Contoh Proyek Profil Pelajar Pancasila Untuk Pelajar SMP

Friday, June 3, 2022

 


Salah satu perbedaan antara kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka adalah adanyak Profil Pelajar Pancasila. Lalu apa sih Profil Pelajar Pancasila itu?.  


Profil Pelajar Pancasila sesuai Visi dan Misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana tertuang dalam dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024:


Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. (dtipsd.Kemdikbud.go.id)


Dalam satu semester ada kegiatan bernama Proyek Profil Pelajar Pancasila. Adapun waktu penyelesaian proyek ditentukan oleh pendidik yang waktunya antara 20% s.d. 30% dari kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan.


Prinsip poyek profil pelajar Pancasila:

1). Jam pelajaran diluar kegiatan intrakurikuler,

2). Kegiatan proyek merupakan lintas mata pelajaran,

3). Pelaksanaan dapat dilakukan di sekolah maupun di luar sekolah,

4). Pelaskanaan tugas secara berkelompok dan berkolaborasi,

5). Proyek yang dilakukan sesuai denga yang telah ditentukan,

6). Rencana proyek dilakukan di awal tahun pelajaran, dan

7). Proyek dilakukan secara ergonomis, safety, dan sesuai dengan kapasitas peserta didik.

 

Setiap mata pelajaran wajib mengandung kegiatan pembelajaran berbasis projek yang ditujukan untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila, kegiatan pembelajaran berbasis projek dilaksanakan lintas mata pelajaran. 


Berikut ini contoh proyek profil pelajar Pancasila :





0 komentar:

Post a Comment test