Memanfaatkan Teknologi Informasi Untuk Media Pembelajaran di Tengah Pandemi

Friday, May 29, 2020
Pembelajaran secara online menggunakan smartphone

Tidak ada yang akan memprediksi bahwa pada pertengahan bulan Maret tahun 2020 di Indonesia akan terkena pandemi Covid-19 yang mempengaruhi politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan.



Akibat dari pandemi ini jutaan orang harus kehilangan pekerjaannya, dan banyak perusahaan yang harus gulung tikar. Karena untuk mencegah penyebaran Covid-19, Pemerintah harus mengambil sikap untuk menerapkan kebijakan bekerja, belajar dan beribadah di rumah. 

Begitu juga dengan pendidikan, tanpa terpikir sebelumnya bahwa kegiatan tahunan seperti ujian nasional dibatalkan lebih cepat dari yang direncanakan. Selain itu kegiatan belajar mengajarpun harus dilakukan di rumah. Sehingga banyak guru yang kebingungan bagaimana cara melaksanakan kegiatan belajar jarak jauh.

Berbagi pengetahuan dengan rekan-rekan guru di sekolah tentang pembuatan soal online

Beruntung sebelum pandemi, saya sudah berbagi pengalaman tentang cara membuat soal online kepada rekan-rekan guru di sekolah dan juga rekan-rekan guru satu mata pelajaran di kabupaten tempat saya mengajar. 

Ternyata ilmu yang dibagikan ini sangat bermanfaat bagi rekan-rekan guru pada saat pandemi Covid-19. Bapak dan ibu guru langsung membuat soal online dan dibagikan melalui media sosial dan aplikasi perpesanan yang banyak digunakan oleh para pelajar menggunakan smartphone masing-masing. 

Bahkan di sekolah tempat saya mengajar, harusnya pada pertengah Maret 2020 lalu melaksanakan Pra Ujian Nasional tetapi karena ada informasi mendesak dari Dinas Pendidikan Kabupaten dan Provinsi maka Pra Ujian Nasional menggunakan kertas dan pensil ditiadakan dan digantikan secara online. 

Beruntung para pelajar sudah melaksanakan ujicoba 3 hari sebelumnya, sehingga saat mereka mengerjakan Pra Ujian Nasional tidak banyak kendala yang dihadapi oleh para pelajar. Soal online mengunakan Google Formulir yang saya buat tersebut disimpan di blog ini, karena website sekolah sedang ada masalah.

Soal Pra Ujian Nasional Online

Pelajar di sekolah kami kelas 9 yang mengikuti Pra Ujian Nasional berjumlah lebih dari 300-an siswa. Mereka mengerjakan soal online secara bersamaan melalui blog ini, karena saya mengatur waktu mengerjakannya. Kegiatan Pra Ujian Sekolah secara online selama 4 hari di blog ini tidak mengalami masalah. 

Karena beberapa sekolah belum mengadakan Pra Ujian Nasional, akhirnya saya membuat soal online yang sama untuk keempat mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) SMP diposting di blog. Kemudian saya bagikan ke WhatsApp Grup guru-guru mata pelajaran yang saya ampu dengan jumlah anggota hingga ribuan guru dari seluruh Indonesia.

Puluhan ribu pelajar yang mengerjakan soal online

Tidak disangka-sangka dalam satu hari pengunjung blog bisa mencapai ratusan ribu pengunjung, dan berlangsung dan bertahan selama beberapa hari. Penambahan trafik ini tentu membuat saya semakin bersemangat untuk membuat soal-soal online mata pelajaran lain di luar yang saya ampu. 

Dalam seminggu saya membuat soal-soal online semua mata pelajaran dari kelas 7, dan kelas 8 SMP. Dan ternyata strategi saya berhasil sehingga bisa menarik pengunjung puluhan ribu bahkan hingga ratusan ribu perhari.

Soal online kelas 7 dan kelas 8 SMP

Hal ini tentu secara tidak langsung menambah pundi-pundi rejeki untuk saya, karena semakin banyak pengunjung ke blog, semakin besar pendapatan dari Google Adsense dan penyedia layanan iklan lainnya yang saya pasang di blog ini. 

Menariknya walaupun jumlah pengunjung blog mencapai ratusan ribu per hari tetapi blog ini tetap stabil. Tidak ada masalah seperti blog tidak bisa diakses karena kelebihan trafik, muncul Mercusuar atau kendala lainnya. Karena blog ini menggunakan jasa domain dan hosting murah di Qwords.com yang sudah saya gunakan sejak tahun 2012 lalu.

Setelah membuat soal-soal online, mingu-minggu berikutnya pada masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) saya membuat tutorial-tutorial yang dapat dimanfaatkan oleh bapak dan ibu guru yang belum mengenal cara membuat blog untuk LMS (Learning Management System), membuat soal online, membuat kuis online, membuat absensi online, membuat animasi untuk media pembelajaran dan lain-lain.

Tutorial di blog

Selain berbagai saya pun masih membutuhkan ilmu dan pengetahuan dari orang lain dengan mengikuti kegiatan pelatihan-pelatihan secara online menggunakan aplikasi meeting online seperti Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, dan Jitsi Meet. Tidak hanya mengikuti meeting online di dalam negeri tetapi juga di luar negeri.   

Ilmu-ilmu baru yang saya dapatkan tersebut kemudian saya bagikan kembali di blog. Selain untuk berbagi kepada orang lain, juga sebagai pengingat diri apabila lupa dengan materi yang pernah saya bagikan tersebut.

Webinar dengan orang luar negeri

Blog bagi saya selain sebagai media pembelajaran untuk pelajar, baik pada saat kegiatan belajar biasa atau pada saat pandemi saat sekarang. Selain itu sebagai media berbagai ilmu dan pengetahuan kepada rekan-rekan guru dan masyarakat luas. Mudah-mudahan dengan berbagi ilmu dan pengetahuan melalui blog menjadikan ladang amal baik untuk saya. 

Semoga makin banyak rekan-rekan guru yang memanfaatkan blog sebagai LMS (Learning Management System) yakni suatu sistem yang digunakan untuk mengelola materi pembelajaran secara personal, memberikan evaluasi pembelajaran melalui blog. 

Bagi rekan-rekan yang ingin membuat blog agar terlihat lebih profesional untuk berbagai keperluan seperti jual beli online, mengasah kemampuan menulis, menghasilkan uang secara online, membangun jaringan, binis, mencari banyak pelanggan, atau untuk LMS silakan cek domain di Qwords.com saja. 

2 komentar for Memanfaatkan Teknologi Informasi Untuk Media Pembelajaran di Tengah Pandemi :

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam