Oct 18, 2022

Contoh KKTP Pendidikan Pancasila SMP Kelas 7 Semester 1 Pengganti KKM

Contoh KKTP Pendidikan Pancasila SMP Kelas 7 Semester 1 Pengganti KKM

 



KKTP Pendidikan Pancasila SMP kelas 7 Semester Ganjil- Saat ini banyak sekolah yang sudah menerapkan kurikulum merdeka yang mulai disesuaikan dengan karakteristik siswa, kekhasan, serta kesiapan tingkat satuan pendidikan. 


Perbedaan antara kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka ada banyak salah satunya adalah istilah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) tidak lagi digunakan dan berganti menjadi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP).


KKM atau KKTP digunakan untuk mengetahui apakah peserta didik telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran, pendidik perlu menetapkan kriteria atau indikator ketercapaian tujuan pembelajaran.


Kriteria ini dikembangkan saat pendidik dengan merencanakan asesmen, yang dilakukan saat pendidik menyusun perencanaan pembelajaran, baik dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran ataupun modul ajar.


Kriteria ketercapaian ini juga menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih atau membuat instrumen asesmen, karena belum tentu suatu asesmen sesuai dengan tujuan dan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.


Kriteria ini merupakan penjelasan (deskripsi) tentang kemampuan apa yang perlu ditunjukkan/didemonstrasikan peserta didik sebagai bukti bahwa ia telah mencapai tujuan pembelajaran.


Dengan demikian, pendidik tidak disarankan untuk menggunakan angka mutlak (misalnya, 75, 80, dan sebagainya) sebagai kriteria. Yang paling disarankan adalah menggunakan deskripsi, namun jika dibutuhkan, maka pendidik diperkenankan untuk menggunakan interval nilai (misalnya 70 - 85, 85 - 100, dan sebagainya).


Dengan demikian, kriteria yang digunakan untuk menentukan apakah peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran dapat dikembangkan pendidik dengan menggunakan beberapa pendekatan, di antaranya: 

1. Menggunakan deskripsi sehingga apabila peserta didik tidak mencapai kriteria tersebut maka dianggap belum mencapai tujuan pembelajaran

2. Menggunakan rubrik yang dapat mengidentifikasi sejauh mana peserta didik mencapai tujuan pembelajaran

3. Menggunakan skala atau interval nilai, atau pendekatan lainnya sesuai dengan kebutuhan dan kesiapan pendidik dalam mengembangkannya. 


Pada kesempatan kali ini kami bagikan KKTP Pendidikan Pancasila SMP Kelas 7  silakan download di sini 


Contoh KKTP Pendidikan Pancasila SMP Kelas 7 Semester 1 Pengganti KKM
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon