Zenfone Max Pro M1 Smartphone Gaming Sesungguhnya

Selasa, 13 November 2018
Bermain game menggunakan ASUS Zenfone Max Pro M1

Smartphone atau telepon pintar kini sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang, apalagi para milenial yang hobinya menonton film atau video di Youtube, membuat Insta Story, atau hobi bermain game dengan menggunakan smartphone.

Bahkan smartphone yang sekarang dicari adalah bukan hanya sekedar yang bisa internetan, kameranya bagus, tetapi mereka akan mencari smartphone yang bisa diandalkan untuk bermain game terutama game-game dengan grafis yang berat.

Smartphone dengan layar Full View dan baterai berkapasitas besar

Banyak smartphone kelas menengah ke bawah yang bisa digunakan untuk bermain game tetapi hanya ada beberapa smartphone saja yang bisa digunakan untuk bermain game-game berat. Terlebih lagi mencari smartphone yang memiliki performa mumpuni dengan harga yang terjangkau. 

Beruntung sekarang ada produsen smartphone ASUS Indonesia yang telah meluncurkan smartphone terbarunya dengan spesifikasi dengan performa yang mumpuni, layarnya FullView, dan baterainya besar sehingga bisa memenuhi semua keinginan para gamer, berikut beberapa alasan memiliki ASUS Zenfone Max Pro M1 :


Tampilan
Setiap orang bisanya tertarik dengan tampilannya terlebih dahulu sebelum melihat isi atau dalemannya. Dan smartphone ASUS Zenfone Max Pro M1 memiliki tampilan dengan desain yang menawan, ergonomis dan juga elegan.

Smartphone ini memiliki bodi yang terbuat dari bahan metal sehingga terlihat lebih kokoh. Apalagi smartphone ini sudah menggunakan teknik curved display 2.5D sehingga terlihat lebih berkelas seperti smartphone-smartphone kelas premium.

Port bagian bawah ASUS Zenfone Max Pro M1

Terlebih lagi, bezel kanan dan kiri smartphone ini terlihat lebih tipis, serta pada bagian ujung-ujungnya dibuat melengkung sehingga nyaman di genggaman dan juga saat disimpan di saku celana atau yang lainnya. Smartphone ini hanya memiliki berat 180 gram dan dengan memiliki dimensi 159 x 76 x 8.46 mm.

Tombol Volume dan Power pada ASUS Zenfone Max Pro M1

Tombol-tombol yang ada di sebelah kanan layar smartphone ASUS Zenfone Max Pro M1 berupa tombol volume untuk membesarkan dan mengecilkan suara, serta tombol Power ON/OFF untuk menyalakan dan mematikan smartphone.

Microphone pada bagian atas Zenfone Max Pro M1

Sementara itu pada bagian sebelah kiri terdapat port untuk SIM-Card dan Micro USB 2.0. Pada bagian bawah terdapat port Jack Audio 3.5mm, grill speaker, charger konektor dan microphone. Sedangkan pada bagian atas terdapat microphone.  


Layar
Biasanya para penggemar game menginginkan smartphone dengan layar yang lebar agar nyaman saat digunakan. Tidak hanya itu layar yang besar juga dapat untuk digunakan berbagai keperluan seperti menonton video, membaca e-book, atau berselancar di dunia maya.

Layar smartphone Zenfone Max Pro M1 memiliki ukuran 5,99 inci dengan menggunakan layar infinity display atau Fullview dengan aspek rasio 18:9 yang menjadi pilihan smartphone-smartphone kelas flagship, tetapi ini disematkan pada smartphone kelas menengah.

Performa Zenfone Max Pro M1
Panel layar dari smartphone Zenfone Max Pro M1 ini sangat responsif termasuk ketika disentuh dengan 10 points multi-touch. Cukup sekali sentuh, maka aplikasi yang ingin dibuka langsung  terbuka dengan cepat.

Untuk pengoperasian layar bisa menggunakan dengan menggunakan satu tangan tetap tetap terasa nyaman. Layarnya mampu menyesuaikan pencahayaan dengan kondisi di sekitar. Anda bisa mengaktifkan pengaturan auto brightness untuk mengaktifkannya. Pengguna juga dapat mengatur kecerahan layar di menu setting ataupun notification tray.

Performa Menawan
ASUS ZenFone Max Pro M1 menggunakan prosesor Snadragon 636 dan kebetulan smartphone yang saya gunakan adalah Zenfone Max Pro M1 dengan RAM 6GB dan memori internal 64GB. Sebenarnya ada varian RAM 3GB dengan memori internal 32GB dan RAM 4GB dengan memori internal 64GB. Dengan RAM 6GB dan memori internal 64GB bermain game apapun tetap lancar jaya tanpa ada jeda.

Skor Antutu Zenfone Max Pro M1

Apalagi smartphone ini memiliki kemampuan jaringan yang baik, sehingga pengguna akan nyaman saat memainkan game-game online yang membutuhkan akses internet dan grafis yang tinggi. Untuk menguji performanya, saya melakukan sejumlah tes seperti uji Benchmark, dan Antutu.

Skor Geekbench Zenfone Max Pro M1

Begitu juga penyimpanannya yang besar akan membantu pengguna saat memainkan game dengan memori yang besar seperti PUBG, Lineage 2 Revolution, AoV (Arena of Valor), Mobile Legends dan lain-lain. Hasilnya sangat mulus, tidak ada lag ataupun grafis yang patah-patah.

Main AoV di Zenfone Max Pro M1

Bagi para gamers menggunakan Zenfone Max Pro M1 bisa cepat naik level berbagai permainan games. Tidak butuh waktu lama untuk menaklukkan musuh-musuh atau menaklukkan tantang dari level ke levelnya.
Main game PUBG di Zenfone Max Pro M1

Maka tidak heran jika banyak penggemar game menyebut ASUS Zenfone Max Pro M1 sebagai Smartphone Limitless Gaming dengan harga terjangkau yang memiliki kemampuan baterai tahan lama. 

Main game Lineage 2 Revolution di Zenfone Max Pro M1

Ditambah lagi smartphone ini sudah menggunakan sistem operasi Android 8.0 Pure yang mampu berjalan dengan cepat dengan menghasilkan performa yang lebih. Smartphone ini dipastikan akan mendapatkan update Android 9.0 atau Pie.

Smartphone ini tidak hanya bisa digunakan untuk bermain game tetapi juga sangat lancar saat digunakan untuk membuka berbagai aplikasi produktivitas, media sosial dan juga hiburan. 


Baterai Besar 
Bagi penggemar game, memiliki smartphone dengan kapasitas yang besar adalah impian para gamers. Pasalnya mereka bisa berlama-lama saat digunakan untuk bermain game atau saat digunakan untuk bepergian dalam jangka waktu yang lama. 

ZenFone Max Pro M1 mempunyai baterai dengan kapasitas besar untuk sebuah smartphone yakni 5.000 mAh. Untuk pengisian ulang baterai secara normal, smartphone ini membutuhkan waktu 3 jam untuk terisi hingga penuh dari kondisi bateri 15%.  


Kamera Belakang 
ASUS Zenfone Max Pro M1 memiliki kamera belakang ganda dengan posisi vertical pada bagian sisi. Kamera paling atas sebagai kamera belakang utama memiliki resolusi 16MP, dengan bukaan lensa f/2.0 dan kamera keduanya memiliki sensor 8MP yang memiliki fungsi untuk foto bokeh. 

Fitur kamera belakangnya memiliki kemampuan pengaturan otomatis, HDR, potret, lansekap, olahraga, bunga, cahaya belajar, cahaya lilin, terbenam, malam, pantai dan salju sehingga pengguna bisa mengatur agar mendapatkan hasil gambar yang maksimal. 

Hasil Zoom 8x ASUS Zenfone Max Pro M1

Kamera belakangnya dilengkapi dengan phase detection auto focus dan LED flash untuk kondisi minim cahaya. Menariknya Zenfone Max Pro M1 memiliki kemampuan Zoom hingga 8x sehingga pengguna bisa mengambil gambar yang jauh sekalipun.

Kamera belakang Zenfone Max Pro M1 memiliki kemampuan pengambilan video yang bisa dibilang keren pasalnya setelah diujicoba untuk mengambil gambar dengan 8x zoom, hasil gambar videonya tidak pecah dan tetap terlihat jelas seperti menggunakan aksesoris atau kamera DSLR.


Selain itu terdapat beberapa mode pengambilan gambarnya, ada mode Mono, Sephia, Negatif, Solarisasi, Posterisasi, Aqua, Embos, Sketsa, dan Neon. Ini sangat membantu bagi Anda yang ingin mendapatkan video yang berbeda dari smartphone pada umumnya. 

Kamera Depan 
ZenFone Max Pro M1 untuk RAM 6GB dan memori 64GB menggunakan kamera depan 16MP tapi kameranya tidak lagi menggunakan fitur-fitur yang biasa ada pada PixelMaster Camera melainkan menggantinya dengan Snapdragon Camera begitu juga dengan User Interface-nya.

Foto Auto (Kiri) dan Bokeh (Kanan) dengan Zenfone Max Pro M1

Snapdragon camera sendiri memiliki banyak fitur yang lazim Anda temukan pada smartphone-smartphone lainya. Kamera depannya sudah dilengkapi dengan fitur Beauty, Auto, Selfie Panorama dan GIF Animation. Sehingga hasil foto dari kamera depannya bisa diandalkan saat diunggah ke media sosial.

Beberapa beberapa fitur dan hasil fotonya adalah sebagai berikut : 

Mode Auto 
Setiap kamera smartphone biasanya memiliki pengaturan Auto mode atau mode otomatis. Fungsi fitur ini tentu saja dimaksudkan agar pengguna yang tidak ingin direpotkan dengan berbagai macam setting atau pengaturan manual pada kamera, sehingga bisa langsung menggunakan otomatis saat hendak memotret. 

Kamera yang dimiliki oleh ZenFone Max M1 tidak kalah dengan smartphone lain, walaupun smartphone ini memiliki tipikal warna bawaan yang memang lebih gelap, tetapi karakter warna yang gelap tersebut, disatu sisi memberikan nilai positif yakni gambar yang diproduksi menjadi lebih tajam dan minim noise. Berikut foto-foto pengaturan dengan Mode Auto :

Foto donat dengan Zenfone Max Pro M1
Foto makanan dengan mode auto dari Zenfone Max Pro M1

HDR 
Mode High Dinamic Range atau yang biasa dikenal dengan istilah HDR, tentu sudah tidak asing lagi ditelinga Anda bukan. Secara gampang HDR adalah fitur atau mode dimana kamu bisa menyeimbangkan warna foto yang kamu hasilkan baik di background maupun foreground, sehingga memiliki rentang warna dinamis yang lebih baik.

Foto mobil-mobilan menggunakan pengaturan kamera HDR

HDR membuat foto yang terlalu gelap atau terlalu terang menjadi seimbang warna. Sehingga tidak ada foto yang terlalu siluet atau over exposure.

Potrait Mode (Bokeh) 
Salah satu mode yang menarik di Zenfone Max Pro M1 adalah mode Potrait atau Bokeh. Fitur ini sudah menjadi fitur wajib bagi penggemar fotografi agar mendapatkan hasil foto yang diinginkan lebih dominan dibandingkan dengan latar belakangnya.

Foto Bokeh menggunakan Zenfone Max Pro M1

Fitur bokeh kini tidak lagi harus menggunakan kamera profesional tetapi cukup menggunakan kamera Zenfone Max Pro M1 karena hasilnya sudah menyerupai jepretan kamera profesional hanya dengan menggunakan mode potret atau bokeh.

Flower Mode (Mode Bunga) 
Mode ini adalah teknik untuk membuat ZenFone Max Pro M1 mampu menangkap foto macro dengan baik. Anda bisa membidik objek-objek kecil seperti bunga, serangga, tanaman, yang memang membutuhkan detail yang tajam saat untuk dapat dilihat dengan baik. Berikut hasil fotonya :
Mode Bunga dengan Zenfone Max Pro M1

Fitur-fitur menarik di ASUS Zenfone Max Pro M1 : 


3 Slot di ASUS Zenfone Max Pro M1

Triple Slot SIM Card
Zenfone Max Pro M1 memiliki dual Nano-SIM dan 1 slot untuk MicroSD, dengan fitur ini tentu sangat cocok bagi pengguna smartphone yang memiliki kartu SIM lebih dari satu, dan bisa digunakan untuk menambah memori ekternal menggunakan MicroSD hingga 256GB.

Sensor sidik jari pada ASUS Zenfone Max Pro M1

Sensor Sidik Jari
Untuk urusan keamanan, Zenfone Max Pro M1 sudah dilengkapi dengan fingerprint scanner atau sensor sidik jari yang ditempatkan di bagian belakang. Dengan menggunakan sensor sidik jari, pengguna Zenfone Max Pro M1 tidak takut lagi dengan data yang hilang atau diganggu oleh orang yang tidak bertanggung jawab karena tidak bisa dibuka. Untuk membuka menggunakan sensor sidik jari hanya membutuhkan waktu 0,3 detik saja.

Face Unlock pada Zenfone Max Pro M1

Sensor Face Unlock
Selain menggunakan sensor sidik jari, Zenfone Max Pro M1 sudah dilengkapi dengan sensor face unlock. Fitur ini tentu akan membantu pengguna untuk menjaga keamanan dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

 


Cara penggunaannya sensor face unlock juga sangat mudah dan untuk membuka smartphone dengan menggunakan fitur tersebut terbilang cepat dan responsif asalkan posisi wajahnya menghadap ke layar dengan tepat.

Zenfone Max Pro M1 langsung terhubung ke laptop 

Konektivitas
Asus Zenfone Max Pro M1 sudah mendukung jaringan 4G LTE selain itu masih mendukung jaringan 3G dan 2G. Konektivitas lain yang disematkan pada smartphone ini adalah Wi-Fi 802.11 b/g/n 2.4GHz, Bluetooth 5.0 dan Wi-Fi direct.

Saya mencoba mentransfer file dengan menggunakan aplikasi Share-it smartphone ini mampu mengenali perangkat lain dengan cepat. Begitu pula saat transfer menggunakan kabel USB ke PC ataupun notebook cukup cepat.

Cast Screen Zenfone Max Pro M1

Cast Screen
Bagi Anda yang hobi bermain game atau menonton video Youtube dengan layar yang lebih besar seperti di televisi, dengan menggunakan smartphone ASUS Zenfone Max Pro M1 dapat dilakukan dengan mudah.

Caranya hanya dengan menarik layar dari atas ke bawah pada Zenfone Max Pro M1 kemudian cari Ikon dan tulisan Cast kemudian tekan. Smart TV yang Anda miliki akan langsung terhubung dengan smartphone Zenfone Max Pro M1. Fitur ini juga sangat menarik untuk yang biasa menggunakan layar televisi untuk presentasi. 

Booting yang lebih cepat
Bagi pengguna smartphone, booting awal yang cepat sangat membantu siapapun termasuk agar bisa menggunakan smartphone dengan cepat dan Zenfone Max Pro M1 hanya membutuhkan waktu sekitar 25 detik.

Apalagi smartphone ini menggunakan sistem operasi Android Oreo yang diklaim oleh Google merupakan salah satu sistem operasi yang sangat powerfull dan efisien. Bahkan, OS ini memiliki kecepatan booting 2x lipat lebih cepat dibandingkan OS generasi sebelumnya.



Saya sendiri menggunakan ASUS Zenfone Max Pro M1 untuk menjalankan game online seperti PUBG, AoV, Mobile Legend dan lain-lain, smartphone tidak cepat panas dan bertahan lama karena kapasitasnya besar.

Smartphone ASUS Zenfone Max Pro M1 ini sangat tangguh saat bermain game berat apapun maka tidak heran jika smartphone ini diberi nama "Limitless Gaming" Karena performa CPU dan GPU yang sangat mumpuni untuk bermain game dan baterainya tidak ada matinya.

Selain itu smartphone ini tetap nyaman saat digunakan untuk mengerjakan berbagai aktivitas seperti berselancar di dunia maya, menggunakan media sosial, atau aktivitas lainnya. Ditambah lagi smartphone ini dibanderol dengan harga yang terjangkau di kisaran antara 2-3 jutaan membuat smartphone ini menjadi smartphone paling dicari dan menjadi idaman para gamers di Indonesia.

Nah jika Anda penasaran dengan ASUS Zenfone Max Pro M1, berikut spesifikasi lengkap ASUS Zenfone Max Pro M1 :



23 komentar for Zenfone Max Pro M1 Smartphone Gaming Sesungguhnya :

  1. Cocok banget untuk bermain game ini mah kang, desainnya nyaman digenggam. Dan performa dapat dihandalkan. Jadi pngen meminangnya

    BalasHapus
  2. Rasanya hp asus zenfone live ku pgn aq tukar dgn ini deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ganti mba dengan hape Zenfone Max Pro M1

      Hapus
  3. Ini hengpon nya multi talent banget y mas. Hihihi bikin kepincut deh ๐Ÿ˜Ž

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget... buat game ok... buat foto-foto juga oke

      Hapus
  4. Wahh bagus ya mas.. Aku jadi kepincut gara-gara liat hasil potonya bagus bagus ituu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba kameranya keren depan dan belakang

      Hapus
  5. pas butuh hape nih,bisa dikirim ke Malang ya Kang... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa tinggal pesan aja di toko online hehehe

      Hapus
  6. Infonya lengkap. Terima kasih. Jadi pengen beli. ๐Ÿ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mba mudah2an ulasan ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat

      Hapus
  7. Makasii infonya Kak, untung aku bukan gamer jadi bisa tahan diri dari Zenfone edisi ini hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bukan gamer bisa pake kameranya untuk ngambil gambar biasa atau bokeh

      Hapus
  8. Wuah, kayaknya ini HP yang dibutuhkan suamiku nih. Lengkap banget fiturnya. Cocok buat gamer pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba ayo Zenfone Max Pro M1 bisa jadi pilihan buat para penggemar games

      Hapus
  9. Layarnya yang lebar dan batrerai besar bikin asyik buat main game ๐Ÿ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget baterainya itu bisa tahan lama saat bermain game

      Hapus
  10. Selamat udah jadi pemenang di lomba blog Asus. Tulisannya memang super lengkap dan menginspirasi... Salam blogger

    BalasHapus
  11. rasanya tertarik untuk membali apalagi ada versi yang 6gb/64gb. terlihat dari banyaknya aplikasi game berat yang dapat dimainkan

    BalasHapus
  12. waaahhh lengkap banget reviewnya...

    BalasHapus
  13. Wah... selamat yang kang atas hadiahnya. Ulasannya juga lengkap

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam