Sayangi Matamu Agar Tetap Sehat Dengan Laptop ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400)

Sunday, March 27, 2022
Sore hari di Pantai Selatan (Dok. Pribadi)


Menjelang matahari terbenam, terlihat begitu indahnya rona kemerahan di ufuk sebelah barat. Deburan ombak menambah suasana begitu romantis. Burung-burung beterbangan dan saling bersautan satu dengan yang lain terlihat sangat ceria menikmati suasana sore hari. 

 

Setelah melihat keindahan senja lalu mengalihkan pandangan ke burung-burung yang sedang bersendau gurau di atas kabel listrik. Tiba-tiba ada suatu keanehan. Semula kabel listrik terlihat jelas kini menjadi berbayang. Ada apa gerangan dengan mata ini?.  


Foto 


Beberapa kali mengusap mata barangkali ada yang menghalangi pandangan. Tetapi setelah berulang kali ternyata tetap saja kabel listrik tersebut menjadi berbayang. Karena penasaran ketika sampai di rumah aku pun berkaca melihat kondisi mata. Ternyata kondisi retina mata semakin melebar. 


Setelah membaca beberapa artikel dan bertanya kepada teman yang mengalami mata minus, kemungkinan mata saya termasuk silinder. Kondisi ini terjadi karena kornea atau lensa mata memiliki kurva yang tidak beraturan atau menyerupai telur atau oval. Akibatnya, bayangan obyek yang ditangkap mata dipantulkan secara tidak merata dan menyebabkan pandangan menjadi berbayang atau buram, baik saat melihat obyek yang dekat ataupun jauh.  

Kondisi mata

Pantesan setiap berkendara pada malam hari, saat berpapasan dengan kendaraan lain, ketika sinar lampu dari kendaraan mengenai mata menjadi sangat silau dan cahaya menjadi berpendar dan tidak utuh seperti pandangan sebelumnya. 


Dalam hati, mungkin inilah akibat sering berlama-lama di depan laptop dan smartphone sehingga pandangan menjadi berbayang. Padahal secara teori usia saya belum sampai 50 tahun tetapi sudah mengalami pengalaman yang tidak mengenakan dengan mata saya ini.   


Kini setiap menggunakan laptop, mata selalu berair dan perih setiap memandang laptop dalam waktu yang lama. Kepala terasa berat setelah mengetik atau memandangi laptop 2 jam saja. Berbeda dengan beberapa waktu sebelumnya tidak mengalami permasalahan seperti ini. 


Saat ini, melihat orang dari jarak 10 meter saja sudah tidak begitu jelas. Ketika ada seseorang yang memanggil nama saya pun tidak begitu terlihat. Mungkin sudah saatnya harus konsultasi dengan dokter mata agar penglihatan kembali pulih. 


Untuk mengatasi penglihatan yang terganggu seperti ini tentu ada beberapa hal yang harus dilakukan :  


Pertama, mendatangi dokter spesialis mata. Untuk lebih jelas gangguan penglihatan mata maka salah satu solusinya adalah mendatangi dokter spesialis mata yang ada di sekitar tempat tinggal kita. 


Kedua, memilih menggunakan kacamata atau lensa kontak. Ada orang yang suka menggunakan kacamata untuk membantu penglihatan tetapi ada juga yang tidak suka dengan kacamata maka pilihannya adalah menggunakan kontak lensa. Sesuaikan dengan kondisi dan kenyamanan Anda masing-masing. 


Ketiga, Terapi untuk mencegah mata silinder memburuk. Mata silinder hanya bisa disembuhkan dengan operasi tetapi jika masih dalam kondisi ringan ada beberapa terapi yang bisa dilakukan diantaranya adalah hindari terlalu lama menonton tv, menatap laptop, smartphone dalam jangka waktu lama, membaca dalam kondisi pencahayaan yang kurang, minum air putih yang cukup, makan makanan yang baik untuk mata seperti wortel, sayuran hijau, buah-buahan, ikan, telur dan kacang atau biji-bijian. 




Keempat, Olahraga mata. Mata juga perlu olahraga yakni dengan cara menggerakkan mata ke kiri dan kanan; lalu pandangan lurus ke depan. Selanjutnya, pijat pelipis kanan dan kiri searah jarum jam, kemudian pijit perlahan bagian bawah kepala.   


Kelima, Gunakan perangkat yang ramah dengan mata Anda. Sekarang sudah saatnya mengganti perangkat yang ramah dengan mata atau bisa menjaga kesehatan mata seperti laptop atau smartphone. 


Salah satu laptop yang ramah dengan mata penggunanya adalah ASUS ZenBook 14 OLED karena memiliki fitur-fitur untuk kesehatan mata dan kelebihan lainnya diantaranya : 




Mata Tidak Cepat Lelah Dengan Fitur Eye Care 

Bagi Anda yang sudah ada tanda-tanda gangguan pada mata saat berlama-lama depan laptop seperti mata sering perih, berkaca-kaca, atau pandangan kabur maka pilihannya adalah laptop yang menggunakan layar OLED (Organic light-emitting diode). ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) sudah menggunakan layar ASUS OLED yang dilengkapi fitur Eye Care.  


Teknologi layar yang menggabungkan keunggulan panel layar OLED menghadirkan kualitas visual terbaik ini tidak membuat mata cepat lelah serta mampu melindungi mata dari paparan radiasi cahaya biru dalam jangka waktu yang panjang. ASUS OLED telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker artinya lebih aman untuk kesehatan mata penggunanya, tetapi juga lebih nyaman saat digunakan. 



Warna Sesuai Aslinya Dengan Fitur HDR 

Mata kita tentu terbiasa dengan melihat warna sesuai dengan aslinya seperti melihat pemandangan yang indah, lautan luas, pegunungan, hutan, sawah, tanaman dan lain-lain. Dan warna aslinya itu sekarang bisa hadir nyata di ASUS OLED karena memiliki fitur HDR yang tersertifikasi oleh VESA Display HDR True Black Sehingga ASUS OLED mampu mereproduksi warna yang sangat kaya dengan color gamut mencapai 100% pada color space DCI-P3. Tingkat akurasi warna yang dihasilkan juga sangat tinggi dan sudah berstandar industri melalui sertifikasi PANTONE Validated Display. Artinya ASUS OLED sesuai dengan standar kebutuhan industri kreatif. Semua konten yang ditampilkan oleh ASUS OLED dijamin akurat sesuai dengan apa yang ingin ditampilkan oleh sang pembuat konten. 


Layar Lebih Luas Dengan Rasio Layar 16:10

Kita mungkin terbiasa menggunakan layar laptop dengan rasio 16:9. Tetapi layar ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) mengusung rasio layar 16:10 dengan resolusi 2.8K (2880x1800). Dengan rasio layar 16:10 membuat ruang kerja semakin luas sehingga mata tidak terlalu fokus pada bidang tertentu yang menyebabkan mata cepat lelah dan berpengaruh langsung pada produktivitas. 




Layar Sentuh Untuk Produktivitas 

Hampir semua perangkat sudah menggunakan layar sentuh. Begitu juga dengan laptop ASUS Zenbook 14X OLED memiliki fitur touchscreen atau layar sentuh. Hal ini tentu memudahkan penggunanya dalam melakukan navigasi dan bekerja menggunakan Zenbook 14X OLED (UX5400) sehingga menjadi sangat mudah dan lebih produktif.  



Ringkas dan Ringan

Siapapun pasti menginginkan perangkat yang ringkas dan ringan termasuk laptop. Zenbook 14X OLED (UX5400) memiliki ketebalan hanya 16,9mm dan bobot hanya 1,4Kg, membuatnya mudah dan nyaman untuk dibawa bepergian. Walaupun menggunakan layar 14-inci, Zenbook 14X OLED (UX5400) memiliki dimensi bodi sekelas laptop 13-inci. Hal tersebut dapat dicapai berkat teknologi NanoEdge Display yang memungkinkan bezel layar Zenbook 14X OLED (UX5400) dihadirkan sangat tipis yaitu hanya 3mm pada kedua sisi layarnya. Selain itu, bezel yang sangat tipis juga membuat Zenbook 14X OLED (UX5400) memiliki layar dengan screen-to-body ratio hingga 92%.


Zenbook 14X OLED (UX5400) memang dirancang agar dapat mendukung kegiatan penggunanya seharian, kapanpun dan di manapun. Selain mengusung desain bodi yang ringkas dan ringan, Zenbook 14X OLED (UX5400) juga memiliki rancang bangun yang sangat tangguh. Tidak tanggung-tanggung, laptop ultra-portable ini telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar US Military Grade (MIL-STD 810H). Beberapa pengujian ekstrem yang berhasil dilewati oleh Zenbook 14X OLED (UX5400) di antaranya adalah tes jatuh, tes getaran, hingga tes operasional pada lingkungan ekstrem. 



 

Ergolift Hinge  

Anda mungkin salah satu pengguna laptop yang sering menunjukkan tampilan layar laptop kepada orang lain atau klien. Maka Zenbook 14X OLED (UX5400) memiliki desain mekanisme 180⁰ ErgoLift Hinge yang sangat nyaman saat digunakan karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Dengan Ergolift Hinge tidak hanya memudahkan skenario penggunaan kolaboratif, tetapi juga mengangkat bodi utamanya sehingga aliran udara panas dari laptop ini keluar dengan sempurna sehingga laptop tidak cepat panas. Selain membuat pengguna semakin nyaman karena posisi bodi utama yang sedikit terangkat juga membuat posisi mengetik menjadi lebih nyaman saat pada mode penggunaan clamshell.


Memiliki ScreenPad™ 2.0

ScreenPad™ 2.0 merupakan fitur yang membedakan Zenbook 14X OLED (UX5400) dengan sebagian besar laptop premium lainnya. Tampil sebagai layar kedua sekaligus touchpad, ScreenPad™ 2.0 dibekali berbagai fitur yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas sehari-hari. Fitur Quick Key misalnya yang memungkinkan pengguna Zenbook 14X OLED (UX5400) untuk mengakses berbagai shortcut secara lebih cepat tanpa harus menghafal kombinasi tombol di keyboard. Quick Key juga dapat dikustomasi sesuai dengan aplikasi yang sedang berjalan dan dapat mempermudah penggunanya saat beraktivitas. Pengguna tidak perlu repot mengakses berbagai menu di layar utama untuk menggunakan berbagai fungsi di aplikasi Microsoft Office.



ScreenPad™ 2.0 juga dapat berfungsi sebagai layar kedua yang dapat menampilkan aplikasi apapun. Melalui fitur App Switch, berbagai aplikasi dapat ditampilkan dari layar utama ke ScreenPad™ 2.0 dengan sangat mudah. Fitur ini dapat mempermudah pengguna Zenbook 14X OLED (UX5400) saat melakukan multitasking.


Konektivitas Lengkap 

Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas adalah memilih laptop yang memiliki konektivitas lengkap. Hal tersebut dikarenakan konektivitas lengkap memungkinkan berbagai perangkat tambahan yang dapat meningkatkan produktivitas bisa dihubungkan dengan mudah. Selain itu, konektivitas lengkap juga menjamin laptop untuk tetap terhubung ke jaringan komputer atau internet dengan mudah.


Itulah mengapa ASUS memberikan Zenbook 14X OLED (UX5400) opsi konektivitas yang sangat lengkap. Mulai dari konektivitas menggunakan kabel, Zenbook 14X OLED (UX5400) hadir dengan beragam port yang dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat. Berbagai port seperti HDMI 2.0, USB 3.2 Gen2 Type-A, hingga MicroSD dan 3.5mm combo audio jack akan memudahkan pengguna untuk beraktivitas tanpa harus bergantung pada dongle.



Zenbook 14X OLED (UX5400) juga dibekali dengan dua port USB Type-C Thunderbolt™ 4. Port modern tersebut tidak hanya hadir dengan kecepatan transfer data yang tinggi hingga 40Gbps, tetapi juga dapat digunakan untuk menghubungkan monitor tambahan dengan dukungan resolusi hingga 8K. Port tersebut juga telah mendukung fitur USB Power Delivery sehingga dapat digunakan untuk mengisi daya baterai melalui adapter charger maupun power bank.


Sementara untuk konektivitas nirkabel, Zenbook 14X OLED (UX5400) mengandalkan WiFi 6 yang tertanam di dalamnya. Berbeda dengan WiFi generasi sebelumnya, WiFi 6 memberikan kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan stabil sehingga memastikan pengguna Zenbook 14X OLED (UX5400) dapat selalu terkoneksi ke internet dengan mudah dan nyaman.


Lebih Produktif 

Laptop modern ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Zenbook 14X OLED (UX5400) tidak hanya andal untuk mendukung kebutuhan komputasi sehari-hari tetapi juga powerful untuk multitasking.


Prosesor tersebut juga tidak sendirian karena ditemani oleh chip grafis NVIDIA® GeForce® MX450. Chip grafis tersebut membuat Zenbook 14X OLED (UX5400) memiliki kemampuan pemrosesan grafis ekstra yang dibutuhkan oleh para content creator.




Agar semakin andal untuk menyokong kegiatan multitasking, Zenbook 14X OLED (UX5400) dilengkapi memori berkapasitas hingga 16GB. Tidak hanya itu, Zenbook 14X OLED (UX5400) juga dibekali dengan penyimpanan berupa PCIe SSD yang memiliki performa tinggi serta kapasitas ekstra lega yaitu hingga 1TB. Dengan demikian Anda pun tidak perlu khawatir dengan kapasitas dan performa penyimpanan di Zenbook 14X OLED (UX5400).


Ingin menggenjot performa Zenbook 14X OLED (UX5400) lebih kencang lagi? ASUS memberikan fitur bernama ASUS Intelligent Performance Technology (AIPT) yang hadir dengan tiga mode performa yang bisa dipilih yaitu Performance Mode, Balance Mode, serta Whisper Mode. Di Performance Mode, prosesor dapat dipacu dayanya hingga 40W untuk menghadirkan performa yang lebih kencang.



Dilengkapi Webcam 

Sejak pandemi kegiatan rapat atau pertemuan secara online semakin sering dilakukan. Oleh karena itu pasti membutuhkan laptop yang memiliki webcam untuk komunikasi baik melalui Zoom Meeting, Google Meet atau lainnya. ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) sudah dibekali dengan webcam 720p HD camera yang disematkan pada bezel bagian atas dari laptop ini. 




Fingerprint Login 

Salah satu fitur yang tidak kalah penting adalah fitur keamanan. ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) sudah dilengkapi dengan fingerprint sensor yang disematkan pada tombol power atau dikenal dengan Fingerprint Login. Dengan fitur ini keamanan laptop ini bisa diandalkan. Menariknya booting awal hingga siap digunakan, laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) kurang dari 10 detik. Hal ini tentu akan mempercepat produktivitas bagi penggunanya. 


 

Baterai Tahan Lama 

Salah satu faktor kenyamanan dalam menggunakan laptop adalah baterai yang tahan lama. Zenbook 14X OLED (UX5400) telah dibekali dengan baterai berkapasitas lebih besar, yakni 63Whrs. Dibandingkan dengan pendahulunya, Zenbook 14X OLED (UX5400) kini memiliki daya tahan baterai yang lebih lama. 


Selain itu laptop ini sudah memiliki fitur fast charging dengan kemampuan pengisian baterai hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit, sehingga Zenbook 14X OLED (UX5400) semakin dapat diandalkan untuk gaya hidup modern. Dengan baterai tahan lama, pengguna bisa menikmati laptop untuk menonton film, siaran langsung, mendengarkan musik atau bekerja lebih lama tanpa khawatir buru-buru mengisi ulang. 




Audio Jernih 

Bagi Anda yang hobi mendengarkan musik, menonton film, bermain game, berkomunikasi dengan mic bawaan laptop, maka ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) solusinya. Laptop ini memiliki audio dengan sertifikat Harman/Kardon, serta dilengkapi dengan built-in speaker, dan Built-in array microphone untuk menghasilkan suara rekaman atau komunikasi yang jernih.  


Kesimpulan 

Bagi Anda yang membutuhkan laptop dengan layar yang jenih dan sehat untuk mata, ringkas dan ringan, memiliki ScreenPad 2.0, dilengkapi dengan fitur fingerprint login untuk keamanan, performa yang bisa diandalkan, memiliki webcam untuk komunikasi virtual, audio jernih dan baterai tahan lama maka pilihannya ada pada ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400).  




Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Writing Competition bersama bairuindra.com



2 komentar for Sayangi Matamu Agar Tetap Sehat Dengan Laptop ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400):

  1. Halo, terima kasih ya sudah mengikuti ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Writing Competition. Semoga mendapatkan hasil yang terbaik ya!

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam