills, kondisi tersebut akan menjadi issue yang berdampak pada anggota masyarakat lain serta struktur sosial di masyarakat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.


Topik : Lembaga Sosial dan Mobilitas Sosial

Subtopik: Mobilitas sosial

Level : HOTS

16. Program pemerintah terkait dengan masyarakat yang mengalami musibah bencana tanah longsor dengan hilangnya rumah dan mata pencaharian dipindahkan ke tempat yang lebih aman dan diberikan subsidi untuk kebutuhan hidupnya sering disebut dengan istilah “bedol desa”. Dampak bencana tanah longsor adalah hilangnya mata pencaharian dan terjadi perubahan status sosial dimana kelompok yang awalnya kaya menjadi kelompok biasa, orang yang punya tanah luas menjadi hilang. Program “bedol desa” dalam kajian sosiologi termasuk suatu bentuk mobilitas lateral, karena ….

A. bedol desa merupakan perubahan atau gerak perpindahan wilayah tempat tinggal masyarakat 

B. bedol desa mengakibatkan Terjadi suatu pergerakan dan perubahan status sosial masyarakat 

C. bedol desa memberikan kehidupan yang layak dan bentuk tanggung jawab dari pemerintah 

D. bedol desa memberikan dampak positif karena adanya kemungkinan untuk memperbaiki status sosial masyarakat


Jawaban : A

Pembahasan :

Mobilitas sosial lateral atau geografis merupakan perubahan atau perpindahan geografis atau wilayah dalam masyarakat. Mobilitas lateral menekankan terhadap wilayah geografis yang berpindah atau bergerak. Sehingga program “bedol desa” yang konsepnya memindahkan masyarakat ke wilayah yang lebih aman dari bencana merupakan bentuk dari mobilitas lateral. Selain program “bedol desa”, bentuk mobilitas lateral lainnya adalah program transmigrasi, urbanisasi dan sebagainya. Sedangkan untuk opsi jawaban yang lain salah karena tidak sesuai dengan fokus pertanyaan tentang mobilitas lateral. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.


Topik : Konflik,Integrasi, dan Masyarakat Multikultural

Subtopik: Konflik Sosial

Level : HOTS

17. Perhatikan ilustrasi berikut!

Wilayah Ketemenggungan Adat Tae sangat menjaga tatanan hidup yang mengacu pada hukum dan aturan adat, salah satunya adalah mengenai pengelolaan tembawang, lahan kelola komunal milik masyarakat. Aturan pokoknya adalah tidak boleh melakukan penebangan. Suatu waktu, ada perusahaan swasta yang mengaku mengantongi izin usaha perkebunan dari pemerintah untuk membangun tembawang. Namun, masyarakat menolak hal tersebut sehingga potensi konflik pun muncul.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, indikasi penyebab munculnya potensi konflik adalah ….

A. adanya eksploitasi perkebunan dari pemerintah terhadap lahan komunal tembawang

B. kurangnya hukum dan aturan adat yang mengatur batas eksplorasi lahan komunal tembawang

C. kurangnya sinergi antara masyarakat adat dan pemerintah daerah dalam mengelola wilayah adat

D. keinginan pemerintah daerah untuk memajukan masyarakat Ketemenggungan Adat Tae


Jawaban : C

Pembahasan:

Poin pada soal adalah masyarakat adat yang telah memiliki aturan larangan penebangan di tembawang, namun pemerintah daerah memberi izin usaha perkebunan kepada swasta sehingga muncul potensi konflik. Poin yang ditanyakan adalah indikasi yang menyebabkan potensi konflik ini muncul. Jika melihat poin kuncinya, ada ketidaksepahaman antara pemerintah daerah dan masyarakat adat. Masyarakat adat telah menetapkan aturan yang jelas mengenai larangan penebangan di tembawang, namun pemerintah malah memberikan izin usaha perkebunan kepada swasta. Artinya, kurang ada sinergi antara masyarakat adat dan pemerintah daerah dalam mengelola wilayah adat tersebut sehingga muncul ketidaksepahaman tersebut dan potensi konflik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.


Topik : Kelompok sosial dan struktur sosial

Subtopik: Diferensiasi dan Stratifikasi

Level : HOTS

18. Soal terdiri atas tiga bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Diferensiasi sosial menyebabkan perbedaan peran-peran sosial di dalam masyarakat serta menyebabkan perbedaan dalam hal power, prestige, dan privilege.

Sebab

Diferensiasi yang dipersoalkan bukanlah berbagai kelompok seimbang atau tidak melainkan lebih melihat bahwa masyarakat pada dasarnya bersifat pluralistik .

Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah … 

A. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

B. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

C. Pernyataan benar dan alasan salah.

D. Pernyataan salah dan alasan benar.


Jawaban : D

Pembahasan :

Pernyataan pertama salah karena diferensiasi sosial tidak menyebabkan perbedaan dalam hal power, prestige dan privilege. Hal itu adalah konsep dari stratifikasi sosial. Fokus diferensiasi sosial melihat bahwa perbedaan dalam masyarakat itu sejajar atau setara tidak ada yang rendah maupun tinggi. Power adalah kekuasaan sehingga terdapat proses pembagian orang yang berkuasa dan tidak, prestige adalah nilai gengsi dan privilege adalah hak istimewa yang dimiliki karena jabatan atau kelas sosial tertentu. Penjelasan tersebut jelas bertentangan dengan konsep diferensiasi. Sedangkan pernyataan kedua benar bahwa diferensiasi tidak mempersoalkan berbagai kelompok seimbang atau tidak melainkan melihat bahwa masyarakat pada dasarnya bersifat pluralistik. Seimbang atau tidak ditandai dengan bentuk dominasi dan kekuasaan antarkelompok sehingga itu bukan fokus diferensiasi tetapi stratifikasi. Dan pluralistik adalah keberagaman dan perbedaan masyarakat seperti suku,agama, dan ras. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.


Topik : Penyimpangan dan Pengendalian sosial

Subtopik: Perilaku menyimpang dan pengendalian sosial

Level : HOTS

19. Reyhan adalah siswa yang sering sekali melanggar tata tertib dan membuat kekacauan di dalam sekolah. Akhirnya, guru BK mempunyai inisiatif untuk memberikan pembekalan moral setiap hari selama 30 menit di ruang BK. Hal itu dilakukan secara berulang-ulang oleh guru BK kepada Reyhan. Berdasarkan hal tersebut, bentuk pengendalian yang tepat untuk dilakukan adalah ....

1. koersif

2. kompulsi

3. represif

4. pervasi

A. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.

B. 1 dan 3 SAJA yang benar.

C. 2 dan 4 SAJA yang benar.

D. HANYA 4 yang benar.


Jawaban : D

Pembahasan:

Fokus pada soal adalah adanya pengulangan terus menerus yang dilakukan guru BK kepada Reyhan. Hal ini termasuk dalam pengendalian sosial pervasi. Pengendalian sosial pervasi (pengisian) adalah suatu cara penanaman atau pengenalan norma secara berulang-ulang, dengan harapan hal yang berulang-ulang itu akan masuk ke dalam kesadaran seseorang sehingga orang akan mengubah sikapnya sesuai dengan yang diinginkan.

Poin 1 menunjukkan cara pengendalian sosial dengan kekerasan atau paksaan.

Poin 2 adalah subbagian dari koersif, di mana pengendalian sengaja diciptakan oleh orang yang berwenang agar seseorang atau sekelompok orang dengan terpaksa menuruti atau mengubah sikapnya dan menghasilkan suatu kepatuhan.

Poin 3 adalah sifat pengendalian yang dilakukan setelah terjadi penyimpangan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.


Topik: Keruangan dan Interaksi Antarruang di Negara-Negara ASEAN

Subtopik: Kondisi Geografis Negara-Negara Pendiri ASEAN

20. Wilayah Indonesia terletak di negara beriklim tropis dan memiliki wilayah laut yang luas. Dampak dari kondisi tersebut adalah ...  

A. terbagi menjadi dua musim

B. dipengaruhi oleh angin muson

C. memiliki kelembapan udara tinggi

D. memiliki tingkat penguapan yang rendah 


Jawaban: C

Pembahasan:

Indonesia memiliki wilayah laut yang luas, yaitu 2/3 dari total luas wilayahnya. Selain itu, Indonesia juga berada di wilayah beriklim tropis dengan penyinaran matahari sepanjang tahun dan suhu udara yang relatif tinggi. Kondisi tersebut menyebabkan penguapan air dan kelembapan udara di Indonesia menjadi tinggi. 

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.


Topik: Keruangan dan Interaksi Antarruang di Negara-Negara ASEAN

Subtopik: Kondisi Geografis Negara-Negara Anggota ASEAN Lainnya

21. Gunung Phnom Aural yang merupakan gunung tertinggi di Kamboja berada dalam gugusan pegunungan ...

A. Annam

B. Cardamom

C. Muller

D. Rocky


Jawaban: B

Pembahasan:

Kamboja merupakan salah satu negara yang dilalui oleh sirkum pegunungan Mediterania. Oleh sebab itu, ada beberapa bagian di negara ini yang memiliki topografi bergunung-gunung. Salah satunya adalah Pegunungan Cardamom yang berada di barat daya Kamboja. Pegunungan ini memiliki puncak tertinggi di Gunung Phnom Aural dengan ketinggian mencapai 1.813 mdpl. 

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.


Topik: Keruangan dan Interaksi Antarruang di Negara-Negara ASEAN

Subtopik: Potensi Sumber Daya Alam 

Perhatikan wilayah perairan di bawah ini!



1. Laut China Selatan

2. Laut Andaman

3. Teluk Thailand

4. Teluk Benggala 

22. Wilayah perairan yang menjadi kawasan eksplorasi perikanan laut di Myanmar ditunjukan oleh nomor ... 

A. 1 dan 2

B. 1 dan 4

C. 2 dan 4

D. 3 dan 4


Jawaban: C

Pembahasan:

Perhatikan peta di bawah ini!

 

Myanmar merupakan negara di kawasan Asia Tenggara yang terletak paling atas barat laut dan berbatasan dengan kawasan Asia Tengah (India dan Bangladesh). Oleh karena itu, Myanmar tidak memiliki kawasan perairan di Laut Cina Selatan. Namun, memiliki potensi perikanan yang besar dari Laut Andaman dan Teluk Benggala yang berada di sebelah selatan dan barat Myanmar. 

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.


Topik: Keruangan dan Interaksi Antarruang di Negara-Negara ASEAN

Subtopik: Sumber Daya Manusia

23. Negara Filipina merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, seperti emas, tembaga, nikel, mangan, dan lain-lain. Selain itu, tanah di negara ini pun subur dan cocok dikembangkan untuk kegiatan pertanian. Namun, banyak penduduk Filipina yang masih berada di bawah garis kemiskinan. Faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah ... 

A. tingkat korupsi yang tinggi

B. sistem birokrasi yang rumit

C. kurangnya jumlah tenaga kerja

D. banyaknya bencana alam yang terjadi 

Jawaban: A


Pembahasan:

Filipina merupakan negara dengan potensi sumber daya alam yang tinggi, dari mulai sumber daya air, hasil pertanian dan perkebunan, hingga hasil pertambangannya. Namun, potensi SDA yang tinggi ini masih belum bisa berfungsi secara maksimal untuk meningkatkan taraf hidup penduduk Filipina. Hal ini disebabkan Filipina masih menghadapi masalah korupsi yang sistematis. Tingkat korupsi yang tinggi ini menjadikan kemiskinan di Filipina terus berkembang karena pendapatan dan biaya pengelolaan sumber daya alamnya dikorupsi oleh para oknum tersebut. 

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.


Topik: Keruangan dan Interaksi Antarruang di Negara-Negara ASEAN

Subtopik: Dampak Interaksi Antarruang

24. Keberadaan MEA di wilayah Asia Tenggara memungkinkan tenaga kerja dari negara-negara lain di Asia Tenggara bisa bekerja di wilayah Indonesia dengan lebih mudah. Dampak negatif yang bisa muncul di Indonesia dari masuknya tenaga kerja asing ini adalah ...

A. terpenuhinya kebutuhan tenaga kerja di Indonesia

B. meningkatkan investasi ekonomi di Indonesia

C. mendorong produktivitas industri dalam negeri

D. meningkatkan jumlah pengangguran di Indonesia


Jawaban: D

Pembahasan:

MEA merupakan salah satu bentuk interaksi antarruang di wilayah ASEAN. Keberadaan MEA memudahkan mobilitas tenaga kerja di wilayah Asia Tenggara. Contohnya adalah tenaga kerja yang berasal dari Vietnam dapat dengan mudah bekerja di Indonesia. Kondisi ini dapat menimbulkan dampak buruk berupa bertambahnya jumlah pengangguran di Indonesia. Hal tersebut terjadi apabila sumber daya manusia di Indonesia tidak memiliki kualitas yang cukup baik untuk bersaing dengan tenaga kerja asing ini. 

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.


Topik: Pengaruh Interaksi Sosial Budaya dalam Masyarakat Plural

Subtopik: Proses Terbentuknya Kebudayaan Pada Individu

25. Dalam pembentukkan kebudayaan pada tiap individu, keluarga merupakan sebuah faktor yang sangat utama, hal tersebut dikarenakan ...

A. keluarga sebagai sarana pendidikan formal

B. keluarga sebagai pembentuk etnosentris

C. keluarga merupakan agen sosialisasi primer

D. keluarga hanya sebagai agen sosialisasi sekunder


Jawaban: C

Pembahasan:

Proses pembentukan kebudayaan pada individu dilalui oleh proses sosialisasi. Sosialisasi adalah proses belajar individu dalam memahami nilai, norma dan berbagai kebudayaan yang ada di kehidupannya. Oleh karena itu, sepanjang hidupnya, individu akan mengetahui dan memahami kebudayaan, seperti tata cara bermasyarakat melalui sosialisasi. Dalam hal ini, agen sosialisasi primer adalah keluarga, sehingga keluarga merupakan sebuah faktor yang sangat utama dalam pembentukan kebudayaan pada individu. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.


Topik: Mobilitas Sosial

Subtopik: Dampak Mobilitas Sosial

26. Berikut ini yang merupakan dampak negatif dari mobilitas sosial adalah …

A. penyelesaian konflik dapat diatasi dengan ajudikasi

B. adanya kecemasan ketika seseorang mengalami mobilitas vertikal turun

C. terjadinya reintegrasi yang terjadi di masyarakat

D. tidak adanya ketegangan karena kedudukan sosial yang meningkat


Jawaban: B

Pembahasan:

Salah satu dampak negatif mobilitas sosial adalah rasa takut yang timbul apabila jabatannya turun, atau bisa menimbulkan stres/depresi. Ketika seseorang sedang mengalami penurunan seperti kekayaan maka ia akan mengalami kecemasan karena perbedaan gaya hidup yang biasa ia jalankan. Seseorang tersebut tentu akan mengalami keterbatasan sehingga seseorang tersebut kemungkinan mengalami culture shock akibat tidak terbiasa dengan situasi/keadaan yang ia alami. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.


Topik: Pengaruh Interaksi Sosial Budaya dalam Masyarakat Plural

Subtopik: Memahami Kebudayaan

27. Kata budaya berasal dari beberapa bahasa. Salah satunya adalah dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti akal budi, yaitu …

A. culture

B. budhayah

C. cutler

D. colere


Jawaban: B

Pembahasan:

Kebudayaan memiliki arti yang berbeda dengan Budaya. Kata budaya berasal dari beberapa bahasa yang salah satunya dari bahasa Sansekerta yaitu “buddhayah” yang berarti akal budi, dan berkaitan dengan sesuatu yang bersifat tidak konkret (tidak nyata).  

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.


Topik: Pengaruh Interaksi Sosial Budaya dalam Masyarakat Plural

Subtopik: Peran Lembaga Sosial pada Masyarakat Plural

28. Agen sosialisasi seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, tabloid, film, dan lain-lain menyajikan model peran yang dapat ditiru oleh individu untuk membentuk jati dirinya. Perilaku masyarakat pun dapat berubah dan semakin beragam. Berdasarkan gambaran tersebut pluralitas masyarakat disebabkan oleh …

A. lembaga politik

B. lembaga pendidikan

C. teman sebaya

D. media massa


Jawaban: D

Pembahasan:

Media massa seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, tabloid, film, dan lain-lain menyajikan model peran yang dapat ditiru oleh individu untuk membangun jati dirinya. Perilaku masyarakat pun dapat berubah karena tayangan media massa. Media massa menyajikan pesan sosialisasi lebih bersifat umum, sehingga diperlukan peran serta masyarakat untuk bersikap selektif terhadap informasi yang akan diserap oleh anak. Sosialisasi melalui media massa juga selalu mengikuti segala bentuk perkembangan dan perubahan sosial yang bersifat universal.  

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.


Topik: Mobilitas Sosial

Subtopik: Saluran Mobilitas Sosial

29. Tasya bergabung dengan organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan mencapai kedudukan sebagai ketua organisasi tersebut. Dalam hal ini, Tasya berhasil mengalami mobilitas sosial naik atau social climbing melalui saluran mobilitas …

A. organisasi politik

B. organisasi militer

C. organisasi profesi

D. organisasi ekonomi


Jawaban: C

Pembahasan:

Ketika seseorang bergabung dengan organisasi profesinya, dan mencapai kedudukan sebagai ketua organisasi tersebut, maka dirinya telah mengalami mobilitas sosial naik atau social climbing. Dalam kasus ini, meskipun Tasya tetap berprofesi sebagai seorang dokter, tetapi dengan bergabung pada organisasi IDI dan berhasil menjabat sebagai ketua organisasi, maka Tasya telah mengalami mobilitas sosial naik. Di sinilah dapat dikatakan bahwa organisasi profesi IDI menjadi saluran mobilitas sosial bagi Tasya.  

Jadi, jawaban yang tepat adalah C


TOPIK: Pasar dan Elastisitas (NEW!)

SUBTOPIK: Soal Kurva, Fungsi dan Elastisitas Permintaan dan Penawaran

30. Pak Budi seorang karyawan yang berprestasi dan mendapat promosi jabatan menjadi seorang manajer keuangan. Gaji Pak Budi mengalami kenaikan dari Rp7.000.000,00 menjadi Rp9.000.000,00. Pengeluaran belanja rutin sembako meningkat 15% setelah kenaikan gaji Pak Budi. Manakah pernyataan yang benar sesuai dengan hal tersebut?

A. permintaan sembako Pak Budi bersifat elastis

B. permintaan sembako Pak Budi bersifat inelastis

C. koefisien elastis harga permintaan Pak Budi atas sembako adalah 0,52

D. koefisien elastisitas permintaan sembako Pak Budi terhadap pendapatan adalah sebesar 0,52


Jawaban: D

Pembahasan :

Diketahui:

Pengeluaran belanja rutin sembako meningkat 15% =  

Gaji Pak Budi naik dari Rp7.000.000 menjadi Rp9.000.000

Jawab:

Rumus elastisitas pendapatan dalam % sebagai berikut:

 



TOPIK: Pasar dan Elastisitas (NEW!)

SUBTOPIK: Permintaan, Penawaran, dan Keseimbangan Pasar

31. Faktor yang menyebabkan pergeseran kurva penawaran ke kanan adalah ….

A. penurunan harga barang yang bersangkutan

B. penurunan harga bahan baku

C. berkurangnya teknologi produksi

D. peningkatan upah tenaga kerja


Jawaban: B

Pembahasan:

Faktor-faktor yang menggeser kurva penawaran ke kanan:

1. biaya produksi turun

2. jumlah produsen naik

3. pemerintah memberikan subsidi

4. prediksi produsen atas harga barang itu sendiri turun

5. harga faktor-faktor produksi (bahan baku) turun.

6. Meningkatnya teknologi


TOPIK: Konsep Dasar dan Masalah Ekonomi (NEW!)

SUBTOPIK: Soal Konsep Dasar Ekonomi dan Kebutuhan

32. Seorang pengusaha bermaksud untuk memberikan dana CSR kepada warga sekitar perusahaan. Motif ekonomi yang mendorong pengusaha tersebut berupa ….

A. hasrat mendapat keuntungan di setiap sektor ekonomi

B. keinginan meningkatkan kemakmuran masyarakat

C. ingin mencapai kepuasan sebagai pengusaha

D. keinginan memperoleh penghargaan masyarakat


Jawaban: D

Pembahasan:

Motif ekonomi adalah alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan tindakan ekonomi. Tindakan ekonomi yang dilakukan pengusaha tersebut dengan cara memberikan dana CSR atau Corporate Social Responsibility kepada warga yang tinggal disekitar perusahaan untuk memperoleh penghargaan masyarakat.


TOPIK: Perilaku Konsumen dan Produsen (NEW!)

SUBTOPIK: Soal Teori Perilaku Produsen, Produksi, dan Biaya Produksi

33. Fungsi yang menunjukkan jumlah output yang sama, yang dapat diproduksi suatu perusahaan dengan menggunakan kombinasi input atau faktor produksi disebut ....

A. isoquant

B. kurva indiferen

C. fungsi produksi

D. garis anggaran

 

Jawaban: A

Pembahasan:

Isoquant adalah kurva yang menunjukkan berbagai kombinasi penggunaan dua macam faktor produksi variabel yang mempunyai hubungan subtitusi yang menghasilkan tingkat produksi atau output yang sama.

 



Topik: Masa Orde Baru dan Masa Reformasi

Subtopik: Soal Kehidupan Masa Orde Baru

34. Penyederhanaan partai politik pada masa orde baru, terbagi menjadi dua partai dan satu golongan karya yaitu PPP, PDI dan Golkar. PDI sendiri merupakan gabungan dari partai ….

A. Partai Nasional Indonesia, Partai Katolik, Partai Murba, IPKI dan Parkindo

B. Partai Indonesia Baru, Partai Solidaritas Pekerja, IPKI, Partai Republik dan Parkindo

C. Partai Katolik, Partai Persatuan, Partai Nasional Indonesia, Partai Daulat Rakyat dan Partai Murba

D. Partai Kebangsaan Merdeka, Partai Solidaritas Pekerja, Partai Katolik, Partai Murba dan Partai Indonesia Baru

Jawaban: A

Pembahasan:

Pasca pemilu 1971 zaman orde baru, muncul kembali ide-ide penyederhanaan partai yang dilandasi penilaian karena partai politik selalu menjadi sumber yang mengganggu stabilitas. Gagasan ini menimbulkan sikap pro dan kontra karena dianggap membatasi atau mengekang aspirasi politik dan membentuk partai-partai hanya kedalam golongan nasional, spiritual dan karya. Pada tahun 1973 konsep penyederhanaan partai (Konsep Fusi) sudah dapat diterima oleh partai-partai yang ada dan dikukuhkan melalui Undang-Undang No. 3/1975 tentang Partai Politik dan Golongan. Penyederhanaan partai ini kemudian menghasilkan tiga partai baru yaitu, PPP (gabungan dari Nahdlatul Ulama, Parmusi, Perti, PSII), kemudian PDI (gabungan dari Partai Nasional Indonesia, Partai Katolik, Partai Murba, IPKI dan Parkindo) dan terakhir Golongan Karya (Golkar).


Topik: Dinamika Politik dan Sejarah Dunia

Subtopik: Soal Perang Dingin

35. Istilah lain dari “pembendungan atau pencegahan ideologi komunis di banyak negara di dunia” adalah ….

A. Detente

B. Proxy wars

C. Integration policy

D. Containment policy

Jawaban: D

Pembahasan:

Containment Policy atau Kebijakan Pembendungan adalah strategi kebijakan luar negeri Amerika Serikat (AS) pada akhir tahun 1940 dan awal tahun 1950 yang bertujuan untuk menghentikan penyebaran komunisme dengan mencegah lahirnya efek domino (jika suatu negara menjadi negara komunis maka negara lain yang berada di sekitarnya pun akan menjadi komunis). Kebijakan ini diterapkan dalam tiga aspek yaitu ekonomi, militer dan diplomasi. Turunan dari kebijakan ini contohnya Doktrin Truman, Marshall Plan dan Berlin Airlift. Kebijakan ini lahir sebagai respon atas keadaan Eropa yang sedang diambang kejatuhan menuju komunisme, kemudian menyebar ke belahan dunia lain yang mencakup Asia Tenggara dan Asia Timur yang kemudian berujung pada keterlibatan Amerika Serikat di Korea, Cina, Vietnam dan tempat-tempat lainnya.


Topik: Penjajahan Jepang sampai Proklamasi

Subtopik: Soal Kebijakan Masa Jepang

36. Pada masa pendudukan Jepang dikeluarkan beberapa kebijakan dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah didirikannya Keimin Bunka Shidosho, yang dikenal juga dengan ….

A. Pusat Kebudayaan

B. Dinas Sensor Media

C. Pengawas Perkebunan

D. Kebaktian Para Pendidik


Jawaban: A

Pembahasan:

Dalam melakukan propaganda terhadap bangsa Indonesia, Jepang tidak hanya bergerak pada bidang politik saja, tetapi juga bidang kebudayaan. Golongan sastrawan dan seniman didekati agar dapat menjadi kader-kader yang disebarluaskan ke dalam masyarakat. Golongan tersebut kemudian dihimpun oleh Jepang pada suatu Lembaga yang diberi nama Keimin Bunka Shidosho, yang berarti Pusat Kebudayaan. Latar belakang didirikannya Keimin Bunka Shidosho adalah untuk menghimpun para seniman Indonesia dalam satu wadah agar mereka menciptakan karya-karya propaganda untuk membantu Jepang dalam perang Asia Timur Raya. Lembaga ini didirikan pada tanggal 1 April 1943 di Jakarta, yang berada di bawah Sedenbu (Departemen Propaganda). Jepang berhasil mempersatukan banyak seniman untuk bekerja pada lembaga tersebut karena para seniman beranggapan lembaga ini dapat menjadi alat untuk berekspresi. Di dalam Keimin Bunka Shidoso terdiri berbagai aliran seni seperti sastra, musik, tari, drama, film, dan seni rupa. Agus Djaja ditunjuk sebagai ketua bidang seni rupa; untuk film dan drama ditunjuk Usmar Ismail; seni sastra diketuai Armijn Pane; sedangkan seni tari dan suara oleh Ibu Sud.


Topik: Kerajaan-Kerajaan di Nusantara

Subtopik: Soal Kerajaan Hindu Buddha

37. Candi Hindu terdiri atas tiga bagian candi. Untuk bagian tubuh candi, disebut juga dengan….

A. Svarloka

B. Bhurloka

C. Bhuvarloka

D. Winayapitaka


Jawaban: C

Pembahasan:

Pembagian tiga lapisan dunia (triloka) pada bangunan candi secara vertikal direpresentasikan ke dalam bagian-bagian bangunannya. Bhurloka atau dunia bawah ditampilkan pada bagian pondasi dan kaki bangunan. Di bagian bawah dianggap sebagai tempat tinggal makhluk rendah, para raksasa, bhuta, dan pisaca.  Bhuvarloka atau dunia tengah ditampilkan pada tubuh candi yang berisikan bilik dan arca-arca dewa dalam relung. Di bagian tengah merupakan persemayaman orang-orang suci yang telah mampu menindas hawa nafsu duniawi, dan svarloka direpresentasikan pada atap candi hingga puncaknya. Pada bagian puncak menggambarkan alam baka, dan terdapat kota dewa-dewa yang dinamakan Sudarsana.


Topik: Kebangkitan Nasional

Subtopik: Soal Organisasi Kebangsaan

38. Indische Partij merupakan organisasi “politik murni” pertama yang berdiri.

SEBAB

Gubernur Jendral menolak permohonan badan hukum IP pada 11 Maret 1913.

Pilihan jawaban:      

A. Pernyataan benar, alasan benar, dan menunjukkan hubungan sebab akibat

B. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi tidak menunjukkan hubungan sebab akibat

C. Pernyataan benar, alasan salah

D. Pernyataan salah, alasan benar

E. Pernyataan salah, alasan salah

Jawaban: B

Pembahasan:

Pernyataan benar. Indische Partij merupakan organisasi “politik murni” pertama yang berdiri. Didirikan tanggal 25 Desember 1912 oleh Ernest Francois Eugene Douwes Dekker (Setya Budi) di Bandung bersama dokter Tjipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara), mereka dikenal sebagai tiga serangkai. Organisasi campuran pribumi dan Indo ini mempunyai tujuan jangka pendek adalah persatuan seluruh bangsa India dan Indiers dengan membangun patriotisme dan nasionalisme India (istilah Indonesia belum dipakai).

Alasan benar. Organisasi IP dalam pergerakannya sangat radikal sehingga Gubernur Jendral menolak permohonan badan hukum pada 11 Maret 1913. Secara politik Indische Partij dianggap mengancam keamanan umum dan dinyatakan sebagai partai terlarang. Pada bulan Agustus 1913 ketiga pimpinan Indische Partij dihukum dengan hak luar biasa dari Gubernur Jendral yang isinya:

1. Externering: mengusir dari seluruh wilayah Hindia Belanda

2. Internering: menunjuk suatu tempat yang harus didiami dan tidak boleh meninggalkannya

3. Verkaaning: melarang seseorang untuk berdiam di suatu tempat

Jadi, Pernyataan benar, alasan benar, tetapi tidak menunjukkan hubungan sebab akibat


Topik: Geografi Fisik

Subtopik: SDA, Mitigasi Bencana Alam, dan Lingkungan

39. Peristiwa perubahan iklim bisa meningkatkan kadar CO2 dalam air laut dan mengakibatkan terjadinya ….

A. reproduksi ikan meningkat

B. terjadinya fenomena coral bleaching

C. meningkatkan sedimentasi dalam laut

D. terhambatnya pertumbuhan terumbu karang


Jawaban: D

Pembahasan:

Perubahan iklim merupakan salah satu faktor yang bisa mengganggu keseimbangan ekosistem di lautan. Salah satu dampak dari terjadinya perubahan iklim adalah peningkatan karbon dioksida yang masuk ke dalam laut. Hal ini bisa mengubah struktur kimia air laut melalui penurunan pH air yang disebut juga asidifikasi laut. Tingkat keasaman air laut yang meningkat bisa mengganggu proses kalsifikasi pada karang. Kalsifikasi karang adalah proses pembentukan kapur (CaCO¬3) yang nantinya akan membentuk rangka karang. Terganggunya proses kalsifikasi karang akibat asidifikasi laut bisa mengganggu pertumbuhan karang, padahal terumbu karang merupakan ekosistem yang sangat penting bagi laut karena menyediakan rumah bagi berbagai makhluk laut lainnya. Selain itu, asidifikasi air laut juga bisa menyebabkan kematian pada ikan dan proses reproduksi ikan jadi terhambat. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.


Topik: Geografi Fisik

Subtopik: SDA, Mitigasi Bencana Alam, dan Lingkungan

40. Langkah yang tepat dilakukan untuk mengurangi risiko tanah longsor adalah ….

A. membangun rumah di bawah lereng

B. memotong tebing secara tegak lurus

C. menanam tanaman memotong kontur

D. mengurangi beban pada lereng gunung


Jawaban: D

Pembahasan:

Indonesia merupakan negara yang rawan terhadap bencana longsor karena memiliki banyak wilayah dengan kemiringan lereng tinggi. Salah satu upaya yang tepat untuk mengurangi risiko bencana tanah longsor adalah dengan mengurangi beban pada lereng dengan tidak membangun bangunan di atas lereng miring. Upaya lain yang tepat adalah dengan mengurangi kemiringan lereng, menanam tanaman dengan akar kuat, dan membangun sistem drainase yang baik. Jawaban yang tepat adalah D.


Topik: Kelompok Sosial dan Struktur Sosial

Subtopik: Konflik dan Integrasi Sosial

41. Seseorang dalam sehari-hari bertemu dengan orang yang memiliki latar belakang yang beragam. Namun, orang tersebut kerap kali melihat latar belakang suku tersebut dengan dan memiliki menganggap orang Jawa pasti bersifat sopan, orang Minang perhitungan, orang Batak frontal. Penilaian tersebut dapat disebut ....

A. hierarkis

B. stereotip

C. etnosentrisme

D. primordialisme

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Stereotip merupakan suatu wujud generalisasi atau menyimpulkan suatu hal secara umum, orang yang memiliki sikap seperti ini ketika melihat suatu hal maka ia akan cenderung menyimpulkan suatu secara umum. Sedangkan hierarki merupakan tingkatan atau jenjang jabatan yang ada di masyarakat. Positivisme merupakan paham yang menganggap bahwa ilmu pengetahuan didasari pada pengalaman dan ilmu yang pasti. Primordialisme pandangan atau paham yang memegang teguh hal-hal yang dibawa sejak kecil, baik mengenai tradisi, adat istiadat dan kepercayaan. Sedangkan etnosentrisme adalah sebuah sikap yang menilai kebudayaan suatu masyarakat dengan menggunakan sudut pandang atau ukuran yang berlaku di masyarakatnya. Ukuran tersebut bisa berwujud ciri fisik, adat istiadat, tradisi, maupun sistem keyakinan tertentu. Sikap etnosentris ini, seseorang atau kelompok cenderung menganggap kebudayaannya, ciri fisiknya, adat istiadatnya, tradisinya, maupun keyakinannya, lebih maju atau lebih unggul, daripada kebudayaan masyarakat lain. Jadi jawaban yang benar adalah D.


Topik: Perilaku Menyimpang dan Pengendalian Sosial

Subtopik: Perilaku Menyimpang dan Pengendalian Sosial

42. Perhatikan kutipan artikel berikut!

Klojen (malangkota.go.id) – Sebagai upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Kota Malang, sejak tiga hari yang lalu di bawah komando Forkopimda Kota Malang menggelar penertiban tempat usaha yang masih menjalankan aktivitasnya di atas pukul 20.00 WIB dan menimbulkan kerumunan massa. Tak hanya mengimbau untuk menutup usahanya setelah pukul 20.00 WIB, para petugas dari Polresta Malang Kota, TNI dan juga Satpol PP Kota Malang pun membubarkan kerumunan massa di tempat seperti di kafé, rumah makan dan warung internet, karena dapat memicu dan mempercepat penyebaran virus.

Dikutip dari https://malangkota.go.id/ pada 29 April 2020

Upaya yang dilakukan oleh Satpol PP, TNI, serta Polresta Malang dalam kutipan artikel tersebut merupakan pengendalian sosial ….

A. formal dan bersifat kuratif

B. formal dan bersifat koersif

C. formal dan bersifat preventif

D. nonformal dan bersifat koersif

Jawaban: B

Pembahasan:

Berdasarkan pada kutipan artikel tersebut, pengendalian sosial yang dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), TNI, Polresta sebagai pelaksana penertiban adalah tipe formal, yakni pengendalian sosial yang diperankan oleh lembaga resmi dan lembaga tersebut resmi dibuat oleh pemerintah. Kemudian, pengendalian sosial yang dilakukan oleh Satuan lembaga resmi tersebut adalah pembubaran paksa jika terdapat kerumunan massa ditengah pandemik Covid-19. Hal pembubaran massa secara paksa tersebut termasuk pengendalian yang bersifat koersif karena bersifat kekerasan. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.


Topik: Interaksi, Gejala, dan Perubahan Sosial

Subtopik: Perubahan Sosial, Modernisasi dan Globalisasi

43. Sebagian kecil suku di Indonesia masih hidup dalam tradisi yang kuat sehingga dalam sehari-harinya mereka hidup tidak menggunakan listrik dan tidak menggunakan transportasi modern. Bahkan beberapa suku melarang dan menolak segala bentuk modernisasi. Larangan tersebut dijadikan norma adat dan berlaku di kelompok tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa kebudayaan di masyarakat berperan sebagai ....

A. pengawas sosial

B. penyetaraan sistem

C. penghambat perubahan sosial

D. melestarikan rasa primordialisme


Jawaban: C

Pembahasan:

Faktor penghambat dari perubahan sosial di antaranya:

1. kurangnya kontak dengan masyarakat lain

2. perkembangan ilmu pengetahuan yang terlambat

3. adanya keinginan yang tertanam kuat (vested interest)

4. prasangka terhadap hal baru

5. sikap tradisional masyarakat

Berdasarkan pernyataan pada soal, terdapat masyarakat dengan tradisi hidup tanpa listrik dan tidak menggunakan alat transportasi modern sebagai alat transportasi menunjukkan peran kebudayaan sebagai penghambat dari perubahan sosial. Hal ini sesuai dengan faktor penghambat perubahan sosial yang berupa sikap tradisional masyarakat. Sedangkan, pengawas sosial merupakan hal yang dilakukan agar tidak terjadi penyimpangan. Primordialisme sendiri memiliki merupakan pandangan atau paham yang memegang teguh hal-hal yang dibawa sejak kecil seperti agama.


Topik: Kelompok Sosial dan Struktur Sosial

Subtopik: Konflik dan Integrasi Sosial

44. Konflik yang terjadi antarlapisan seperti buruh dan pemilik pabrik merupakan konflik yang disebabkan karena faktor ....

A. kesalahan sistem

B. perbedaan ideologi

C. kesenjangan ekonomi

D. rendahnya ilmu pengetahuan


Jawaban: C

Pembahasan:

Konflik antarlapisan masyarakat dapat dilihat berdasarkan perbedaan kelas-kelas sosial di masyarakat. Salah satu wujudnya adalah kesenjangan ekonomi. Kesenjangan ekonomi dapat terjadi ketika terdapat perbedaan dalam masyarakat dalam mengakses dan menjangkau sumber daya. Hal inilah yang membuat kesenjangan ekonomi dapat menjadi faktor utama penyebab terjadi konflik antarlapisan karena sebagian masyarakat mengalami ketidakadilan-ketidakadilan di dalamnya. Jadi, jawaban yang tepar adalah C.


Topik: Lembaga Sosial dan Mobilitas Sosial

Subtopik: Lembaga Sosial

45. Organisasi dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu organisasi formal maupun informal. Berikut ini yang menunjukkan ciri dari organisasi formal adalah ....

A. terbentuk dengan sendirinya

B. sebagai wadah penyelesaian masalah

C. memiliki jumlah anggota tanpa batas

D. memiliki pola komunikasi yang mapan


Jawaban: D

Pembahasan:

Sistem formal yang mana organisasi diatur sedemikian rupa. Struktur organisasi formal menggambarkan rangkaian pola hubungan diantara fungsi-fungsi, unit-unit, kedudukan-kedudukan maupun posisi setiap orang yang menunjukkan tugas, wewenang, dan tanggung jawab masing-masing. Pada struktur organisasi formal ini tergambarkan spesialisasi/spesifikasi setiap pekerjaan yang diamanahkan pada tiap individu ataupun tiap departemen/bagian. Syaratnya adalah:

A. memiliki struktur yang jelas

B. memiliki pola komunikasi yang mapan

C. memiliki tujuan organisasi

D. mengatur disiplin kerja secara tertulis

Jadi, jawaban yang benar adalah D.


Topik : Interaksi Sosial

Subtopik : Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

46. Kania menyunggingkan senyum dan menjabat tangan Risa ketika bertemu.Tindakan Kania dan Risa dapat dikategorikan sebagai kontak sosial karena ….

A. keduanya bertemu secara langsung

B. ada alat untuk menyampaikan pesan

C. ada komunikan yang menerima pesan

D. ada pesan yang bermakna dalam pertemuan


Jawaban : A

Pembahasan :

Ada dua syarat dalam interaksi sosial, yaitu kontak sosial dan komunikasi. Interaksi yang dilakukan Kania dan Risa memenuhi syarat kontak sosial. Kontak sosial adalah sebuah cara yang dilakukan seseorang dalam proses interaksi sosial. Kontak sosial dapat berupa kontak sosial primer (terjadi secara langsung) dan kontak sosial sekunder (melalui perantara). Contohnya, Kania dan Risa yang saling bertatap muka, bertukar senyum, dan bersalaman yang menunjukkan kontak sosial primer. Pilihan C, D, dan E menunjukkan syarat komunikasi sosial. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.


Topik : Interaksi Sosial

Subtopik : Faktor Pendorong Terjadinya Interaksi Sosial

47. Bima sangat mengagumi penyanyi idolanya. Dia meniru gaya rambutnya agar memiliki kemiripan dengan idolanya. Tindakan Bima disebut dengan ....

A. perasaan kepedulian kepada penyanyi idolanya

B. keinginan mengikuti idolanya tanpa pikir panjang

C. proses meniru penyanyi idolanya secara sementara

D. kecenderungan ingin menjadi identik dengan idolanya


Jawaban : C

Pembahasan :

Imitasi adalah suatu proses belajar dengan cara meniru atau mengikuti perilaku orang lain. Proses peniruan sebagian perilaku atau gaya seseorang merupakan wujud dari imitasi. Berdasarkan pada soal, Bima dikatakan hanya yang mengikuti gaya rambut idolanya sehingga menggambarkan contoh dari imitasi. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.


Topik : Interaksi Sosial

Subtopik : Bentuk Interaksi Asosiatif

48. Martabak dalam sejarahnya dikenalkan oleh pemuda Arab yang singgah di Kota Semarang dan bertemu dengan pemuda India di sana, keduanya bersama-sama menciptakan martabak dan martabak sendiri disesuaikan dengan cita rasa Indonesia seperti tidak menggunakan kari dalam penyajiannya. Hal ini dalam interaksi sosial dapat disebut dengan ....

A. asimilasi 

B. akulturasi

C. joint venture

D. diferensiasi ras


Jawaban : A

Pembahasan :

Asimilasi adalah adalah pencampuran dua kebudayaan sehingga menciptakan budaya baru yang berbeda dari budaya sebelumnya. Asimilasi merupakan proses sosial berbentuk interaksi secara langsung dan intensif dalam waktu lama yang dilakukan antarkelompok dengan latar belakang kebudayaan yang berbeda. Dari proses itulah, terbentuk unsur kebudayaan campuran dari antarkelompok tersebut. Berdasarkan uraian di atas menunjukkan bahwa martabak adalah contoh adanya asimilasi dalam bidang kuliner karena sudah menyesuaikan dengan cita rasa Indonesia. Dalam penyajiannya martabak baik di India maupun di Arab menggunakan kuah kari sebagai tambahan saus. Namun, di Indonesia sendiri Martabak disajikan dengan kuah acar yang berbeda.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.


Topik : Interaksi Sosial

Subtopik : Bentuk Interaksi Disosiatif

49. Perasaan amarah, benci, iri, atau sentimen yang dapat mendorong seseorang untuk melukai atau menyerang lawan, sehingga setiap pihak yang bertentangan saling menghancurkan biasanya muncul dan berperan dalam ….

A. kompetisi

B. konflik

C. kontravensi

D. persaingan


Jawaban : B

Pembahasan:

Konflik adalah usaha pemenuhan tujuan individu atau kelompok yang dilakukan dengan cara menyingkirkan pihak lawan. Pemenuhan tujuan tersebut biasanya disertai dengan ancaman atau kekerasan agar lawannya dapat singkirkan. Dalam sebuah konflik, ada beberapa perasaan yang muncul dan berperan. Perasaan yang dimaksud adalah amarah, benci, iri, atau sentimen. Beberapa perasaan itu dapat mendorong seseorang untuk melukai atau menyerang lawan, sehingga setiap pihak yang bertentangan saling menghancurkan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.


Topik : Interaksi Sosial

Subtopik : Bentuk Interaksi Akomodatif

50. Berikut ini pernyataan yang benar mengenai konsiliasi adalah ….

A. akomodasi yang dilakukan oleh pihak ketiga dan kedudukannya lebih tinggi dari kedua pihak yang berselisih ketika pertentangan tersebut sulit diselesaikan oleh kedua pihak 

B. akomodasi yang dilakukan oleh pihak ketiga yang sifatnya netral dan sebagai penasihat 

C. akomodasi yang dilakukan dengan cara mempertemukan keinginan kedua belah pihak yang berselisih agar dapat menyelesaikan perselisihan secara bersama 

D. akomodasi yang dilakukan melalui pengadilan atau jalur hukum

Jawaban : C

Pembahasan:

Konsiliasi merupakan bentuk akomodasi yang dilakukan dengan cara mempertemukan keinginan kedua belah pihak yang berselisih agar dapat menyelesaikan perselisihan secara bersama. Kata kuncinya mempertemukan keinginan. Adapun yang mempertemukan kedua belah pihak tersebut dapat kita sebut sebagai konsiliator yang harus adil dan tidak memihak. Untuk menyelesaikan sebuah masalah melalui konsiliasi, masalah diselesaikan dengan membentuk sebuah kesepakatan yang tidak merugikan siapa pun.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.


Topik :   Keruangan dan Interaksi Antarruang di Indonesia

Subtopik :   Kondisi Alam Indonesia

51. Selat yang berada di antara Pulau Kalimantan dengan Pulau Sumatra adalah ….

A. Selat Sunda

B. Selat Malaka

C. Selat Karimata

D. Selat Makassar

Jawaban : C

Pembahasan :

Selat adalah wilayah perairan laut yang sempit yang berada di antara dua pulau dan menghubungkan dua bagian perairan yang lebih besar. Selat yang berada di antara Pulau Sumatra dan Pulau Kalimantan adalah Selat Karimata.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.


Topik : Keruangan dan Interaksi Antarruang di Indonesia

Subtopik : Potensi Sumber Daya Alam dan Kemaritiman Indonesia

52. Hewan yang dapat ditemukan di wilayah Pulau Sumatra adalah ....

A. anoa

B. babi rusa

C. gajah

D. walabi


Jawaban : C

Pembahasan :

Hewan-hewan yang berada di Pulau Sumatra termasuk dalam tipe Asiatis/Oriental. Beberapa contoh hewan bertipe Asiatis adalah gajah, orang utan, harimau, badak, dan beruang.

Jawaban yang tepat adalah C.


Topik : Keruangan dan Interaksi Antarruang di Indonesia

Subtopik : Perubahan Akibat Interaksi Antarruang

53. Bali merupakan tempat wisata yang terkenal hingga ke seluruh dunia. Bali terkenal karena keindahan alamnya dan keunikan budaya tradisionalnya. Oleh sebab itu, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke Bali. Kedatangan wisatawan dari wilayah lain dapat menjadikan adanya degradasi dan melunturnya kebudayaan tradisional di Bali. Upaya yang tepat untuk mencegah terjadinya hal tersebut adalah ....

A. mengajarkan kesenian asli Bali di sekolah 

B. melakukan komersialisasi budaya asli Bali

C. membuka diri sebesar-besarnya pada kebudayaan luar

D. hanya menampilkan kebudayaan tradisional untuk masyarakat Bali saja

Jawaban : A



Pembahasan :

Kedatangan wisatawan di Bali merupakan salah satu bentuk adanya interaksi antarruang di wilayah ini. Interaksi antarruang berupa kedatangan wisatawan di Bali ini bisa menimbulkan dampak pada budaya tradisional di sana. Salah satunya adalah dapat menyebabkan degradasi dan lunturnya budaya tradisional Bali karena mendapat pengaruh dari budaya dari wilayah lain. Upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya hal tersebut adalah melestarikan dan menguatkan ketahanan budaya tradisional Bali. Salah satunya lewat kegiatan pengajaran kesenian asli Bali di sekolah. Dengan demikian, anak-anak dan pemuda-pemudi Bali dapat mengenal dan turut melestarikan kebudayaan daerah asalnya dan mampu menyaring kebudayaan asing yang datang ke daerahnya.

Jawaban yang tepat adalah A.


Topik : Keruangan dan Interaksi Antarruang di Indonesia

Subtopik : Dinamika Kependudukan Indonesia

54. Perhatikan gambar di bawah ini!


Tarian pada gambar di atas merupakan tari tradisional dari daerah ….

A. Bali

B. Papua

C. Sumatra Barat

D. Kalimantan Timur

 

Jawaban : A

Pembahasan :

Gambar pada soal menunjukkan gerakan tari Pendet. Tari Pendet merupakan tari tradisional yang berasal dari daerah Bali. Awalnya, tarian ini merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura.

Jawaban yang tepat adalah A.


Topik : Pemberontakan dalam Negeri

Subtopik : Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa

55. Berikut ini yang termasuk ancaman disintegrasi bangsa di Indonesia pada awal kemerdekaan adalah ....  

A. gerakan Aceh Merdeka  

B. pemberontakan Timor Timur  

C. operasi Papua Merdeka  

D. Republik Maluku Selatan  

Jawaban : d

Pembahasan :

Selang lima tahun sejak Indonesia merdeka, Dr. Christian Robert Soumokil, seorang mantan tentara KNIL menolak berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia dan memproklamasikan berdirinya Republik Maluku Selatan pada bulan April tahun 1950. Pemberontakan ini merupakan salah satu pemberontakan atau ancaman disintegrasi pada awal kemerdekaan Indonesia. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.  


Topik : Pemberontakan dalam Negeri

Subtopik : Tokoh yang Mempertahankan NKRI (1945-1965)

56. Saat revolusi kemerdekaan Indonesia, banyak kesultanan yang berada di Nusantara menyatakan bergabung dengan Republik Indonesia. Salah satunya adalah Kesultanan Siak Indrapura. Sultan Siak Indrapura yang menyatakan kesetiaan dan dukungan kemerdekaan kepada Republik Indonesia adalah ....  

A. Sri Sultan Hamengkubuwono IX  

B. Sri Sultan Hamengkubuwono X  

C. Sri Sultan Pakualam XII  

D. Sultan Syarif Kasim II  


Jawaban : D

Pembahasan :

Sultan Siak Indrapura yang menyatakan kesetiaan dan dukungan kemerdekaan kepada Republik Indonesia adalah Sultan Syarif Kasim II. Saat perang kemerdekaan pecah, Sultan Syarif Kasim II turut andil dalam membantu pendirian TKR juga dalam mensuplai bahan makanan kepada para laskar yang ikut berjuang. Sultan Syarif Kasim II juga diketahui menyumbangkan hartanya sebesar 13 juta gulden untuk membantu perjuangan RI. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.  

Topik : Respon Internasional terhadap Proklamasi

Subtopik : Pengakuan Mesir, India, dan Australia terhadap Kemerdekaan Indonesia

57. Pada tanggal 9 Agustus 1947 masyarakat Mesir melakukan salah satu upaya dalam mendukung kemerdekaan Indonesia, yaitu dengan ....   

A. mengadakan tablig akbar di sekitar Universitas Al-Azhar bersama masyarakat Indonesia  

B. melakukan demonstrasi besar-besaran di kedutaan Belanda yang berada di Kairo  

C. melakukan aksi penjarahan di kedutaan Belanda  

D. melakukan aksi penghadangan kapal Belanda di Terusan Suez  

Jawaban : D

Pembahasan : 

Pada tanggal 9 Agustus 1947 masyarakat Mesir yang dipelopori oleh ribuan buruh dan aktivis Ikhwanul Muslimin melakukan boikot dan penghadangan terhadap kapal Belanda yang bernama Volendam yang sedang berlabuh di Port Said tidak jauh dari Terusan Suez. Mereka memboikot pemberian logistik pada kapal tersebut dan juga dengan menggunakan boat-boat kecil masyarakat Mesir mengibarkan bendera Merah Putih.

Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah D.  


Topik : Respon Internasional terhadap Proklamasi

Subtopik : Respon PBB terhadap Kemerdekaan Indonesia

58. "Juru penerang yang tak kenal lelah" 

Kutipan pernyataan di atas merupakan salah satu julukan yang disematkan pada seorang diplomat Indonesia yang berjuang secara diplomasi dalam mendapatkan pengakuan kemerdekaan secara internasional. Julukan tersebut ditujukan kepada....

A. Agus Salim

B. Sutan Sjahrir 

C. Soekarno

D. L.N Palar  

Jawaban : D

Pembahasan :

“Juru penerang yang tak kenal lelah” merupakan julukan yang didapatkan oleh L.N Palar saat masih bergabung dengan partai buruh sosial demokrat Belanda. Perjuangan L.N Palar dalam dunia diplomasi untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dilakukan saat dirinya mengemban misi mendirikan pemerintahan pengasingan yang berkedudukan di India. Selain itu L.N Palar merupakan juru bicara Indonesia dalam sidang Keamanan PBB yang ditunjuk langsung oleh Soekarno.

Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah D.  


Topik : Perkembangan IPTEK di Era Globalisasi

Subtopik : Teknologi Komunikasi

59. Telegraf pernah menjadi alat komunikasi yang penting dalam bidang komunikasi di dunia. Salah satu ciri khas dari alat komunikasi telegraf adalah ....  

A. dapat menghubungkan komunikasi dua arah  

B. telegraf merupakan alat komunikasi yang dapat mengirim gambar  

C. telegraf mengirimkan pesan menggunakan sandi morse  

D. telegraf merupakan alat komunikasi nirkabel pertama di dunia  


Jawaban : C

Pembahasan :

Telegraf merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk mengirim pesan melalui gelombang elektrik. Alat komunikasi yang ditemukan pada tahun 1835 oleh Samuel F.B Morse ini mempunyai ciri khas yaitu mengirim pesan menggunakan sandi khusus yang dikenal dengan nama sandi Morse. Sandi Morse sendiri ditetapkan sebagai sandi standar internasional untuk mengirim pesan melalui telegraf. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. 


Topik: Faktor-Faktor yang Memengaruhi dan Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial

Subtopik: Faktor Penyebab Internal Perubahan Sosial

60. Indonesia merupakan salah satu negara endemik penyakit kaki gajah (filariaris). Kaki gajah termasuk penyakit yang tidak mematikan tetapi cukup sulit diatasi. Meskipun demikian, masyarakat tidak perlu khawatir karena sudah terdapat obat yang dapat mencegah penyakit tersebut. Untuk itu, masyarakat diimbau mengikuti program pemberian obat pencegahan massal setiap bulan Oktober secara rutin selama lima tahun. Beberapa daerah yang telah rutin mengikuti pengobatan telah terbebas dari endemik penyakit kaki gajah. Fakta sosial tersebut menunjukkan telah terjadi perubahan sosial akibat faktor ….  

A. pertentangan dalam masyarakat  

B. pengaruh kebudayaan dari luar  

C. pengurangan jumlah penduduk  

D. penemuan baru 


Jawaban: D

Pembahasan:

Fakta sosial yang dijabarkan pada soal menunjukkan telah terjadi perubahan sosial terkait berkurangnya daerah yang menjadi endemik penyakit kaki gajah. Berkurangnya daerah endemik diakibatkan telah ditemukan obat pencegah kaki gajah. Selain itu, ditambah kesediaan masyarakat mengikuti program pengobatan rutin menambah percepatan pencegahan penyakit kaki gajah dalam masyarakat. Apabila obat penyakit kaki gajah belum ditemukan maka jumlah penderita dan daerah endemis kaki gajah tidak berkurang tetapi terus bertambah. Dengan demikian, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh pilihan D.  


Topik: Perubahan Sosial

Subtopik: Teori Evolusi (Perkembangan) dalam Perubahan Sosial

61. Evolusi merupakan perubahan yang lama dengan rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat. Dalam evolusi, perubahan terjadi sendiri tanpa direncanakan. Hal ini dikarenakan ….  

A. dalam evolusi hanya terjadi perubahan kecil sehingga tidak memengaruhi yang lainnya  

B. adanya persamaan tujuan yang ingin dicapai dalam perubahan evolusi  

C. hanya sebagian masyarakat mengalami perubahan secara evolusi  

D. adanya usaha masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan kondisi yang baru  

Jawaban: D

Pembahasan:

Evolusi merupakan perubahan yang lama dengan rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat. Dalam evolusi, perubahan terjadi dengan sendirinya tanpa direncanakan. Hal ini diakibatkan dari adanya usaha-usaha masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan keperluan, keadaan, dan kondisi yang baru muncul mengikuti pertumbuhan masyarakat. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.  

Topik: Faktor-Faktor yang Memengaruhi dan Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial

Subtopik: Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial II

62.      Perhatikan pernyataan berikut!

1)      Pendidikan yang mengadaptasi ilmu pengetahuan dari negara-negara maju.

2)      Penambahan jaringan listrik di daerah-daerah perbatasan dan jauh dari ibu kota.

3)      Peningkatan arus urbanisasi dari masyarakat di berbagai daerah.

4)      Hilangnya mata pencaharian petani akibat bencana alam gunung meletus.

5)      Kemacetan akibat pembangunan jalan tol dan pelebaran jalan raya.

Kategori perubahan sosial tidak direncanakan (unplanned social change) ditunjukkan oleh angka ….  

A.     1, 2, dan 3  

B.     1, 2, dan 4  

C.     2, 4, dan 5  

D.     3, 4, dan 5  

Jawaban: D

Pembahasan:

Perubahan yang tidak direncanakan (unplanned social change) yaitu perubahan yang terjadi tanpa perencanaan serta berlangsung di luar jangkauan pengawasan masyarakat. Perubahan yang termasuk kategori unplanned social change ditunjukkan oleh pernyataan nomor 3, 4, dan 5. Pernyataan nomor 1 merupakan perubahan yang direncanakan dalam bidang pendidikan. Pernyataan nomor 2 merupakan perubahan sosial yang direncanakan dalam bidang pembangunan.  

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.  

 

Topik: Faktor-Faktor yang Memengaruhi dan Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial

Subtopik: Faktor Penyebab Eksternal Perubahan Sosial

63. Hendry dan Prisa bergabung dalam komunitas cosplay dan hampir setiap minggu mengikuti kontes cosplayer. Mereka biasanya berburu kostum di toko online atau toko khusus yang menyediakan berbagai pernak-pernik cosplay. Kemunculan fenomena tersebut menunjukkan perubahan sosial yang dipengaruhi oleh .... 

A. penemuan baru  

B. dinamika penduduk  

C. perubahan lembaga sosial  

D. pengaruh kebudayaan asing  


Jawaban: D

Pembahasan:

Fenomena yang dijelaskan pada soal menunjukkan fenomena cosplay yang dilakukan Hendry dan Prisa. Cosplayer merupakan pelaku yang menggunakan cosplay (costum player). Orang-orang yang biasanya bergabung dalam komunitas cosplay memiliki hobi mengenakan kostum karakter dalam film animasi, komik, atau video games. Budaya tersebut berasal dari Jepang dan Amerika Serikat. Masuknya film, anime, dan games dari negara-negara tersebut mendorong orang-orang di Indonesia untuk mengadaptasi budaya cosplay. Dengan demikian, perubahan sosial tersebut dipengaruhi oleh budaya asing. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.  

 

Topik: Faktor-Faktor yang Memengaruhi dan Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial

Subtopik: Faktor Penghambat Perubahan Sosial

64. Perhatikan kutipan artikel berikut!

Masyarakat Kampung Naga yang berada di Tasikmalaya, Jawa Barat, dianggap unik oleh para wisatawan. Hingga saat ini, masyarakat Kampung Naga menolak penggunaan listrik. Begitu pula dalam memasak, masyarakat Kampung Naga menolak menggunakan gas elpiji. Dilihat dari bentuk rumah, masyarakat Kampung Naga masih memanfaatkan hasil alam, seperti kayu, bambu, daun nipah, dan ijuk. Fakta tersebut menunjukkan bahwa perubahan sosial dalam masyarakat Kampung Naga mengalami hambatan.

Berdasarkan artikel, faktor penghambat perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat Kampung Naga adalah ….  

A. adat dan kebiasaan yang masih dipegang teguh dan sulit diubah  

B. keterbukaan masyarakat untuk dikunjungi oleh masyarakat luar  

C. komposisi masyarakat Kampung Naga yang cenderung heterogen  

D. masyarakat Kampung Naga memiliki toleransi terhadap berbagai perubahan  

Jawaban: A

Pembahasan:

Memegang teguh tradisi menunjukkan adat dan kebiasaan masyarakat sulit diubah. Adat dan kebiasaan masyarakat Kampung Naga yang sulit diubah ditunjukkan oleh pernyataan bahwa masyarakat tidak bersedia menerima aliran listrik. Mereka menganggap penggunaan teknologi merupakan bentuk perilaku menyimpang dan menyalahi aturan leluhur. Dengan demikian, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh pilihan A. Adapun pilihan jawaban B, C, D, dan E merupakan faktor pendorong perubahan sosial.


Bagi Anda yang membutuhkan Soal dan Pembahasan Soal AKM IPS Kelas 8 silakan unduh disini 

0 komentar:

Post a Comment test