Soal Penilaian Harian Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 1 Materi Teks Eksplanasi

Thursday, October 28, 2021

Soal Penilaian Harian Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester Ganjil Materi Teks Ekplanasi - Bagi bapak dan ibu guru SMP yang mengajar semester ganjil sudah dilalui beberapa minggu, dan biasanya bapak dan ibu guru akan disibukkan dengan membuat soal untuk penilaian harian yang sesuai dengan kurikulum 2013. 

Pada kesempatan ini kami akan berbagi soal-soal penilaian harian mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester Ganjil materi Teks Ekplanasi. 


Soal Penilaian Harian khususnya pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester Ganjil Materi Teks Ekplanasi yang dikutip dari Modul PJJ Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester Gasal yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 


Berikut soal penilaian harian Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester Ganjil Materi Teks Ekplanasi :  

1. Bacalah kutipan berikut kemudian pilihlah jawaban yang tepat!

Ketika kamu hanya membilasnya dengan air, virus tidak akan mati dan tetap menempel di kulit. Hal ini dikarenakan lapisan yang membalut virus bersifat seperti minyak.Selain itu, molekul virus corona juga dibalut oleh partikel protein dan lemak yang melindunginya dari air. Namun, ketika bersentuhan dengan sabun, balutan lemak tersebut akan terpecah dan virusnya akan ikut terbunuh. Kemudian, air mengalir akan membilas sisa- sisa virus yang susah terpecah oleh sabun. Proses pemecahan partikel lemak pada virus butuh waktu yaitu 20 detik. Durasi tersebut juga dilakukan agar air mampu membilasnya sampai bersih.


Kutipan tersebut merupakan bagian teks eksplanasi .....

A. pernyataan umum

B. deret penjelas

C. langkah-langkah

D. interpretasi


2. Bacalah kutipan berikut kemudian jawblah soal dengan tepat!

Hal terpenting untuk mencegah terinfeksi virus corona COVID-19 adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Mengapa? Komponen surfaktan pada sabun mengikat diri dengan komponen protein pada virus sehingga memutus rangkaian partikel virus. Sabun mengurai proteinnya sehingga seluruh komponen virus pecah. Dengan demikian, virus menjadi rusak dan tidak bisa menginfeksi manusia. Itulah kunci keampuhan sabun yang mampu membunuh virus, termasuk virus corona. Virus merupakan material kecil yang terbalut oleh protein dan lemak. Virus dapat menempel dengan mudah, terutama pada permukaan-permukaan yang sering menyentuh benda seperti tangan.

Kutipan tersebut merupakan bagian teks eksplanasi .....

A. pernyataan umum

B. deret penjelas

C. langkah-langkah

D. interpretasi


Bacalah teks berikut dengan saksama kemudian kerjakan pertanyaan yang mengirinya.


Asal Mula Terjadinya Angin Puting Beliung

Di berbagai negara tropis, termasuk Indonesia kerap terjadi angin puting beliung. Beberapa di antaranya tidak berbahaya, tetapi tak sedikit pula puting beliung yang berhasil memporak-porandakan pemukiman. Pada prinsipnya, angin puting beliung terjadi disebabkan pertemuan udara panas dan dingin yang menghasilkan pusaran angin dan disertai dengan kehadiran awan badai (Cumulonimbus).

Terjadinya puting beliung tidak terlepas dari prinsip kerja atmosfer bumi. Pada hakikatnya, keterdapatan atmosfer disebabkan oleh gaya gravitasi bumi itu sendiri yang mengikat partikel-partikel udara sehingga atmosfer tidak berhamburan di angkasa dan tetap melapisi bumi hingga kini. Semakin dekat dengan permukaan bumi maka semakin besar pula gaya gravitasi/ gaya tarik antara bumi dan atmosfer. Hal ini mengakibatkan kerapatan masa udara di dekat permukaan bumi lebih tinggi dibandingkan pada ketinggian yang jauh dari permukaan bumi. Besarnya densitas atmosfer di dekat permukaan bumi juga disebabkan karena adanya gaya berat dari lapisan atmosfer. Jika bisa dikalkulasikan, berat udara di atmosfer bumi mencapai hingga 5.5 x 1015 ton. Besarnya gaya tekan atmosfer inilah yang membuat lapisan di bagian bawahnya memadat.

Selain kondisi tekanan udara, kondisi temperatur juga sangat berperan dalam pembentukan puting beliung. Sama halnya dengan tekanan, besar kecilnya suhu atmosfer dikontrol oleh ketinggiannya dari permukaan  bumi. Makin dekat dengan permukaan maka suhu atmosfer akan semakin panas.



Partikel masa udara yang terpanaskan oleh hantaran panas dari permukaan bumi mengembang sehingga memperkecil densitas / kerapatan masa udara. Mengurangnya densitas / kerapatan masa udara tentunya juga mengurangi tekanan internal yang terjadi pada atmosfer. Perbedaan tekanan inilah yang memicu terjadinya pergerakan angin. Angin akan bergerak dari kawasan yang memiliki tekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah.

Pergerakan ini disebut gaya gradien tekanan. Singkat kata, angin akan bergerak dari daerah yang dingin (daerah bertekanan tinggi) menuju ke daerah yang panas (daerah bertekanan rendah). Karena pada hakikatnya alam selalu berusaha untuk mempertemukan sebuah titik keseimbangan.

Berdasarkan beberapa prinsip di atas, secara vertikal, menurunnya densitas udara yang mengalami pemanasan akan membuat udara panas bergerak naik. Seperti halnya, yang terjadi pada udara di balon gas. Udara dipanaskan agar dapat bergerak naik. Bedanya, pada puting beliung sesampainya di ketinggian udara akan kembali mendingin dan bergerak turun mendekati permukaan bumi. Udara dingin kembali terpanaskan oleh panas yang dihantarkan tanah. Mekanisme tersebut terus berlangsung, hingga pada suatu kondisi yang sudah tiada lagi perbedaan tekanan, atau tercapailah kesetimbangan antara udara panas dan udara dingin.

Gb. Mekanisme pembentukan dan kenampakan proses terjadinya puting beliung


Tidak hanya pergerakan angin secara vertikal, pergerakan angin secara lateral juga berperan dalam memperbesar tenaga yang terbentuk oleh puting beliung. Berkumpulnya angin dan awan akibat dari perbedaan tekanan secara horisontal, membuat kawasan yang bertekanan rendah (daerah panas) banyak dihampiri angin dan awan yang kemudian membentuk pusaran angin. Jika perbedaan gradien terlampau tinggi maka puting beliung akan menjadi semakin agresif.

Itulah sekelumit proses terjadinya angin puting beliung. Jika menemukan gejala alam seperti itu berhati-hatilah. Upayakan sebisa mungkin menghindar untuk menyelamatkan diri.

Diolah dari https://geologi.co.id/2018/08/13/dari-mana-asalnya-puting-beliung/


3. Pilihlah jawaban yang benar.

Di Indonesia sering terjadi angin puting beliung. Mengapa?

A. Indonesia beriklim panas.

B. Besarnya desinitas atmosfer bumi Indonesia.

C. Atmosfer bumi Indonesia mencapai hingga 5.5 x 1015.

D. Sering terjadi perbedaan suhu udara panas dan dingin.


4. Pilihlah jawaban yang benar. Ananda boleh memilih jawaban lebih dari satu.

Bagaimana pandangan penulis tentang angin puting beliung?


Beri tanda centang (√) pada kotak di depan pernyataan untuk jawaban- jawaban yang benar.



5. Bubuhkan tanda centang (V) pada huruf B/S sesuai dengan pernyataan benar atau salah berdasarkan teks tersebut.


0 komentar:

Post a Comment test