Apr 25, 2022

Soal Ujian Sekolah Informatika SMP Tahun Pelajaran 2021/2022

Soal Ujian Sekolah Informatika SMP Tahun Pelajaran 2021/2022



Soal Ujian Sekolah Informatika SMP Tahun Pelajaran 2021/2022 Kurikulum 2013 - Ujian Sekolah kini menjadi salah satu penentu kelulusan sekolah, selain nilai rapot dari kelas 7 semester ganjil hingga kelas 9 semester ganjil.

Jadwal Ujian Sekolah di beberapa kabupaten kota berbeda-beda. Ada yang pelaksanaan Ujian Sekolah mulai dari tanggal 11 April hingga tanggal 18 April 2021. Tetapi ada juga yang berbeda lebih awal atau setelahnya. 


Pada kesempatan kali ini kami membagikan akan soal dan kunci jawaban ujian sekolah mata pelajaran Informatika jenjang SMP tahun pelajaran 2021/2022 yang dapat digunakan untuk pembelajaran di rumah atau bisa dimanfaatkan oleh bapak dan ibu guru yang mengampu mata pelajaran tersebut untuk pembuatan soal tahun berikutnya. 


Berikut Soal Ujian Sekolah Informatika SMP Tahun Pelajaran 2021/2022 : 


I. Pilihan Ganda

Pilihlah jawaban soal-soal dibawah ini dengan benar dan tepat!

1. Yang merupakan pusat pengolahan data dan pengontrolan kerja komputer adalah… 

a. Prosesor

b. Memory

c. Monitor

d. Kartu Grafis 


2. Perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum dan sesudah diproses adalah…

a. Prosesor

b. Memory

c. Monitor

d. Kartu Grafis

3. Peralatan komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal gambar dalam bentuk piksel, merupakan fungsi dari…

a. Prosesor

b. Memory

c. Monitor

d. Kartu Grafis

4. Perangkat lunak yang berfungsi untuk menjalankan perangkat komputer dengan cara mengendalikan dan mengontrol perangkat-perangkat yang ada serta menyediakan layanan antarmuka antara berbagai perangkat peripheral dengan aplikasi-aplikasi yang ada disebut dengan…

a. Sistem Operasi

b. Sistem Aplikasi

c. Sistem Komputerisasi

d. Sistem Digitalisasi


5. Simbol atau gambar yang mewakili file, folder atau drive disebut dengan…

a. Tombol Start

b. Taskbar

c. Dekstop

d. Shortcut


6. Mode yang akan membuat komputer tertidur, pada kondisi ini data yang ada di memori akan tetap disimpan di dalam memory mode ini disebut dengan…

a. Shutdown 

b. Sleep

c. Restart

b. Power Off


7. Dalam menginputkan data-data di microsoft excell muncul dari sebelah kanan sel maka data tersebut adalah data dalam bentuk…

a. Teks

b. Cell

c. Range 

d. Number


8. Dalam pemrograman Visual scratch terdapat tombol go dan stop tombol ini berfungsi untuk...

a. Menjalankan/Menghentikan Sprite

b. Menghapus Sprite

c. Merubah Sprite

d. Menyalin Sprite


9. Yang berfungsi untuk menampilkan paint editor, dapat digunakan untuk mengatur komposisi dari Sprite, mengatur ukuran mengatur warna, menggambar ulang dan pengatur lainnya dari sprite yang kita pilih adalah fungsi dari…

a. Tab Backdrop

b. Tab Costumes

c. Tab Sound

d. Tab Code

 

Untuk nomor 10 sampai dengan nomor 13. Perhatikan blok palete dibawah ini…



10. Yang berfungsi untuk menggerakan Sprite atau objek sesuai keinginan adalah terdapat pada nomor….

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4


11. Yang berfungsi untuk mengatur tampilan Sprite atau objek adalah terdapat pada nomor….

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

12. Yang berfungsi untuk memberi perintah menjalankan operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, atau juga untuk membuat hubungan antar objek misalnya dengan memilih operator “dan” atau “atau” terdapat pada nomor….

a. 6

b. 7

c. 8

d. 9


13.  Yang berfungsi untuk memberikan sensor pada perintah yang digunakan. contohnya perintah “touching color brown” jika di gabungkan dengan blok if maka perintah tersebut akan menjadi : “jika menyentuk warna coklat, maka lakukan perintah di bawah ini (Perintah di dalam blok if)” terdapat pada nomor….

a. 6

b. 7

c. 8

d. 9 


14. Yang berfungsi untuk menjelajah di situs-situs internet yang bertujuan untuk mendapatkan informasi atau data adalah pengertian dari…

a. Browsing

b. Searching

c. Chatting

d. Emailing


15. Kegiatan mencari atau memperoleh informasi yang kita inginkan dengan bantuan mesin pencari atau search engine disebut dengan …..

a. Browsing

b. Searching

c. Chatting

d. Emailing


16. Sebuah aktivitas berkomunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan memanfaatkan aplikasi dalam jaringan internet disebut dengan….

a. Browsing

b. Searching

c. Chatting

d. Emailing 


17. Suatu jenis pendidikan atau proses belajar mengajar yang menggunakan perangkat elektronik untuk menyampaikan bahan pelajaran ke siswa melalui media internet internet atau jaringan komputer lainnya disebut dengan ….

a. E-Goverment

b. E-commerce

c. E-learning

d. E-Banking


18. Aktivitas penyebaran penjualan pembelian pemasaran produk atau barang dan jasa dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet dan jaringan komputer adalah pengertian dari…

a. E-Goverment

b. E-commerce

c. E-learning

d. E-Banking


19. Transaksi jasa dan produk bank yang dilakukan secara langsung kepada nasabah melalui media elektronik saluran komunikasi interaktif adalah pengertian dari…

a. E-Goverment

b. E-commerce

c. E-learning

d. E-Banking


20. Jenis-jenis jaringan komputer adalah sebagai berikut, kecuali….

a. LAN

b. MAN

c. WAN

d. TAN


Flowchart adalah urutan proses tertentu pada algoritma yang disajikan dengan menggunakan simbol-simbol tertentu dalam bentuk diagram. 

Untuk nomor 21 sampai dengan nomor 23. 



21. Simbol yang berfungsi untuk menyatakan awal atau akhir suatu program adalah ditunjukan pada…..

a. Nomor 1

b. Nomor 2

c. Nomor 3

d. Nomor 4


22. Simbol yang berfungsi untuk menyatakan proses yang dilakukan oleh komputer adalah ditunjukan pada…..

a. Nomor 1

b. Nomor 2

c. Nomor 5

d. Nomor 6


23. Sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut…

a. Virtual Reality 

b. Digital Reality

c. Networked Reality 

d. Hipertek Reality


24. Proses berpikir untuk memformulasikan persoalan dan solusinya sehingga solusi tersebut secara efektif dilaksanakan oleh sebuah agen pemrosesan informasi disebut dengan…

a. Computational Thinking 

b. Hipertek Reality

c. Intercom network

d. Interconnected netlink


25. Bagian dari jendela Chrome yang digunakan untuk memasukkan atau menampilkan alamat website disebut dengan…

a. url 

b. Omnibox

c. www

d. history


26. Sebuah fitur yang digunakan untuk menyimpan semua alamat halaman web yang pernah dikunjungi dari waktu ke waktu disebut dengan…

a. url

b. Omnibox

c. www

d. history


27. Sistem yang memungkinkan pengguna untuk membangun website dan blog tanpa harus memahami kode-kode html dan memiliki keahlian pemrograman disebut dengan…

a. CMS

b. HTML

c. CSS

d. SEO


28.  Yang berfungsi untuk mengoptimalisasikan blog, website, YouTube ataupun media sosial lainnya agar mudah ditemukan oleh pencarian Google disebut dengan…

a. CMS

b.  HTML

c. CSS

d. SEO


29. Program dan data yang dijalankan untuk mengenali perangkat input dan output disebut dengan…

a. ROM

b. RAM

c. BIOS

d. BUS


30. Setiap aplikasi akan menyimpan data yang dibuat dan dikelola oleh aplikasi tersebut dalam tipe file yang berbeda tipe file tersebut dikenal dengan istilah …

a. File Extention

b. File Documentation

c. File Duplication

d. File Extraction


31. Informasi yang sesuai dan berguna bagi penyelesaian masalah yang sedang dihadapi dan informasi tersebut akan membantu dalam mengambil keputusan untuk menyelesaikan permasalahannya disebut dengan data…

a. Relevan

b. Tepat Waktu

c. Benar

d. Lengkap


32. Informasi yang dibangun menggunakan data yang benar sesuai dengan hasil perekaman data bukan dari hasil rekayasa disebut dengan data…

a. Relevan

b. Tepat Waktu

c. Benar

d. Lengkap


33. Informasi yang lengkap sebagai satu kesatuan yang utuh tidak hanya sebagian saja data tersebut disebut dengan istilah data…

a. Relevan

b. Tepat Waktu

c. Benar

d. Lengkap


34. Subprogram yang digunakan untuk menjalankan rangkaian proses dan tidak mengembalikan nilai disebut dengan …

a. Prosedur

b. Fungsi

c. Algoritma

d. Program


35. Subprogram yang menjalankan sekumpulan proses yang akan mengembalikan nilai kepada bagian program yang menjalankannya disebut dengan istilah…

a. Prosedur

b. Fungsi

c. Algoritma

d. Program


Soal Nomor 36 sampai dengan nomor 40 mengacu pada gambar berikut:



36. Blok perintah yang akan menentukan besar garis pada pola yang digambar ditunjukkan oleh nomor…

a. 10        

b. 15

c. 9

d. 1


37. Pasangan blok perintah yang dipakai ketika menggambarkan pola lingkaran ditunjukkan oleh nomor…

a. 8 dan 16        

b. 4 dan 6

c. 2 dan 8

d. 2 dan 4


38. Blok perintah yang akan menentukan warna dari pola yang digambar ditunjukkan oleh nomor…

a. 9

b. 13

c. 15

d. 16


39. Blok perintah yang digunakan untuk menentukan titik awal ketika menggambar pola ditunjukkan oleh nomor…

a. 5

b. 10

c. 13

d. 15


40. Blok perintah untuk menentukan arah pergerakan Sprite ketika menggambarkan pola ditunjukkan oleh nomor…

a. 5

b. 10

c. 13

d. 15


II. Uraian

Jawablah Pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar dan tepat!

41. Jelaskan perbedaan antara ROM (Random Only Memory) dan RAM (Random Akses Memory)!

42. Buatlah algoritma dan flowchart yang menejelaskan tahapan membuat kopi?


Untuk nomor 43 sampai dengan nomor 45, perhatikan gambar script blok dibawah ini.

 

43. Jelaskan maksud dari Script nomor 1!

44. Jelaskan maksud dari Script nomor 5!

45. Jelaskan maksud dari Script nomor 6, dan jelaskan jika script itu dijalankan!


Bagi rekan-rekan yang membutuhkan Soal Ujian Sekolah Informatika SMP Tahun Pelajaran 2021/2022  silakan download di sini 

Soal Ujian Sekolah Informatika SMP Tahun Pelajaran 2021/2022
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon