Mar 14, 2016

Jangan Dulu Update Android N Sekarang

Jangan Dulu Update Android N Sekarang

Android N

Google membuat kejutan kepada pengguna dan komunitas Android dengan mengeluarkan Android N lebih cepat dari yang diperkiraan. Meskipun masih berupa versi beta, tetapi Android N sudah bisa diunduh dan dipasang di beberapa smartphone seri Nexus untuk diujicoba. 

Mengingat Android N yang disediakan masih berupa versi beta, maka Google sudah memperingatkan penggunanya masih ada bug di sana-sini. Masalah utama yang ditemukan adalah ketidakmampuan untuk melakukan flashing karena bootloader belum di-unlock. 

Masalah tersebut sebenarnya tidak perlu terjadi jika pengguna Nexus mengaktifkan boot unlocked dari Developer options sebelum melakukan flashing. Tetapi jika sudah terlanjur melakukan flashing dan tidak berhasil maka akan terjadi soft bricking. Beruntung, hal tersebut dapat diatasi dengan cara melakukan sideload OTA (Over The Air).

Seperti kita ketahui bahwa OTA (Over The Air) adalah pengaturan atau pengaktifan suatu layanan yang dilakukan secara otomatis melalui operator seluler yang kita gunakan atau tanpa melalui kabel. Google telah memberikan petunjuk bagaimana caranya melakukan sideload atas OTA di bootloader yang terkunci. 

Setelah mengunduh image untuk update, pengguna harus melakukan reboot sehingga masuk ke recovery dan menghubungkan smartphone tersebut ke komputer. Setelah itu pengguna Nexus perlu memakai ADB (Android Debug Bridge) untuk memasukkan OTA secara manual dengan mengetikkan perintah di prompt. 

Google Android N memiliki berbagai fitur baru yang menarik. Selain split screen, ada juga notifikasi yang lebih canggih, mode malam, hingga kemudahan mengubah ukuran DPI di layar sehingga nyaman untuk dibaca. 

Jangan Dulu Update Android N Sekarang
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon