Tips Menghemat Baterai Smartphone Android

Tuesday, July 9, 2019
Tips menghemat baterai smartphone Android

Tips menghemat baterai smartphone Android - Baterai selalu menjadi masalah bagi pengguna smartphone dimana pun berada. Beruntung sekarang banyak vendor yang menyematkan baterai dengan kapasitas besar di atas 4.000mAh ke dalam smartphonenya. 

Tetapi baterai berkapasitas besar tersebut ternyata tidak serta merta membuat smartphone bisa bertahan lama apalagi digunakan secara multitasking atau bermain game. Selain itu ada beberapa fakt yang mempengaruhi kinerja baterai smartphone. 

Nah agar baterai smartphone Android Anda tetap awet berikut tips menghemat baterai smartphone Android
  1. Cek dan hentikan aplikasi yang paling boros baterai. Banyak aplikasi yang diinstal oleh pengguna ternyata boros baterai. Oleh karena itu cek aplikasi yang boros baterai. Beberapa smartphone Android tentu berbeda pengaturannya. Cara ceknya masuk ke pengaturan =>baterai=>Penggunaan Baterai=>Deteksi aplikasi penguras daya baterai. 
  2. Menurunkan tingkat kecerahan layar. Tingkat kecerahan layar smartphone Android ternyata bisa mempengaruhi konsumsi baterai. Agar hemat baterai sebaiknya Anda mengatur kecerahan layar ke posisi tidak terlalu terang. Selain menghemat baterai ternyata mengurangi kecerahan layar dapat menjaga kesehatan mata agar tidak cepat lelah. 
  3. Matikan sinyal radio yang tidak digunakan. Sinyal radio seperti Bluetooth, infrared atau NFC jika tidak digunakan sebaiknya dimatikan saja, karena sinyal-sinyal tersebut mempengaruhi daya tahan baterai smartphone. 
  4. Jangan tinggalkan aplikasi berjalan di background (multitasking). Biasanya pengguna membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Ternyata membuka banyak aplikasi secara bersama menyedot daya baterai cukup besar. Oleh karena itu sebaiknya membuka satu aplikasi saja dan tutup aplikasi lain saat tidak digunakan. 
  5. Hindari penggunaan widgets dan live wallpapers. Widget dan live wallpapers pada smartphone Android memang mengasyikkan karena dianggap tidak membosankan dan bisa menambah mood penggunanya. Tetapi ternyata widget dan live wallpapers tersebut menyedot baterai cukup besar. 
  6. Matikan notifikasi yang tidak penting. Notifikasi media sosial, atau aplikasi lainnya ternyata membuat baterai smartphone menjadi boros daya, apalagi notifikasi tersebut disertai dengan lampu LED berkedip, otomatis baterainya akan cepat habis. 
  7. Perbarui sistem operasi pada smartphone dan aplikasi Anda. Memperbarui sistem operasi dan aplikasi biasanya disertai dengan kemampuan hemat daya, tetapi tidak sedikit justru sebaliknya. Jadi lebih baik perbarui sistem atau aplikasi setelah ada ulasan dari rekan-rekan pengguna lain bahwa sistem operasi dan aplikasi tersebut tidak membuat baterai cepat boros. 
  8. Gunakan fitur power saving dalam smartphone. Setiap smartphone android memiliki fitur power saving. Dengan fitur ini biasanya smartphone akan mengatur kecerahan, mengingatkan pengguna jika aplikasi yang boros baterai dan lain sebagainya. 
  9. Gunakan aplikasi yang bebas iklan. Anda mungkin pernah membuka aplikasi yang memaksa penggunanya untuk melihat iklan terlebih dahulu saat akan menutup aplikasi tersebut. Oleh karena itu sebaiknya mencari aplikasi yang bebas iklan dengan tidak memaksa penggunanya. 
  10. Ganti notifikasi getar dengan suara. Smartphone membutuhkan daya besar saat menggerakkan getar pada smartphone. Oleh karena itu lebih hemat menggunakan suara tapi tidak terlalu nyaring yang mengganggu orang lain. 
Itulah tips menghemat baterai smartphone Android

0 comments:

Post a Comment test