Kisi-kisi Ujian Sekolah Mata Pelajaran Informatika SMP Tahun Pelajaran 2021/2022

Sunday, March 27, 2022



Kisi-kisi Ujian Sekolah Mata Pelajaran Informatika SMP Tahun Pelajaran 2021/2022 - Tidak terasa Ujian Sekolah dan Ujian Nasional tinggal menghitung hari. Para peserta didik yang duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun pelajaran 2020/2021 akan mengikuti kegiatan Ujian Sekolah.

 

Ujian Sekolah menjadi salah satu penentu kelulusan sekolah, selain nilai rapot dari kelas 7 semester ganjil hingga kelas 9 semester ganjil. 


Adapun jadwal Ujian Sekolah masing-masing satuan pendidikan berbeda-beda. Jadwal Ujian Sekolah di beberapa kabupaten kota mulai dari tanggal 11 - 16 April 2022.


Sebelum mengikuti Ujian Sekolah tentu para pelajar atau peserta didik harus mempersiapkan diri dengan belajar sejak awal untuk memperoleh hasil yang maksimal. Agar belajarnya lebih fokus khususnya mata pelajaran TIK SMP, maka pelajar harus mengetahui kisi-kisi Ujian Sekolah yang sudah dibuat oleh tim penyusun di masing-masing satuan pendididikan yang mengacu pada Kurikulum 2013.


Sebagai gambaran, Kisi-kisi Ujian Sekolah TIK SMP Tahun Pelajaran 2021/2022 berisi soal-soal dari Kelas 7 semester ganjil hingga kelas 9 semester genap dengan berbagai level kognitif seperti level pengetahuan dan pemahaman, penerapan/aplikasi, dan penalaran.


Sedangkan bagi bapak dan ibu guru yang mengajar mata pelajaran TIK SMP Kelas 9 membutuhkan Kisi-kisi tersebut untuk dibuat analisis soal, serta bisa digunakan sebagai perbandingan untuk pembuatan soal Ujian Sekolah tahun berikutnya. Kisi-kisi ini dibuat oleh Tim MGMP Mata Pelajaran TIK Kabupaten Indramayu. 


Berikut Kisi-kisi Ujian Sekolah Informatika SMP Tahun Pelajaran 2021/2022 :

Mengenal pemfungsian perangkat

Mengenal data berupa angka dan hasil perhitungan rumus, dan cara menyimpan, serta mengaksesnya.

Mengenal cara kerja dan objekobjek lingkungan pemrograman visual yang dipakai.

Mengenal Internet dan jaringan lokal, serta komunikasi data via HP (teknologi komunikasi).

Memahami bahwa bagaimana manusia berinteraksi dengan komputer melalui algoritma, dan bahwa algoritma dirancang untuk mengeneralisasi solusi berbagai situasi.

Computational Thinking untuk persoalan komputasi yang lebih kompleks dari sebelumnya

Mengenal fitur lanjut browser

Memahami fungsi sistem komputer  (hardware dan OS) yang memungkinkannya untuk menerima input, menyimpan, memroses dan mengoutputkan data sesuai dengan spesifikasinya.

Mengolah data dengan pengolah angka untuk menghilangkan error, menyatakan hubungan, atau memudahkan untuk diproses komputer.

Mengenal cara kerja dan objek-objek lingkungan pemrograman visual yang dipakai.

Mengenal perangkat keras dan pemfungsian sistem opeasi, serta aplikasi

Membuat robot yang mampu menggambar atau menulis dengan program sederhana.

Memahami bahwa subprogram dapat di dekomposisi menjadi subprogram



0 komentar:

Post a Comment test