Sep 17, 2022

Contoh Program Kerja OSN IPS SMP

Contoh Program Kerja OSN IPS SMP



Program Kerja OSN IPS SMP - Program kerja dibutuhkan untuk pelaksanaan dalam suatu kegiatan baik di instansi atau pun di sekolah. Program kerja wajib dibuat adalah program kerja ekstrakurikuler salah satunya ekstrakurikuler OSN IPS.   


Dalam program kerja ekstrakurikuler OSN IPS biasanya terdiri dari : 

A. Latar Belakang 

B. Tujuan 

C. Dasar Kegiatan 

D. Jadwal 

E. Pembina 

F. Tata tertib Ekstrakurikuler OSN IPS

G. Materi OSN IPS 

H. Penutup 


Berikut contoh Program Kerja OSN IPS SMP : 


A. Latar Belakang

Pengertian Ekstrakurikuler  berdasarkan Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A tahun 2013 tentang implementasi kurikulum, adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kurikulum standar sebagai perluasan dari kegiatan kurikulum dan dilakukan di bawah bimbingan sekolah dengan tujuan untuk mengembangkan kepribadian, bakat, minat, dan kemampuan peserta didik yang lebih luas atau di luar minat yang dikembangkan oleh kurikulum Nasional.


Kegiatan dari ekstrakurikuler ini sendiri dapat berbentuk kegiatan pada seni, olah raga, pengembangan kepribadian, Sains dan kegiatan lain yang bertujuan positif untuk kemajuan dari siswa-siswi itu sendiri.


Pengembangan kegiatan ekstrakurikuler merupakan bagian dari pengembangan institusi sekolah. Kegiatan ektrakurikuler sendiri bertujuan untuk mengembangkan bakat, kepribadian, prestasi dan kreativitas siswa dalam rangka mengembangkan pendidikan siswa seutuhnya.


kegiatan ekstrakurikuler di sekolah ikut andil dalam menciptakan tingkat kecerdasan siswa. Kegiatan ini bukan termasuk materi pelajaran yang terpisah dari materi pelajaran lainnya, bahwa dapat dilaksanakan di sela-sela penyampaian materi pelajaran, mengingat kegiatan tersebut merupakan bagian penting dari kurikulum sekolah.


Berdasarkan tujuan ekstrakurikuler di atas dapat diambil kesimpulan bahwa ekstrakurikuler erat hubungannya dengan prestasi belajar siswa. Melalui kegiatan ekstrakurikuler siswa dapat bertambah wawasan mengenai mata pelajaran yang erat kaitannya dengan pelajaran di ruang kelas dan biasanya yang membimbing siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler adalah guru bidang studi yang bersangkutan. Melalui kegiatan ekstrakurikuler juga siswa dapat menyalurkan bakat, minat dan potensi yang dimiliki. Salah satu ciri kegiatan ekstrakurikuler adalah keanekaragamannya, hampir semua minat remaja dapat digunakan sebagai bagian dari kegiatan ekstrakurikuler.


Olimpiade Sains Nasional tingkat SMP merupakan langkah awal bagi siswa-siswi SMP yang berbakat yang nantinya diharapkan terus mengikuti Olimpiade di tingkat SMA. Olimpiade Sains Nasional tingkat SMP yang telah dirintis sejak tahun 2003 juga merupakan salah satu wadah strategis untuk merealisasikan paradigma pendidikan yang berkualitas dan di SMP Negeri 1 Gabuswetan Ekstrakulikuler OSN IPS sebagai salah satu cara terbaik memupuk siswa siswi yang berprestasi dibidang Ilmu Pengetahuan Sosial. Pelaksanaan olimpiade secara berkelanjutan dari tingkat Daerah, Provinsi, Nasional dan Internasional akan berdampak positif pada pelaksanaan proses pembelajaran sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. Pada gilirannya, siswa akan memiliki kesempatan mengembangkah seluruh aspek kepribadian dan kemampuannya melalui pembelajaran yang kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan.


B. Tujuan

Secara umum Ekstrakulikuler OSN IPS SMP Negeri 1 Gabuswetan mempunyai beberapa tujuan yaitu :

1. Menyediakan sarana maupun waktu yang memungkinkan siswa didik untuk mengembangkan potensi, bakat dan kemampuannya secara optimal, sehingga mereka mampu mewujudkan dirinya dan berfungsi sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan pribadinya maupun kebutuhan masyarakat.

2. Mengidentifikasi, membina, memupuk dan meningkatkan potensi-potensi siswa secara utuh.

3. Meningkatkan aspek afektif yang berupa nilai moral, sosial dan psikomotor untuk menyeimbangkan aspek kognitif siswa.

4. Menyediakan layanan pengembangan minatnya, juga membantu siswa agar mempunyai semangat baru untuk lebih giat belajar serta menanamkan rasa

5. Berpartisipasi aktif dalam program pendidikan Nasional dalam pengembangan diri siswa

Secara Khusus Ekstrakulikuler OSN IPS SMP Negeri 1 Gabuswetan mempunyai tujuan yaitu :

1. Ekstrakurikuler OSN IPS merupakan ekstrakurikuler yang diadakan untuk mempersiapkan olimpiade sains khususnya untuk Ilmu Pengetahuan Alam.

2. Mempersiapkan peserta didik siap bersaing dalam ajang perlombaan non akademik maupun akademik di tingkat Kabupaten, Provinsi dan Tingkat di atasnya.


C. Dasar Kegiatan 

Dasar diadakannya Ekstrakulikuler OSN IPS diantaranya adalah:

1. Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A tahun 2013 tentang implementasi kurikulum

2. Olimpiade Sains International 


D. Jadwal

Kegiatan Ekstrakulikuler OSN IPS diadakan setiap hari Rabu Pukul 13.00 – 14.00 WIB untuk kelas VII (Tujuh), dan VIII (Delapan) SMP Negeri 1 Gabuswetan. 

E. Pembina

Para pengampu kegiatan ekstrakurikuler OSN IPS  di SMP Negeri 1 Gabuswetan adalah Didno, S.E. 


Bagi rekan-rekan yang membutuhkan contoh Program Kerja OSN IPS SMP silakan unduh di sini 


Contoh Program Kerja OSN IPS SMP
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon