WhatsApp Batasi Teruskan Pesan atau Forward Message

Tuesday, January 22, 2019
Aplikasi WhatsApp

Masyarakat Indonesia yang melek gadget dan internet tentu tidak bisa lepas dari media sosial dan aplikasi perpesanan. Tetapi di tengah maraknya aplikasi tersebut ada yang memanfaatkan untuk hal positif tetapi tidak sedikit yang menggunakannya untuk hal-hal negatif. Salah satunya adalah maraknya penyebaran berita hoaks di media sosial dan aplikasi perpesanan. 

Apalagi tahun 2019 ini merupakan tahun politik karena ada pemilihan Presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Tingkat I, dan DPRD Tinggak II. Jika tidak ada aturan maka dikhawatirkan peredaran hoaks ini akan memecah belah persatuan bangsa.

Oleh karena itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan keseriusan pemerintah untuk membatasi penyebaran hoaks melalui media sosial, termasuk melalui platform aplikasi pesan instan seperti WhatsApp. 

Setelah melalui beberapa kali diskusi dengan penyedia layanan platform aplikasi WhatssAppp sejak September 2017, Kementerian Kominfo mendapatkan kepastian untuk membatasi pesan terusan atau forward message maksimal hanya ke lima pengguna lain. 

“Mulai tanggal 21 Januari siang waktu Los Angeles atau tanggal 22 Januari 2019 Waktu Indonesia Barat, WhatsApp akan membatasi forward hanya maksimal lima," ungkap Rudiantara usai pertemuan dengan VP Public Policy & Communications WhatsApp, Victoria Grand di Kantor Kementerian Kominfo, Senin (21/01/2018) sore, seperti dikutip dari Tribunnews.com (21/01/2019). 

Pembatasan pesan terusan ini ditujukan untuk membatasi agar konten negatif terutama hoaks tidak menjadi viral. Sejak September tahun lalu Chef Rudiantara ini sudah bicara dengan WhatsApp dan juga dengan pemimpin dari lima negara di dunia." 

Tidak hanya di Indonesia, Negara-negara lain juga mengalami masalah gara-gara pesan forward di WhatsApp. Banyak berita hoax tentang informasi gempa bumi yang keliru, tawaran pekerjaan palsu, tiket pesawat gratis, dan cerita yang menyebabkan kepanikan.

0 comments:

Post a Comment test