Aug 20, 2016

Universitas Ini Kembangkan Robot Ulat Mini

Universitas Ini Kembangkan Robot Ulat Mini

Robot Ulat Mini (Foto Engadget)

Robot-robot berukuran besar memang sudah tidak aneh dan banyak dibuat oleh berbagai perusahaan ternama dunia. Tetapi untuk robot-robot berukuran kecil hanya beberapa perusahaan yang membuatnya untuk berbagai kepentingan tertentu. 


Sulitnya membuat robot kecil karena memerlukan komponen yang sama sekali berbeda dengan komponen robot berukuran besar pada umumnya. Bagian tersulit adalah untuk menggerakkan bagian penggeraknya seperti kaki atau yang lainnya. 


Sebuah tim peneliti dari Fakultas Fisika di Universitas Warsawa, berhasil menciptakan micromesin berukuran hanya 15 milimeter yang hanya membutuhkan cahaya untuk bisa menggerakannya. Microrobot tersebut terbuat dari Liquid Crystalline Elastomers (LCEs), bahan pintar yang berubah bentuk saat terkena cahaya. Di bawah sumber cahaya, tubuh robot tersebut seperti bergerak seperti ulat yang memiliki bentuk gelombang untuk mendorong ke depan. 

Para peneliti mengatakan robot ulat ini bisa memanjat lereng yang curam, menekan ke ruang sangat kecil dan mengangkat objek yang berukuran sepuluh kali ukurannya. Sebuah mesin kecil seperti ini yang dapat beroperasi di lingkungan yang menantang dapat digunakan untuk penelitian ilmiah, dan bahkan menjadi spionase jika seseorang dapat menemukan cara untuk melampirkan kamera atau microfon. 

Tetapi robot ini terlalu kecil untuk memasukkan berbagai aplikasi tertentu, peneliti saat ini sedang berusaha mengadopsi metode untuk membuat robot yang sedikit lebih besar sehingga bisa dipasang berbagai aplikasi seperti kamera dan microfon atau yang lainnya seperti dikutip dari Engadget (20/08/2016).
Universitas Ini Kembangkan Robot Ulat Mini
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon