Laptop ASUS Expertbook B5, Bisa Mengubah Jalan Hidup Ke Arah Lebih Baik

Monday, March 28, 2022

 

Diundang sebagai blogger di Acara Hitam Putih tahun 2017 

Perjalanan hidup seseorang tidak ada yang tahu, termasuk perjalanan hidup diri sendiri. Tetapi kesuksesan seseorang karena keuletan, kesabaran, kegigihan, dan peran Sang Maha Pengatur dalam mencapai kesuksesan tersebut.     

 

Dulu, sebagai seorang guru honorer dengan gaji di bawah UMR harus bisa bertahan hidup dengan mengajar hingga 4 sekolah yang berbeda agar bisa mencukupi kebutuhan keluarga. Dengan bermodal komputer pinjaman dari teman dan membeli handphone bekas yang masih ada sisa gratis internet selama tiga bulan, pada bulan Maret tahun 2009 saya mulai belajar membuat blog dengan bantuan mbah Google.

Saat berkunjung ke Kantor Google Indonesia


Semula membuat blog hanya untuk menyalurkan hobi menulis. Tetapi di tengah jalan karena profesi sebagai pendidik maka akhirnya saya memanfaatkan blog untuk menulis rangkuman materi pelajaran, menulis soal-soal ulangan hingga membagikan soal-soal ujian tahun-tahun sebelumnya untuk siswa belajar.

 

Dari sekedar hobi menulis akhirnya mulai bersemangat dan menggelutinya secara serius, karena pengunjung ke blog dari hari ke hari semakin bertambah, dari yang awalnya hanya puluhan, terus meningkat menjadi ratusanbahkan hingga ribuan pengunjung ke blog saya. Sehingga akhirnya dari hobi dan kebiasaan ini akhirnya memacu saya untuk mengikuti lomba blog.


 

Tidak disangka-sangka, ternyata tulisan yang saya tulis berhasil meraih penghargaan sebagai juara pertama Lomba Blog tersebut dengan hadiah netbook pada tahun 2011. Berkat hadiah ini membuat saya semakin bersemangat dan aktif ngeblog. Semula menulis blog hanya sebulan tiga kali, berubah menjadi seminggu tiga kali dan sekarang hampir setiap hari.

 

Dulu ada situs pemeringkat blog di tanah air, karena seringnya blog saya berada di peringkat 10 besar tiba-tiba ada undangan masuk ke email dari salah satu pimpinan perusahaan jasa konsultasi pendidikan dari Malaysia yakni APAC MLearning ibu Rani Wemel. Saya diundang ke acara APAC (Asia Pasific) Mlearning di Hotel Hyatt Bandung. Ibu Wemel Cumavoo mengetahui bahwa saya selain seorang blogger juga seorang guru.


 

Pada acara ini, saya mendapat kesempatan belajar bersosialisasi dengan para dosen dan rektor dari berbagai negara di Asia Pasifik. Pembicara di APAC MLearning adalah Prof. John Traxtler professor of Mobile Learning dari Universitas Wolverhampten Inggris, Dr. Serkan Toto Konsultan Web dan Industri Seluler Jepang dan Koresponden situs teknologi ternama,  Kashminder Singh CEO One World Solution dan masih banyak lagi lainnya.

 

Acara ini selain dihadiri oleh dosen, rektor, vendor ponsel dan pengusaha telekomunikasi dari dalam dan luar negeri. Saya merupakan salah satu peserta APAC MLearning yang berprofesi sebagai guru honorer. Kalau peserta lain untuk mengikuti acara ini harus membayar sebesar 200 dolar atau sekitar 2 juta saat itu, tapi saya mengikuti acara ini secara gratis hanya gara-gara aktif ngeblog.

 

Berkat apresiasi dan undangan konferensi dari luar negeri tersebut, saya semakin bersemangat ngeblog dan mulai mengajak orang lain untuk belajar ngeblog termasuk murid-murid saya. Untuk menambah ilmu dengan pengetahuan tentang dunia blog, saya sering menghadiri acara-acara blogger yang diadakan di Jakarta dan kota-kota lainnya dengan menggendong laptop kemana-mana. Sampai akhirnya saya mengenal apa itu monetisasi dan job review.

Bersama laptop ASUS

 

Dari aktif ngeblog akhirnya bisa merasakan job review dengan bayaran ratusan hingga jutaan rupiah. Belum lagi dari monetisasi blog hingga akhirnya bisa menambah penghasilan tambahan yang waktu itu masih sebagai guru honorer.   

 

Keaktifan saya sebagai blogger dan sering bersosialisasi dengan blogger dari daerah lain membuat saya mendapat undangan acara ASEAN Blogger di Bali pada tahun 2011. Rasanya bahagia sekali bisa bertemu dengan rekan-rekan blogger dari tanah air dan ASEAN.

ASEAN Blogger 2011

Tahun-tahun berikutnya saya masih aktif mengikuti kegiatan kopdar blogger seperti Idblogilicious Jakarta (2011), Ulang Tahun Blogger Bekasi (2012), Asean Blogger Festival di Solo (2013), Semarang Blogger Festival (2013) dan Blogger Nusantara Ketiga di Yogyakarta (2013). Blogger Camp 2015 Jakarta.   


Perjalanan sebagai seorang blogger yang membuat senang, dan haru adalah ketika diundang salah satu acara televisi swasta Trans 7 dengan host Deddy Corbuizer yakni Acara Hitam Putih pada tahun 2017. Setelah acara tersebut banyak yang minta foto bersama ketika berada di pasar, kegiatan guru dan di sekolah. 


Saat tampil di Acara Hitam Putih Trans 7

 

Sejak tampil pada acara televisi tersebut, saya sering diundang menjadi narasumber untuk mengisi acara pelatihan blog untuk pelajar, mahasiswa, UMKM, dan guru-guru baik di daerah sendiri atau di daerah lain.  

 

Karena seringnya netbook digunakan, semakin hari file semakin bertambah dan sering keluar masuk flashdisk membuat kinerjanya semakin melemah. Laptop sering ngelag dan bootingnya menjadi semakin melambat. Hingga akhirnya netbook yang biasa digunakan akhirnya ngehang dan file-filenya tidak bisa diselamatkan.


 

Sedih rasanya, netbook yang selama ini menemati perjalanan ngeblog saya akhirnya harus diinstal ulang dan file-file di dalamnya tidak bisa diselamatkan hanya beberapa file saja yang disimpan di Google Drive yang bisa diunduh ulang. Bahkan setelah diintal ulang kondisi netbook tidak normal seperti semula.

 

Itu dulu, beda dengan sekarang karena ada laptop yang bisa memiliki berbagai kelebihan dan cocok untuk pengguna yang sering bepergian, profesional atau pebisnis yang mengutamakan keamanan, kenyamanan, produktivitas, dan performa yang bisa diandalkan yakni ASUS ExpertBook B5.  

 

Berikut fitur-fitur yang diandalkan dari ASUS ExpertBook B5 :

 

Desain Keren, Ringkas dan Ringan Mobilitas Tanpa Batas

Kini selain berprofesi sebagai guru, saya juga sering diminta menjadi narasumber untuk berbagai kegiatan offline ataupun online. Oleh karena itu membutuhkan laptop yang ringan dan ringkas sehingga nyaman dibawa kemana-mana. ASUS ExpertBook B5 memiliki desain yang berfokus pada mobilitas.



Desain laptop ini tidak hanya tampil dengan bodi yang sekadar ringkas serta ringan, tetapi juga sangat tangguh. Bagian belakang layar serta bawah bodi seri laptop ExpertBook B5 dibuat menggunakan bahan magnesium-aluminium alloy yang kokoh dan tangguh melalui pengujuan ekstrim berstandar militer AS (MIL-STD 810H). Metarial premium tersebut membuat bobot seri laptop ExpertBook B5 hanya 1 kilogram-an saja.


Laptop ExpertBook B5 memiliki ketebalan hanya 16,9mm sehingga memungkinkannya untuk dapat dimasukkan ke dalam tas dengan sangat mudah. ExpertBook B5 memiliki dua varian form-factor, yaitu clamshell (B5302CEA) dengan layar yang dapat dibuka hingga 180⁰ dan convertible dengan layar yang dapat diputar 360⁰ (B5302FEA). ExpertBook B5 merupakan seri laptop yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi.


Durabilitas Tinggi

ASUS ExpertBook B5 memiliki durabilitas tinggi dan cukup tangguh untuk bisa selalu diandalkan dalam berbagai kondisi. Mengingat target dari produk ini sendiri adalah menyasar pada para pebisnis dan profesional yang aktif.



Maka tidak heran jika ASUS ExpertBook B5 mendapatkan sertifikasi MIL-STD 810H dan telah melewati berbagai pengujian ekstrim. Baik pengujian temperatur tinggi, temperatur rendah, temperatur ekstrim, kelembaban tinggi, pengujian di ketinggian, uji getaran, drop test dan beberapa pengujian lainnya. 


Dengan ketangguhan dari ASUS ExpertBook B5 tersebut jelas bakal menghilangkan rasa was-was ketika kita harus sering membawanya ke lapangan. Karena dalam keadaan dimana kita harus terburu-buru, terkadang kita tak bisa menghindari insiden tak terduga seperti misalnya laptop terbentur, atau bahkan terjatuh.


Bahkan keyboard dari laptop ini sudah dilengkapi dengan fitur spill- resistant. Jadi tidak khawatir lagi saat terkena tumpahan kopi, teh atau air minum hingga 66cc. 


Performa Dapat Diandalkan 

Sebagai seorang profesional, tentu kita membutuhkan laptop dengan performa komputasi yang mumpuni. Laptop bisnis ASUS ExpertBook B5 sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Selain itu menggunakan memori DDR4 3200Mhz berkapasitas hingga 48GB.



 

Sementara itu, penyimpanannya mengandalkan PCIe SSD berkapasitas besar hingga 2TB yang dapat dikonfigurasikan secara RAID untuk meningkatkan performanya. Keseluruhan hardware modern tersebut tidak hanya membuat seri laptop ExpertBook B5 dapat diandalkan untuk kebutuhan komputasi kelas bisnis, tetapi juga dapat menunjang kebutuhan multitasking dengan sangat baik serta mampu menyimpan banyak file.


RAID sendiri merupakan singkatan dari Redundant Array of Independent Disks memaksimalkan potensi storage jika kita memasangkan dua keping SSD sekaligus.

 

ExpertBook B5 juga tevalidasi sebagai laptop Intel EVO Platform artinya seri laptop ExpertBook B5 ini tidak hanya memiliki spesifikasi premium, tetapi juga memiliki performa yang kencang meskipun tidak terhubung ke sumber listrik, karena memiliki baterai yang sangat panjang, serta sangat responsif untuk berbagai aktivitas.

 

Konektivitas Lengkap

Saat ini, setiap orang pasti membutuhkan konektivitas yang lengkap untuk perangkat yang dimilikinya. Seri laptop ExpertBook B5 sendiri telah mengadopsi WiFi 6, protokol WiFi generasi terbaru yang memungkinkan transfer data dapat dilakukan lebih cepat dan stabil.

 


Selain dibekali konektivitas nirkabel yang andal, seri laptop ExpertBook B5 juga dibekali port yang sangat lengkap meski mengusung bodi yang tipis. Port yang tersedia di seri laptop ini di antaranya adalah USB Type-A, HDMI, 3.5mm combo audio port, dan gigabit ethernet melalui Micro HDMI. Dua port USB Type-C Thunderbolt 4 juga tersedia di laptop ini. Selain menawarkan kecepatan transfer data tinggi, yaitu hingga 40Gbps, port Thunderbolt 4 di seri laptop ExpertBook B5 juga dapat digunakan untuk pengisian daya serta port display output yang mendukung resolusi hingga 8K.

 

Lebih Produktif dengan ASUS OLED

Layar laptop kini menjadi perhatian, karena akan menunjang produktivitas dan kesehatan mata. Seri laptop ExpertBook B5 merupakan salah satu jajaran laptop bisnis ASUS pertama yang dibekali layar ASUS OLED. Teknologi layar tersebut menggabungkan keunggulan panel OLED yang dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi serta inovasi sehingga menghasilkan layar yang mampu menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya, akurat, dan tidak merusak kesehatan mata.

 


Setiap laptop yang menggunakan layar ASUS OLED telah dijamin mampu menghasilkan kualitas visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat. Tidak tanggung-tanggung, ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display.

 

ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black. Singkatnya, layar ASUS OLED diciptakan berdasarkan standar kebutuhan industri kreatif. Dengan demikian, semua konten yang ditampilkan oleh ASUS OLED dijamin akurat sehingga mempermudah pengguna ExpertBook B5 untuk melakukan review terhadap konten yang sedang dikerjakan.

 

ASUS OLED juga dibekali fitur bernama Eye Care. Fitur tersebut memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. Inovasi tersebut membuat ASUS OLED dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata.

 

ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. Berkat ASUS OLED, pengguna ExpertBook B5 dapat lebih produktif setiap saat tanpa harus khawatir terhadap kesehatan mata dalam jangka waktu panjang.



 

Baterai Tahan Lama

Untuk memastikan penggunanya tetap produktif, ASUS memberikan baterai dengan teknologi terbaik yang dapat memberikan daya ke seri laptop ExpertBook B5 hingga 14 jam dalam satu kali pengisian daya. Kemampuan daya tahan baterai yang panjang tersebut adalah berkat kombinasi hardware modern yang sangat efisien, sehingga memungkinkan seri laptop ExpertBook B5 tetap tampil dengan performa kencang dan memiliki daya tahan baterai sangat panjang.

 

Seri laptop ExpertBook B5 juga sangat fleksibel. Pengisian dayanya dilakukan melalui port USB Type-C Thunderbolt 4 yang mendukung teknologi USB power delivery menggunakan adapter yang sangat ringkas.

 

Adapter tersebut bahkan dapat digunakan untuk mengisi berbagai jenis gadget modern yang ada saat ini. Tidak sampai di situ, seri laptop ExpertBook B5 juga dapat diisi dayanya menggunakan powerbank sehingga daya tahan baterainya bisa diperpanjang hingga seharian.

 


Memiliki Webcam

Salah satu kebutuhan komunikasi saat ini adalah webcam, ExpertBook B5 dibekali dengan webcam 720p HD Camera yang dapat dimanfaatkan untuk komunikasi menggunakan zoom meeting, Google Meet atau aplikasi komunikasi lainnya. 



Webcam privacy shield yakni penutup fisik untuk jaminan privasi saat tidak digunakan. Cara menggunakan cukup mudah hanya dengan menggeser hingga terbuka untuk melakukan panggilan video atau merekam, dan menggeser kembali jika selesai digunakan.

 

Dilengkapi AI Noise-cancelling

Tempat kerja atau rumah Anda dekat dengan jalan raya atau tempat yang bising?. Tenang, ExpertBook B5 merupakan seri laptop bisnis yang dirancang agar selalu bisa diandalkan oleh penggunanya setiap saat di berbagai kondisi bising, salah satunya adalah fitur two-way AI noise-cancelling.




Dengan fitur tersebut memungkinkan sistem kecerdasan buatan (AI) untuk dapat mengenali dan mengeliminasi berbagai jenis suara bising (noise) saat pengguna ExpertBook B5 melakukan conference call.

 

Menariknya lagi, fitur ini tidak hanya berlaku untuk mikrofon di ExpertBook B5 secara satu arah, tetapi juga dapat mengeliminasi noise dari lawan bicara. Dengan demikian, pengguna seri laptop ExpertBook B5 dapat melakukan conference call secara nyaman dan tetap produktif di berbagai situasi. 


 

Fingerprint Sensor

Tidak sampai di situ. Untuk mempermudah penggunanya, ASUS juga menyediakan sensor pembaca sidik jari (fingerprint) di seri laptop ExpertBook B5. Sensor sidik jari tersebut juga telah terintegrasi dengan sistem keamanan Windows Hello yang tidak hanya membuat ExpertBook B5 lebih aman, tetapi juga mudah untuk diakses tanpa harus mengetikkan password.

 

Seri laptop ExpertBook B5 dibekali dengan fitur keamanan terkini. Selain dibekali chip TPM 2.0 untuk menjamin integrasi dan keamanan data yang disimpan di dalam laptop, seri laptop ExpertBook B5 juga hadir dengan sistem keamanan biometrik yang mengandalkan sensor pembaca sidik jari (fingerprint) yang telah terintegrasi dengan fitur Windows Hello. 

 


ASUS NumberPad 2.0

Fitur selanjutnya adalah ASUS NumberPad 2.0. Fitur eksklusif di laptop ASUS tersebut memungkinkan laptop berukuran kecil dengan layar 13-inci seperti seri laptop ExpertBook B5 untuk tetap dapat memiliki tombol numpad. NumberPad 2.0 dapat mengubah touchpad menjadi numpad dengan sangat mudah melalui satu sentuhan saja.


Fitur Pendukung Produktivitas

Selain fitur-fitur tersebut, ASUS ExpertBook B5 juga dilengkapi dengan Link to MyASUS yang berguna untuk menghubungkan antara laptop dengan smartphone yang kita gunakan. Dengan fitur ini, kita bisa melihat notifikasi pada smartphone, ataupun mengontrol smartphone yang dihubungkan tersebut, melalui laptop yang kita gunakan. Melakukan file transfer antara kedua perangkat ini pun bisa dilakukan dengan mudah.


 


Kesimpulan

Secara keseluruhan, laptop ASUS Expertbook B5 ini sangat cocok bagi profesional atau pebisnis karena memiliki beberapa kelebihan seperti ringkas dan ringan, memiliki keamanan yang bisa diandalkan, layar OLED untuk kesehatan mata, kinerja cepat dan konektivitas lengkap.


Berikut Spesifikasi dan Harga ASUS ExpertBook B5 (B5302CEA) : 


Berikut Spesifikasi dan Harga ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA) : 


*Harga sewaktu-waktu bisa berubah. 

Semua produk ASUS ExperBook B5 mendapatkan garansi selama 2 tahun. Selain itu ASUS juga memberikan penawaran bagi perusahaan untuk bisa mengajukan perpanjangan garansi agar sesuai dengan masa yang diharapkan. Tidak hanya itu, ASUS juga memberikan layanan ADP (Accidental Damage Protection) yang berlaku selama satu tahun.


Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ExpertBook B5 Blog Competition bersama Techijau.com


4 komentar for Laptop ASUS Expertbook B5, Bisa Mengubah Jalan Hidup Ke Arah Lebih Baik :

  1. HEbat mas didno, punya cerita inspiratif dan masuk TV pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe biasa aja sih mas... semoga ceritanya bermanfaat bagi rekan-rekan blogger pemula

      Delete
  2. Wah Kang Didno perlu jadi panutan sih, bener-bener blogger yang berprestasi. Semangat Kang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya masih tetap semangat mas... tapi kalo lomba blog sekarang pesertanya hebat-hebat infografis dan ceritanya

      Delete

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam