Dec 4, 2009

Sekolah Termurah

Sekolah Termurah



Mungkin itu bahasa yang muncul setelah anda membaca artikel ini. Sekolah ini namanya SMA PGRI Gabuswetan terletak di jalan PU Saradan Gabuskulon Kecamatan Gabuswetan Kabupaten Indramayu Jawa Barat.


Bagaimana tidak sekolah ini hanya memungut biaya sebesar Rp.65.000,-/semester persiswa. Itupun jika orang tuanya mampu, jika tidak mampu maka pihak sekolah membebaskan biaya tersebut. Biaya tersebut digunakan untuk biaya administrasi untuk UTS (Ujian Tengah Semester) sebesar Rp. 15.000,- dan Rp.50.000,- untuk UAS (Ujian Akhir Semester).


Sekolah ini sempat tidak ada murid karena banyak SMA/SMK baru sekitar wilayah Gabuswetan. Tetapi pada tahun ajaran 2007/2008 mulai menerima siswa kembali. Kebanyakan siswa dan siswinya dari kalangan ekonomi lemah dan penghasilan orang tua yang pas-pasan.


Sekolah ini tidak mengharuskan siswanya memakai seragam sekolah seperti layaknya. Karena banyak orang tua siswanya hidup dibawah garis kemiskinan. Bahkan banyak siswa dan siswinya menggunakan baju bekas dari siswa dan siswi sekolah lain yang sudah lulus SMA. Atau memakai baju bekas SMP kemudian mengganti logo sekolahnya saja.


Mulanya sekolah ini dikelola oleh Drs. Wanudin. Karena masa jabatannya berakhir pada pertengahan tahun 2009 maka kedudukannya digantikan oleh Kasnali, S.Pd. Berkat kegigihan dan kesabarannya ini sekolah ini kembali berbenah. Walaupun dengan dana pas-pasan yang hanya mengandalkan dana BOP (Biaya Operasional Pendidikan) dari Propinsi Jawa Barat dan Kabupaten Indramayu.


Menurut tata usahanya Mukhamad Soleh pada awal mulanya sekolah ini menerapkan sistem “Gorol” untuk penggajian kepada guru-gurunya alias guru tidak digaji sepeserpun hanya dengan keikhlasan para pengajarnya yang dengan suka rela mendidik siswa-siswinya menjadi manusia yang berguna bagi nusa bangsa serta agama.


Sekolah Termurah
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon