Nov 15, 2023

Instrumen Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Tahun 2023

Instrumen Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Tahun 2023



Pendidikan memiliki peran krusial dalam pembentukan karakter dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Sebagai garda terdepan dalam mengelola institusi pendidikan, Kepala Sekolah memiliki tanggung jawab besar dalam memastikan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) merupakan instrumen yang vital untuk mengevaluasi pencapaian tujuan pendidikan dan mengukur dampak kepemimpinan seorang Kepala Sekolah dalam mengelola sekolah.


1. Tujuan PKKS 

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah tahun 2023 diarahkan untuk memastikan peningkatan mutu pendidikan dan memberikan umpan balik konstruktif kepada Kepala Sekolah. Tujuan utama PKKS adalah:


Meningkatkan Efektivitas Manajerial: Mengukur kemampuan Kepala Sekolah dalam mengelola sumber daya, mengambil keputusan yang tepat, dan menjalankan administrasi sekolah secara efisien.


Mendorong Inovasi Pendidikan: Menilai kemampuan Kepala Sekolah dalam merancang dan mengimplementasikan inovasi dalam kurikulum dan metode pengajaran.


Meningkatkan Kesejahteraan Guru dan Siswa: Menilai keberhasilan Kepala Sekolah dalam menciptakan lingkungan yang mendukung kesejahteraan guru dan siswa.


2. Indikator PKKS Tahun 2023

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah tahun 2023 didasarkan pada sejumlah indikator yang mencakup berbagai aspek. Beberapa indikator kunci melibatkan:


Pencapaian Akademis: Menilai peningkatan hasil ujian dan pencapaian akademis siswa.


Manajemen Sumber Daya: Mengukur efisiensi penggunaan sumber daya, termasuk anggaran sekolah, sarana, dan prasarana.


Pengembangan Profesional Guru: Menilai upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan kualitas guru melalui pelatihan dan pengembangan profesional.


Partisipasi Orang Tua: Mengukur keterlibatan orang tua dalam kegiatan sekolah dan kolaborasi dengan Kepala Sekolah.


3. Proses Evaluasi PKKS Tahun 2023

Proses evaluasi PKKS tahun 2023 melibatkan berbagai pihak, termasuk Dewan Guru, Komite Sekolah, orang tua siswa, dan pihak terkait lainnya. Langkah-langkah evaluasi mencakup:


Penilaian Mandiri: Kepala Sekolah diminta untuk melakukan penilaian mandiri terhadap kinerjanya.


Observasi dan Wawancara: Tim evaluasi melakukan observasi langsung dan wawancara dengan staf, siswa, dan orang tua untuk mendapatkan pandangan menyeluruh tentang kinerja Kepala Sekolah.


Analisis Dokumen: Evaluasi dilakukan terhadap dokumen-dokumen terkait, seperti laporan keuangan, rencana strategis, dan catatan perkembangan siswa.


4. Umpan Balik dan Pengembangan Lanjutan

Hasil dari PKKS tahun 2023 tidak hanya berfungsi sebagai penilaian, tetapi juga sebagai dasar untuk memberikan umpan balik konstruktif kepada Kepala Sekolah. Langkah-langkah pengembangan lanjutan termasuk:


Pelatihan Lanjutan: Identifikasi area pengembangan dan menyusun program pelatihan khusus untuk Kepala Sekolah.


Perbaikan Strategis: Bersama dengan Dewan Guru dan Komite Sekolah, mengidentifikasi dan merancang strategi perbaikan yang dapat meningkatkan kinerja sekolah.


Peningkatan Keterlibatan Komunitas: Membangun program yang dapat meningkatkan keterlibatan komunitas 


6. Implementasi Hasil PKKS Tahun 2023

Implementasi hasil dari PKKS tahun 2023 merupakan tahap krusial dalam memastikan bahwa perubahan positif dapat terjadi secara nyata di lingkungan pendidikan. Beberapa langkah yang dapat diambil termasuk:


Pengembangan Rencana Strategis: Berdasarkan hasil evaluasi, Kepala Sekolah bersama dengan tim manajemen sekolah dapat merancang rencana strategis yang spesifik dan terukur untuk meningkatkan kinerja dan pencapaian sekolah.


Pemberdayaan Guru: Memberikan dukungan ekstra dan pelatihan lanjutan kepada guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di kelas.


Keterlibatan Orang Tua yang Berkelanjutan: Meningkatkan dan memelihara keterlibatan orang tua melalui pertemuan rutin, forum diskusi, dan kegiatan sekolah yang melibatkan komunitas.


7. Pentingnya Sinergi Antara Pihak Terkait

PKKS tahun 2023 bukanlah satu-satunya tanggung jawab kepemimpinan sekolah. Sinergi antara Kepala Sekolah, Dewan Guru, Komite Sekolah, orang tua, dan seluruh komunitas pendidikan sangat penting. Kolaborasi yang erat akan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan dan perkembangan siswa.


8. Tantangan dan Peluang Ke Depan

Dalam menghadapi dinamika pendidikan yang terus berkembang, Kepala Sekolah perlu siap menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang. Beberapa tantangan mungkin melibatkan perkembangan teknologi, perubahan kebijakan pendidikan, atau tuntutan akan inklusivitas dan keberlanjutan. Namun, dengan tantangan juga datang peluang untuk berinovasi, meningkatkan kualitas pengajaran, dan memperkuat hubungan dengan komunitas.


9. Mengukur Keberhasilan Jangka Panjang

Keberhasilan PKKS tahun 2023 tidak hanya dapat diukur dalam hasil tes atau statistik kinerja sekolah. Keberhasilan jangka panjang mencakup lulusan yang mampu bersaing di tingkat global, memahami nilai-nilai kritis, dan memiliki keterampilan kehidupan yang kuat. Oleh karena itu, evaluasi terus-menerus dan penyesuaian strategi perlu dilakukan untuk menghadapi dinamika pendidikan yang terus berubah.


10. Kesimpulan: Meningkatkan Kualitas Pendidikan Bersama-sama

PKKS tahun 2023 adalah tonggak penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Dengan melibatkan semua pihak terkait, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, inovatif, dan berdaya saing. Semangat kolaborasi dan komitmen bersama untuk mendukung perbaikan kontinu akan membawa dampak positif jangka panjang dalam dunia pendidikan.


Melalui proses PKKS tahun 2023, kita dapat memastikan bahwa kepemimpinan Kepala Sekolah tidak hanya berkutat pada administrasi semata, tetapi juga mampu menginspirasi, membimbing, dan menciptakan perubahan positif bagi guru, siswa, dan seluruh komunitas pendidikan. Dengan demikian, kita bersama-sama melangkah menuju prestasi optimal, mencetak generasi penerus yang siap menghadapi tantangan global dengan percaya diri dan keterampilan yang handal.


Berikut isi dari instrumen PKKS : 

MANAJERIAL

Perencanaan Program Sekolah

Kepala Sekolah Menyusun Perencanaan Program.

1. Kepala Sekolah menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) yang memuat rumusan Visi Sekolah, Misi sekolah, Tujuan sekolah, Strategi pencapaian tujuan.

Bukti Fisik :

1) Memuat visi, misi dan tujuan sekolah

2) Memuat profil sekolah

3) Memuat program / kegiatan dalam kurun waktu 4 tahun 

4) Memuat indikator keberhasilan 

5) Undangan,Daftar hadir , Berita Acara , Notulen


2. Kepala Sekolah menyusun Rencana Kerja Tahunan (RKT) yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang melibatkan pemangku kepentingan melalui langkah perumusan, reviu, dan penetapan RKT dan/atau RKAS.

Bukti Fisik :

1) disusun berdasarkan hasil Rapor Pendidikan / EDS

2) melakukan Analisis SWOT

3) memuat program kegiatan

4) memuat tonggak- tonggak kunci keberhasilan 

5) Undangan,Daftar hadir , Berita Acara , Notulen


Pengelolaan Standar Nasional Pendidikan.

Kepala sekolah melaksanakan dan mencapai Standar Kompetensi Lulusan.

3. Kepala Sekolah memfasilitasi berbagai kegiatan untuk memotivasi siswa agar memiliki perilaku dan mengembangkan sikap orang beriman melalui pembiasaan (budaya sekolah), keteladanan dalam menghayati, dan mengamalkan sesuai dengan ajaran agama yang dianut.

Bukti Fisik :

1) Pembiasaan berdoa setiap memulai dan mengakhiri kegiatan.

2) Melaksanakan kegiatan pembiasaan /  Ibadah

3) Melaksanakan peringatan hari besar Agama 

4) Menyelenggarakan kegiatan Pesantren Ramadhan/ nonmuslim menyesuaikan 

5) Mengelola dan menyalurkan zakat fitrah / nonmuslim menyesuaikan


4. Kepala Sekolah   memfasilitasi berbagai  kegiatan  untuk memotivasi siswa agar menyadari pentingnya keseimbangan kesehatan jasmani, mental dan rohani

Bukti Fisik :

1) Program Kegiatan OSIS

2) Melaksanakan Ekstrakurikuler Pramuka 

3) Melaksanakan Ekstrakurikuler Olahraga 

4) Melaksanakan Ekstrakurikuler Kesenian

5) Melaksanakan Ekstrakurikuler Keagamaan


5. Kepala Sekolah   memfasilitasi berbagai  kegiatan  untuk memotivasi siswa agar menghargai keragaman masyarakat dan budaya nasional,  terbiasa lakukan interaksi antar budaya, menolak stereotip dan diskriminasi

Bukti Fisik :

1) Upaya pencegahan adanya Perundungan ( Bullying ), Intoleransi dan Kekerasan seksual

2) Media afirmasi pencegahan adanya pelanggaran ( stiker , spanduk, dll. ).

3) Program Bimbingan dan Konseling

4) Buku Catatan Pelanggaran Peserta didik 

5) Buku Layanan Siswa / Buku Panggilan Orang tua


6. Kepala Sekolah   memfasilitasi berbagai  kegiatan  untuk memotivasi siswa agar terbiasa peduli dan berbagi, serta kemampuan berkolaborasi lintas kalangan di lingkungan terdekat dan lingkungan sekitar.

Bukti Fisik :

1) Memiliki kepedulian pada warga sekolah yang terkena musibah

2) Melaksanakan kegiatan berbagi dengan masyarakat sekitar sekolah

3) Melaksanakan kegiatan kerja bakti bersama dengan masyarakat sekitar sekolah

4) Melaksanakan penggalangan dana untuk korban bencana


7. Kepala Sekolah   memfasilitasi berbagai  kegiatan  untuk memotivasi siswa agar terbiasa bertanggung jawab, melakukan refleksi, berinisiatif dan merancang strategi untuk pembelajaran dan pengembangan diri

Bukti Fisik :

1) Mengumpulkan tugas tepat waktu 

2) Melakukan penilaian diri dan penilaian antar teman 

3) Hasil karya peserta didik 

4) Memiliki kelompok belajar


8. Kepala Sekolah   memfasilitasi berbagai  kegiatan  untuk memotivasi siswa  menunjukkan kemampuan menyampaikan gagasan orisinal, membuat tindakan atau karya kreatif sesuai kapasitasnya

Bukti Fisik :

1) Kreatifitas siswa dalam bentuk tulisan/ gambar ( majalah dinding )

2) Karya kreatifitas siswa dalam bentuk tiga dimensi ( kerajinan )

3) Karya kreatifitas siswa dalam bentuk digital ( Youtube, tiktok , dll.).

4) Memiliki komunitas KIR ( Karya Ilmiah Remaja )


9. Kepala Sekolah   memfasilitasi berbagai  kegiatan  untuk memotivasi siswa menunjukkan kemampuan dan kegemaran berliterasi berupa menginterpretasikan dan mengintegrasikan teks

Bukti Fisik :

1) Melaksanakan pembiasaan literasi .

2) Memiliki ruang perpustakaan / pojok baca 

3) Memiliki fasilitas untuk memajang karya literasi  siswa 

4) Melaksanakan lomba untuk meningkatkan literasi siswa

5) Nilai literasi pada rapor pendidikan hasilnya meningkat

10. Kepala Sekolah   memfasilitasi berbagai  kegiatan  untuk memotivasi siswa menunjukkan kemampuan numerasi dalam bernalar menggunakan konsep, prosedur, fakta dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan diri, lingkungan terdekat, dan masyarakat sekitar

Bukti Fisik :

1) Guru melaksanakan pembelajaran dengan model PBL ( Problem Base Learning)

2) Nilai rata-rata ujian mapel matematika meningkat dari tahun sebelumnya 

3) Memiliki kegiatan ekstrakurikuler Matematika /IPA/ LKIR

4) Menjadi juara lomba olimpiade matematika di tingkat kabupaten (minimal 10 besar). 

5) Nilai numerasi pada rapor pendidikan hasilnya meningkat


11. Kepala Sekolah   memfasilitasi peserta didik untuk berprestasi di bidang akademik

Bukti Fisik :

1) Berpartispasi dalam mengikuti berbagai lomba akademik

2) Berprestasi di Tingkat Kecamatan 

3) Berprestasi di Tingkat Kabupaten

4) Berprestasi di Tingkat  Provinsi

5) Berprestasi di Tingkat Nasional


12. Kepala Sekolah memfasilitasi peserta didik untuk berprestasi di Bidang non- Akademik

Bukti Fisik :

1) Berpartispasi dalam mengikuti berbagai lomba non-Akademik

2) Berprestasi di Tingkat Kecamatan 

3) Berprestasi di Tingkat Kabupaten

4) Berprestasi di Tingkat  Provinsi

5) Berprestasi di Tingkat Nasional


Kepala sekolah melaksanakan dan mencapai Standar Isi

13. Kepala sekolah memfasilitasi guru dalam menumbuhkan kompetensi sikap spiritual siswa melalui pembelajaran  langsung  dan tidak langsung  (indirect  teaching), keteladanan, pembiasaan, dan  budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Bukti Fisik :

1) Refleksi diri dari siswa dan Guru

2) Penilaian Diri Siswa

3) Penilaian Antar Teman

4) Reward untuk Siswa


14. Kepala Sekolah memfasiitasi guru dalam menumbuhkan kompetensi sikap sosial yaitu menghayati  dan mengamalkan perilaku: (a) jujur; (b) disiplin; (c) santun; (d) peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai);(e) bertanggung jawab; (f) responsif; dan (g) proaktif dalam berinteraksi secara efektif melalui pembelajaran langsung  dan tidak langsung/indirect teaching (keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah)  dengan memperhatikan  karakteristik  mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa

Bukti Fisik :

1) Melaksanakan Bakti Sosial 

2) Aktifitas kepala sekolah di  lingkungan masyarakat

3) Presensi Android 

4) Laporan  Hasil Kerjaku


15. Kepala sekolah memfasilitasi guru dalam menumbuhkan kompetensi Inti  pengetahuan siswa baik pengetahuan fakta, konsep, prosedural, dan metakognitif. 

Bukti Fisik :

1) Surat Perintah Tugas kegiatan ;

2) Komunitas Belajar

3) MGMP

4) Bimtek/Workshop/ IHT

5) Webinar


16. Kepala sekolah memfasiitasi guru dalam menumbuhkan kompetensi  inti 4  Ketrampilan Siswa (KI-4), yaitu menunjukkan  keterampilan  menalar, mengolah,  dan menyaji  secara:  (a) efektif,  (b) kreatif, (c) produktif, (d) kritis, (e) mandiri, (f) kolaboratif, (g) komunikatif, dan (h) solutif dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan  dari yang dipelajarinya  di sekolah, serta mampu menggunakan metode sesuai dengan kaidah keilmuan.kompetensi yang dinilai.

Bukti Fisik :

1) Lembar Kerja terstruktur 

2) Lembar kegiatan mandiri siswa, melalui; Portofolio 

3) Lembar kegiatan mandiri siswa, melalui; Rubrik Kerja

4) Dokumentasi penilaian


17. Kepala sekolah mengelola perangkat pembelajaran yang dikembangkan untuk semua mata pelajaran sesuai dengan tingkat kompetensi dan ruang lingkup materi pembelajaran.

Bukti Fisik :

1) Setiap  guru menyusun tujuan pembelajaran

2) Setiap  guru menyusun Alur Tujuan Pembelajaran

3) Setiap guru menyusun Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran

4) Setiap  guru menyusun modul ajar 

5) Setiap guru menyusun program tahunan / program semester


18. Kepala Sekolah memastikan bahwa setiap siswa menggunakan buku teks atau buku elektronik (e-book) untuk semua mata pelajaran.

Bukti Fisik :

1) Jumlah buku teks IKM

2) Jumlah Siswa yang menggunakan IKM


19. Kepala sekolah mengorganisasikan penyusunan KOSP  mengacu pada Kerangka Dasar pada Standar Isi dan Buku Pedoman Penyusunan Kurikulum , memuat :

Bukti Fisik :

1) Karakteristik satuan pendidikan 

2) Visi , Misi dan Tujuan Sekolah

3) Pengorganisasian pembelajaran

4) Perencanaan Pembelajaran

5) Evaluasi, Pendampingan dan Pengembangan Profesional






 

20. Kepala Sekolah mengembangkan kurikulum sesuai dengan tahapan ,   meliputi:

Bukti Fisik :

1) Pembentukan  Tim Pengembang Kurikulum Sekolah

2) Analisis Konteks/ Analisis SWOT

3) Undangan, Daftar hadir , Berita Acara , Notulen , dokumentasi penyusunan KOSP 

4) Undangan , Daftar hadir , Berita Acara, dokumentasi   sosialisasi KOSP 

5) Pengesahan Dokumen KOSP


21. Kepala Sekolah melaksanakan kurikulum sesuai pedoman, meliputi:

Bukti Fisik :

1) Jumlah Jam Mata Pelajaran sesuai struktur kurikulum  ( SK Pembagian tugas dan jadwal pelajaran )

2) Alokasi waktu 1 jam pelajaran = 40 menit   ( jadwal pelajaran ) 

3) Alokasi waktu kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila   360 JP  dalam 1 tahun ( jadwal pelajaran atau KOSP) 

4) Jumlah siswa per rombel maksimal  32 orang (daftar nama siswa per kelas )


Kepala Sekolah Melaksanakan Dan Mencapai Standar Proses Pendidikan

22. Kepala sekolah memfasilitasi penyusunan administrasi pembelajaran

Bukti Fisik :

1) Menganalis capaian pembelajaran untuk menyusun tujuan pembelajaran

2) Menyusun alur tujuan pembelajaran

3) Menyusun modul ajar

4) Menyusun kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran 

5) Menyusun program tahunan/ semester


23. Kepala Sekolah memastikan bahwa dokumen rencana pembelajaran  paling sedikit:

Bukti Fisik :

1) Memuat tujuan pembelajaran

2) Memuat langkah-langkah pembelajaran

3) Memuat asesmen awal 

4) Memuat asesmen akhir

5) Memuat media pembelajaran


24. Kepala Sekolah memastikan bahwa dokumen rencana pembelajaran  memuat cara mencapai tujuan pembelajaran dengan :

Bukti Fisik :

1) Memberi kesempatan untuk menerapkan materi pada problem atau konteks nyata

2) Mendorong interaksi dan partisipasi aktif Peserta Didik;

3) mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia di lingkungan Satuan Pendidikan dan/atau di lingkungan masyarakat

4) Menggunakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi


25. Kepala Sekolah melaksanakan pemantauan bahwa  pembelajaran dilaksanakan dalam Suasana Belajar yang Interaktif dan Inspiratif

Bukti Fisik :

1) berinteraksi secara dialogis antara Pendidik dengan Peserta Didik, serta sesama Peserta Didik;"

2) berinteraksi secara aktif dengan lingkungan belajar;

3) berkolaborasi untuk menumbuhkan jiwa gotong royong

4) menciptakan suasana belajar yang dapat memantik ide, mendorong daya imajinasi, dan mengeksplorasi hal baru

5) memfasilitasi Peserta Didik dengan berbagai sumber belajar untuk memperkaya wawasan dan pengalaman belajar


26. Kepala Sekolah melaksanakan pemantauan bahwa  pembelajaran dilaksanakan dalam suasana belajar yang menyenangkan dan menantang

Bukti Fisik :

1) menciptakan suasana belajar yang gembira, menarik, aman, dan bebas dari perundungan

2) menggunakan berbagai variasi metode dengan mempertimbangkan aspirasi dari Peserta Didik, serta tidak terbatas hanya di dalam kelas; 

3) mengakomodasi keberagaman gender, budaya, bahasa daerah setempat, agama atau kepercayaan, karakteristik, dan kebutuhan setiap Peserta Didik

4) menggunakan materi dan kegiatan belajar sesuai dengan kemampuan dan tahapan perkembangan Peserta Didik

5) memfasilitasi Peserta Didik untuk percaya potensi yang dimilikinya dapat ditingkatkan


27. Kepala Sekolah melaksanakan pemantauan bahwa  pembelajaran dilaksanakan dalam suasana belajar yang Memotivasi Peserta Didik untuk Berpartisipasi Aktif

Bukti Fisik :

1) membangun suasana belajar yang memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk berani mengemukakan pendapat dan bereksperimen; dan

2) melibatkan Peserta Didik dalam menyusun rencana belajar, menetapkan target individu dan/atau kelompok, dan turut memonitor pencapaian hasil belajar

3) menerapkan pembelajaran berdiferensiasi 

4) mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi

5) mengembangkan model pembelajaran PBL


28. Kepala Sekolah melaksanakan pemantauan bahwa  pembelajaran dilaksanakan dalam suasana belajar yang Memberikan Ruang yang Cukup bagi Prakarsa, Kreativitas, Kemandirian sesuai dengan Bakat, Minat, dan Perkembangan Fisik, serta Psikologis Peserta Didik

Bukti Fisik :

1) memberi kesempatan bagi Peserta Didik untuk mengembangkan dan mengomunikasikan gagasan baru

2) membiasakan Peserta Didik untuk mampu mengatur dirinya dalam proses belajar

3) menciptakan suasana pembelajaran yang memberikan kesempatan bagi Peserta Didik untuk mengaktualisasikan diri

4) mengapresiasi bakat, minat, dan kemampuan yang dimiliki oleh Peserta Didik


29. Kepala sekolah memfasilitasi penilaian proses pembelajaran meliputi perencanaan dan pelaksanaan  , oleh :

Bukti Fisik :

1) Guru yang bersangkutan

2) sesama guru

3) Kepala sekolah 

4) peserta didik


30. Kepala Sekolah melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian proses pembelajaran melalui kegiatan diseminasi

Bukti Fisik :

1) Undangan 

2) daftar hadir

3) berita acara 

4) dokumentasi 

5) Laporan kegiatan


Kepala Sekolah Melaksanakan Dan Mencapai Standar Penilaian Pendidikan

31. Kepala Sekolah memastikan pelaksanaan penilaian yang menerapkan prinsip penilaian sahih, objektif, adil, terbuka,  holistik, dan akuntabel melalui supervisi guru.

Bukti Fisik :

1) Program Supervisi guru dalam penerapan prinsip penilaian

2) Laporan hasil supervisi guru dalam penerapan prinsip penilaian (dokumen menyatu dengan laporan hasil supervisi proses pembelajaran)

3) Instrumen supervisi yang mengukur peneraan prinsip penilaian


32. Kepala sekolah menetapkan KKM setiap mata pelajaran berdasarkan validasi penyusunan KKM yang mempertimbangkan: karakteristik siswa, karakteristik mata pelajaran, kondisi satuan pendidikan, dan analisis hasil penilaian.

Bukti Fisik :

1) SK penetapan KKM/KKTP 

2) Instrumen Penentuan KKM/KKTP

3) Laporan hasil KKM/KKTP permapel


33. Kepala Sekolah memastikan bahwa guru  melaksanakan  penilaian kompetensi  pengetahuan  sesuai karakteristik Kompetensi Dasar (KD) untuk setiap mata pelajaran

Bukti Fisik :

1) RPP/Modul Ajar yang memuat rancangan penilaian kompetensi pengetahuan

2) Kisi-kisi soal

3) Naskah Soal Tes Tulis/Lisan

4) Hasil Analisis Butir Soal


34. Kepala sekolah memastikan bahwa guru menggunakan hasil penilaian kompetensi pengetahuan untuk: (1) memperbaiki proses pembelajaran; (2) mengukur dan mengetahui pencapaian kompetensi siswa; (3) menyusun laporan kemajuan hasil belajar harian, tengah semester, akhir semester, akhir tahun dan/atau kenaikan kelas

Bukti Fisik :

1) Dokumen Analisis hasil belajar siswa.

2) Laporan hasil belajar siswa.

3) Tindak lanjut hasil penilaian berupa program remedial dan pengayaan


35. Kepala Sekolah memastikan bahwa Guru  melaksanakan  penilaian kompetensi  keterampilan  sesuai karakteristik Kompetensi Dasar (KD) setiap mata

Bukti Fisik :

1) RPP yang memuat rancangan penilaian kompetensi keterampilan

2) Modul Ajar dalam Tujuan Pembelajar (TP) menggambarkan ranah keterampilan

3) Kisi-kisi soal keterampilan

4) Pedoman penskoran untuk setiap teknik penilaian


36. Kepala sekolah mengorganisasikan pelaksanaan penilaian akhir semester dan penilaian akhir tahun

Bukti Fisik :

1) Program Kerja PAS, PAT dan US

2) Kegiatan penilaian PAS, PAT dan US direncanakan dan dianggarkan dalam RKAS/KAS

3) Kisi-kisi Soal PAS, PAT dan US

4) Dokumen Rekap Hasil PAS, PAT dan US

5) Bank Soal PAS, PAT dan US


37. Kepala Sekolah menyelenggarakan Ujian  Sekolah (US) atau Ujian Sekolah Bertaraf Nasional (USBN) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan.

Bukti Fisik :

1) Program Kerja ANBK

2) Pelaksanaan, Evaluasi dan Tindak Lanjut ANBK

3) Kegiatan penilaian ANBK direncanakan dan dianggarkan dalam RKAS/KAS

4) Hasil ANBK berupa Rapor Pendidikan


38. Kepala Sekolah menetapkan kenaikan/kelulusan siswa melalui Rapat dengan dewan pendidik.

Bukti Fisik :

1) Sekolah memiliki Peraturan Akademik

2) Ketetapan Kriteria Kelulusan Siswa dari satuan pendidikan mengacu pada ketentuan peraturan perundang-undangan

3) Surat Undangan Rapat kenaikan/kelulusan siswa dan Daftar hadir 

4) Notulen rapat penetapan kenaikan/kelulusan siswa

5) Berita Acara atau SK Penetapan Siswa yang naik kelas/lulus.


Kepala Sekolah Melaksanakan Dan Mencapai Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan

39. Kepala sekolah memfasilitasi guru memiliki dan meningkatkan  kualifikasi akademik minimum sarjana (S1) atau diploma empat (D4) dari program studi terakreditasi.

Bukti Fisik :

A. 90 % - 100 % Guru berpendidikan S1 / D4

B. 80% - 89 % Guru berpendidikan  S1 / D4

C. 70% - 79 % Guru berpendidikan  S1 / D4

D. Kurang dari 70 % Guru berpendidikan  S1 / D4


40. Kepala sekolah memfasilitasi guru menjadi guru profesional (memiliki sertifikat pendidik).

Bukti Fisik :

A. 85 % - 100 % memiliki sertifikat pendidik 

B. 70 % - 84 % memiliki sertifikat pendidik 

C. 55 % - 69 % memiliki sertifikat pendidik 

D. Kurang dari 55% guru  memiliki sertifikat pendidik


41. Kepala sekolah menugaskan guru untuk mengampu mata pelajaran sesuai dengan latar belakang pendidikannya dan/atau uji kelayakan dan kesetaraan.

Bukti Fisik :

A. 85 % - 100 % mengajar sesuai latar belakang pendidikan 

B. 70% - 84 % mengajar sesuai latar belakang pendidikan 

C. 55% - 70 % mengajar sesuai latar belakang pendidikan 

D. Kurang dari 55 % Guru mengajar sesuai latar belakang pendidikan


 

42. Kepala sekolah memfasiltasi guru untuk mengikuti Calon Guru Penggerak atau Pengajar Praktik

Bukti Fisik :

A.  3 atau lebih guru menjadi guru penggerak atau pengajar praktik 

B.  2 orang guru  menjadi guru penggerak atau pengajar praktik 

C.  1 orang guru  menjadi guru penggerak atau pengajar praktik 

D. Tidak ada seorangpun guru yang menjadi guru penggerak atau pengajar praktik


43. Kepala Sekolah memiliki Kepala tenaga administrasi yang memenuhi syarat sesuai ketentuan

Bukti Fisik :

A. Kepala tenaga administrasi berpendidikan S1 dengan pengalaman minimal 4 (empat) tahun atau D3 dengan pengalaman minimal 8 (delapan) tahun, dan memiliki sertifikat.

B. Kepala tenaga administrasi berpendidikan S1 dengan pengalaman 2-3 tahun atau D3 dengan pengalaman kurang dari 5-7 tahun, dan memiliki sertifikat

C. Kepala tenaga administrasi berpendidikan S1 dengan pengalaman minimal 4 (empat) tahun atau D3 dengan pengalaman minimal 8 (delapan) tahun, dan tidak memiliki sertifikat."

D. Kepala tenaga administrasi berpendidikan S1 dengan pengalaman    2-3 tahun atau D3 dengan pengalaman kurang dari 5-7 tahun, dan tidak memiliki sertifikat atau berpendidikan di bawah D3


44. Kepala Sekolah memiliki Kepala Perpustakaan  yang memenuhi syarat sesuai ketentuan

Bukti Fisik :

A. Jalur pendidik berpendidikan S1/D4 dengan pengalaman minimal 3 (tiga) tahun atau jalur tenaga kependidikan minimal D2 dengan pengalaman minimal 4 (empat) tahun, dan memiliki sertifikat.

B. Jalur pendidik berpendidikan S1/D4 dengan pengalaman minimal 1-2 tahun atau jalur

     tenaga kependidikan minimal D2 dengan pengalaman 1-3 tahun, dan memiliki sertifikat 

C. Jalur pendidik berpendidikan S1/D4 dengan pengalaman minimal 3 (tiga) tahun atau jalur tenaga kependidikan minimal D2 dengan pengalaman minimal 4 (empat) tahun, dan tidak memiliki sertifikat"

D. Di luar ketentuan (2), (3) dan (4).


45. Kepala  Sekolah/madrasah Meningkatkan  prestasi Guru di bidang Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran

Bukti Fisik :

A.  Guru  berprestasi di tingkat Nasional/Internasional, 

B.  Guru  berprestasi di tingkat Provinsi

C.  Guru berprestasi di tingkat kabupaten

D. Tidak ada guru yang berprestasi


46. Kepala sekolah melaksanakan penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan

Bukti Fisik :

1) Program penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan 

2) Instrumen  penilaian kinerja pendidik 

3) Laporan  penilaian kinerja pendidik 

4) Instrumen penilaian kinerja tenaga kependidikan 

5) Laporan penilaian kinerja tenaga kependidikan 

47. Kepala Sekolah/madrasah Meningkatkan Kesempatan Guru dalam Mengembangkan Profesi

Bukti Fisik :

1) sekolah memiliki komunitas belajar

2) beberapa guru mengikuti seminar/ webinar

3) Sekolah melaksanakan IHT / Workshop 

4) beberapa guru membuat PTK / Karya tulis


Kepala Sekolah Melaksanakan Dan Mencapai Standar Sarana Dan Prasarana

48. Kepala sekolah mengupayakan bangunan sekolah/madrasah memenuhi persyaratan kesehatan

Bukti Fisik :

1) Ventilasi

2) Pencahayaan

3) Sanitasi 

4) Tempat sampah

5) Bahan Bangunan


49. Sekolah  melakukan  pemeliharaan dan perbaikan   berkala   secara rutin setiap  tahun sekali, meliputi:  pengecatan  ulang, perbaikan  jendela dan pintu, lantai, penutup atap, plafon, instalasi  air, dan listrik.

Bukti Fisik :

1) Pengecatan ulang

2) Perbaikan Jendela dan pintu

3) Lantai

4) Penutup atap

5) Plafond


50. Kepala sekolah melengkapi ruang kelas dengan  jumlah, ukuran, dan sarana sesuai ketentuan.

Bukti Fisik :

1) Jumlah yang sama atau lebih banyak dari jumlah rombongan belajar.

2) Ukuran minimum sama dengan jumlah siswa x 2 m, dengan lebar                               minimum 5 m dan luas minimum 30 m2.

3) perlengkapan kelas

4) lembar inventaris kelas

5) perlengkapan kebersihan


51. Kepala Sekolah mengupayakan ketersediaan   ruang perpustakaan dengan  luas dan sarana sesuai ketentuan  dan pendayagunaannya secara maksimal, kondisinya terawat  dengan baik, bersih serta nyaman.

Bukti Fisik :

1) Luas minimum sama dengan 1 ½ ruang kelas, dan lebar minimum 5 m

2) Sarana ruang perpustakaan

3) Buku teks pelajaran, buku panduan pendidik, buku pengayaan

4) Buku referensi dapat berwujud e-book

5) Perpustakaan digital 

52. Kepala sekolah melengkapi prasarana yang lengkap sesuai ketentuan dengan kondisi baik

1) Bukti Fisik :

2) Ruang Kelas

3) Ruang Guru

4) Ruang PimpinanRuang Laboratorium IPA / komputer dan lainnya

5) Ruang Perpustakaan

6) Ruang UKS

7) Ruang OSIS

8) Ruang Bimbingan Konseling

9) Ruang Sirkulasi

10) Tempat Ibadah

11) Jamban

12) Tempat bermain / olahraga

13) GudangKantin

14) Tempat Parkir


53. Kepala sekolah melengkapi ruang pimpinan dengan luas minimum 12 m2 dengan sarana sesuai ketentuan.

Bukti Fisik :

1) Luas ruangan minimal 12 m2

2) Lebar ruangan minimum 3 m

3) Meja dan kursi pimpinan 1 set

4) Kelengkapan ruangan 

5) Perlengkapan kebersihan


54. Kepala sekolah melengkapi ruang guru dengan luas minimum 48m2 dan rasio 4m2/guru dengan sarana sesuai ketentuan.

Bukti Fisik :

1) Luas Ruangan minimal 5 m2

2) Rasio luas ruangan 4 m2/guru

3) Meja dan kursi 1 set / guru

4) Kelengkapan ruangan 

5) Perlengkapan kebersihan


55. Kepala sekolah melengkapi tempat beribadah bagi warga sekolah/madrasah dengan luas  dan sarana sesuai ketentuan.

Bukti Fisik :

1) Luas ruangan minimum 12 m2

2) Perlengkapan ibadah sesuai kebutuhan.

3) Terdapat 1 buah lemari/rak.

4) terdapat 1 buah jam dinding.

5) ketersediaan air.


56. Kepala sekolah mengadakan/melengkapi kantin yang memenuhi ketentuan

Bukti Fisik :

1) Kantin menempati area tersendiri.

2) Luas kantin sesuai dengan kebutuhan peserta didik , dengan luas total minimum 12 m.

3) Kantin memperhatikan aspek kebersihan, kesehatan, keamanan.

4) Kantin memiliki sanitasi yang baik.

5) Kantin menyediakan makanan dan minuman yang sehat dan bergizi bagi siswa, guru, dan tenaga kependidikan 

57. Kepala sekolah mengadakan/melengkapi jamban dengan luas  dan sarana sesuai ketentuan.

Bukti Fisik :

1) Luas ruangan minimum 2 m2 setiap unit

2) Memenuhi rasio: 1 unit/ 40 peserta didik laki-laki dan 1 unit / 30 peserta didik perempuan dan 1 jamban untuk guru dan karyawan

3) Tersedia air yang cukup

4) Kondisi jamban selalu bersih

5) Setiap unit memenuhi sarana: 1 kloset, 1 tempat air, 1 gayung, 1 gantungan pakaian, 1 tempat sampah


58. Kepala sekolah mengadakan/melengkapi gudang dengan luas  dan sarana sesuai ketentuan.

Bukti Fisik :

1) Luas ruangan minimum 21 m2

2) Lemari dan rak

3) Pintu gudang dapat dikunci

4) Kelengkapan ruangan 

5) Perlengkapan kebersihan


59. Kepala sekolah mengadakan/melengkapi tempat bermain, berolahraga dan upacara dengan ketentuan

Bukti Fisik :

1) Luas ruangan minimum 1000 m2

2) Rasio minimum 3 m²/siswa

3) Permukaan datar dengan drainase yang baik dan tidak digunakan untuk tempat parkir

4) Terdapat bendera dan tiang bendera

5) Peralatan olahraga


Kepala Sekolah Melaksanakan Dan Mencapai Standar Pembiayaan

60. Memiliki Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)   3 tahun terakhir yang memuat alokasi anggaran untuk investasi yang meliputi  :                            

(1) pengembangan sarana dan prasarana, 

(2) pengembangan pendidik,                                                                                      

(3) pengembangan tenaga kependidikan,                                                             

(4) modal kerja.

Bukti Fisik :

1) Alokasi dana pengembangan saspras

2) Alokasi dana pengembangan pendidik

3) Alokasi dana pengembangan tenaga kependidikan

4) Alokasi dana modal kerja


61. Memiliki Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) 3 tahun terakhir yang memuat alokasi anggaran untuk biaya operasi nonpersonalia yang mencakup 9 komponen, meliputi: (1) alat tulis sekolah (ATS), (2) bahan dan alat habis pakai (BAHP), (3) pemeliharaan dan perbaikan ringan, (4) daya dan jasa, (5) transportasi/perjalanan dinas, (6) konsumsi, (7) asuransi, (8) pembinaan peserta didik/kegiatan ekstrakurikuler, (9) pelaporan.

Bukti Fisik :

1) Alokasi pembelian alat tulis sekolah (ATS)

2) Alokasi pembelian bahan dan alat habis pakai (BAHP)

3) Alokasi pemeliharaan dan perbaikan ringan 

4) Alokasi daya dan jasa

5) Transportasi/perjalanan dinas

6) Alokasi konsumsi

7) Alokasi biaya asuransi

8) Biaya Alokasi pembinaan peserta didik/ekstrakurikuler

9) Alokasi biaya pelaporan


62. Memiliki dokumen investasi sarana dan prasarana secara lengkap.

Bukti Fisik :

1) Dokumen investasi sarana dan prasarana tahun berjalan

2) Dokumen investasi sarana dan prasarana satu tahun yang lalu

3) Dokumen investasi sarana dan prasarana dua tahun yang lalu


63. Membelanjakan biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan RKA selama 1 tahun terakhir.

Bukti Fisik :

1) Alokasi  pembiayaan pengembangan  untuk pendidik 1 tahun yang lalu 

2) Alokasi pembiayaan pengembangan  untuk pendidik tahun berjalan

3) Alokasi  pembiayaan pengembangan  untuk tenaga  kependidikan  1 tahun yang lalu

4) Alokasi pembiayaan pengembangan  untuk tenaga kependidikan  tahun berjalan


64. Kepala sekolah/madrasah merealisasikan modal kerja sebesar yang tertuang dalam RKA selama 1 tahun terakhir.

Bukti Fisik :

1) Modal kerja berdasarkan RKA  tahun lalu

2) Modal kerja berdasarkan RKA  tahun berjalan 

3) Merealisasikan modal kerja tahun lalu

4) Merealisasikan modal kerja tahun berjalan


65. Kepala sekolah/madrasah menyampaikan biaya operasional untuk guru dan tenaga

kependidikan berupa: (1) gaji, (2) honor kegiatan, (3) insentif, (4) tunjangan lain

Bukti Fisik :

1) Gaji

2) Honor kegiatan

3) Insentif

4) Tunjangan lain


66. Kepala sekolah/madrasah merealisasikan rencana belanja anggaran pengadaan alat tulis sesuai RKA dalam 1 tahun terakhir.

Bukti Fisik :

1) Anggaran pengadaan alat tulis berdasarkan RKA tahun lalu 

2) Meralisasikan anggaran  pengadaan alat tulis berdasarkan RKA tahun lalu 

3) Anggaran pengadaan alat tulis berdasarkan RKA tahun berjalan 

4) Merealisasikan anggaran  pengadaan alat tulis berdasarkan RKA tahun berjalan


67. Kepala sekolah/madrasah merealisasikan rencana belanja anggaran pengadaan bahan dan alat habis pakai untuk kegiatan pembelajaran sesuai RKA dalam 1 tahun terakhir.

Bukti Fisik :

1) Anggaran pengadaan  rencana belanja anggaran bahan dan alat habis pakai  untuk kegiatan pembelajaran berdasarkan RKA tahun lalu 

2) Anggaran pengadaan  rencana belanja anggaran bahan dan alat habis pakai  untuk kegiatan pembelajaran berdasarkan RKA tahun berjalan  

3) Merealisasikan anggaran pengadaan  rencana belanja anggaran bahan dan alat habis pakai  untuk kegiatan pembelajaran berdasarkan RKA tahun lalu 

4) Merealisasikan anggaran pengadaan  rencana belanja anggaran bahan dan alat habis pakai  untuk kegiatan pembelajaran berdasarkan RKA tahun berjalan


68. Kepala sekolah/madrasah merealisasikan rencana biaya pemeliharaan dan perbaikan berkala sarana dan prasarana sesuai RKA.

Bukti Fisik :

1) Anggaran pengadaan  rencana biaya pemeliharaan dan perbaikan sarana  dan prasarana  berdasarkan RKA tahun lalu 

2) Merealisasikan anggaran pengadaan  rencana biaya pemeliharaan dan perbaikan sarana  dan prasarana  berdasarkan RKA tahun lalu 

3) Anggaran pengadaan  rencana biaya pemeliharaan dan perbaikan sarana  dan prasarana  berdasarkan RKA tahun berjalan 

4) Merealisasikan anggaran pengadaan  rencana biaya pemeliharaan dan perbaikan sarana  dan prasarana  berdasarkan RKA tahun berjalan


69. Kepala sekolah/madrasah merealisasikan biaya pengadaan daya dan jasa sesuai RKA selama 1 tahun terakhir.

Bukti Fisik :

1) Anggaran pengadaan  rencana pengadaan daya dan jasa  ssesuai  RKA tahun lalu 

2) Meralisasikan pengadaan  rencana pengadaan daya dan jasa  ssesuai  RKA tahun lalu 

3) Anggaran pengadaan  rencana pengadaan daya dan jasa  ssesuai  RKA tahun berjalan

4) Meralisasikan pengadaan  rencana pengadaan daya dan jasa  ssesuai  RKA tahun berjalan


70. Kepala sekolah/madrasah merealisasikan biaya transportasi dan perjalanan dinas serta konsumsi selama 1 tahun terakhir.

Bukti Fisik :

1) Anggaran pengadaan  rencana  biaya tranportasi  dan perjalanan dinas serta  konsumsi sesuai  RKA tahun lalu 

2) Merealisasikan   rencana  biaya tranportasi  dan perjalanan dinas serta  konsumsi sesuai  RKA tahun lalu 

3) Anggaran pengadaan  rencana  biaya tranportasi  dan perjalanan dinas serta  konsumsi sesuai  RKA tahun berjalan 

4) Merealisasikan rencana  biaya tranportasi  dan perjalanan dinas serta  konsumsi sesuai  RKA tahun berjalan


71. Kepala sekolah/madrasah merealisasikan biaya pembinaan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler  sebesar yang tertuang dalam RKA selama 3 tahun terakhir.

Bukti Fisik :

1) Anggaran rencana   biaya  pembinaan  peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler  berdasarkan RKA tahun lalu   

2) Merealisasikan biaya  pembinaan  peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler  berdasarkan RKA tahun lalu   

3) Anggaran rencana   biaya  pembinaan  peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler  berdasarkan RKA tahun berjalan 

4) Merealisasikan biaya  pembinaan  peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler  berdasarkan RKA tahun berjalan 

72. Kepala sekolah merealisasikan anggaran untuk pelaporan dalam 1 tahun terakhir

Bukti Fisik :

1) Anggaran untuk pelaporan   berdasarkan RKA tahun lalu   

2) Meralisasikan anggaran  untuk pelaporan   berdasarkan RKA tahun lalu 

3) Anggaran untuk pelaporan   berdasarkan RKA tahun berjalan 

4) Meralisasikan anggaran untuk pelaporan   berdasarkan RKA tahun berjalan


73. Sumbangan pendidikan dari masyarakat selama 1 tahun terakhir, dikelola secara: (1) sistematis, (2) transparan, (3) efisien, (4) akuntabel.

Bukti Fisik :

1) Sistematis

2) Transparan

3) efisien 

4) akuntabel


74. Kepala sekolah/madrasah memiliki pembukuan keuangan 3 tahun terakhir yang meliputi: (1) buku kas umum, (2) buku pembantu kas, (3) buku pembantu bank, (4) buku pembantu pajak.

Bukti Fisik :

1) Buku Kas Umum

2) Buku Pembantu

3) Buku Kas Pembantu Bank

4) Buku pembantu pajak tahun berjalan


75. Kepala Sekolah/madrasah memiliki laporan pertanggungjawaban keuangan selama 1 tahun terakhir.

Bukti Fisik :

1) Buku Kas Umum Tahun lalu dan tahun berjalan

2) Buku  pembantu kas tahun lalu dan tahun berjalan

3) Buku Kas Pembantu Bank tahun lalu dan tahun berjalan

4) Buku Pembantu pajak tahu lalu dan tahun berjalan


Kepala Sekolah Melaksanakan Dan Mencapai Standar Pengelolaan

76. Kepala sekolah melaksanakan pengelolaan kesiswaan yang meliputi: (1) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), (2) layanan konseling, (3) ekstrakurikuler, (4) pembinaan prestasi, (5) penelusuran alumni 

Bukti Fisik :

1) Peraturan  dan Tata Tertib Sekolah

2) Layanan Bimbingan dan Konseling.

3) Kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan ekstrakurikuler lainnya.

4) Program Pembinaan prestasi.

5) Penelusuran alumni


77. Kepala sekolah menyusun pedoman pengelolaan pembiayaan investasi dan operasional sesuai ketentuan: (1) disusun mengacu pada standar pembiayaan, (2) mengatur tentang sumber pemasukan, pengeluaran, dan jumlah dana, (3) mengatur tentang penyusunan dan pencairan anggaran, (4) mengatur tentang kewenangan dan tanggung jawab kepala sekolah dalam membelanjakan anggaran,

(5) mengatur tentang pembukuan

Bukti Fisik :

1) Dokumen peraturan tentang standar pembiayaan yang berlaku

2) Isi dokumen pengelolaan pembiayaan mengatur tentang sumber pemasukan, pengeluaran dan jumlah dana yang dikelola 

3) Isi dokumen pengelolaan pembiayaan mengatur tentang penyusunan dan pencairan anggaran, serta penggalangan dana di luar dana investasi dan operasional 

4) Isi dokumen pengelolaan pembiayaan Mengatur tentang kewenangan dan tanggung jawab kepala sekolah dalam membelanjakan anggaran pendidikan sesuai dengan peruntukannya

5) Isi dokumen pengelolaan pembiayaan. Mengatur tentang pembukuan semua penerimaan dan pengeluaran serta penggunaan anggaran, untuk dilaporkan kepada komite sekolah, serta institusi di atasnya


78. Kepala  sekolah meningkatkan promosi sekolah melalui media cetak dan elektronik

Bukti Fisik :

A. Promosi sekolah melalui media cetak nasional

B. Promosi sekolah melalui media cetak provinsi 

C. Promosi sekolah melalui media cetak kabupaten

D. Promosi sekolah melalui media sosial


79. Kepala  Sekolah meningkatkan  prestasi sekolah  Dalam Bidang Sosial, Keindahan, Kebersihan Sekolah, Dan Kewirausahaan

Bukti Fisik :

A. Prestasi sekolah ditingkat Nasional 

B. Prestasi sekolah ditingkat Provinsi 

C. Prestasi sekolah ditingkat Kabupaten

D. Prestasi sekolah ditingkat Kecamatan


80. Kepala sekolah meningkatkan pembiayaan dan sarana prasarana melaui bantuan pemerintah dan atau masyarakat.

Bukti Fisik :

Alokasi dana untuk pengadaan sarana prasarana tahun lalu 

5,000,000

Alokasi dana untuk pengadaan sarana prasarana tahun lalu 

5,000,000

0


Pengawasan dan Evaluasi

Kepala sekolah melaksanakan pengawasan

81. Merencanakan Program Pengawasan dan Evaluasi Guru dan Tenaga Kependidikan

Bukti Fisik :

1) Dokumen Program Pengawasan   guru dan  Tenaga Kependidikan

2) Dokumen Pelaksanaan  Program Pengawasan   guru dan  Tenaga Kependidikan

3) Dokumen  Evaluasi dan Tindak lanjut Program Pengawasan   guru dan  Tenaga Kependidikan

4) Dokumen  Pelaporan Program Pengawasan dan Evaluasi Tindak lanjut   Guru dan  Tenaga Kependidikan


82. Melaksanakan Program Pengawasan Guru melalui kegiatan pemantauan proses pembelajaran

Bukti Fisik :

1) Instrumen pemantauan proses pembelajaran

2) Data hasil pemantauan

3) Laporan hasil pemantauan

4) Program tindak lanjut hasil pemantauan 

83. Melaksanakan Program Pengawasan Tenaga Kependidikan

Bukti Fisik :

1) Instrumen pemantauan pelaksanaan tugas tenaga kependidikan (wakil kepala sekolah, tenaga laboratorium, tenaga perpustakaan, dan tenaga administrasi sekolah)

2) Data hasil pemantauan

3) Laporan hasil pemantauan

4) Program tindak lanjut hasil pemantauan


84. Kepala sekolah melaksanakan evaluasi dalam pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) sekolah

Bukti Fisik :

1) Dokumen rapor mutu pendidikan

2) Perencanaan Peningkatan Mutu yang dituangkan dalam RKS

3) Program Pelaksanaan Pemenuhan Mutu dalam proses pembelajaran

4) Program Pelaksanaan Pemenuhan Mutu dalam Pengelolaan Sekolah

5) Program Tindak Lanjut Berupa strategi pemenuhan mutu tahun beriktnya berdasarkan monitoring dan evaluasi


85. Kepala Sekolah melaksanakan evaluasi kurikulum dan  pembelajaran

Bukti Fisik :

1) Format instrumen evaluasi kurikulum dan evaluasi pembelajaran

2) Data hasil evaluasi kurikulum

3) Data Hasil Evaluasi Pembelajaran

4) Laporan Hasil Evalusai Kurikulum dan Pembelajaran

5) Program Tindak Lanjut Hasil Evaluasi Pembelajaran


86. Kepala sekolah melaksanakan evaluasi pendayagunaan guru dan tenaga kependidikan

Bukti Fisik :

1) Instrumen Evaluasi Pendayagunaan Guru dan Tenaga Kependidikan

2) Data Hasil Evaluasi Pendayagunaan Guru

3) Data Hasil Evaluasi Pendayagunaan Tenaga Kependidikan


87. Kepala sekolah mempersiapkan diri untuk Akreditasi Sekolah

Bukti Fisik :

1) SK Tim Penjamin mutu  sekolah 

2) Pengisian Sispena

3) Pengiasian Daftar Isian Akreditasi (DIA)


Kepemimpinan Sekolah

Kepala sekolah menjalankan kepemimpinan sekolah

88. Kepala Sekolah menyusun dan menetapkan struktur organisasi sekolah

Bukti Fisik :

1) Struktur Organisasi Sekolah

2) SK Pembagian tugas  

3) Uraian Tugas / Job Deskripsi


89. Kepala Sekolah menempatkan  tenaga kependidikan dalam SOTK yang telah ditetapkan.

Bukti Fisik :

1) Struktur Organisasi Sekolah Tenaga Kependidikan 

2) SK Pembagian Tugas Tenaga Kependidikan  

3) Uraian Tugas / Job Deskripsi Tenaga Kependidikan


90. Kepala Sekolah mendelegasikan sebagian tugas kepada wakil kepala sekolah yang relevan dengan bidang tugas)*

Bukti Fisik :

1) SK Pendelegasian Tugas

2) Uraian Tugas / Job Deskripsi


91. Kepala Sekolah membuat keputusan anggaran sekolah dengan mempertimbangkan masukan guru, komite sekolah, dan penyelenggara sekolah (khusus bagi swasta)

Bukti Fisik :

1) RKAS yang telah disahkan 

2) Undangan penyusunan RKAS

3) Daftar hadir 

4) Berita acara / notulen 

5) Dokumentasi kegiatan


92. Kepala Sekolah berkomunikasi untuk menciptakan dukungan intensif dari orang tua siswa dan masyarakat;

Bukti Fisik :

1) Surat undangan rapat

2) Daftar hadir 

3) Berita acara / notulen 

4) Dokumentasi kegiatan


93. Kepala Sekolah melaksanakan program peningkatan motivasi kerja pendidik dan tenaga kependidikan dengan menggunakan sistem pemberian penghargaan atas prestasi dan sangsi atas pelanggaran peraturan dan kode etik;

Bukti Fisik :

1) Data guru berprestasi yang diberi penghargaan oleh sekolah

2) Data tenaga kependidikan  berprestasi yang diberi penghargaan oleh sekolah

3) Data guru yang diberi sanksi atas atas pelanggaran peraturan dan kode etik;

4) Data tenaga kependidikan yang diberi sanksis atas pelanggaran peraturan dan kode etik;


94. Kepala sekolah menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif bagi siswa;

Bukti Fisik :

1) Lingkungan belajar aman

2) Lingkungan belajar tertib

3) Lingkungan belajar bersih

4) Lingkungan belajar hijau/ banyak ditumbuhi pohon

5) Lingkungan belajar nyaman / tidak bising


95. Mengembangkan Program Keteladanan Sikap dan Perilaku yang menjaga nama balk lembaga, profesi, dan kedudukan/jabatan

Bukti Fisik :

1) foto  pembiasaan senyum, salam , sapa, sopan dan santun

2) foto kegiatan peringatan hari besar agama 

3) foto kegiatan peringatan hari besar nasional

4) foto kegiatan kerja bakti 

5) foto kegiatan bakti sosial 

96. Memfasilitasi pengembangan, penyebarluasan, dan pelaksanaan visi pembelajaran yang dikomunikasikan dengan balk dan didukung oleh komunitas sekolah;

Bukti Fisik :

1) SK Komuniitas Belajar

2) Website, Blog, Instagram, Titok, FB, dan Youtube

3) Sertifikat Aksi nyata Platform Merdeka Mengajar (PMM)


97. Kepala Sekolah menjalin kerja sama dengan orang tua siswa, masyarakat, dan komite sekolah

Bukti Fisik :

1) SK Komite Sekolah 

2) MoU dengan Komite Sekolah

3) MoU dengan Orang Tua Siswa

4) Mou  dengan lembaga lain


Sistem Informasi Manajemen

Kepala sekolah menerapkan sistem informasi manajemen sekolah

98. Kepala Sekoah Mengelola sistem informasi manajemen yang memadai untuk mendukung administrasi pendidikan yang efektif, efisien dan akuntabel;

Bukti Fisik :

1) Buku Induk terisi dengan lengkap dan benar

2) Buku Kalper terisi dengan lengkap dan benar

3) Buku Mutasi terisi dengan lengkap dan benar

4) Buku Rapor terisi dengan lengkap dan benar

5) Buku Daftar Peserta Didik per Kelas


99. Kepala  Sekolah Meningkatkan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sekolah

Bukti Fisik :

1) menggunakan fasilitas IT untuk kegiatan asesmen 

2) memiliki komputer/ Chroom book untuk keperluan ANBK

3) memiliki fasilitas pembelajaran berbasis IT ( Infocuss, SMART TV, Papan tulis digital )

4) sekolah memiliki perpustakaan digital 

5) sekolah memiliki komite kelas / paguyuban kelas


100. Kepala Sekolah Menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif dan mudah diakses;

Bukti Fisik :

1) Memiliki jaringan internet 

2) memiliki email sekolah

3) memiliki blog / website sekolah

4) memiliki akun sosial media ( Whatsapp , instagram, youtube )


101. Kepala Sekolah menugaskan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk mengelola data pokok pendidikan

Bukti Fisik :

1) SK Penugasan sebagai operator 

2) memiliki program kerja 

3) Laporan kegiatan/ pekerjaan 

102. Kepala Sekolah melaporkan data informasi sekolah yang telah terdokumentasikan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota sesuai kewenangan.

Bukti Fisik :

1) Laporan penggunaan keuangan BOS 

2) Rekapitulasi kehadiran GTK setiap Tri wulan 

3) Laporan penggunaan blangko Ijazah ( screnn shoot )


103. Kepala Sekolah memfasilitasi atau mengembangkan Program/Forum Komunikasi antar warga sekolah yang efisien dan efektif.

Bukti Fisik :

1) Sekolah memiliki group Whatsapp

2) memiliki komunitas belajar


PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN

Perencanaan Pengembangan Kewirausahaan

Kepala sekolah merencanakan pengembangan kewirausahaan

104. Merencanakan pengembangan Kewirausahaan

Bukti Fisik :

1) Program peningkatan kompetensi siswa 

2) Program peningkatan kompetensi guru

3) Program peningkatan kompetensi tenaga administrasi 

4) Program pengembangan dan penataan lingkungan 

5) Program peningkatan prestasi lainnya


                  Pelaksanaan Pengembangan Kewirausahaan

Kepala sekolah melaksanakan program pengembangan jiwa kewirausahaan dan pengembangan unit produksi

105. Kepala Sekolah memfasilitasi siswa untuk menumbuhkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif melalui pengalaman pembelajaran

Bukti Fisik :

1) kegiatan  peningkatan kompetensi siswa 

2) kegiatan peningkatan kompetensi guru

3) kegiatan peningkatan kompetensi tenaga administrasi 

4) kegiatan  pengembangan dan penataan lingkungan 

5) Kegiatan pengembangan lainnya


106. Meningkatkan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah

Bukti Fisik :

1) Prestasi / Hasil Karya Guru

2) Prestasi/ Hasil Karya Siswa

3) Prestasi/ Hasil Karya Tendik 

4) Prestasi sekolah di bidang lingkungan 

5) Prestasi lainnya


107. Memberdayakan peran serta masyarakat dan membengun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam melakukan berbagai kegiatan pengelolaan pendididkan

Bukti Fisik :

1) Kemitraan dengan Instansi / Lembaga lain

2) Kemitraan dengan sekolah lain

3) Kemitraan dengan masyarakat 

Evaluasi Pengembangan Kewirausahaan

Kepala sekolah melaksanakan evaluasi pengembangan kewirausahaan

108. Melaksanakan Evaluasi Program Pengembangan Kewirausahaan

Bukti Fisik :

1) Program Pengembangan Jiwa Kewirausahaan

2) Dokumen evaluasi pengembangan kewirausahaan

3) Program Rencana Tindak Lanjut hasil evaluasi pengembangan kewirausahaan

4) Laporan Hasil Evaluasi  Tindak lanjut


SUPERVISI GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Perencanaan Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan

Kepala sekolah merencanakan program supervisi guru dan tenaga kependidikan

109. Merencanakan Program Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan

Bukti Fisik :

1) Dokumen Program Supervisi guru dan Tenaga Kependidikan

2) Jadwal supervisi guru

3) Jadwal supervisi tenaga kependidikan

4) Surat tugas pendelegasian supervisi guru 

5) Surat tugas pendelegasian supervisi tenaga kependidikan


Pelaksanaan Supervisi  Guru dan Tenaga Kependidikan

Kepala sekolah melaksanakan supervisi guru dan tenaga kependidikan

110. Melaksankaan Program Supervisi Guru

Bukti Fisik :

1) Laporan hasil supervisi guru 

2) Supervisi administrasi guru 

3) Supervisi telaah RPP/ modul ajar

4) Supervisi observasi kelas 

5) Rekapitulasi hasil supervisi guru

111. Melaksanakan Program Supervisi Tenaga Kependidikan

Bukti Fisik :

1) Laporan hasil supervisi Tenaga Kependidikan

2) Supervisi bidang kesiswaan ( Pramuka , PMR , dst )

3) Supervisi bidang tata usaha ( keuangan, kepegawaian, dst )

4) Supervisi perpustakaan 

5) Supervisi laboratorium


Evaluasi Pelaksanaan Supervisi  Guru dan Tenaga Kependidikan

Kepala sekolah melaksanakan evaluasi supervisi guru dan tenaga kependidikan

112. Melaksanakan evaluasi supervisi guru dan tenaga kependidikan

Bukti Fisik :

1) Laporan evaluasi pelaksanaan supervisi guru 

2) Laporan evaluasi pelaksanaan supervisi tenaga kependidikan

3) Dokumen rencana tindaklanjut hasil Evaluasi Pelaksanaan Supervisi Pendidik

4) Dokumen rencana tindaklanjut hasil Evaluasi Pelaksanaan Supervisi tenaga kependidikan

 

113. Kepala sekolah melaksanakan evaluasi pelaksanaan dan hasil program supervisi  tenaga kependidikan

Bukti Fisik :

1) Dokumen evaluasi pelaksanaan supervisi guru  

2) Dokumen evaluasi pelaksanaan supervisi  tenaga kependidikan 

3) Dokumen rencana tindak lanjut hasil supervisi guru dan tenaga kependidikan 

4) Laporan Evaluasi Tindak lanjut Dokumen evaluasi pelaksanaan supervisi guru dan tenaga kependidikan


Bagi rekan-rekan yang membutuhkan instrumen PKKS silakan download di sini 


Instrumen Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Tahun 2023
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon