Kelebihan dan Kekurangan Power Bank


Maraknya penggunaan smartphone atau tablet, jelas berdampak secara langsung terhadap konsumsi energi baterai yang lebih besar. Oleh sebab itu banyak vendor yang menyediakan baterai dengan kapasitas besar. Tapi ternyata keberadaan baterai dengan kapasitas besar tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan penggunanya saat sedang berada di luar rumah atau sedang melakukan perjalanan. 


Oleh karena itu sekarang banyak pengguna smartphone atau tablet yang membutuhkan Power Bank. Tapi mungkin banyak yang bertanya apakah Power Bank mempunyai kelebihan atau kekurangan. Berikut akan saya ulas kelebihan dan kekurangan Power Bank. 


Kelebihan Power Bank :

  1. Sangat membantu saat anda saat berada dalam perjalanan dimana sulit atau bahkan tidak ada aliran listrik. 
  2. Umumnya Power Bank mempunyai spesifikasi high power dengan kapasitas mAh yang sangat besar, jauh dibanding baterai cadangan. Hal ini menjadikan proses charging bisa lebih cepat. 
  3. Power bank charger bersifat universal, dengan menggunakan port microUSB atau miniUSB yang dapat mensuplai energi beberapa gadget yang berbeda merek. 


Kekurangan Power Bank :


  1. Beberapa kasus power bank malah dapat mempersingkat umur baterai, pasalnya ukuran tegangan yang tidak sesuai antara power bank dengan smartphone tersebut. 
  2. Harganya masih relatif mahal, terutama power bank merek ternama dengan kapasitas besar yang mempunyai kualitas bagus, seperti buatan Alkaline, Panasonic dan Sanyo. 
  3. Bobot power bank relatif berat untuk yang memiliki kapasitas besar, dan beberapa jenis harus dioperasikan dengan dukungan kabel USB. 
  4. Power bank juga memerlukan proses charge seperti halnya baterai, dan biasanya durasinya bisa mencapai 5 sampai 6 jam bahkan seharian sampai kapasitas penuh. 
  5. Baterai handphone atau smartphone cepat panas saat di charge. 
  6. Bisa merusak kartu SIM jika terlalu lama atau terlalu sering menggunakan Power Bank.

8 komentar:

  1. Lumayan kalo kepepet lagi di perjalanan..
    Klo lg di rumH sih mendingan pake charger biasa aja

    BalasHapus
  2. Saya baru beli batre bebe (original),stlh itu saya beli lg powerbank merk X utk diluar rumah. Baru 1 bln pake,batre bebe lgs 'aus'. Sampe2 batrenya gendut.. Tp ga tau jg ya,apa itu b'pengaruh atau gmn. Akhirnya saya ga mau lg pake powerbank yg kebetulan kapasitasnya gede (13000 mAH) dan harganya murah. Ada harga ada kualitas pastinya..

    BalasHapus
  3. Jd mikir lg nih,

    BalasHapus
  4. ya tetep harus sesuai ketentuan standart baterai d hp. Misl bat hp butuh 3jam ya musti d cabut antara hp dng p0wer bank. Sama halnya manusia ada mknan bnyk kl uda kenyank ya berhenti, masak d mkn mulu rakus akhirnya lambungnya sesak skt dhe jdnya.

    BalasHapus
  5. ku liat dari sisi elektronika ya
    power bank (PB) itu memiliki output yg gk sesuai dengan input dari charging batrai sehingga terjadi over tegangan dan arus yg masuk
    ini yg menyebabkan batrai cepat panas dan cpt aus

    BalasHapus
  6. Memang powerbank bisa digunakan bila keadaan kepepet tapi jika ada charger dan colokan listrik mending dicas aja

    BalasHapus
  7. memang untung sih sebenarnya jika menggunakan power bank, tapi saya banyak mendengar jika tidak teliti dalam memilih dan menggunakan power bank dapat merusak gadget itu sendiri , apakah benar? terima kasih

    BalasHapus
  8. memang praktis tp?

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan