Kyocera VP-210 Visual Phone, Ponsel Berkamera Pertama Kali di Dunia

Saturday, June 15, 2019
Kyocera VP-210 Visual Phone, ponsel kamera pertama di dunia 

Anda mungkin salah satu pengguna kamera smartphone untuk dokumentasi hal-hal penting atau hanya untuk hiburan semata. Tetapi pernahkah Anda tahu ponsel apa yang pertama kali memiliki kamera di dunia?. 


Sebenarnya ada hal yang membingunkan karena perbedaan tentang siapa yang merilis ponsel kamera pertama di dunia. Berdasarkan informasi Wikipedia menyatakan bahwa ponsel berkamera pertama adalah Samsung SCH-V200. Namun, artikel yang sama berpendapat bahwa ponsel kamera pertama di dunia dari Sharp. 


Samsung SCH-V200

Perusahaan Jepang tersebut telah merilis J-SH04 yang dilengkapi kamera beberapa bulan setelah Samsung SCH-V200, tetapi dengan modul kamera terintegrasi. Namun, jika Anda sedikit meneliti, Anda akan menyadari bahwa sebenarnya ada telepon kamera yang dirilis bahkan sebelum kedua model ini yang terlewat oleh penulis Wikipedia.

Sekarang mari kita lihat dua model yang menurut Wikipedia sebagai ponsel kamera pertama. Samsung SCH-V200 secara resmi dirilis pada Juni 2000. Di sisi lain, Sharp J-SH04 diumumkan beberapa bulan kemudian, yakni pada November 2000. 

Sharp J-SH04

Keduanya memiliki kamera dan dapat mengambil gambar, namun ada perbedaan mendasar antara kedua model tersebut. Samsung SCH-V200 memiliki modul kamera yang terpasang di bagian belakang ponsel dengan kamera 0.35MP dan dapat menangkap 20 foto. Namun, untuk berbagi foto, Anda harus menghubungkannya ke komputer Anda. 

Sedangkan Sharp J-SH04 merupakan ponsel kamera yang disematkan di bagian belakang memiliki desain yang terintegrasi. Samsung memiliki desain setengah terintegrasi yaitu modul kamera berbagi casing dan baterai yang sama tetapi tidak terhubung ke telepon secara fungsional. Sementara Sharp J-SH04, dapat berbagi foto yang diambil dari ponsel secara langsung . Namun, patut dicatat bahwa kamera 0.11MP Sharp lebih rendah dari Samsung 0.35MP. 

Ponsel kamera pertama sebenarnya adalah besutan dari pabrikan Jepang yang berbeda, yakni Kyocera. Ponsel tersebut adalah VP-210 Visual Phone yang merupakan ponsel kamera pertama di dunia. Ponsel itu dirilis jauh sebelum dua ponsel Samsung dan Sharp, yakni pada awal tahun 1999 di Jepang. 

Menariknya adalah bahwa ia memiliki kamera menghadap ke depan, mirip dengan yang kita miliki saat ini untuk selfie.Ponsel Kyocera VP-210 hadir dengan layar warna TFT dengan ukuran 2 inci dengan resolusi kamera 110.000 piksel atau 0,11MP. Tidak mengherankan jika harganya terbilang mahal yakni $ 335 pada tahun 1999. 
Huawei 30 Pro

Tetapi sekarang, perkembangan ponsel kamera sangat pesat bahkan beberapa produk diklaim dapat menggantikan kamera DSLR, seperti kamera Huawei P30 Pro dengan zoom 50X yang luar biasa atau Pixel 3 XL dengan gambar cahaya rendah yang luar biasa. 

Saat ini, banyak kamera ponsel yang memiliki sensor 48MP dan bahkan modul kamera 64MP pada smartphone. Hitungan megapiksel akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang. Jadi jangan heran jika Anda melihat ponsel kamera 192MP di masa depan, apalagi chipset kelas atas Qualcomm sudah mendukung modul kamera resolusi tinggi seperti dikutip dari (Gizmochina.com 13/06/2019).

0 comments:

Post a Comment test