Belajar dan Bermain Kartu Kuartet IPS Kelas 7 Materi Masa Praaksara

Wednesday, September 7, 2022




Anda mungkin pernah bermain Kartu Kuartet?. Kartu kuartet merupakan sejenis permainan yang terdiri atas beberapa jumlah kartu bergambar yang dari kartu tersebut tertera keterangan berupa tulisan yang menerangkan gambar tersebut. Kartu kuartet umumnya berjumlah 48 kartu, yang berarti memiliki 12 judul dan masing-masing memiliki 4 buah kartu. 


Hal ini menjadi suatu media permainan yang edukatif untuk anak sekolah dasar, yang pada umumnya anak-anak sangat suka dengan permainan. Minat baca dan pemahaman anak-anak saat ini menurun karena adanya game online. 


Salah satu dampak dari game online ialah lemahnya daya pikir dan kurangnya rasa ketertarikan untuk mengetahui hal baru. Oleh karena itu, dibuatlah kartu edukatif yang memperkenalkan keaneragaman budaya daerah di Indonesia, salah satunya rumah adat, lagu daerah, senjata tradisional, dan tari daerah pada tiap provinsi di Indonesia. Dengan adanya permainan kartu kuartet ini dapat menyisipkan sebuah edukasi pada anak-anak agar mereka mengenal dan memahami keaneragaman budaya daerah di Indonesia. 


Kartu kuartet bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran termasuk pelajaran IPS. Berikut ini contoh Permainan Kuartet yang dapat digunakan untuk pelajaran IPS Kelas 7 Materi tentang Masa Praaksara yang dibuat oleh Bapak Renol Dharmawan.   


Cara bermain:

1. Campur semua kartu ke dalam satu tumpukan dan kocok secara acak.

2. Berikan empat kartu secara acak ke tiap pemain. Sisa kartu dapat ditumpuk di tengah.

3. Mulai permainan dari pemain dengan usia paling muda atau hompimpa.

4. Pemain pertama dapat meminta kartu kepada salah seorang pemain.

5. Untuk meminta kartu, pemain pertama harus menyebutkan nama kategori dan nama kartu. Misal, Andi meminta kartu Zaman Batu – Palaeolithikum pada Tuti.

6. Jika pemain yang dimintai kartu memiliki kartu tersebut, ia harus menyerahkan pada pemain yang meminta.

7. Apabila tidak ada pada teman yang diminta kemudian pemain mengambil satu kartu dari tumpukan kartu.

8. Giliran berpindah ke pemain di kanan pemain pertama.

9. Setiap pemain berusaha mengumpulkan empat kartu dalam satu kelompok. Jika Andi berhasil mengumpulkan “Palaeolithikum”, “Mesolithikum”, “Megalithikum” dan “Neolithikum”, ia mendapatkan nilai. Setiap pemain yang berhasil mengumpulkan empat kartu dalam satu kelompok meletakkan keempat kartu tersebut di hadapannya dan mendapatkan satu nilai.

10. Permainan berakhir ketika seorang pemain telah kehabisan kartu dan tidak ada kartu sisa di tumpukan.

11. Pemain dengan nilai terbanyak memenangkan permainan.

 

NB: Jumlah Kategori kartu 13 Set. 1 set berisi 4 (kwartet)


Bagi Anda yang membutuhkan Kartu Kuartet IPS Kelas 7 Materi Masa Praaksara silakan download di sini. 

0 komentar:

Post a Comment test