Soal dan Kunci Jawaban Ujian Prakarya SMP Tahun Pelajaran 2020/2021

Wednesday, April 21, 2021



Soal dan Kunci Jawaban Ujian Sekolah Prakarya SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 Kurikulum Darurat - Para peserta didik yang duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) baru saja menyelesaikan Ujian Sekolah tahun pelajaran 2020/2021.

 

Ujian Sekolah menjadi salah satu penentu kelulusan sekolah, selain nilai rapot dari kelas 7 semester ganjil hingga kelas 9 semester ganjil. Karena masih dalam kondisi pandemi maka kegiatan Ujian Sekolah ada yang menggunakan secara daring tetapi ada juga mengerjakan soalnya dari rumah masing-masing.

 

Jadwal Ujian Sekolah di beberapa kabupaten kota berbeda-beda. Ada yang pelaksanaan Ujian Sekolah mulai dari tanggal 5 April hingga tanggal 10 April 2021. Tetapi ada juga yang berbeda lebih awal atau setelahnya.

 

pada kesempatan kali ini kami membagikan akan soal dan kunci jawaban ujian sekolah mata pelajaran Prakarya tingkat SMP tahun pelajaran 2020/2021 yang dapat digunakan untuk pembelajaran di rumah atau bisa dimanfaatkan oleh bapak dan ibu guru yang mengampu mata pelajaran tersebut untuk pembuatan soal tahun berikutnya.

 

Berikut Soal dan Kunci Jawaban Ujian Sekolah Mata Pelajaran Prakarya SMP/MTs tahun pelajaran 2020/2021 kurikulum Darurat yang dibuat oleh Tim Pembuat Soal MGMP Prakarya Kabupaten Indramayu :


I. Pilihlah salah satu jawaban dari a, b, c, atau d yang paling benar!

1. Produksi bahan serat alam dari tahun ke tahun boleh dikatakan stabil. Namun persentase terhadap seluruh produksi serat tekstil makin lama makin menurun mengingat kenaikan produksi bahan serat buatan yang semakin tinggi. Hal ini disebabkan ketersediaan bahan serat alam ….

a. sangat terbatas

b. belum memadai

c. tidak mendukung

d. jarang ditemukan


2. Tumbuhan yang dapat diolah sebagai bahan serat dari daunnya tidaklah banyak. Namun, banyak orang memanfaatkan serat dari daun sebagai bahan baku produk tekstil. Berikut klasifikasi tentang serat yang bisa digunakan sebagai bahan baku tekstil adalah…

a. serat anggrek, melinjo/ganemon, mahkota dewa, beringin, yonkori, flax, jute, rosella, henep, rami, urena, kenaf, dan sunn

b. serat daun mendong (purun tikus), daun nanas, beringin, yonkori, daun eceng gondok, daun abaka, daun sisal, dan daun henequen

c. serat daun mendong (purun tikus), daun nanas, daun pandan berduri, daun eceng gondok, daun abaka, daun sisal, dan daun henequen

d. serat anggrek, melinjo/ganemon, daun nanas mahkota dewa, beringin, yonkori, flax, jute, rosella, henep, rami, urena, kenaf, dan sunn


3. Perhatikan tabel di bawah ini

Sebelum membuat produk kerajinan, tentunya perajin harus melakukan proses pengolahan terhadap bahan tekstil. Proses pengolahan masing-masing bahan tekstil secara umum sama. Pengolahan dapat dilakukan secara manual maupun menggunakan mesin. Benang yang sudah dipintal akan digulung menggunakan alat penggulung benang terdapat pada point….

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4


4. Limbah kotak kemasan yang tersedia di lingkungan dapat dimanfaatkan dengan berbagai teknik diantaranya….

a. teknik anyaman, teknik tempel, teknik lipat, teknik putar (pilin)

b. teknik anyaman, teknik merakit, teknik lipat, teknik gulung (pilin)

c. teknik anyaman, teknik tempel, teknik memutar, teknik gulung (pilin)

d. teknik anyaman, teknik tempel, teknik lipat, teknik gulung (pilin)


5. Perhatikan langkah-langkah proses pengolahan limbah kulit jagung berikut ini :

1) Pilah kulit jagung.

2) Ambil kulit jagung.

3) Setelah kering berilah warna dan keringkan kembali.

4) Keringkan di bawah sinar matahari.

5) Setelah kering, kulit jagung dapat diseterika.

6) Setelah diseterika, kulit Jagung tidak terlihat menggulung, serta mudah dibentuk dan digunting.

Agar proses pengolahan limbah kulit jagung dengan benar maka langkah yang seharusnya dilakukan pada ututan…

a. 1, 2, 3, 4, 5, 6

b. 2, 1, 4, 3, 5, 6

c. 3, 1, 4, 5, 2, 6

d.  2, 3, 5, 1, 4, 6


6. Berikut ini adalah syarat-syarat perancangan benda kerajinan diantaranya adalah…

1. Kegunaan (Utility)

2. Kenyamanan (Comfortable)

3. Keluwesan (Flexibility)

4. Keamanan (Safety)

5. Keindahan (Aestetic)

Agar benda kerajinan harus menyenangkan dan memberi kenyamanan bagi pemakainya dan menjadi benda yang indah mempunyai daya tarik lebih dibanding benda yang biasa-biasa saja terdapat pada syarat-syarat di nomor….

a. 1 dan 3

b. 2 dan 3

c. 1 dan 3

d. 2 dan 5


7.Teknik pembentukan dengan acuan alat cetak dapat digunakan untuk memproduksi produk kerajinan keramik dengan jumlah banyak dalam waktu relatif singkat dengan bentuk dan ukuran yang sama pula merupakan teknik dari…

a. teknik cetak

b. teknik pilin

c.  teknik lempengan

d.  teknik pijit tekan 


8. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan dari tempurung kelapa cukup mudah untuk didapatkan, diantaranya adalah….

a. lem gulkol, tempurung kelapa, dempul, melanin/politur, amplas, dan cat

b. lem kayu, tempurung kelapa, dempul, melanin/politur, amplas, dan cat

c. lem kayu, tempurung kelapa, melamin, melanin/politur, amplas, dan cat

d. lem kayu, tempurung kelapa, dempul, melanin/politur, garagaji, dan cat


9. Peralatan yang digunakan untuk membuat kerajinan limbah pecahan keramik diantaranya…

a. kampak, amplas, waslap, sendok, lem, dan karet sandal bekas

b. palu, amplas, grinda, sendok semen, dan karet sandal bekas

c. palu, amplas, waslap, sendok pasir, dan karet sandal bekas

d. palu, amplas, waslap, sendok semen, dan karet sandal bekas


10. Prinsip pengolahan limbah terdiri dari…

a. reduce, reuse dan remax

b. reduce, reuse dan recycle

c. reduce, reuse dan packaging

d. reduce, reuse dan cutter


11. Kemasan merupakan sentuhan akhir dari sebuah proses. Pada karya modifikasi kerajinan berbasis media campuran ini yang perlu diperhatikan adalah….

a.  ukuran dari karya

b.  menarik dan indah

c.  rapih dan bagus

d.  sesuai dan relavan


12. Beragam benda kerajinan dari bahan lunak alam dan buatan dapat diciptakan dan dibuat berdasarkan bentuk dan bahan yang digunakan. Bahan-bahan yang digunakan bisa berupa tanah liat, getah, playdought, kertas, karton, polimer clay, plastisin, parafin, plastik, gips, semen, fiberglass, sabun, karet, lilin, spon, dan kulit. Teknik yang digunakan juga sangat bervariasi, yang tidak termasuk teknik yang digunakan untuk membuat kerajinan tersebut adalah…

a.  teknik menggunting

b.  teknik mengecor

c.  teknik menempel

d.  teknik membutsir


13. Pembuatan benda-benda kerajinan dilakukan secara berulang-ulang dan didasari oleh keterampilan teknik/keprigelan. Sehingga produk yang dihasilkan sudah tentu memiliki kekhasan tangan yang Nampak dengan detail, rumit, dan hanya bisa dilakukan dengan keterampilan teknik yang dimiliki oleh tangan seseorang merupakan keterampilan….

a.  tangan

b.  teknik

c.  tradisional

d.  busana


Untuk No. 14 dan 15 Perhatikan tabel di bawah ini

14. Kerajinan bahan lunak dibuat secara khusus menyerupai bentuk aslinya untuk alasan dan kebutuhan tertentu terdapat pada nomor….

a.  1

b.  2

c.  4

d.  5


15. Kerajinan bahan lunak merupakan persyaratan untuk dipakai, jika tidak digunakan maka tidak berarti apa-apa terdapat pada nomor….

a.  5

b.  4

c.  3

d.  2


16. Limbah yang terdiri atas kandungan bahan yang pejal, solid, kuat dan tidak mudah berubah bentuk, berasal dari sumber daya alam daratan dan lautan merupakan…

a.  limbah keras organik

b.  limbah keras anorganik

c.  limbah cangkang kerang

d.  limbah pecahan kaca


17. Keadaan limbah keras biasanya tidak cukup bersih. Oleh karena itu,perlu dilakukan pencucian dengan menggunakan detergen agar zat bekas makanan atau minuman dapat larut dan limbah keras menjadi bersih, merupakan proses….

a.  pemilahan bahan limbah

b.  pengeringan

c.  pembersihan limbah

d.  pewarnaan


18. Daerah yang banyak menghasilkan limbah kayu pinus, kayu abasia, dan kayu kamper adalah…

a.  daerah pegunungan

b.  daerah pertanian

c.  daerah pesisir pantai/laut

d.  daerah perkotaan


19. Perhatikan proses pengolahan cangkang kerang setelah diambil dari pantai sebagai berikut…

1) Cangkang kerang dipilah-pilah sesuai ukuran dan bentuknya.

2) Cangkang kerang dicuci dengan menggunakan air mengalir dan direndam dalam larutan natrium soda, agar sisa-sisa daging cangkang kerang dan kotoran, serta bau yang ada di dalam cangkang kerang dapat larut.

3) Cangkang kerang dikeringkan dengan pengering, tidak menggunakan sinar matahari langsung, agar kualitas cangkang kerang tetap terjaga baik.

4) Persiapan bahan baku cangkang kerang dengan cara dikikir, diamplas, ataupun dipotong sesuai kebutuhan.

5) Cangkang kerang siap dibuat produk kerajinan sesuai desain yang telah dibuat.

Urutan yang benar untuk proses pengolahan limbah cangkang kerang tersebut adalah….

a. 1,2,3,4,5

b. 2,3,4,5,1

c.  3,4,5,2,1

d.  4,5,3,2,1


20. Kaca bekas dapat diambil dari botol maupun piring, mangkuk, gelas sebagai limbah rumah tangga. Pengolahan kaca dilakukan dengan cara berikut….

1) Siapkan tataan untuk asesoris seperti cincin atau kalung. Masukkan kaca yang sudah dicetak dalam tataan cincin atau kalung

2) Siapkan cetakan kaca yang terbuat dari keramik yang dibakar hingga suhu melebihi suhu bakar kaca, agar kaca dapat dibentuk menyerupai cetakan.

3) Kumpulkan pecahan kaca dalam karung dan dipukul-pukul dari luar menggunakan kayu. Ukuran serpihan kaca tidak terlalu halus cukup hingga bongkahan kecil-kecil saja agar mudah dicetak.

4) Lapisi cetakan menggunakan kaolin atau alumina yang dicairkan agar pada saat meleleh kaca tidak menempel pada keramik dan mudah dilepas dari cetakan.

5) Bakar kaca yang telah dimasukkan dalam cetakan ke dalam tungku keramik. Bakar hingga suhu 650-9000C tergantung ketebalan kaca.

Urutan yang benar untuk pengolahan limbah kaca adalah….

a. 1, 2, 3, 4, 5

b. 3, 2, 4, 5, 1

c. 2, 4, 5, 1, 3

d. 4, 3, 2, 1, 5


21. Ada banyak orang suka buah jeruk karena rasanya yang segar dan manis-manis asam. Buah jeruk banyak mengandung vitamin…

a.  A

b.  B

c.  C

d.  E


22. Berikut ini adalah langkah-langkah pengolahan bahan pangan hasil samping dari kulit jeruk...

1) Kupas kulit jeruk satu persatu sesuai keratan.

2) Cuci kulit buah, potong bagian atas dan bawah kulit jeruk, kemudian buatlah keratan menggunakan pisau pada kulit jeruk.

3) Potong kulit jeruk ½ cm secara membujur, berbentuk lidi.

4) Buang bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih seperti spons setebal mungkin.

a. 1, 2, 3, 4

b. 4, 3, 1, 2

c. 3, 2, 1, 4

d. 2, 1, 4, 3


23. Mengolah makanan tanpa bantuan bahan dasar cairan untuk mematangkannya merupakan teknik

a. dry heat cooking

b. moist heat

c. deep frying

d. shallow frying


24. Memanggang bahan makanan, masukkan wadah berisi air yang akan mengeluarkan uap air yang masuk ke dalam oven, menyebabkan kandungan air dalam bahan makanan bertambah dan akan menambah kualitas makanan. Penerapan teknik dasar baking dapat dilakukan pada berbagai bahan makanan, di antaranya kentang, roti, sponge, cake, biskuit, ikan, dan sayuran merupakan metode…

a. memanggang kering

b. memanggang dalam oven menambah kelembaban

c. memanggang dalam oven dengan menggunakan 2 wadah

d. membakar (grilling)


25. Teknik merebus bahan makanan dengan sedikit cairan,(kira-kira setengah dari bahan yang akan direbus) dalam panci tertutup dengan api dikecilkan secara perlahan-lahan dinamakan dengan teknik….

a. boiling

b. poaching

c. braising

d. stewing


26. Mengolah bahan makanan yang terlebih dahulu ditumis bumbunya, dan direbus dengan cairan yang berbumbu dan cairan yang tidak terlalu banyak dengan api sedang, termasuk kedalam teknik

a. boiling

b. poaching

c. braising

d.  stewing


27. Salah satu hasil samping penggilingan padi (serealia) adalah….

a.  kacang-kacangan

b.  kedelai

c.  bekatul

d.  ubi jalar


28. Bahan pangan mentah yang telah mengalami pengolahan dengan cara pengawetan adalah….

a.  bahan pangan setengah jadi

b.  bahan pangan mentah

c.  bahan pangan jadi

d.  bahan pangan olahan


29. Berikut ini dijabarkan beberapa teknik pengolahan…

1) Penggilingan

2) Pemanggangan

3) Menggoreng

Daging ikan, daging sapi, dan unggas yang sudah dicuci kemudian dimasukan ke dalam grinder untuk digiling sehingga berbentuk pasta kemudian daging yang dipanggang sebaiknya daging yang memiliki tekstur daging yang lebih kencang terdapat pada nomor….

a. 1

b. 1 dan 2

c. 1 dan 3

d. 2 dan 3


30. Untuk mengawetkan bahan pangan maupun non pangan metode tertua adalah….

a. penggorengan

b. penggilingan

c. perebusan

d. pengeringan


31. Udang rebon yang telah direbus lalu digiling dan ditambahkan garam kemudian difermentasi/ diragikan, lalu dijemur agar kadar air menjadi rendah, kemudian digiling kembali hingga dapat dibentuk menjadi bentuk-bentuk umum dinamakan dengan…

a. terasi

b. ebi

c. sodium

d. garam dapur


32.Daging berbentuk gilingan daging halus yang berbumbu, produk ini tersedia dalam kemasan kaleng atau sachet dinamakan dengan….

a. dendeng

b. abon

c. kornet

d. dencis


33. Olahan ikan yang terdiri dari beberapa pilihan bahan pokok seperti ikan Tuna, surimi, udang, kakap dan marlin, diramu dengan tepung tapioka dan racikan bumbu istimewa masing-masing mempunyai rasa khas yang menggugah selera dinamakan….

a. abon

b. baso ikan

c. kornet

d. dencis


34. Telur Asin yang dinilai berkualitas tinggi memiliki ciri-ciri bagian kuning telur berwarna 

a. agak kemerahan

b. agak kehijauan

c. agak kekuningan

d. agak kebiruan


35. Kulit ialah bagian paling luar daging. Kulit merupakan organ tunggal tubuh paling berat, kulit juga merupakan hasil ternak yang paling tinggi nilai ekonominya yaitu sekitar…

a. 39%

b. 49%

c. 59%

d. 69%


36. Aneka jenis ikan laut, daging ayam, keripik ceker, dan lain-lain adalah beberapa jenis olahan pangan yang antara lain dimatangkan dengan teknik..

a. perebusan

b. pengeringan

c. penggilingan

d. penggorengan 


37.Dalam menyajikan suatu hidangan atau olahan pangan hendaknya memberikan penampilan yang menarik sehingga dapat menggugah selera bagi yang melihatnya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyajikan penampilan olahan pangan sebagai berikut

1. Kombinasi Warna

2. Bentuk, Tekstur, dan Kekentalan

3. Rasa dan Suhu

4. Alat Saji Makanan

5. Hiasan/Garnis

Agar olahan pangan yang enak dihidangkan saat panas ada juga yang cocok dalam kondisi dingin terdapat pada point…

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4


38. Jenis tumbuhan golongan tanaman padi/padian/rumput/rumputan (Gramineae) yang dibudidayakan untuk menghasilkan bulir-bulir berisi biji-bijian sebagai sumber karbohidrat/pati dinamakan dengan

a. umbi

b. serealia

c. gandum

d. kacang-kacangan 


39. Jenis-jenis bahan setengah jadi dibuat dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu disebut….

a. tepung

b. kornet

c. keju

d.  garam dapur


40. Jenis-jenis bahan baku yang digunakan untuk membuat makanan dari hasil samping perikanan dan peternakan diantaranya adalah kecuali…. 

a. kepala ikan

b. kulit

c. tulang ikan

d. tulang ayam


II.  Uraian

41. Tuliskan prinsip-prinsip yang bisa diterapkan dalam pengolahan sampah!


42. Dari daerah manakah kamu berasal? Setiap daerah memiliki ciri khas kerajinan yang menjadi unggulan daerahnya. Hal ini tentu dikarenakan sumber daya limbah keras organik dan anorganik dari masing-masing daerah berbeda tuliskan hasil limbah keras yang dapat dijadikan bahan baku produk kerajinan dilihat dari kondisi wilayah kalian ?


43. Tuliskan jenis-jenis bahan setengah jadi dari hasil perikanan dan peternakan sebagai bahan baku dalam membuat makanan siap konsumsi!


44. Ketika kalian akan membuat “Dendeng Daging Sapi Sambal Ijo” tuliskan peralatan apa saja yang perlu kalian siapkan, dan bagaimana proses pembuatannya dengan menggunakan protocol kesehatan ?


45. Hasil perikanan dan peternakan dapat dibuat berbagai diversifikasi bahan pangan setengah jadi salah satu jenisnya adalah bakso. Tuliskan minimal 3 jenis bakso yang ada di daerah kalian!


KUNCI JAWABAN URAIAN

41.  Prinsip-prinsip yang bisa diterapkan dalam pengolahan sampah

a.  Mengurangi (Reduce)

Meminimalisir barang atau material yang kita pergunakan. Semakin banyak kita menggunakan material, semakin banyak sampah yang dihasilkan.

b.  Menggunakan kembali (Reuse)

Memilih barang-barang yang bisa dipakai kembali. Hindari pemakaian barang-barang yang sekali pakai, lalu buang.

c.  Mendaur ulang (Recycle)

Barang-barang yang sudah tidak berguna didaur ulang lagi. Tidak semua barang bisa didaur ulang, tetapi saat ini sudah banyak industri kecil dan industri rumah tangga yang  emanfaatkan sampah menjadi barang lain,Contohnya untuk bahan kerajinan.


42. Dari daerah manakah kamu berasal? Setiap daerah memiliki ciri khas kerajinan yang menjadi unggulan daerahnya. Hal ini tentu dikarenakan sumber daya limbah keras organik dan anorganik dari masing-masing daerah berbeda tuliskan hasil limbah keras yang dapat dijadikan bahan baku produk kerajinan dilihat dari kondisi wilayah kalian ?

1. Daerah pesisir pantai/laut

Limbah keras yang banyak tersedia seperti cangkang kerang, tempurung kelapa, sisik ikan, dan tulang ikan.

2. Daerah pegunungan

Limbah keras yang banyak dihasilkan di daerah ini adalah limbah kayu pinus, kayu abasia, dan kayu kamper.

3. Daerah pertanian

Limbah keras yang didapat di daerah ini adalah tulang-tulang hewan ternak seperti tulang sapi, kerbau, kambing, ayam, serta tulang ikan.

4. Daerah perkotaan

Limbah keras yang dihasilkan di daerah perkotaan biasanya berupa pecahan kaca, pecahan keramik, potongan logam, dan aneka plastik bekas perabot.


43. Jenis-jenis bahan setengah jadi dari hasil perikanan dan peternakan :

1. Baso ikan

2. Dendeng cumi

3. Terasi udang

4. Tepung rumput laut

5. Telur asin

6. Dendeng daging

7. Kornet

8. Keju


44. Peralatan apa yang perlu siapkan

1. Kuali/pengorengan

2. Sutil

3. Serokan

4. Ulekan, dan 

5. Spatula

Prosesnya semua bumbu rempah dihaluskan kemudian ditumis, daging yang sudah direbus dimasukan ke adalam kuali diberia air secukupnya sampai matang, adapun protocol kesehatannya diawal kita harus mencuci tangan, menggunakan masker.


45. Jenis-jenis bakso makanan setengah jadi 

- Bakso Ikan, 

- Bakso Daging, 

- Bakso Ayam


Bagi Anda yang membutuhkan Soal dan Kunci Jawaban, serta Kisi-kisi Ujian Sekolah Mata Pelajaran Prakarya Tahun Pelajaran 2020/2021 Kurikulum Darurat silakan download di bawah ini : 

Soal Ujian Sekolah Prakarya SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 Kurikulum Darurat download di sini

Kunci Jawaban Ujian Sekolah Prakarya SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 Kurikulum Darurat download di sini

Kisi-kisi Ujian Sekolah Prakarya SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 Kurikulum Darurat download di sini 

0 komentar:

Post a Comment test