Melihat Geliat Kampung Berseri Astra Pasirluyu Bandung

Friday, December 28, 2018
Kampung Berseri Astra Pasirluyu Bandung

Selintas kampung ini seperti kampung yang ada di daerah pada umumnya, hanya saja rumah-rumah di kampung ini terbilang padat penduduknya. Jarak antara rumah dengan rumah saling berdempetan, bahkan mayoritas tidak memiliki halaman yang luas. 

Ini bisa dimaklumi karena lokasi kampung atau kelurahan ini berada di Kota Bandung Jawa Barat. Kota yang sering menjadi tujuan wisata dari berbagai daerah di Indonesia. Dan Bandung juga memiliki banyak sebutan dari Kota Kembang, Kota Wisata, Kota Pendidikan, atau Paris van Java.

Gapura Kampung Berseri Astra Pasirluyu Bandung (Dok. Pak Yayat)

Kampung ini dikenal orang dengan nama Kampung Berseri Astra Pasirluyu. Lokasinya berada di RW.08 Kelurahan Pasirluyu Kecamatan Regol Kota Bandung. Kampung ini memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan kampung lainnya di Indonesia. Berikut ini lokasinya : 


Apa saja yang kelebihan dari Kampung Berseri Astra Pasirluyu Bandung ini?. Berikut akan saya ulas lebih mendalam : 

Pendidikan 
Kampung ini memiliki Rumah Pintar yang berada di tengah-tengah pemukiman penduduk. Tepatnya di kelurahan Pasirluyu. Rumah Pintar ini diberi nama Nurul Falah yang diresmikan langsung oleh Ibu Negara Republik Indonesia IBu Hj. Ani Bambang Yudhoyono pada tanggal 19 Mei 2014 lalu. 

Prasasti peresmian Rumah Pintar Astra Nurul Falah (Dok. Didno)

Sejak saat itu PT Astra International Tbk mulai memberikan sentuhan terhadap Rumah Pintar ini dengan memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana kepada Rumah Pintar Nurul Falah ini seperti komputer, audio visual, sarana bermain, perpustakaan, dan lain-lain melalui program CSR (Corporate Social Responsibility). Bantuan ini diberikan kepada Rumah Pintar Nurul Falah karena lokasinya berdekatan dengan Astra Biz Center Bandung yang diharuskan memberi manfaat bagi lingkungan sekitar.  

Ruang Multimedia dan Perpustakaan Rumah Pintar Astra (Dok. Didno)

Rumah Pintar Nurul Falah ini ditunjuk sebagai KBA (Kampung Berseri Astra) dalam bidang pendidikan. KBA sendiri merupakan salah satu program CSR Astra yang diimplementasikan dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program yakni Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan. 

Kegiatan KBM di Rumah Pintar Nurul Falah (Dok. Pak Yayat)

Rumah Pintar Nurul Falah di Kelurahan Pasirluyu Kecamatan Regol Bandung ini, sejak awal konsen pada Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD dan TK (Taman Kanak-kanak) yakni anak usia dari 3-6 tahun. Hingga kini sudah ada sekitar 120 peserta didik PAUD dan TK yang ada di Rumah Pintar Nurul Falah ini. 

Kegiatan Madrasah di Rumah Pintar Nurul Falah

Waktu belajar PAUD dan TK di Rumah Pintar Nurul Falah ini dari Senin sampai Jumat mulai pukul 07.30 - 12.00. Besarnya animo masyarakat dari kelurahan Pasirluyu ini dikarenakan fasilitasnya lebih lengkap, dan kurikulum yang relevan dibanding TK dan PAUD yang ada di lingkungan sekitarnya. 

Salah satu ruang kelas di Rumah Pintar Astra Nurul Falah (Dok. Didno)

Rumah pintar ini, tidak hanya menyelenggarakan Pendidikan untuk Anak Usia Dini dan Taman Kanak-kanak saja tetapi ada juga madrasah. Waktu belajarnya mulainya dari jam 4 sore hingga jam 8 malam. Kegiatan ini menyasar anak-anak usia SD hingga SMP, ada juga pesertanya anak SMA dan kelompok remaja yang nantinya akan dilatih untuk menjadi relawan di Rumah Pintar. 

Peralatan multimedia dan alat peraga bantuan dari Astra (Dok. Didno)

Setiap hari Sabtu dan Minggu, Rumah Pintar ini digunakan untuk kegiatan umum seperti pelatihan komputer, membaca buku, hingga les private seperti matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan lain-lain. Kegiatan ini sifatnya sosial maka peserta didik ini tidak dipungut biaya sepeserpun. Pendidik dari kegiatan ini adalah guru-guru PAUD /TK serta relawan. 

Saran bermain di Rumah Pintar Nurul Falah Pasirluyu (Dok. Didno)
Tidak hanya itu di Rumah Pintar ini juga sering mengadakan kegiatan pembinaan keagamaan kepada remaja yang biasanya dilakukan dua bulan sekali. Hal ini dilakukan mengingat perilaku remaja zaman sekarang yang lebih menyukai gadget serta tantangannya lebih berat karena banyaknya persoalan seperti penyalahgunaan narkoba, tawuran dan pergaulan bebas.

Kegiatan Remaja di Rumah Pintar Nurul Falah Pasirluyu

PT. Astra Internasional juga rutin memberikan bantuan pendidikan kepada pelajar dan mahasiswa dari Pasirluyu berupa biaya pendidikan sebesar Rp.480 Ribu untuk SD, Rp.650 Ribu untuk SMP, Rp.750 Ribu untuk SMA/SMK dan Rp.1,25 Juta per semester untuk perguruan tinggi. Sampai saat ini sudah ada 105 pelajar dan mahasiswa Kelurahan Pasirluyu yang mendapatkan bantuan pendidikan dari Astra.
Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Rumah Pintar Nurul Falah Pasirluyu

Kriterianya penerima bantuan pendidikan dari ASTRA adalah pelajar atau mahasiswa yang tidak mampu atau berprestasi. Pelajar yang tidak mampu yang tidak memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar) akan mendapatkan prioritas utama pembiayaan pendidikan dari ASTRA. 
Pelajar sedang belajar komputer di Rumah Pintar Astra


Setiap tahun di Rumah Pintar Nurul Falah mengadakan Olimpiade untuk tingkat PAUD, TK, SD hingga SMP. Beberapa kegiatan yang dilombakan dalam kegiatan olimpiade ini adalah lomba pidato, baca puisi, tahfidz Qur’an, lomba adzan, cerdas-cermat, lomba menggambar, mewarnai, menyusun puzzle dan lain-lain. 

Mading berbagai kegiatan Rumah Pintar Pasirluyu (Dok. Didno)
Rumah Pintar Pasirluyu ini termasuk Rumah Pintar yang sudah mandiri, kesejahteraan gurunya didapat dari dana swadaya masyarakat. Astra hanya memberikan bantuan sarana dan prasarana, sedangkan biaya operasional didapatkan dari orang tua/wali peserta didik tingkat PAUD/TK.

Sarana Komputer bantuan Astra (Dok. Didno)

Saat ini total peserta didik yang ada di Rumah Pintar Nurul Falah ada 350 peserta didik dengan jumlah Pendidik dan tutor yang ada di Rumah Pintar ini ada sekitar 20 orang dan Bapak Yayat Rustandi sebagai penanggung jawabnya. 

Pak Yayat dengan penghargaan Juara ke-2 Apresiasi Rumah Pintar Astra 2015 (Dok. Didno)

Rumah Pintar Kampung Berseri Astra Pasirluyu Bandung ini pernah mendapatkan penghargaan Juara Ke-2 Apresiasi Rumah Pintar Berprestasi Astra pada tahun 2015 yang lalu. 

Kesehatan 
Di zaman yang serba canggih dan modern ini, perilaku atau kebiasaan manusia pun berubah. Termasuk dari pola makan dan akitivitas kesehariannya. Masyarakat zaman now lebih menyukai makanan yang cepat saji dan mengkonsumsi makanan-makan berlemak atau kolesterol tinggi sehingga beresiko terhadap berbagai penyakit. 

Posyandu KBA Pasirluyu Bandung (Dok. Didno)

Selain itu banyak pasangan muda yang baru menikah atau ibu-ibu muda yang baru memiliki anak pertama yang belum memahami cara-cara merawat bayi sehingga program kesehatan untuk masyarakat khususnya pasangan atau ibu muda juga perlu dilakukan. 

Tidak hanya itu banyak pula ibu-ibu yang belum mengetahui masalah penyakit menular dan tidak menular seperti hipertensi, obesitas dan penyakit jantung sehingga diperlukan penyuluhan kepada masyarakat melalui program kesehatan tersebut agar mereka bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Posyandu yang sering digunakan untuk kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan bayi (Dok. Didno)

Di Kampung Berseri Astra Pasirluyu ini sekarang memiliki 3 Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu), dan 1 Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular). Pasangan muda, ibu-ibu dan lansia (Lanjut Usia) diberikan pelatihan, peningkatan skill/ketrampilan, pelatihan kader, dan pemberian bantuan berupa alat-alat kesehatan seperti alat untuk mengukur gula darah, tensi darah, timbangan badan dan lain-lain. 

Kegiatan Posyandu di KBA Pasirluyu Bandung

Kegiatan Posyandu di Kampung Berseri Astra Pasirluyu ini dilakukan sebulan sekali setiap minggu kedua setiap bulannya. Sasarannya tidak hanya ibu-ibu yang memiliki balita (anak bawah lima tahun), tetapi juga bagi ibu-ibu yang ingin memeriksa kesehatannya, tensi darah, atau gula darahnya bisa dilakukan di Posyandu atau Posbindu PTM.

Penyuluhan Posbindu PTM

Kelebihan dari Posyandu di Kelurahan Pasirluyu ini adalah adanya layanan pijat balita. Jadi Posyandu di tempat ini tidak hanya untuk menimbang dan pemeriksaan bayi saja tetapi ada pemijatan bayi. Hal ini tentu sangat bermanfaat terutama bagi ibu-ibu yang belum mengetahui cara pemijatan bayi yang baik dan benar. 

Setiap kegiatan penyuluhan kesehatan di Posyandu selalu didampingi oleh tim ahli kesehatan dari ASTRA. Kader Penyuluh kesehatan di Posyandu dan Posbindu di Kelurahan Pasirluyu ini sebelumnya sudah mengikuti kegiatan pelatihan tenaga penyuluh kesehatan dari Astra. Kegiatan pelatihan tersebut ada yang dilakukan di Bandung ada juga di kota lain seperti Jakarta.

Posbindu PTM di Kampung Berseri Astra Pasirluyu Bandung

Beberapa kali kader penyuluh kesehatan dari Kampung Berseri Astra Pasirluyu masuk nominasi apresiasi Astra dan pada tahun 2018 kader kesehatan KBA Pasirluyu meraih nominasi 5 besar apresiasi kader kesehatan Astra 2018 lalu yang dilangsungkan di Bali.

Lingkungan 
Kampung Berseri Astra Pasirluyu Bandung ini terdapat di RW 08 Kelurahan Pasirluyu. Di dalamnya terdapat 13 RT (Rukun Tetangga) dengan jumlah ekitar 1200 kepala keluarga. Pada tahap awal memang agak kesulitan untuk mengubah mindset atau pola pikir dan perilakukan warganya termasuk dalam hal lingkungan.

Menanam sayuran melalui sistem vertikultur 

Para kader lingkungan yang melakukan penyuluhan kepada warga diantaranya adalah dengan melakukan program lingkungan yakni dengan menanam tanaman hias secara vertikal di sekitar rumahnya tapi sayang karena dilakukan pada saat musim kemarau jadi sebagian besar tanamannya mati. 

Kemudian pada tahun 2018 ini masyarakat Pasirluyu diajak berkebun menanam sayur-sayuran salah satunya adalah di RT 10 dengan menggunakan sistem vertikultur. Mereka menanam sayuran di lahan kosong atau pekarangan rumahnya masing-masing.

Kegiatan bersih-bersih warga kelurahan Pasirluyu

Selain melakukan penanaman tanaman hias dan sayuran, Kampung Berseri Astra juga melakukan penanangan masalah sampah. Setiap hari sampah yang dihasilkan dari warga satu RW saja mencapai satu truk mobil sampah. 

Memang masih ada kendala dalam melakukan penanganan sampah karena pola pikir warga yang menganggap sampah itu belum ada nilainya. Padahal sampah tersebut kalau dipilah-pilah antara sampah organik dan non organik bisa menghasilkan. Sampah plastik yang bisa didaur ulang atau diolah menjadi barang-barang bernilai seni bisa menghasilkan uang bagi warganya.

Lingkungan di sekitar kelurahan Pasirluyu Bandung

Rencananya pada tahun 2019 ini kader penyuluh lingkungan akan memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada warga untuk menanam sayuran menggunakan sistem hidroponik atau sistem lain yang diinginkan oleh masyarakat. Serta bagaimana cara menangani sampah yang ada di kelurahan Pasirluyu Kecamatan Regol Kota Bandung ini. 

Kewirausahaan 
UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah kini terus digalakkan oleh pemerintah. Mengingat usaha ini tahan terhadap gejolak ekonomi global. Salah satu usaha yang dilakukan oleh kelompok pemuda di Kampung Berseri Astra Pasirluyu adalah usaha Laundry atau Binatu. 

Laundry Binaan Astra

Pada tahap awal, Astra memberikan bantuan berupa dua buah mesin cuci untuk berwirausaha kepada kelompok pemuda Kelurahan Pasirluyu. Pesanan laundry pada tahap awal hanya menerima laundry-an pakaian pekerja bengkel Astra saja. 

Tetapi lama kelamaan karena banyak warga yang memiliki kos-kosan maka usahanya semakin berkembang. Kini usaha laundry atau binatunya tidak bisa dilakukan dengan dua mesin cuci tersebut tetapi dibantu oleh warga sekitar lokasi Laundry. 

Pembuatan Kue Kering di KBA Pasirluuyu

Selain jasa Laundry, KBA Pasirluyu sebenarnya pernah mengadakan pelatihan membuat kue kering, reparasi ponsel, sablonan gelas dan asbak, membuat kreasi dari barang bekas meski hasilnya memang belum sesuai dengan yang diinginkan. 

Saat ini Kampung Berseri Astra memang masih mempunyai PR (Pekerjaan Rumah) karena ada program yang dirasa belum berhasil yakni masalah lingkungan dan UMKM. Tetapi bukan berarti KBA (Kampung Berseri Astra) Pasirluyu menyerah begitu saja tetapi mereka terus bergerak untuk mengatasi kendala tersebut.
Pembuatan sablonan mug dan asbak oleh KBA Pasirluyu 

Jika sudah berhasil dengan keempat pilar tersebut, bukan tidak mungkin Kampung Berseri Astra Pasirluyu Kecamatan Regol Bandung ini akan menjadi salah satu Kampung Wisata bagi masyarakat umum yang ingin belajar menata kampung atau desanya dengan baik. 

Program ini merupakan salah satu model kerjasama yang baik antara perusahaan dan masyarakat di Indonesia. Diharapkan dengan Program KBA (Kampung Berseri Astra) ini, masyarakat dan perusahaan bisa berkolaborasi positif untuk mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup di wilayahnya.

Didno dan Pak Yayat dari Rumah Pintar Pasirluyu (Dok. Didno)

Tidak sia-sia rasanya perjalanan jauh dari Cipanas ke Bandung mengunjungi Kampung Berseri Astra Pasirluyu Bandung ini, karena saya banyak belajar dari kegiatan yang ada di kampung ini dan mudah-mudahan menjadi inspirasi dan motivasi bagi kampung-kampung lain yang ada di Indonesia.

6 comments for Melihat Geliat Kampung Berseri Astra Pasirluyu Bandung :

  1. asri sekali suasana kampung di sana kang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya koh... saya jadi belajar bagaimana agar kampung atau desa kita lebih maju

      Delete
  2. Ulasan yang keren kang. Semoga masyarakat terbiasa dengan kebersihan dan anak-anak mendapatkan pendidikan layak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih bai... mudah-mudahan keempat pilar tersebut ditularkan kepada kampung-kampung lain di Indonesia

      Delete
  3. sekilas seperti kampung warna warni di Malang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Dzul... coba datang deh kesitu seru ngobrol sama penanggungjawabnya KBA pak Yayat

      Delete

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam