Langkah Melakukan Test Drive Kendaraan Dengan Aman

Monday, July 6, 2020
Test Drive

Apa itu test drive? test drive adalah suatu kegiatan mengemudikan kendaraan bermotor dengan tujuan untuk menilai daya kelayakan dan juga kesesuaian kendaraan tersebut dengan diri kita. 


Kebanyakan orang melakukan test drive ketika ingin membeli suatu kendaraan, dengan melakukan test drive tersebut tentu saja kita bisa mengetahui apakah kendaraan tersebut layak kita beli atau cocok dengan diri kita atau tidak.


Bicara mengenai test drive kendaraan, banyak orang yang tidak teliti dan salah dalam melakukannya. Untuk itu saya menuliskan artikel ini yang mungkin bisa membantu bagi anda yang ingin melakukan test drive kendaraan dengan aman.

Langkah melakukan Test Drive Kendaraan
Melakukan test drive dengan sangat teliti ini penting untuk dilakukan sebelum kita mulai memutuskan apakah ingin membeli kendaraan atau tidak. Bukan hanya berfungsi untuk memastikan kendaraan apakah masih bisa berfungsi dengan normal atau tidak.

Dengan melakukan test drive kita jadi bisa merasakan apakah mobil yang kita coba tersebut sesuai atau cocok dengan kita. Bagi anda yang ingin melakukan test drive kendaraan, sebaiknya anda ikuti langkah-langkah yang sudah saya tuliskan dibawah ini agar tidak ada hal yang terlewatkan ketika melakukan test drive.

1. Atur Posisi Duduk
Agar kita bisa melakukan test drive dengan optimal, pastikan anda sudah mengatur posisi kemudi dan duduk yang nyaman dan juga sesuai. Atur posisi dengan menyetel naik turun stir supaya pas dengan badan dan juga tangan kita. Dengan kita mengatur posisi tersebut maka kita bisa memastikan apakah fungsi atau fitur-fitur tersebut masih bisa berfungsi dengan baik atau tidak.

2. Hidupkan Mesin
Berikutnya tentu saja anda harus menyalakan mesin kendaraan. Namun sebelum anda menyalakan mesin, sebaiknya anda jangan langsung menstarter mobil atau kendaraan yang anda pakai tersebut. Sebaiknya anda tinggalkan pada posisi on dulu kemudian anda perhatikan lampu indikator yang nyala.

Pastikan jika semua lampu indikator tadi sudah mati semua, jika sudah barulah anda starter kendaraan adna. Perlu anda ketahui jika lampu indikator mobil ada yang menyala tentu saja ada permasalahan atau kerusakan pada mobil yang harus segera diservis atau diperbaiki di bengkel resmi.

3. Perhatikan Bunyi Dari Mesin
Jika kendaraan sudah menyala, berikutnya anda buka kaca jendela mobil dan selanjutnya anda coba dengarkan bunyi pada mesin kendaraan dengan seksama.

Pastikan saat anda melakukan test drive kendaraan, kendaraan tersebut menghasilkan bunyi yang masih wajar dan normal. Hal ini sangat penting karena biasanya saat mesin dalam kondisi masih dingin akan mengeluarkan bunyi aneh yang dapat menjadi indikasi adanya masalah pada mesin kendaraan.

4. Pastikan Transmisi Aman
Berikutnya tentu saja anda harus memastikan gigi atau transmisi kendaraan apakah masih normal atau tidak.

Anda periksa kinerja dari transmisi sebelum mulai menjalankan mobil. Bagi kendaraan dengan transmisi automatic, anda tinggal pindahkan gigi atau transmisi ke setiap posisi siap jalan dan pastikan jika tidak ada waktu jeda yang terlalu lama atau tidak ada gerakan hentakan yang keras setiap melakukan perpindahan gigi transisi tersebut agar aman..

Sedangkan untuk transmisi manual anda pastikan jika tidak ada slip atau tersangkut ketika mengganti transmisi. Selain itu untuk kendaraan transmisi manual anda juga harus memastikan jika kopling tidak terasa ketika diinjak.

Test Drive Kendaraan Dari Rumah Bersama Suzuki
Saat ini Indonesia sedang mengalami pandemi Covid-19 yang mengharuskan semua aktivitas harus dilakukan dari rumah. Belajar, bekerja dan semua aktivitas wajib dilakukan dari rumah tentu saja akan menghambat kita yang ingin melakukan test drive kendaraan. 

Bagaimana kita bisa melakukan test drive kendaraan jika kita sendiri tidak boleh keluar dari rumah? Nah tenang saja, untuk mengatasi masalah WFH atau Work From Home, Suzuki mengeluarkan fitur terbaru mereka yaitu Home Test Drive.

Home Test Drive dari Suzuki ini bermanfaat bagi anda yang ingin melakukan test drive kendaraan tanpa perlu keluar rumah.

Cukup mengisi formulir yang sudah Suzuki sediakan di website mereka, kita akan bisa melakukan test drive kendaraan dari rumah dengan tetap aman dan higienis karena sebelum dan sesudah melakukan test drive, mobil tersebut disemprot cairan desinfektan dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment test