May 22, 2014

Tips Menghasilkan Foto & Video Terbaik Menggunakan Tablet

Tips Menghasilkan Foto & Video Terbaik Menggunakan Tablet

(Mengambil gambar dengan tablet)

Sekarang banyak sekali tablet yang bermunculan, baik dari produsen lokal maupun internasional. Fitur yang dibenamkan di dalam tablet pun beragam dari sekedar membuka internet, bermain game bahkan kamera yang menggunakannya untuk mengambil atau mengabadikan momen menarik melalui foto atau video. 


Banyak tablet sudah dilengkapi dengan spesifikasi kamera yang mumpuni. Sehingga hasil yang didapat tidak kalah dengan kamera digital. Tapi karena bodinya yang lebar membuat sebagian orang, terutama tangan orang Asia yang lebih kecil agak sulit untuk menggenggam tablet tersebut sehingga foto yang dihasilkan kurang maksimal. 


Untuk mengatasi hal tersebut, berikut tips untuk menghasilkan foto dan video terbaik menggunakan kamera tablet

  1. Usahakan Untuk Tetap Stabil Saat Mengambil Gambar. Tidak seperti kamera digital atau kamera smartphone kelas premium, kebanyakan kamera tablet tidak dilengkapi dengan fitur IOS (image optical stabilization) untuk mengkompensasi gerakan. Sehingga jika Anda membidik foto tersebut dalam kondisi cahaya yang rendah, foto yang dihasilkan akan terlihat blur. Begitu pula pada saat merekam video. Selain ukuran tablet umumnya lebih besar dari kamera atau smartphone dan tidak memiliki handgrip, membuatnya sulit untuk tetap stabil. Oleh karena itu Anda harus memegang tablet dengan kedua tangan, sekaligus menyandarkan siku ke perut Anda. langkah ini akan membantu tablet tetap stabil dan mengurangi pergerakan. 
  2. Hindari Penggunaan Zoom. Salah satu kesalahan paling umum saat orang menggunakan tablet untuk memotret atau merekam video adalah dengan menggunakan fitur zoom untuk memperoleh gambar yang lebih jelas. Padahal kamera tablet hanya dilengkapi zoom digital. Zoom gambar yang diperbesar secara digital dapat mengurangi kualitas gambar sehingga tampilan akhirnya terlihat pecah. Anda disarankan untuk tidak mengambil foto dengan zoom, lebih baik crop hasil foto yang diinginkan dengan software editing gambar atau aplikasi mobile. Hal yang sama juga perlu dilakukan saat merekam video, terlebih degradasi video lebih besar ketimbang foto. 
  3. Gunakan Tablet Yang Memiliki Ukuran 7 Inci. Jika Anda berencana untuk mengambil banyak foto dan merekam video dengan tablet, cobalah untuk memilih model yang lebih kecil. Misalnya tablet berukuran 7 atau 8 inci, bukan ukuran di atas 8 inci. Pasalnya, dimensi bodi perangkat yang lebih kecil, lebih mudah untuk distabilkan sehingga bisa memperoleh foto yang jauh lebih baik. 
  4. Gunakan Aksesoris Tambahan. Jika Anda tetap untuk mengambil foto dan video dengan tablet, pertimbangkan untuk mencari aksesoris yang dapat meningkatkan kualitas foto. Seperti Sony yang memperkenalkan dua lensa nirkabel yakni Cybershot DSC-QX10 dan Cybershot DSC-QX100 yang dapat terhubung dengan tablet Anda. Keduanya bisa dibilang sebagai kamera digital tanpa layar berdesain lensa karena di dalamnya terbenam sensor berkualitas tinggi. Bahkan dilengkapi fitur optical image stabilization dan optical zoom. Aksesori lain yang mungkin bisa membantu Anda adalah tripod dan mount.
  5. Jangan Mengandalkan Flash. Pada umumnya kamera pada tablet tidak dilengkapi flash. Tapi setahun belakangan ini banyak tablet kelas premium yang menambahkan flash, terutama beberapa model baru dari Samsung. Tetapi, flash yang disematkan tidak seperti yang ada pada kamera saku digital. Cahaya yang dipantulkan sangat lemah dan jangkaunnya pun kurang luas. Saat ingin membidik obyek yang dituju, lebih baik Anda mencari lokasi dengan kondisi pencahayaan yang cukup terang sehingga gambar yang dihasilkan lebih optimal. 
Tips Menghasilkan Foto & Video Terbaik Menggunakan Tablet
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon