Jul 29, 2020

ASUS ExpertBook B9, Laptop yang Memahami Kebutuhan Pebisnis

ASUS ExpertBook B9, Laptop yang Memahami Kebutuhan Pebisnis

ASUS ExpertBook B9450

Laptop bagi seorang pebisnis sudah menjadi bagian tak terpisahkan bahkan menjadi barang yang wajib dibawa selain smartphone dan dompet. Saat ada kebutuhan mendesak di perjalanan, atau dimanapun harus segera membuka laptop agar tidak kehilangan peluang dan momen penting yang berdampak besar pada bisnis atau perusahaannya.

Agar tidak kehilangan peluang dan momen penting bisnisnya tersebut tentu pebisnis membutuhkan laptop yang memiliki spesifikasi dan fitur mumpuni agar bisa menunjang aktivitasnya, yakni laptop portabel, cepat, ringan namun tangguh dengan daya baterai tahan lama dan tentunya berkelas untuk menunjukkan eksistensi dan kredibilitas perusahaan atau bisnisnya.

Tapi untuk mencari laptop dengan spesifikasi dan fitur yang sesuai dengan pebisnis tersebut, sekarang tidak usah bingung lagi karena ada laptop terbaru dari ASUS yakni ExpertBook B9 atau ASUS ExpertBook B9450FA yang memiliki dan memahami segala yang dibutuhkan oleh pebisnis.

Mungkin pertanyaannya adalah laptop apa saja yang dibutuhkan oleh pebisnis?. Berikut ini kriteria laptop yang dibutuhkan oleh para pebisnis : 

Desain Berkelas
Desain ErgoLift kembali hadir untuk ExpertBook B9450. ErgoLift merupakan desain yang memungkinkan bodi utama dan keyboard ExpertBook B9450 terangkat saat digunakan dan membentuk sudut 5 derajat. Posisi keyboard tersebut membuat pengguna ExpertBook B9450 lebih nyaman ketika mengetik sekaligus menghadirkan rongga udara ekstra di bagian bawah laptop ini.


Rongga udara yang dihasilkan dari ErgoLift memiliki dua fungsi. Pertama adalah memastikan aliran udara pada sistem pendinginan tetap optimal sehingga setiap komponen di ExpertBook B9450 dapat bekerja optimal sepanjang waktu. Sementara fungsi kedua adalah rongga tersebut membuat speaker yang berada di bawah bodi ExpertBook B9450 dapat tampil lebih kencang dan jelas. 

Desain ErgoLift di ExpertBook B9450 berbeda dengan yang digunakan di laptop ASUS pada umumnya. Kali ini, layar ExpertBook B9450 dapat dibuka hingga 180 derajat sehingga memudahkan Anda untuk berbagi tampilan layar dengan mudah dan cepat.

Selain itu desain dari laptop ASUS ExpertBook B9 tidak usah diragukan lagi bukan kaleng-kaleng. Karena proses pembuatan bodi ExpertBook B9450 juga berbeda dengan yang lain. Keseluruhan proses pembuatannya melalui 21 tahap manufaktur sehingga menghasilkan bodi yang tidak hanya kokoh namun juga presisi dan lebih detail. 

ExpertBook B9450 juga menggunakan desain fair-faced concrete yang dibentuk sangat presisi. Desain tersebut tidak hanya membuat ExpertBook B9450 semakin kokoh namun juga terlihat premium dan istimewa sehingga sangat sesuai dengan pebisnis. 

Keseluruhan bodi ExpertBook B9450 juga dibuat menggunakan metode CNC milling serta telah dilengkapi dengan lapisan khusus pencegah korosi. Menggunakan metode Micro-Arc Oxidation (MAO) Composite Coating pada bodi magnesium lithium, membuat ExpertBook B9450 terhindar dari efek korosi dan oksidasi untuk jangka waktu yang panjang. 


Tipis dan Ringan 
Pebisnis membutuhkan laptop portabel agar bisa dibawa kemana-mana. ASUS ExpertBook B9450 menggunakan bahan khusus yaitu magnesium lithium alloy yang memiliki  keunggulan yakni  materialnya lebih ringan dan memiliki tingkat kepadatan hanya 1,51 gram/cm³. 

Laptop ASUS ExpertBook B9450 memiliki berat hanya 870g maka tidak heran jika laptop ini menyandang gelar laptop bisnis paling ringan di dunia. Selain ringan juga tipis, dengan ketipisan hanya 14.9mm. 

Hal ini berkat sasis magnesium-lithium alloy. Bezel Superslim pada ExpertBook B9 memungkinkan layar NanoEdge 14 inci untuk masuk ke dalam kelas 13 inci sasis, membuatnya sangat kompak. Laptop ExpertBook B9 ini sangat mudah saat diselipkan ke dalam tas Anda sehingga ada di tangan Anda sepanjang waktu untuk produktivitas saat berada dan di luar kantor.


Baterai Tahan Lama 
ExpertBook B9450 memiliki daya tahan baterai hingga 24 jam dengan kapasitas baterai 66 Whrs. Daya tahan baterai yang panjang pada ExpertBook B9450 merupakan perpaduan dari berbagai teknologi terkini, mulai dari prosesor hingga layar. Para ahli di ASUS juga telah berhasil melahirkan inovasi dengan memaksimalkan setiap ruang di ExpertBook B9450 agar dapat diisi oleh baterai. Dengan demikian, ExpertBook B9450 tetap mampu tampil sangat ringkas meski memiliki kapasitas baterai yang sangat besar.

Inovasi ASUS pada ExpertBook B9450 tidak hanya sampai disitu. Laptop bisnis ini juga hadir dengan layar khusus berteknologi Panel Self Refresh (PSR). Teknologi ini memungkinkan layar pada ExpertBook B9450 mengkonsumsi daya jauh lebih rendah dari layar standar yang digunakan di laptop pada umumnya. Sebagaimana yang diketahui bahwa layar merupakan salah satu komponen dengan konsumsi daya paling tinggi di sebuah laptop.

Layar berteknologi PSR dilengkapi dengan memori khusus yang terintegrasi. Berkat memori tersebut, setiap tampilan statis pada layar dapat diproses tanpa melalui chip grafis sehingga konsumsi daya dapat dikurangi hingga ke angka 1 Watt, sedangkan pemrosesan tanpilan layar menggunakan chip grafis dapat memakan daya hingga 3 Watt. Layar berteknologi PSR sangat cocok untuk pengguna yang sering menjalankan aplikasi bisnis dan kantoran seperti Microsoft Office, serta membuka dokumen PDF dan gambar statis.


Keamanan Kelas Enterprise 
Pebisnis sangat membutuhkan laptop dengan keamanan tingkat tinggi, dan ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan serangkain fitur keamanan kelas enterprise, yang artinya telah memenuhi standar korporasi besar. 

Dimulai dari keamanan privasi pengguna, ExpertBook B9450 sudah mendukung fitur Windows Hello sehingga penggunanya tidak perlu lagi mengetikkan password untuk masuk ke dalam sistem. Terdapat dua opsi login menggunakan sistem biometrik melalui fingerprint sensor dan facial recognition sensor.

Selain itu untuk keamanan datanya, ExpertBook B9450 memiliki fitur yang memungkinkan pengguna laptop ini untuk mengunci BIOS dan SSD-nya menggunakan sistem proteksi password. Jika diaktifkan, pengguna yang ingin mengubah pengaturan BIOS atau mengakses data di SSD harus memasukkan password terlebih dulu sebelum dapat benar-benar mengaksesnya.

ExpertBook B9450 juga memiliki fitur ekstra yang tidak dapat ditemukan di laptop mainstream. Pertama adalah fitur USB Storage Block yang memungkinkan pengguna ExpertBook B9450 tidak dapat menghubungkan USB flash disk atau penyimpanan eksternal lainnya tanpa izin dari administrator. Hal tersebut dikarenakan USB flash disk dapat berisi malware yang bisa menyebar melalui jaringan internal perusahaan.

Fitur lainnya adalah Secure File Shredder. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghancurkan file digital hingga tidak dapat dipulihkan menggunakan metode apapun. Fitur ini berguna agar peretas sehingga tidak bisa memulihkan dan mengakses data yang telah dihapus.



Layar Jernih dan anti silau 
Layar laptop yang jernih tentu sangat penting bagi pebisnis, saat tidak menggunakan proyektor dan ingin menunjukkan hal-hal penting kepada klien atau orang lain maka cukup dengan menunjukkan presentasi, gambar atau video kepada orang lain dengan memperlihatkan layar laptop tersebut. 

Layar NanoEdge 14-inci khusus berteknologi Panel Self Refresh (PSR) tanpa bingkai pada ExpertBook B9 adalah mahakarya sejati, memberi gambar dan pengalaman menonton yang mendalam dan hampir dari ujung ke ujung. Panel anti-silau juga mengurangi pantulan yang tidak diinginkan, memastikan visual yang cerah bahkan di lingkungan yang terang, dan mengurangi kejadian kelelahan mata bahkan setelah berjam-jam di depan laptop untuk mengerjakan berbagai aktivitas. 

Kinerja Cepat
ExpertBook B9450  ditenagai oleh prosesor Intel Core 10th Gen  terbaru yang hadir dengan performa lebih baik dari generasi sebelumnya. Prosesor generasi terbaru dari Intel tersebut tidak hanya powerful tetapi juga hemat daya, serta telah dilengkapi dengan berbagai fitur modern, seperti dukungan terhadap Wi-Fi 6 (802.11ax) dan Thunderbolt 3. Prosesor 10th Gen Intel Core yang digunakan di ExpertBook B9450 tampil dengan cTDP sebesar 10 hingga 25 Watt, membuat daya tahan baterai lebih panjang berkat konsumsi dayanya yang rendah.

ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan dua varian prosesor 10th Gen Intel Core. Varian yang menggunakan Intel Core i5-10210U hadir untuk pengguna dengan kebutuhan standar, sementara pengguna yang membutuhkan performa lebih dapat memilih ExpertBook B9450 yang mengusung prosesor Intel Core i7-10510U. Kedua prosesor tersebut menggunakan konfigurasi 4 core dan 8 thread sehingga sangat mumpuni untuk menunjang kegiatan sehari-hari. 

Sebagai sebuah laptop bisnis premium, ExpertBook B9450 juga telah mendukung sistem manajemen IT kelas enterprise. Hadir dengan sistem operasi hingga Windows 10 Pro, ExpertBook B9450 dapat diatur untuk terhubung ke jaringan intranet perusahaan secara cepat dan aman, serta kapanpun dan dimanapun. Dukungan terhadap aplikasi ASUS Control Center dan ASUS Business Center juga membuat tim manajemen IT dengan mudah melakukan control dan manajemen terhadap ExpertBook B9450, bahkan dari jarak jauh. 

ASUS ExpertBook B9450 dibangun di atas fitur Trusted Platform Module. Fitur tersebut memungkinkan data dalam perangkan serta aktivitas datanya diproses melalui sistem enkripsi. Di dalam ExpertBook B9450 terdapat sebuah chip khusus yang berisikan RSA encryption key unik yang hanya tersedia dan dapat digunakan oleh satu perangkat saja. Dengan demikian data yang dienkripsi di ExpertBook B9450 tidak akan bisa dibaca atau diakses di perangkat lainnya.


ASUS ExpertBook B9450  merupakan salah satu laptop yang menjadi bagian dari Project Athena yang digagas oleh Intel. Project Athena merupakan sebuah inisiatif dari Intel untuk menghadirkan standar baru di dunia komputasi mobile. Laptop yang merupakan bagian dari Project Athena harus memenuhi standar kualifikasi khusus dari Intel, mulai dari fitur, performa, responsivitas, hingga daya tahan baterai. Tujuan Project Athena adalah menghadirkan laptop dengan standar mobilitas tinggi untuk pengguna di seluruh dunia.

ASUS ExpertBook B9450 telah memenuhi standar untuk menjadi bagian dari Project Athena. Selain didukung prosesor 10th Gen Intel Core yang memiliki performa tinggi serta hemat daya, ExpertBook B9450 juga didukung oleh memori berkapasitas besar yaitu hingga 16GB yang mendukung fitur dual channel, serta dua buah media penyimpanan menggunakan NVMe PCIe x4 SSD dengan kapasitas hingga 2TB. Kombinasi komponen tersebut membuat ExpertBook B9450 memiliki performa dan responsivitas kencang, serta daya tahan baterai yang panjang sesuai dengan visi Project Athena.


Tangguh Berstandar Militer
ASUS ExpertBook B9450 didesain untuk pebisnis yang sangat mobile dan ketangguhan adalah hal yang tidak bisa dikompromi karena laptop ini harus dapat diandalkan sepanjang waktu. Untuk memenuhi ekspektasi tersebut, ExpertBook B9450 hadir dengan sejumlah fitur yang membuatnya semakin tangguh. Ketangguhannya pun teruji karena ExpertBook B9450 telah menerima sertifikasi lolos uji ketahanan bersatandar militer AS (MIL-STD 810G).

Tidak hanya sampai disitu, ExpertBook B9450 juga telah lolos dalam serangkaian uji ketangguhan ektrem. Sebanyak 21 jenis pengujian ekstrem telah dijalani oleh unit ExpertBook B9450, seperti uji durabilitas engsel, uji durabilitas port, uji tekanan ekstrem pada bagian layar, uji durabilitas keyboard, uji jatuh dari ketinggian tertentu, uji getaran, hingga uji penggunaan di ketinggian serta suhu ekstrem. ExpertBook B9450 pun dinyatakan lolos semua pengujian tersebut.

Selain itu ASUS ExpertBook B9 sudah mengantisipasi jika keyboardnya terkena tumpahan air saat mengerjakan berbagai aktivitas hingga 66cc cairan tanpa membahayakan, sehingga tumpahan kecil dapat dengan mudah dikeringkan, dibersihkan, dan dikeringkan. 


Anti-Panas
Salah satu yang membuat ExpertBook B9450 berbeda dengan laptop lainnya adalah kehadiran lapisan anti panas di bagian dalam bodinya. Lapisan tersebut hadir membungkus komponen utama ExpertBook B9450 sehingga sebagian besar panas yang dihasilkan dapat disalurkan melalui sistem pendinginnya. Lapisan anti-panas ini tak lain adalah graphite sheet yang dipasang di bawah keyboard dengan fungsi utamanya adalah mencegah panas berlebih untuk menyebar ke bagian keyboard.

Graphite sheet yang digunakan di ExpertBook B9450 pun lebih lebar dan menutupi hamper seluruh bagian di bawah keyboard. Menggunakan teknik tersebut, panas dari setiap komponen dapat disalurkan dengan baik dan tidak menyebar ke bagian keyboard dan sekitarnya, sehingga pengguna ExpertBook B9450 akan tetap merasa nyaman saat bekerja walaupun laptop dalam pangkuan. 


Konektivitas Lengkap 
Salah satu keunggulan ExpertBook B9450 adalah hadir dengan fitur konektivitas yang super lengkap namun tetap dalam balutan bodi yang sangat ringkas. Tidak hanya opsi konektivitas modern yang menggunakan interface USB Type-C, legacy port seperti USB Type-A dan HDMI tetap hadir di ExpertBook B9450. 

Tidak hanya itu, ExpertBook B9450 juga dilengkapi dengan konektivitas melalui ethernet (LAN) yang dapat dilakukan menggunakan adapter khusus melalui port Micro HDMI. ExpertBook B9450 sendiri telah dilengkapi dengan chip mac address permanen sehingga laptop ini telah mendukung penggunaan dalam skala enterprise dimana setiap laptop perusahaan harus memiliki physical address agar mudah di-manage dan dikenali.

ExpertBook B9450 dilengkapi dengan dua port Thunderbolt 3 yang hadir menggunakan interface USB Type-C. Thunderbolt 3 merupakan port berteknologi terkini yang tidak hanya dapat digunakan untuk melakukan transfer data. Thunderbolt 3 di ExpertBook B9450 memiliki fungsi lain, yaitu sebagai 4K display output serta fasilitas pengisian daya.


Thunderbolt 3 juga membuat ExpertBook B9450 dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat modern. Sebagai contoh, pengguna yang menginginkan performa grafis lebih kencang dapat mengubungkan ExpertBook B9450 dengan perangkat kartu grafis eksternal seperti ROG XG Station 2 melalui port Thunderbolt 3.

Selain memiliki port yang sangat lengkap untuk sebuah laptop berukuran sangat ringkas, ExpertBook B9450 juga hadir dengan teknologi konektivitas nirkabel paling modern. Sebuah modul Wi-Fi 6 (802.11ax) hadir di ExpertBook B9450 untuk memastikan penggunanya tetap dapat terkoneksi dengan kecepatan tinggi.

Wi-Fi 6 (802.11ax) merupakan teknologi Wi-Fi terbaru yang akan menggantikan Wi-Fi 5 (802.11ac). Teknologi nirkabel terbaru ini hadir dengan kecepatan transfer data yang lebih tinggi serta koneke yang lebih stabil. Selain Wi-Fi 6 ExpertBook B9450 juga dilengkapi dengan Bluetooth 5.0 sebagai sarana konektivitas ke berbagai perangkat nirkabel lainnya.


Keyboard dan Touchpad Khusus Penunjang Produktivitas
Keyboard dan touchpad merupakan alat control utama di ExpertBook B9450. Untuk itulah ASUS menghadirkan berbagai inovasi pada keyboard dan touchpad yang kali ini khusus dirancang untuk meningkatkan produktivitas ketika bekerja.

Keyboard ExpertBook B9450 memiliki backlit yang artinya memiliki lampu latar sehingga memungkinkan penggunanya dapat mengetik dengan mudah di lingkungan yang gelap seperti kabin pesawat terbang. 

Touchpad ExpertBook B9450 memiliki fungsi NumberPad yakni keypad numerik bercahaya LED yang sempurna untuk angka-angka yang tidak beraturan. Hanya dengan mengetuk ikon NumberPad di kanan atas touchpad untuk menyalakannya, dan ketuk ikon di sebelah kiri untuk beralih di antara dua pengaturan kecerahan. Perangkat lunak pintar memungkinkan Anda mengontrol kursor, bahkan ketika NumberPad diaktifkan. 


Selain nyaman untuk mengetik, keyboard ExpertBook B9450 memiliki fitur spill resistant. Keyboard ExpertBook B9450 mampu bertahan ketika terkena tumpahan air sehingga membuat ExpertBook B9450 lebih tangguh dari laptop pada umumnya. Selain itu, keyboard ExpertBook B9450 juga telah dilengkapi dengan backlight yang dapat diatur tingkat kecerahannya melalui tombol shortcut yang ada di keyboard bagian atas.

Selain tombol untuk mengatur kecerahan, terdapat juga berbagai tombol shortcut untuk mempermudah penggunaan. Beberapa di antaranya adalah tombol shortcut untuk men-capture layar, membuka aplikasi MyASUS, logout dari akun Windows yang sedang digunakan, serta menonaktifkan webcam.


Keterhubungan Dengan Perangkat Lain 
Saling terhubung dengan perangkat lain sangat dibutuhkan oleh pebisnis, dan ExpertBook B9450 merupakan salah satu laptop yang telah mendukung fitur Link to MyASUS. Fitur baru di dalam aplikasi MyASUS ini memungkinkan penggunanya untuk mengkoneksikan smartphone yang sedang digunakan sehingga berbagai aktivitas di smartphone langsung dapat dilihat di layar ExpertBook B9450.

Link to MyASUS juga memiliki fitur file transfer untuk mengirim file dari dan ke smartphone tanpa harus menggunakan kabel data, screen mirroring untuk mengontrol smartphone secara langsung lewat layar ExpertBook B9450, dan screen extender yang memungkinkan tampilan layar ExpertBook B9450 dapat dihadirkan di smartphone. Tentu saja Anda juga dapat menjawab panggilan telepon dan membaca semua pesan yang masuk ke dalam smartphone tanpa harus menyentuhnya.


Kamera dengan Perlindungan Privasi
ASUS ExpertBook B9450 memiliki kamera yang tidak hanya berkualitas, tetapi dilengkapi dengan berbagai fitur. Kamera yang digunakan di ExpertBook B9450 adalah IR camera dengan resolusi HD yang sangat mumpuni untuk kegiatan video conference. Selain itu, kamera tersebut juga telah mendukung fitur Windows Hello facial recognition sehingga dapat digunakan sebagai sarana keamanan ekstra.

Bagi Anda yang menginginkan keamanan dan privasi ekstra, ExpertBook B9450 juga telah hadir dengan fitur webcam shield. Fitur tersebut membuat kamera di ExpertBook B9450 dapat ditutup secara fisik untuk menjaga privasi.


Audio Terbaik
Pebisnis juga membutuhkan audio yang jernih saat melihat video proyek atau produk dan jasa yang ditawarkan. ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan speaker yang telah mendapatkan sertifikasi dari Harman / Kardon. Selain memiliki kualitas suara yang sangat baik, speaker pada ExpertBook B9450 juga telah dilengkapi dengan fitur Smart Amps Chip. Fitur tersebut memungkinkan speaker dapat mengontrol frekuensi suara secara cerdas sehingga mencegah kerusakan fisik pada speaker.

ExpertBook B9450 juga hadir dengan mikrofon yang dirancang khusus untuk kegiatan video conference. ExpertBook B9450 memiliki empat mikrofon yang ditempatkan secara khusus dan dilengkapi dengan 360-degree far field yang memungkinkannya untuk merekam suara lebih jelas. Mikrofon di ExpertBook B9450 dilengkapi dengan fitur noise cancelling yang memungkinkan suara di sekitar dapat diredam sehingga tidak mengganggu sesi video conference Anda.

Kesimpulan 
Secara keseluruhan ASUS ExpertBook B9450 sangat sesuai dengan pebisnis yang membutuhkan laptop portabel dengan desain yang elegan dan menawan, kinerja cepat, kokoh, serta dengan keamanan tinggi. 

Berikut ini Spesifikasi dan Harga ASUS ExpertBook B9450 : 

Spesifikasi dan Harga ASUS ExpertBook B9



ASUS ExpertBook B9, Laptop yang Memahami Kebutuhan Pebisnis
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon