Aug 11, 2014

Tips Aman Menjaga Password Dari Cracker

Tips Aman Menjaga Password Dari Cracker

(Tips aman menjaga password)
Dalam seminggu terakhir, dunia maya dihebohkan dengan kabar bahwa sekelompok cracker (peretas) yang berasal dari Rusia, cracker ini berhasil mencuri lebih dari satu miliar kombinasi password dan username serta 500 alamat email. Salah satunya mungkin Anda lah yang menjadi korbannya. 


Sebelum menjelaskan apa yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari cracker, perlu diketahui apa sebenarnya yang dicari oleh Peretas dengan mencuri password dan alamat email Anda. 


Menurut Hold Security, pihak yang mengungkap kasus peretasan ini, kelompok Peretas tersebut diperkirakan menjual alamat alamat email hasil curiannya ke perusahaan-perusahaan pembuat spam. 

Untuk berjaga-jaga, sebaiknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar terhindar dari yang namanya pencurian data oleh cracker. Berikut tips aman menjaga password dari cracker

  1. Anda segera mengubah password email dan akun-akun di Internet, karena spammer dapat menggunakan email Anda dan mengirim email palsu ke rekan atau keluarga Anda untuk meminta uang atau menawarkan produk atau jasa. 
  2. Hati-hati dalam memilih password. Jangan jadikan tanggal ulang tahun atau tanggal penting lainnya sebagai password. Ada baiknya memilih password yang mengandung kombinasi huruf dan angka namun tetap dapat diingat oleh Anda. 
  3. Jangan menggunakan password yang sama. Anda disarankan agar tidak menggunakan password yang sama untuk beberapa akun. Karena jika satu akun bisa diketahui maka akun lain pun bisa dibaca oleh para peretas. 
  4. Jangan berikan username dan password kepada orang lain. Sering kali kita memberikan username dan password kepada orang lain, walaupun itu saudara, keluarga atau orang terdekat. Padahal ada beberapa kasus dari orang-orang inilah mereka bisa mengobrak-abrik akun kita. 
  5. Gunakan software pengingat password. Agar memudahkan Anda mengingat password, sebaiknya menggunakan software seperti 1Password dan Lastpass dapat bermanfaat untuk membantu Anda membuat password dan menyimpannya agar dapat Anda lihat ketika hendak log in. Mudah-mudahan tips ini bermanfaat. 
Sumber
Tips Aman Menjaga Password Dari Cracker
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon