ads

10 Produk Yang Dihentikan Saat Pengguna Masih Menyukainya

Senin, 08 April 2013

Ada beberapa perusahaan yang cenderung menyerah dengan produknya yang dijual dipasaran karena berbagai alasan. Ada yang menghentikan karena alasan sudah tua atau kuno. Ada pula yang mengklaim produknya jarang digunakan atau tidak menjadi trendsetter. Padahal kenyataannya produk-produk tersebut masih disukai oleh banyak orang, bahkan menginginkan produk tersebut masih diproduksi dengan mengeluarkan versi terbarunya. 

Berikut 10 Produk yang dihentikan saat orang masih menyukainya

  1. Apple Newton (1993-1998). Perangkat Apple pertama yang menggunakan perangkat lunak yang dapat mengenali tulisan tangan, dapat digunakan untuk menulis catatan penting dan mengorganisir kalender pengguna dan juga untuk mencari informasi kontak. Namun ada beberapa alasan untuk menghentikan produk tersebut. Sselain karena sengketa dan kesulitan keuangan akhirnya produk tersebut dihentikan. Selain itu kamus tulisan tangan ini memiliki kelemahan yakni hanya 10.000 kata yang tersimpan di perangkat tersebut. 
  2. PalmPilot Devices (1997-2010). Perangkat yang populer pada tahun 1990-an ini karena kegunaannya bisa membantu kegiatan sehari-hari seperti organizer dan aplikasi lainnya. Hebatnya lagi perangkat ini dapat dinikmati layanan koneksi data secara nirkabel yang belum begitu booming. Namun PalmPilot dihentikan distribusinya, ketika HP mengakuisisi perusahaan tersebut dengan nilai sebesar 1,2 miliar dolar pada tahun 2010. 
  3. Google Reader (2005-2013). Google Reader akan dihentikan pada bulan Juli tahun ini. Aplikasi yang lebih dikenal adalah RSS ini masih disukai dan digunakan oleh banyak orang, tetapi Google berkata lain, selama bertahun-tahun pengguna setianya dari waktu ke waktu semakin berkurang sehingga akhirnya Google akhirnya akan menutup Google Reader ini. 
  4. HP Touche Pad (2011-2011). HP touch pad dihentikan produksinya secara misterius. Perangkat dihentikan dalam waktu satu bulan dan setengahnya sudah di pasarkan. Sebenarnya banyak orang yang ingin tahu karena produk ini menjanjikan. Penjelasan dari perusahaan kepada pelanggannya bahwa 'perusahaan tidak akan merilis lagi produk berbasis WebOS, tapi akan menjualnya secara langsung. 
  5. Cisco Flip (2006-2011) Perangkat ini banyak disukai penggunanya. Karena ukurannya yang bisa dimasukkan ke dalam saku, kamera super sederhana yang bisa mengambil video hingga satu jam dan disimpan dalam format digital. Tapi kemudian Cisco mengakuisisi Teknologi Pure Digital, perusahaan di belakang perangkat ini, dan akhirnya menghentikan produknya. Cisco lebih memilih untuk menghentikan produksinya karena ponsel berbasis kamera video yang semakin canggih, membuat lebih orang walaupun tanpa kamera video. 
  6. Sparrow (2011-2012). Sparrow adalah email client untuk OS X dan iOS. Aplikasi ini banyak digunakan pada tahun 2011. Namun, setelah tidak lagi didukung karena perusahaannya diakuisisi oleh Google. Sparrow hanya butuh waktu setahun untuk menghentikan aplikasi tersebut pada 20 Juli 2012. 
  7. Songbird di Linux (2006-2010) Songbird on Linux adalah perangkat lunak open source, sebagai alternatif untuk iTunes, paling dikenal untuk lintas platform. Software ini semakin populer di kalangan komunitas Linux. Tapi pada tahun 2010, Songbird dihentikan untuk Linux dan mengatakan Windows dan OS X akan dipopulerkan berikutnya. Banyak pengguna Linux yang kecewa karena software ini dihentikan. 
  8. Google Desktop (2004 – 2011). Google Desktop adalah perangkat lunak yang digunakan untuk PC. Perangkat lunak ini memberikan info lokasi yang digunakan untuk mencari email, musik, foto, file di komputer dan sejarah halaman web. Ada widget yang berguna untuk memberikan informasi secara ringkas. Google Desktop sebenarnya masih digunakan oleh jutaan penggunanya selama tujuh tahun, tetapi akhirnya dihentikan pada tahun 2011. 
  9. Polaroid Film (1948 – 2008) Diperkenalkan pada tahun 1940-an, produk ini tidak diproduksi lagi pada tahun 2008. Produknya yang dikenal dengan foto langsung jadi dan biasa kita temui di tempat-tempat wisata ini akhirnya dihentikan produksinya karena produknya diganti dengan kamera digital. 
  10. Adobe Page Maker (1986 – 2004) Adobe Page Maker adalah perangkat lunak untuk desktop. Aplikasi ini menghasilkan dokumen menarik, desain majalah, atau teks atau media gambar berbasis dengan sentuhan profesional. Namun dukungan untuk pengembangan aplikasi ini dihentikan pada tahun 2004, setelah itu adobe mengalihkan fokusnya ke InDesign. 

4 komentar for 10 Produk Yang Dihentikan Saat Pengguna Masih Menyukainya:

  1. Tapi yang paling gw sayang flip mino

    BalasHapus
  2. Klo sekarang kebanyakan softwarenya yang dihentikan

    BalasHapus
  3. wah sayang ya padahal produk - produk ini tuh menarik perhatian banyak sekali tapi tiba - tiba dihentikan.. nice info bro terima kasih banyak

    BalasHapus
  4. Tambahkan "Yahoo Messenger Chat Room"

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam