Sep 29, 2023

ASUS Zenbook 14 UM431DA, Laptop Penunjang Aktivitas Guru, Blogger dan Narasumber

ASUS Zenbook 14 UM431DA, Laptop Penunjang Aktivitas Guru, Blogger dan Narasumber

Laptop ASUS Zenbook 14 penunjang aktivitas sebagai guru, blogger dan narasumber


Awal tahun ajaran baru 2023/2024 saya mendapatkan tugas sebagai panitia dalam kegiatan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru). Salah satu tugas yang saya kerjakan adalah membuat formulir pendaftaran online, membuat administrasi dalam kegiatan PPDB hingga mengukur jarak tempat tinggal calon peserta didik baru ke sekolah menggunakan Google Maps untuk jalur zonasi.  


Pada akhir pendaftaran dan menjelang pengumuman merupakan saat-saat yang paling krusial. Pasalnya calon peserta didik yang tidak diterima di sekolah karena jalur zonasi akan banyak yang complaint atau keluhan jika data yang diumumkan tidak valid. Tetapi beruntung karena data yang diberikan oleh pendaftar juga valid maka tidak ada kendala yang berarti setelah pengumuman penerimaan peserta didik baru di sekolah. 


Di awal tahun ajaran baru ini,  saya juga mendapat tugas baru dan amanah dari kepala sekolah yang baru sebagai seorang wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk pertama kalinya. Alasan  kepala sekolah memilih saya adalah karena saya merupakan satu dari tiga Guru Penggerak yang ada di sekolah tersebut dan sudah dinyatakan lulus Pendidikan Guru Penggerak.  


Diseminasi IKM di sekolah

Dengan tugas baru tersebut tentu aktivitas saya semakin bertambah dari yang semula hanya  menyiapkan perangkat untuk pembelajaran, kini bertambah dengan menyusun jadwal pelajaran, persiapan penilaian kinerja kepala sekolah hingga menyiapkan berbagai instrumen dan administrasi sekolah.   


Sebagai seorang guru penggerak, saya juga sering diberi tugas oleh Kepala Sekolah untuk mendesiminasikan berbagai materi yang pernah saya dapatkan dalam Program Guru Penggerak tersebut kepada guru-guru yang ada di sekolah seperti praktik pembelajaran yang berpihak pada murid, pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan sebagai pemimpin, dan Penerapan disiplin positif.  

Mengisi kegiatan workshop di SMK


Selain sebagai seorang guru, saya juga sering mendapatkan undangan dari luar sekolah untuk menjadi narasumber berbagai kegiatan seperti kegiatan literasi digital, pembuatan modul ajar, hingga mengisi kegiatan workshop pembuatan video pembelajaran untuk guru-guru di SMK dan perguruan tinggi.    
 

Selepas mengajar dan berada di rumah, saya sering melakukan aktivitas sebagai seorang kepala keluarga dan juga seorang blogger. Awal ngeblog karena hobi menulis dan tidak terlalu memikirkan jumlah pendapatan dari Google Adsense, ketika tulisan ada yang membaca saja sudah sangat senang.  

Sebagai narasumber 

Tetapi karena kebutuhan maka ngeblog sudah menjadi passive income di luar sebagai seorang guru. Bila sebelumnya hampir setiap bulan gajian dari Google Adsense tidak pernah terlewat tetapi dalam 3 bulan terakhir pendapatan dari Google Adsense sangat jauh dari waktu-waktu sebelumnya  karena persaingan dengan platform lain dan faktor resesi global. 


Tetapi sebagai seorang yang sudah makan lama bergelut di dunia perbloggeran hal tersebut tidak menyurutkan langkah dan tidak pantang menyerah.  Saya tetap eksis dan konsisten ngeblog dalam menghadapi resesi dan persaingan global ini. Karena pendapatan blog bukan hanya dari Google saja tetapi bisa dari pay per post, afiliasi, endorsement dan lain sebagainya. 


Semua aktivitas tersebut tentu harus ditunjang dengan perangkat laptop yang dapat membantu dalam menyelesaikan tugas baik sebagai guru, blogger, atau sebagai seorang narasumber yang sering berpindah-pindah tempat pasti membutuhkan perangkat laptop yang cepat, fitur lengkap, serta baterai yang tahan lama. 


Oleh karena itu saya menggunakan laptop ASUS Zenbook UM431DA karena memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut : 

Traveling sambil ngeblog dan mengerjakan tugas


Desain solid dan elegan  

Desain ASUS Zenbook 14 UM431DA membuat saya percaya diri saat dibawa kemana-mana. Apalagi saat menjadi narasumber atau pemateri. Pasalnya desain laptopnya sangat elegan dan berkelas. Bodinya sangat kokoh karena terbuat dari bahan logam khusus yang ringan dan kuat. 


Laptop yang saya gunakan memiliki warna silver atau Utopia Blue. Pada bagian belakangnya terdapat tulisan ASUS dengan desain khasnya yakni pola Zen atau Air membuat penggunanya terlihat elegan saat menggunakan atau menenteng laptop ini.  


Selain itu bezelnya sangat tipis atau disebut dengan slim-bezel yakni 6,45mm dengan desain layarnya sudah menggunakan NanoEdge, walaupun layarnya berukuran 14 inchi tetapi seperti ukuran 13 inci dengan rasio layar terhadap bodi hingga 86%.  


Mengedukasi siswa di sekolah

Menariknya lagi, engselnya sudah menggunakan ErgoLift dengan kemiringan 4,5 derajat yang membantu sirkulasi udara dari laptop ini saat digunakan sehingga laptop tetap dingin walaupun digunakan selama berjam-jam, selain itu dengan kemiringan tersebut kualitas audio lebih menggema. 


Laptop ASUS ZenBook 14 UM431DA sangat ringkas, ringan dan ramping. Beratnya hanya 1,39 kg dan memiliki ketipisan hanya 15,9 mm sehingga nyaman dibawa kemanapun saya pergi baik saat ada tugas sebagai guru, narasumber atau sebagai seorang blogger. 


Layar laptop tetap jernih walaupun di luar ruangan

Layar Jernih dan Mengurangi Kelelahan Mata

Saya termasuk orang yang sering menatap layar laptop karena tugas dan hobi. Oleh karena itu membutuhkan layar yang aman di mata. Layarnya sudah dilengkapi dengan anti-glare display yang artinya layarnya dapat mengurangi kelelahan mata penggunanya saat berlama-lama di depan laptop. Kecerahan layarnya bisa diatur dengan mode brightness, night light atau HDR sesuai dengan kebutuhan penggunanya.   


Layarnya sangat sesuai dengan kebutuhan orang Indonesia yakni memiliki ukuran layar 14 inci dengan LED-backlit Full HD (1920x1080) dengan aspek rasio 16:9 dengan screen to-body ratio 86% dan 100% sRGB color gamut. 

Prosesor kencang memori lapang 

Performa Cepat 

Selain desain, saya membutuhkan performa yang cepat dari mulai booting awal hingga membuka berbagai aplikasi yang berat. Untuk booting awal laptop ini sudah bisa terbuka kurang dari 10 detik sehingga bisa langsung digunakan saat ada kebutuhan mendesak seperti ada kerjaan dadakan, kegiatan meeting online atau mengerjakan job artikel. 


Dengan menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 3500U dan grafis Radeon Vega 8, RAM 8GB 2400MHz DDR4, dan memori internal 512GB PCIe SSD  semua terasa cepat dan ringan bahkan saat digunakan untuk pekerjaan berat seperti mengedit video, atau desain grafis di laptop ini. 


Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas Anda sepanjang hari.


Jadi saya tidak khawatir lagi dengan tulisan Windows Not Gunine jika menggunakan laptop ini. Laptop ini sudah menggunakan Microsoft Office asli untuk menunjang aktivitas sebagai seorang guru, blogger, dan narasumber yang sering menggunakan aplikasi Microsoft Offiice seperti Word, Excel, Power Point dan lain-lain.  




Keyboard dan Touchpad Nyaman digunakan 

Keyboard yang nyaman sangat dibutuhkan oleh seorang guru untuk aktivitas membuat perangkat pembelajaran atau administrasi di sekolah, dan juga saat ada kebutuhan menulis artikel sebagai seorang blogger. 


Laptop ini sudah menggunakan 1,4mm key travel yang sangat nyaman saat digunakan untuk mengetik. Menariknya lagi keyboardnya  full-size backlit walaupun dalam kondisi minim cahaya termasuk saat camping di alam sekalipun. 

Fingerprint Sensor ASUS Zenbook 14


Laptop ini memiliki touchpadnya yang responsif dan nyaman saat digunakan untuk beraktivitas saat tidak mengunakan mouse. Bahkan teknologi touchpadnya sudah menggunakan Precision Touchpad (PTP) technology yang mendukung 4 jari.  


Sedangkan untuk keamanan, di dalam touchpad terdapat fingerprint sensor yang terintegrasi dengan Windows Hello sehingga keamanan terjaga karena sidik jari tidak bisa ditukar dengan sidik jari orang lain.  

Webcam Full HD


WebCam Full HD

Alasan lain saya menggunakan laptop ini adalah memiliki webcam dengan kualitas Full HD. Alasannya saat ini sering sekali menggunakan kegiatan meeting online, kegiatan sharing atau berbagi secara daring, dan juga mengikuti berbagai kegiatan webinar baik sebagai seorang guru, guru penggerak maupun sebagai seorang blogger. 


ASUS ZenBook 14 UM431DA sudah dilengkapi dengan webcam Full HD dengan kualitas gambarnya yang tidak mengecewakan saat digunakan untuk kegiatan webinar, meeting online atau kegiatan blogger secara virtual.  


Port sebelah kanan ASUS Zenbook 14


Konektivitas Lengkap 

Laptop ini sudah dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi 5 dan Bluetooth 4.2 untuk koneksi internet dan transfer data lebih cepat. Selain itu laptop ini dilengkapi dengan berbagai port, pada bagian sebelah kiri terdapat DC-In , HDMI,  USB 3.1 Gen 1,  USB-C 3.1 Gen. 




Sedangkan pada bagian sebelah kanan dari laptop Zenbook 14 UM431DA ini, terdapat port untuk SD Card Reader, Audio Combo Jack, dan USB 2.0 sehingga bisa terkoneksi dengan berbagai perangkat dengan laptop ini.   


Speaker ASUS Zenbook 14 

Audio Mengesankan

Selain seorang guru dan blogger, saya juga seorang penggemar musik dan penonton film. Audio dengan kualitas yang jernih dan jelas akan sangat dibutuhkan. Dan ASUS ZenBook 14 UM4311DA memiliki 2 speaker pada bagian kanan dan kiri keyboard. Suaranya mengasyikan saat mendengarkan lagu dan menonton film favorit.   


Baterai Tahan Lama 

Baterai dari laptop ASUS ZenBook 14 UM431DA bisa bertahan selama kurang lebih 5 -6 jam untuk penggunaan non stop, seperti mengetik, browsing, menonton video Youtube, mendengarkan musik dan menggunakan aplikasi Micorosoft Office. 


Sementara itu untuk mengisi ulang baterainya dibutuhkan waktu kurang lebih 2,5 jam hingga 3 jam untuk mengisi daya sampai penuh. Adaptor laptop ASUS ZenBook 14 UM431DA ini berukuran kecil sehingga nyaman saat dibawa bepergian. 

ASUS Zenbook 14 UM431DA 

Jadi kesimpulannya, setelah menggunakan ASUS ZenBook 14 UM431DA selama 3 tahun sangat menyenangkan dan saya merekomendasikan bagi rekan-rekan yang sedang mencari laptop dengan budget 9-10 jutaan dengan kualitas premium, elegan serta performa menawan. Itulah laptop ASUS terbaik versi gue





ASUS Zenbook 14 UM431DA, Laptop Penunjang Aktivitas Guru, Blogger dan Narasumber
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon