ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Laptop Andalan Saat Bepergian dan Belajar Mengajar

Thursday, June 30, 2022

ASUS ExpertBook B3 Flip


ASUS ExpertBook B3 Flip - Sore itu kami dan rombongan berangkat ke Jawa Timur untuk menghadiri pernikahan teman satu kantor dengan seorang gadis yang berasal dari Kertosono Nganjuk.  Diperkirakan kami dan rombongan sampai di lokasi hajatan keesokan harinya.  


Sesuai prediksi akhirnya kami tiba di Nganjuk lebih awal, sehingga bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Setelah itu kami akhirnya melanjutkan lagi perjalanan menuju ke lokasi hajat, agar tidak terlambat karena acara pernikahannya akan dilangsungkan pada pukul 08.00. 


Rombongan kondangan


Walaupun ada sedikit kendala karena mobil bus yang ditumpangi tidak bisa melewati terowong rel kereta api karena ukurannya lebih tinggi, tetapi akhirnya bisa sampai di tempat acara tepat pukul 08.00.

 

Beruntung, kami masih bisa menyaksikan saat-saat yang paling sakral dalam hidup yakni pengucapan sumpah setia dalam pernikahan rekan kami. Sehingga saya bisa mengabadikan momen-momen paling berharga dalam kehidupannya. 

Acara ijab kabul pernikahan teman


Setelah acara ijab kabul, kami disuguhi makanan dan minuman oleh pihak tuan rumah. Karena memang belum sarapan akhirnya kami menikmati sajian tersebut dengan lahapnya. 


Di saat yang bersamaan, saya harus mengikuti kegiatan Training of Trainer Narasumber Makin Cakap Digital yang dilaksanakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi bekerjasama dengan Siberkreasi. 


Pelatihan online


Untungnya ada alasan untuk mengikuti kegiatan tersebut, karena harus mengantarkan makanan untuk supir dan kondektur bus. Sehingga saya langsung menuju tempat parkir kendaraan yang jaraknya kurang lebih 500 meter. 


Pakaian yang saya gunakan langsung saya rangkap dengan baju Relawan TIK, dan langsung mencari warung atau tempat ngopi untuk mencari tempat mengisi ulang baterai laptop agar tidak habis saat digunakan. Mengingat acara pelatihannya cukup lama dari pukul 09.00 hingga pukul 12.00. 


Kegiatan Training of Trainer


Setelah mencari beberapa saat, akhirnya menemukan warung ngopi yang dilengkapi dengan tempat mengisi ulang baterai laptop dan smartphone. Karena tidak ada akses internet akhirnya saya menggunakan smartphone untuk tethering agar bisa melakukan kegiatan pelatihan secara daring menggunakan zoom meeting. 


Kurang lebih hampir satu jam, terlihat rombongan kembali ke bus. Sementara itu kegiatan diklat daring masih berlangsung. Sambil menenteng laptop akhirnya saya kembali ke bus dan tetap mengikuti kegiatan pelatihan daring tersebut. 


Suasana bus yang kami tumpangi


Kami dan rombongan akhirnya melanjutkan perjalanan menuju ke Surabaya karena salah satu destinasi kami berikutnya adalah Jembatan Suramadu. Selama perjalanan saya harus terhubung antara laptop dengan smartphone. 


Karena sudah digunakan lebih dari 3 jam, tiba-tiba baterai laptop berbunyi tanda laptop harus segera terhubung dengan aliran listrik. Beruntung bus pariwisata yang kami tumpangi menyediakan colokan untuk mengisi ulang ponsel dan laptop. Sehingga saya bisa mengikuti kegiatan ToT hari pertama dengan lancar. 

PPT Tugas saat ToT


Tetapi muncul permasalahan lagi, karena salah satu bentuk kelulusan kegiatan tersebut adalah mengumpulkan tugas. Tugasnya adalah membuat Power Point tentang kegiatan literasi digital. Walaupun kendaraan masih berjalan tetapi saya bertekad untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut. 


Setelah selesai mengerjakan tugas membuat PPT, saya akhirnya mengirimkan hasil PPT tersebut melalui tautan yang sudah ditentukan oleh pemateri ketika berada di Pulau Madura. 


Jembatan Surabaya Madura


Saat itu, kendaraan bus sebenarnya sudah berhenti di rest area SPBU bypass di Pulau Madura, dan beberapa orang dari rombongan banyak yang turun untuk membeli oleh-oleh dari Madura. Tetapi saya rela tidak turun karena belum selesai mengerjakan tugas. 


Setelah mengisi bahan bakar, bus berangkat lagi menuju Rumah Makan Bebek Goreng Bumbu Warung Ri di Bangkalan Madura. Karena sudah selesai mengerjakan tugas, akhirnya saya baru bisa turun dari kendaraan dan makan bersama rombongan. 


Makan bebek goreng di Bangkalan Madura


Keesokan hari masih ada Training of Trainer hari kedua, tetapi jadwal kegiatannya adalah pukul 19.00. Tapi karena saya masih di perjalanan ke Batu Night Spectacular maka saya tetap menggunakan baju kebanggaan Relawan TIK saat berkeliling BNS. 


Pada saat kegiatan saya sudah di bus lagi untuk mengikuti kegiatan tersebut melalui zoom meeting tapi kali ini mengggunakan smartphone karena tidak ada mengerjakan tugas membuat PPT. Saat itu bus menuju perjalanan pulang ke Indramayu lagi. Walaupun bus sempat berhenti di beberapa tempat tetapi saya tetap mengikuti kegiatan ToT hingga selesai. 


ToT Relawan TIK


Seandainya saja saat itu ada perangkat yang bisa mengakomodir aktivitas tersebut rasanya menyenangkan. Tidak harus mencari colokan untuk laptop dan smartphone yang dijadikan modem tethering. Tapi ternyata hal tersebut sudah dipikirkan oleh tim Research and Development ASUS dengan mengeluarkan produk terbarunya bernama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402). 


Laptop ASUS  ExpertBook B3 Flip (B3402) memiliki beberapa kelebihan : 


Menggunakan Konektivitas 4G LTE

Laptop ini merupakan laptop yang memiliki konektivitas 4G LTE. Dengan disediakannya slot SIM Card pada laptop. Sehingga pengguna tidak perlu ribet menghubungkan laptop dengan smartphone saat akan menggunakannya secara online. Maka kejadian seperti cerita di atas tidak akan terjadi jika menggunakan laptop ini. Maka dari itu pengguna cukup mencari operator seluler yang memiliki jangkau terluas sehingga bisa digunakan dimanapun kapanpun.  Berkat fitur konektivitas 4G LTE  pengguna laptop ini dapat tetap produktif. Sehingga cocok untuk para pelajar, mahasiswa, dosen atau guru dimanapun kapanpun. 


Slot MicroSD dan Nano SIM Card


Selain dapat terhubung ke jaringan 4G LTE, ExpertBook B3 Flip juga dibekali dengan opsi konektivitas melalui WiFi 6 (802.11ax). ASUS juga membekali laptop ini dengan teknologi ASUS WiFi Master yang secara otomatis akan menghubungkan ExpertBook B3 Flip dengan jalur konektivitas terbaik. Untuk memenuhi kebutuhan kegiatan belajar mengajar.


Konektivitas Lengkap 

Laptop saat ini harus bisa terhubung ke semua perangkat untuk membantu kinerja dan aktivitas penggunanya. ExpertBook B3 Flip dilengkapi dengan port I/O yang lengkap termasuk Thunderbolt™ 4 yang sudah mendukung antarmuka USB4, dengan kecepatan transfer data hingga 40 Gbps, output tampilan 4K, dan pengisian cepat. 


Selain itu laptop ExpertBook B3 Flip juga dilengkapi dengan USB Type-A dan output HDMI, serta Kensington lock slack, Audio Combo Jack, slot kartu microSD dan Nano SIM Combo.


Desain ExpertBook B3 Flip


Desain Convertible 

ExpertBook B3 Flip memiliki desain convertible sehingga layarnya dapat dibuka hingga 360⁰. Desain tersebut membuat ExpertBook B3 Flip tampil lebih fleksibel dan dapat digunakan dengan nyaman di berbagai skenario penggunaan. 


Laptop ASUS ExpertBook B3 Flip bisa digunakan dengan mode tenda saat bekerja atau menonton film favorit. Bisa juga dibentangkan 180⁰ saat memperlihatkan hasil karya atau pekerjaan kepada teman atau orang lain, atau bisa digunakan dengan mode tablet.  


ExpertBook B3 Flip dengan Stylus


Selain itu laptop ini juga dibekali dengan stylus yang tersimpan di garasi khusus sehingga mudah diambil dan digunakan serta dapat melakukan pengisian secara otomatis. Baterai pada stylus ExpertBook B3 Flip dapat diisi dengan cepat yaitu hanya membutuhkan waktu 15 detik untuk penggunaan selama 45 menit.


Memiliki World-Facing Camera 

ExpertBook B3 Flip dirancang untuk belajar dan bekerja. Pasalnya laptop sudah dibekali dengan dua kamera, yaitu pada bagian sejajar dengan layar seperti laptop pada umumnya serta sebuah world-facing camera yang terdapat di bagian sejajar dengan keyboard. 

Kamera ganda ExpertBook B3 Flip

World-facing camera yang menggunakan sensor 13MP sangat berguna saat ExpertBook B3 Flip digunakan pada mode tablet atau tent, yaitu memiliki fungsi yang sama seperti halnya kamera belakang pada smartphone bisa jepret sana-sini atau foto selfie. 


Webcam dengan kualitas HD memiliki fitur Webcam Shield yakni penutup fisik saat webcam tidak digunakan atau percakapan privasi. Caranya cukup mudah hanya dengan menggeser bagian di atas webcam untuk membuka panggilan video atau merekam, lalu tutup lagi setelah selesai digunakan.


Memiliki Sertifikat Militer AS 

ExpertBook B3 Flip telah mengantongi sertifikasi uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H). Laptop ini hadir dengan durabilitas tinggi dan telah melewati berbagai pengujian ekstrem seperti uji operasional pada suhu dan kelembapan ekstrem hingga uji ketahanan struktur bodi laptop dari hantaman dan guncangan.

Military Grade ASUS ExpertBook B3 Flip

Selain itu ASUS juga menyematkan fitur anti-spill keyboard di ExpertBook B3 Flip. Fitur tersebut dapat melindungi laptop ini dari tumpahan cairan hingga 300 cc pada bagian keyboard-nya. Jadi dengan menggunakan ExpertBook B3 Flip berarti tidak perlu lagi khawatir dengan kecelakaan yang tidak disengaja saat menggunakan laptop seperti ketumpahan air saat bekerja atau mengerjakan tugas sambil ngopi atau ngeteh.


Melindungi Kesehatan Anda

Setelah pandemi melanda, kita menjadi lebih berhati-hati masalah kesehatan. ExpertBook B3 Flip merupakan laptop yang higienis dengan bodi yang dibekali lapisan anti bakteri khusus. Lapisan bernama ASUS Antibacterial Guard tersebut telah diakui secara internasional dan mendapatkan standar ISO 22169 yang terbukti mampu menahan laju pertumbuhan bakteri hingga lebih dari 99% dalam kurun waktu 24 jam. Lapisan ASUS Antibacterial Guard juga dapat bertahan dari alkohol, cairan pembersih, serta cairan hypochlorous acid sehingga penggunanya tetap mudah untuk membersihkan laptop ini.


Lapisan Antibacterial Guard


Selain higienis, ExpertBook B3 Flip juga dibekali layar yang dapat melindungi kesehatan mata penggunanya. Pasalnya layar ExpertBook B3 Flip yang memiliki ukuran 14 inci dengan resolusi FHD telah dilengkapi fitur Eye Care yang mengantongi sertifikasi TÜV Rheinland. Fitur tersebut dapat mengurangi pancaran radiasi sinar biru dari layar laptop secara signifikan sehingga kesehatan mata penggunanya dapat terus terjaga. 


Layar dengan fitur Eye Care


Produktif di Mana Saja Kapan Saja 

Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Prosesor tersebut ditemani oleh memori DDR4 dengan kapasitas hingga 16GB yang masih dapat di-upgrade, serta penyimpanan berupa PCIe SSD 3.0 berkapasitas hingga 1TB. Kombinasi komponen tersebut membuat ExpertBook B3 Flip tampil dengan performa yang gesit baik saat digunakan untuk mengolah dokumen, membuka berbagai aplikasi, hingga melakukan multitasking. 


Kegiatan belajar mengajar online (Dok. ASUS)


Hal ini tentu akan membantu aktivitas baik bekerja, sekolah, kuliah atau yang lainnya. Terutama kegiatan belajar mengajar di era new normal sudah pasti tidak bisa dipisahkan dari aktivitas video conference dengan menggunakan webcam.   


Selain itu, ExpertBook B3 Flip telah dibekali dengan teknologi Two-Way AI Noise-Cancellation. Teknologi tersebut membuat suara bising dan mengganggu dari pengguna dan lawan bicaranya dapat dihilangkan secara real-time. Teknologi berbasis kecerdasan buatan ini membuat pengguna ExpertBook B3 Flip dapat melakukan video conference di tempat yang ramai sekalipun.


Teknologi 3D Noise-Reduction


Tidak hanya dari sisi suara, ASUS juga menghadirkan teknologi khusus yang membuat hasil tangkapan kamera pengguna ExpertBook B3 Flip dapat menjadi jauh lebih baik. Dengan menggunakan teknologi 3D Noise-Reduction (3DNR), hasil tangkapan kamera di ExpertBook B3 Flip dapat tampil lebih jelas dan minim efek noise bahkan dalam kondisi minim cahaya. 


Memiliki Fitur Microphone Mute 

Bagi Anda yang biasa melakukan percakapan yang dianggap rahasia maka kita memerlukan satu tombol untuk membisukan mikrofon, sehingga memberikan jaminan bahwa semua percakapan Anda bersifat pribadi.


Tombol Microphone Mute


NumberPad 2.0

ExpertBook B3 Flip sudah menggunakan NumberPad 2.0 yakni keypad numerik bercahaya LED. Hal ini untuk membantu saat mengetik atau mengolah angka. Pengguna cukup menekan ikon NumberPad 2.0 pada bagian kanan atas touchpad untuk menyalakannya, dan menekan ikon di sebelah kiri untuk mengatur kecerahannya. Selain itu padnya bisa digunakan untuk mengontrol kursor.


NumberPad 2.0

Memiliki Tombol Pembaca sidik jari

ExpertBook B3 Flip memiliki fitur sensor sidik jari yang tertanam di tombol daya. Sehingga keamanan perangkat ini tidak usah diragukan lagi. Jadi, untuk mengaktifkan dan masuk, cukup menekan tombol tersebut tanpa harus memasukan kata sandi atau PIN yang sulit diingat. 


Sensor sidik jari pada tombol power

TPM 2.0

Sebuah chip TPM 2.0 diskrit untuk melindungi data dan transaksi penting dengan aman, serta menyimpan informasi otentikasi yang digunakan oleh perangkat lunak, seperti kata sandi atau kunci enkripsi. Sehingga dengan menggunakan laptop ini menghindari bahaya pelanggaran data karena peretasan. 

TPM 2.0

Bagian dari ASUS Business

ExpertBook B3 Flip merupakan bagian dari ASUS Business, yaitu solusi komprehensif untuk meningkatkan produktivitas bisnis. ASUS Business menawarkan perangkat komputasi terbaik dan terintegrasi melalui software khusus berstandar industri. Jajaran produk ASUS Business juga hadir dengan layanan premium dan dirancang khusus untuk membantu para pelaku bisnis dan instansi di Indonesia memaksimalkan potensinya. 


ASUS Business memberikan nilai lebih bagi para pelaku bisnis dan instansi. CTO merupakan salah satu fokus di ASUS Business. Untuk itulah ASUS Business menawarkan ragam opsi kustomasi spesifikasi serta hardware pada setiap perangkat sehingga pelaku bisnis dan instansi dapat memaksimalkan produktivitas tanpa harus mengeluarkan biaya berlebih.


ASUS Business


Tidak hanya itu, ASUS Business juga menawarkan ragam opsi untuk layanan purna jual. Pelaku bisnis dan instansi dapat memanfaatkan layanan ekstra seperti Warranty Extention hingga 5 tahun, Accidental Damage Protection (ADP) dengan garansi perlindungan hingga 100%, layanan Onsite Service, hingga VIP Support Line yang dapat memberikan dukungan teknis khusus.


Baterai Tahan Lama 

ASUS ExpertBook B3 Flip menggunakan baterai berkapasitas 50Whrs yang bisa bertahan hingga 7 jam untuk penggunaan normal. Sehingga sangat cocok saat digunakan untuk bepergian karena tidak terburu-buru mengisi ulang. 

Baterai tahan lama bisa menunjang aktivitas


Spesifikasi dan Harga ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) 




Kesimpulan 

Dengan berbagai fitur yang canggih untuk produktivitas dan keamanan yang sudah disematkan pada ExpertBook B3 Flip seperti sensor sidik jari, TPM 2.0, dan webcam shield membuat pengguna lebih aman dan nyaman saat menggunakan laptop ini. 

 
Laptop ini sangat direkomendasikan bagi Anda seorang pelajar, mahasiswa, guru atau dosen, atau pekerja yang sering melakukan aktivitas dimana pun dan kapan pun termasuk seperti cerita di atas, karena ASUS ExpertBook B3 Flip sangat mendukung karena sudah dilengkapi slot SIM Card 4G LTE, dan baterai tahan lama. 

 

0 komentar:

Post a Comment test