Sep 24, 2022

Rangkuman Materi dan Uji Kompetensi PPKn Kelas 7 Tema Sejarah Kelahiran Pancasila

Rangkuman Materi dan Uji Kompetensi PPKn Kelas 7 Tema Sejarah Kelahiran Pancasila

Sejarah Kelahiran Pancasila (Dok. Buku Siswa PPKn Kelas 7 Kemdikbud Ristek) 


Ringkasan Materi

1. Nilai-nilai Pancasila yakni ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial sudah ada di bumi Indonesia sejak masa sejarah awal, masa kerajaan Nusantara, masa penjajahan, hingga masa Kebangkitan Nasional.


2. Pancasila pun digali dari bumi Indonesia sendiri lewat Sidang BPUPK yang melahirkannya pada tanggal 1 Juni 1945 setelah Soekarno menyampaikan pidato soal dasar negara. 

3. Penentuan urutan sila serta rumusan setiap sila pada Pancasila dirumuskan oleh Panitia Sembilan dengan mempertimbangkan pandangan kebangsaan dan keagamaan pada tanggal 22 Juni 1945. 

4. Untuk menampung pandangan semua kalangan, atas usulan Hatta rumusan sila pertama diubah menjadi ‘Ketuhanan yang Maha Esa’ dan Pancasila ditetapkan sebagai Dasar Negara pada 18 Agustus 1945. 


Uji Kompetensi

1. Para ahli menyebut bahwa “Nilai-nilai Pancasila digali dari bumi Indonesia sendiri”. Menurut kalian, apa maksud nilai-nilai Pancasila digali dari bumi Indonesia sendiri? Coba jelaskan semampu kalian. 

2. Dalam merumuskan susunan sila-sila Pancasila, para tokoh di Panitia Sembilan akhirnya sepakat untuk menempatkan sila ketuhanan sebagai sila pertama. Menurut kalian, mengapa sila ketuhanan itu penting untuk dijadikan sila pertama Pancasila?

3. Pancasila merupakan dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bagaimana cara kalian menjalankan dalam kehidupan sehari-hari: 

(a) Sila ketuhanan; 

(b) Sila kemanusiaan; 

(c) Sila persatuan; 

(d) Sila kerakyatan atau gotong royong; dan 

(d) Sila keadilan sosial?


Rangkuman Materi dan Uji Kompetensi PPKn Kelas 7 Tema Sejarah Kelahiran Pancasila
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon