Feb 10, 2023

Soal PTS IPS Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2022/2023

Soal PTS IPS Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2022/2023



Soal PTS IPS Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2022/2023 - Bagi bapak dan ibu guru SMP sebentar lagi akan memasuki tengah semester ganjil atau gasal, biasanya akan disibukkan dengan membuat soal untuk PTS (Penilaian Tengah Semester) atau dulu dikenal dengan nama UTS (Ujian Tengah Semester). 

Pada kesempatan ini kami berbagi soal PTS IPS Kelas 9 semester ganjil yang dibuat oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan. Semoga soal-soal tersebut bermanfaat bagi bapak dan ibu guru IPS, dan peserta didik untuk belajar materi-materi IPS kelas 9. 


1. Bacalah teks berikut (untuk soal 1 dan 2 ) !

Interaksi Antar Ruang

Benua Asia merupakan benua terluas di dunia yang terdiri atas banyak negara,termasuk negara kita Indonesia. Setiap negara memiliki potensi alam, ilmu pengetahuan dan teknologi dan sosial budaya yang berbeda-beda. Sehingga terjadi interaksi antar negara-negara yang ada di benua tersebut. Interaksi juga terjadi antar negara pada benua lainnya. Interaksi tersebut terlihat dari beberapa bentuk, diantaranya perdagangan.

Negara-negara kekurangan sumber daya alam akan membutuhkan negara yang kelebihan sumber daya alam dalam memenuhi kebutuhan akan bahan mentah.

Negara-negara yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi akan mampu menghasilkan berbagai jenis barang, yang secara otomatis membutuhkan negara-negara yang masih kurang dalam menghasilkan barang sebagai wilayah pemasaran bagi barang-barang yang dihasilkan negara tersebut.

Salah satu negara yang mampu menghasilkan berbagai jenis barang dan melebihi kebutuhan dalam negaranya adalah negara Jepang.

Indonesia merupakan sebuah negara berkembang yang masih membutuhkan negara lain dalam memenuhi kebutuhannya akan berbagai barang.

Berdasarkan teks tersebut, yang bukan merupakan faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi antar ruang negara-negara di benua Asia dan Benua lain di bumi adalah …

A. Perbedaan idiologi

B. Perbedaan kondisi wilayah

C. Perbedaan Sumber Daya Alam

D. Perbedaan teknologi dan keterampilan peduduk


2. Jepang merupakan Negara Industri yang mampu memproduksi berbagai jenis barang yang melebihi kebutuhan dalam negeri negara Jepang. Bentuk interaksi antar ruang Jepang dengan Indonesia adalah…

A. Indonesia sebagai pemasok bahan baku

B. Indonesia membutuhkan barang produksi Jepang

C. Jepang membutuhkan bahan baku dari Indonesia

D. Indonesia sebagai pasar bagi barang-barang produksi Negara Jepang


3. Bacalah teks berikut !

Benua – Benua di Bumi

Ratusan juta tahun yang lalu, bumi hanya memiliki satu daratan atau benua yang dikenal dengan nama Pangea. Namun akibat adanya pergerakan lempeng tektonik yang dikenal dengan teori pengapungan benua yang dikemukakan oleh Alfred Lother Wagener, daratan yang luas tersebut terpecah menjadi beberapa benua dan pulau-pulau yang ukurannya luasnya tidak sama. Benua-benua tersebut adalah Benua Asia dengan luas 43.584.124km,

Benua Amerika dengan luas 37.216.068, Benua Afrika dengan luas30.250.000 km,Benua Eropa dengan luas 10.507.630, Benua Australia dengan luas 7.682.300 km dan Benua Antartika dengan luas 13.209.000.

Benua-benua ini tersebar tidak merata di permukaan bumi, lebih dua pertiga terletak di utara garis khatulistiwa.

Berdasarkan teks tersebut, urutan benua dari yang paling luas ke benua yang paling sempit adalah....

A. Benua Asia, Amerika, Afrika, Antartika, Eropa dan Australia

B. Benua Asia, Amerika, Afrika, Australia, Antartika dan Eropa

C. Benua Amerika, Asia, Afrika, Eropa, Antartika dan Australia

D. Benua Afrika, Asia, Amerika, Antartika, Eropa dan Australia


4. Perhatikan data berikut !

Kondisi penduduk benua Asia dapat ditinjau dari aspek kuantitas penduduk dan kualitas penduduk. Jika dilihat dari aspek kuantitas penduduk (Disadur dari Worldometer, pada September 2021), Asia memiliki jumlah penduduk sebanyak 4,688 miliar jiwa atau setara dengan 59,76 % dari total populasi dunia. Selebihnya penduduk dunia tersebar di benua Amerika, Afrika, Eropa dan australia. Jumlah penduduk tersebut merupakan jumlah penduduk terbesar dibanding benua-benua lain. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa jumlah penduduk dibenua Asia ….

A. lebih dari setengah manusia di dunia hidup di Asia

B. 50 % penduduk di dunia tersebar di luar benua Asia

C. Benua Asia memiliki jumlah tenaga kerja yang banyak

D. Benua Asia menjadi benua tempat tujuan penduduk dunia


5. Perhatikan data berikut !

Benua Asia merupakan benua terluas di dunia yaitu berada pada urutan pertama diantara benua lainnya. Pertumbuhan penduduknya juga tergolong tinggi. Jika dilihat dari komposisi penduduk di benua Asia, 25% berumur di bawah 15 tahun, 67 % berumur antara 15-65 tahun dan 8 % berumur diatas 65 tahun.

Ini menggambarkan sebagian besar penduduk Asia berada pada ....

A. usia aktif

B. usia lansia

C. usia produktif

D. usia non produktif


6. Perhatikan peta sebaran penduduk benua Amerika berikut !

Peta tersebut menggambarkan sebaran penduduk benua Amerika. Seperti halnya Asia, sebaran penduduk Amerika juga tidak merata. Ada wilayah yang kepadatan penduduknya tinggi dan ada juga wilayah yang kepadatan penduduknya rendah.

Berdasarkan peta tersebut, kepadatan penduduk yang rendah di benua Amerika berada pada ….

A. bagian tengah Amerika

B. Amerika tengah dan Karibia

C. bagian barat dan timur Amerika Selatan.

D. bagian timur dan barat Amerika Serikat


7. Bacalah Teks berikut ini!

Jepang merupakan negara yang terletak di Benua Asia Timur. Letaknya terpisah dari daratan Benua Asia. Jika kamu berlibur ke Jepang dengan menggunakan pesawat, ketika berada diatas wilayah Jepang kamu akan dapat melihat batas –batas wilayah Negara Jepang.

Disebelah barat negara Jepang berbatas dengan ....

A. Laut Okhstosk

B. Samudera Pasifik

C. Laut China Timur dan Laut Filipina

D. Korea Utara, Korea Selatan, dan Rusia


8. Bacalah informasi berikut!

Inggris menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi turis mancanegara. Iklim negara Inggris selalu sejuk dan basah sepanjang tahun sehingga baju tebal wajib dimiliki penduduk di Inggris seperti gambar diatas. Iklim di Inggris dipengaruhi oleh letak astronomisnya, yaitu letak berdasarkan garis lintang dan garis bujur. 

Secara astronomis Inggris terletak di 50°-600 Lintang Utara dan 8° bujur barat hingga 2° bujur timur. Berdasarkan Letak astronomis Inggris memiliki jenis iklim yaitu ....

A. tropis 

B. dingin 

C. sedang

D. sub tropis


9. Perhatikan gambar berikut !


Berdasarkan bentang alamnya Amerika Serikat memiliki banyak jenis flora. Ada hutan yang menggugurkan daunnya setiap tahun (deciduous forest). Pohon pinus, padang rumput atau (prairie/steppa). Biasanya terdapat pohon mapel, elm, dan ek (oak). Serta Pohon-pohon konifer yang tinggi dan besar-besar (redwood) banyak tumbuh di daerah pegunungan California.

Gambar tersebut merupakan 2 jenis flora yang tumbuh di wilayah Amerika Serikat bagian ....

A. utara 

B. barat 

C. timur

D. tenggara 


10. Perhatikan tabel berikut !


Berdasarkan tabel, negara yang termasuk kawasan Eropa Barat adalah ....

A. A1, B1, dan C2 

B. A2, B2, dan C2 

C. A2, B3, dan C3

D. A3, B2, dan C3


Bagi rekan-rekan yang membutuhkan Soal PTS IPS Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2022/2023 silakan download di sini 

Soal PTS IPS Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2022/2023
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon