Sep 21, 2022

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400), Laptop Sarat Inovasi Penunjang Prestasi

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400), Laptop Sarat Inovasi Penunjang Prestasi



Setiap anak yang dilahirkan memiliki minat dan bakat yang berbeda-beda. Sebagai orang tua tentu tidak boleh memaksakan keinginan orang tua kepada anaknya karena dampaknya akan membuat anak merasa tertekan dan tidak bisa berkembang sesuai dengan keinginannya. 


Orang tua bisa membantu mengembangkan minat dan bakat kepada anak-anaknya dengan memberikan stimulus dengan memberi kesempatan pada anak mengenal berbagai macam bentuk kegiatan, olahraga, hobi, musik, atau berbagai jenis pekerjaan yang ada di sekelilingnya. 


Selain itu orang tua juga bisa mengamati tingkah laku anak dengan berbagai jenis kegiatan yang mereka senangi, biasanya dengan melakukannya berulangkali, atau merasa tertarik pada bidang tertentu sehingga mereka ingin tahu lebih banyak. Sebagai contoh anak yang hobi menggambar, bermain sepakbola atau aktivitas lainnya.




Sebagai orang tua kita bisa memperhatikan kecerdasan anak sejak dini. Ada sembilan kecerdasan anak seperti kecerdasan bahasa, kecerdasan logika matematika, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan visual spasial, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan naturalis dan kecerdasan ekstensial. 


Sembilan kecerdasan ini sering disebut sebagai kecerdasan majemuk (multiple intelligence) berdasarkan hasil penelitian Dr. Howard Gardner, Harvard University. Teori ini dapat digunakan sebagai bahan acuan orangtua dalam menggali minat dan bakat anak. Bisa saja seorang anak tidak cakap dalam berhitung tapi sangat lincah dalam gerak dan olah tubuhnya, sehingga ia sangat berbakat di kegiatan olahraga seperti senam atau tari, seperti dikutip dari Kompas.com.   


Setelah orangtua mengetahui bakat dan minat anak, maka langkah berikutnya memberikan ruang tepat agar bisa mengekspresikan kemampuannya. Mendekatkan anak dengan orang yang ahli di bidangnya dengan aktivitas yang ia sukai, bergabung dengan komunitas atau perkumpulan yang sesuai bakat dan minat anak serta mengikuti berbagai perlombaan sesuai bakat dan minatnya sehingga anak akan semakin percaya dengan diri.



Orang tua harus menghargai setiap usaha yang telah dilakukan oleh anak. Keluarga dan lingkungan seperti teman, guru, atau tetangga berperan besar dalam pemupukan minat dan bakat anak sejak dini. Dibutuhkan dukungan positif agar anak dapat mengembangkan bakat dan minatnya secara optimal. Bentuk dukungan bukan hanya secara materi namun terlebih perhatian dan waktu. Pujian atau apresiasi sederhana dapat memberikan dampak besar dalam mendukung anak mengembangkan minat dan bakatnya.


Saya memiliki tiga anak yang memiliki bakat yang berbeda-beda. Saat ini anak pertama laki-laki sedang menempuh kuliah jurusan Teknik Informatika. Sejak duduk di bangku sekolah sudah menyukai dengan dunia komputer atau laptop bahkan pernah mengganti keyboard sendiri ketika ada kerusakan. Sehingga saat teman-temannya ada yang laptopnya rusak akan berkonsultasi kepada dia dan bagaimana solusi mengatasi permasalahannya tersebut. 




Dari bakatnya tersebut, sebagai orang tua menyarankan untuk masuk ke SMK jurusan Multimedia atau yang berhubungan dengan Komputer. Dia juga ternyata memiliki hobi mengedit video bahkan karyanya membuat video untuk promo sekolah dan juga mengikuti beberapa lomba tingkat daerah dan nasional. 


Sedangkan anak kedua memiliki hobi yang berbeda yakni senang membaca, berbahasa Inggris, aktif organisasi dan senang berbicara dihadapan orang lain. Oleh karena itu orang tua menyarankan untuk masuk SMA atau MA untuk melanjutkan kuliah yang berhubungan dengan minat dan bakatnya tersebut. Dia berencana mengambil jurusan Ilmu Komunikasi semoga sesuai dengan minat dan bakatnya tersebut. 



Berbeda dengan anak yang pertama dan ketiga, anak yang ketiga memiliki hobi melukis. Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar dia sangat menyukai dengan dunia seni lukis dan grafis. Saat ini masih duduk di bangku SMA atau MA. Sebagai orang tua menyarankan dia untuk melanjutkan kuliah di bidang Desain grafis atau Seni Rupa. 


Untuk mendukung aktivitas mereka agar berprestasi di bidangnya masing-masing tentu membutuhkan perangkat yang bisa mengembangkan minat dan bakatnya. Perangkat yang bisa mendukung minat, bakat dan prestasi tersebut adalah laptop.       




Lalu laptop apa yang sesuai dengan mereka yang masih muda, enerjik dan berbakat tersebut. Pilihannya adalah ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400). Alasannya adalah PRODUKTIF yang merupakan akronim dari : 


Powerful dengan Prosesor Sekelas Laptop Gaming

Selain desain yang keren, laptop yang dibutuhkan oleh mereka juga harus memiliki performa yang cepat. Oleh karena itu prosesor yang disematkan harus memiliki performa yang mumpuni dan bisa diandalkan untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas. 


Hadir dengan ditenagai AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors yang memiliki full powerful performance core untuk multitasking bahkan video editing. Selain powerful, prosesor ini memberikan daya baterai lebih awet sehingga produktivitas harian semakin maksimal. Dilengkapi dengan kartu grafis integrasi AMD Radeon yang memberikan performa gaming yang tanpa lag. Produktivitas harian dimanapun dan kapanpun jadi maksimal dengan performa prosesor dan kartu grafis dari AMD ini.  



Prosesor ini biasanya digunakan di laptop gaming tersebut dirancang menggunakan arsitektur Zen3 melalui pemrosesan 7nm, dan Vivobook Pro 14 OLED (M3400) sudah menyematkan prosesor tersebut sehingga tidak hanya memiliki performa komputasi yang sangat andal tetapi juga dapat hadir dengan daya tahan baterai yang panjang.  


Varian tertinggi Vivobook Pro 14 OLED (M3400) akan ditenagai oleh AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor. Prosesor tersebut menggunakan konfigurasi 8-core dan 16-thread serta mampu berjalan di frekuensi hingga 4,4GHz. Selain itu dilengkapi dengan kartu grafis AMD Radeon™ Graphics. Vivobook Pro 14 OLED (M3400) juga dibekali dengan memori berkapasitas hingga 16GB serta penyimpanan PCIe SSD berkapasitas 512GB, membuatnya selalu andal untuk berbagai aktivitas termasuk multitasking. 




Selain cepat, pengguna juga menginginkan laptop yang tetap dingin dan nyaman saat beraktivitas, dan ASUS membekali Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dengan system pendingin IceCool Plus terbaru. Sistem pendingin tersebut ditenagai oleh dua kipas khusus berbahan Liquid Crystal Epoxy Polymer (SCP) sehingga dapat hadir dengan 86 bilah di setiap kipasnya. Sistem pendingin ASUS IceCool Plus mampu menghadirkan aliran udara 16% lebih baik serta memastikan Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dapat selalu bekerja secara optimal. 


Ringkas, Tipis, Ringan Dengan Desain Kekinian   

Orang yang berjiwa muda tentu menginginkan laptop yang  memiliki desain yang kekinian dan menarik sehingga bisa mengekspresikan dirinya dimanapun berada. Laptop Vivobook Pro 14 OLED (M3400) memiliki desain yang keren dengan pilihan warna Solar Silver dan Cosmos Blue yang cocok untuk anak muda. Dengan logo ASUS 3D yang unik, dengan pola chevron anodized bertekstur, menambah kegembiraan dan keceriaan penggunanya.   




Selain desain yang keren Vivobook Pro 14 OLED (M3400) juga harus memiliki bobot yang ringan yakni hanya 1,4kg dan ketipisan hanya 1,89cm sehingga sesuai untuk digunakan sebagai laptop harian bagi mereka yang mobile dan dinamis.  Sehingga sangat mudah untuk dibawa bepergian dan membuat penggunanya selalu produktif di mana saja dan kapan saja.


One-Touch Login 

Untuk keamanan ASUS telah menyematkan sensor sidik jari yang ditempatkan pada tombol daya dan Windows Hello pada Vivobook Pro 14 OLED (M3400). Pengguna tidak perlu mengetikkan kata sandi setiap saat, yang Anda butuhkan hanyalah satu sentuhan. Dengan demikian laptop ini tidak bisa sembarangan digunakan oleh orang lain sehingga terjamin keamanannya. 



Display ASUS OLED 

Bagi mereka yang biasa membuat konten video, gambar, grafis biasanya menginginkan laptop dengan layar yang jernih dan gambar sesuai warna aslinya dan layar Vivobook Pro 14 OLED (M3400) sudah menggunakan sebuah teknologi layar OLED dari ASUS yang menjamin akurasi warna seindah kenyataan. 


Selain itu Vivobook Pro 14 OLED (M3400) memiliki bidang kerja lebih luas karena memiliki rasio layar 16:10, serta teknologi low blue-light dan anti-flicker dari TÃœV Rheinland untuk kenyamanan dan kesehatan mata pengguna sehingga tidak mudah lelah. Layar ASUS OLED dapat memastikan hadirnya pengalaman visual terbaik untuk segala aktivitas.



Layar ASUS OLED juga dapat menghadirkan kualitas visual terbaik. Tidak hanya melalui dukungan fitur HDR yang tersertifikasi oleh VESA, ASUS OLED juga mampu mereproduksi warna yang sangat kaya dengan color gamut mencapai 100% pada color space DCI-P3. Tingkat akurasi warna yang dihasilkan juga sangat tinggi dan sudah berstandar industri melalui sertifikasi PANTONE Validated Display.


Fitur lain yang menarik dari layar Vivobook Pro 14 OLED (M3400) mengusung rasio layar 16:10 dengan resolusi 2.8K (2880×1800). Berbeda dengan pendahulunya yang menggunakan layar 16:9, rasio layar 16:10 membuat ruang kerja semakin luas dan berpengaruh langsung pada produktivitas.


Usung Audio Dengan Teknologi AI Noise Canceling

Banyak pengguna laptop yang menggunakan untuk kegiatan zoom meeting atau kegiatan belajar secara online oleh karena itu membutuhkan laptop yang memiliki kemampuan meredam suara bising yang ada di sekitarnya. Vivobook Pro 14 OLED (M3400) sudah dibekali sistem audio khusus dengan teknologi AI Noise Canceling. Teknologi tersebut dapat meredam suara bising di sekitar pengguna sehingga mudah untuk conference call atau online meeting di berbagai kondisi.



Bagian yang tidak kalah menjadi pilihan saat mencari laptop adalah audio. Vivobook Pro 14 OLED (M3400) menggunakan audio dengan sertifikat Harman/Kardon yang memiliki suara yang jernih dan nyaman saat digunakan untuk mendengarkan musik, menonton film atau saat bermain game. 


Keyboard ASUS ErgoSense 

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) merupakan laptop yang dirancang sebagai perangkat penunjang aktivitas sehari-hari sehingga penggunanya dapat menjadi lebih produktif seperti touchpad dengan ukuran yang lebih luas serta keyboard ASUS ErgoSense. 




Keyboard Vivobook Pro 14 OLED (M3400) memiliki jarak tombol, kedalaman tekan, serta stabilitas yang telah dirancang khusus serta presisi agar penggunanya nyaman saat mengetik.  


Tahan Lama Baterainya     

Salah satu faktor yang menjadi alasan mencari laptop adalah daya tahan baterainya untuk menunjang produktivitas. Vivobook Pro 14 OLED (M3400) sudah dibekali dengan baterai dengan kapasitas 50Wh sehingga bisa digunakan hingga lebih dari 8 jam penggunaan normal. Hal ini berdasarkan pengujian PCMark 10 Battery pada mode Modern Office.   




Input dan Output Port Lengkap 

Pengguna laptop biasanya membutuhkan konektivitas yang lengkap. Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dilengkapi dengan input dan output port yang lengkap yakni 1 buah USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2 buah USB 2.0 Type-A, HDMI 1.4, 3.5mm Combo Audio Jack dan Micro SD card reader. 



Untuk konektivitas laptop ini sudah dilengkapi dengan WiFi 6 yang memberikan kecepatan jaringan super cepat untuk transfer file besar yang lebih cepat, game online yang responsif, dan obrolan video yang sangat lancar serta  ASUS WiFi SmartConnect yang secara otomatis memilih sumber WiFi terbaik, sehingga laptop Anda terhubung dengan mulus ke sinyal WiFi terbaik dan hotspot seluler yang dikenal.


Fitur HD Webcam Terntegrasi dan Dilengkapi Webcam Shield 

Keberadaan Webcam Laptop saat ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang karena fungsinya yang efektif serta memudahkan berkomunikasi dengan lawan bicara termasuk untuk kegiatan rapat dan belajar mengajar secara daring. 



Tetapi tidak sedikit kejahatan cyber yang memanfaatkan webcam untuk mendapatkan data foto atau gambar oleh karena itu Vivobook Pro 14 OLED (M3400) telah disematkan webcam shield untuk menjaga privasi dan keamanan penggunanya. 


Webcam Vivobook Pro 14 OLED (M3400) memiliki fitur HD webcam terintegrasi sehingga penggunanya selalu siap untuk video conference kapan saja. 

 

Spesifikasi dan harga ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)


 

Kesimpulannya 

Dengan segala inovasi dan kelebihan tersebut maka tidak heran jika ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) layak disebut sebagai laptop penunjang produktivitas dan prestasi. Terutama bagi pelajar, mahasiswa, guru, dosen, eksekutif muda atau siapapun yang menggunakannya.  Vivobook Pro 14 OLED (M3400) merupakan laptop sarat inovasi dan penunjang prestasi bagi penggunanya. 


ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400), Laptop Sarat Inovasi Penunjang Prestasi
4/ 5
Oleh

4 comments

  1. Saya pun pengen punya laptop asus oled ini utk anak saya yg SMA yg nantinya akan kuliah. Sepertinya asus oled ini cocok dan bagus

    ReplyDelete
  2. mantul banget ya speksnya laptop ini.. harga masih terjangkau cocok buat pekerja juga.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon