Oct 19, 2022

ROG Phone 6, Smartphone Idaman Para Gamer

ROG Phone 6, Smartphone Idaman Para Gamer

   

ROG Phone 6


Setiap anak dan remaja memiliki hobi atau kesenangan masing-masing. Mereka biasanya bermain dengan teman-teman atau saudaranya baik di lingkungan sekolah atau di rumah. Berbagai permainan tradisional sudah mulai ditinggalkan sejak kehadiran smartphone yang di dalamnya disematkan permainan atau game. 


Orang tua dan guru menghadapi dilema, ada yang memperbolehkan anaknya bermain game ada juga yang melarang bermain game offline atau online. Pasalnya bermain game menggunakan smartphone bisa menyebabkan kecanduan yang membuat anak sulit tidur, tidak mau makan, cemas, depresi, sakit kepala atau migrain, nyeri punggung, sakit tangan atau pandangan berkunang-kunan, dan lain-lain. 


Berbagai cara mengatasi kecanduan bermain game sudah banyak dibahas oleh para dokter atau ahlinya. Seperti membatasi waktu bermain game, mencari alternatif hobi yang baru, meletakkan perangkat game di luar kamar tidur, menjalani psikoterapi, atau lainnya. 

Pelajar hobi bermain game


Tetapi yang paling penting untuk mengatasi kecanduan bermain game menggunakan smartphone tersebut adalah kemauan dari dalam dirinya sendiri untuk berubah dengan kondisi tersebut. Karena jika sudah sadar dengan pemanfaatan smartphone dengan benar tentu tidak akan mengganggu belajar dan kesehatan bagi anak atau remaja.  


Di balik sisi negatif dari bermain game ternyata ada sisi positif bermain game yang jarang diketahui oleh orang tua dan guru. Seperti meningkatkan kemampuan membaca, meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, meningkatkan daya ingat, meningkatkan kemampuan visual-spasial, melatih kemampuan problem solving atau pemecahan masalah, meningkatkan interaksi sosial, mendorong imajinasi dan kreativitas, serta memberikan peluang bagi anak untuk berkarir di dunia gaming baik sebagai gamer profesional atau pembuat game. 


Sebagai seorang guru tentu harus bijaksana dalam mengatasi permasalah ini di sekolah. Selain memberikan dampak negatif juga memberikan pemahaman bahwa bermain game juga memberikan dampak positif. Karena pada kenyataannya tidak semua anak menyukai game menggunakan smartphone.  


Beberapa waktu yang lalu saya membuat survei tentang smartphone dan game yang disukai oleh pelajar di sekolah, dengan sampel anak usia 12-14 tahun sebanyak 42 orang. Berikut hasil dari survei tersebut : 


Game yang sering dimainkan oleh pelajar (Boleh memilih lebih dari 1 game)



Mobile Legends 54,8% 

Free Fire 28,6% 

PES 14,3% 

PUBG Mobile 7,1%   


Perangkat yang digunakan untuk bermain game 



Smartphone 88,1% 

Laptop 2,4% 

PC (Personal Computer) 4,8%

Tablet PC 2,4%  


Fitur yang diinginkan dalam smartphone gaming 



Baterai tahan lama 66,7%

Prosesor kencang 33,3% 

Layar jernih 28,6% 

Kamera dengan piksel besar 16,7%  

Memiliki Fitur AirTrigger 7,1% 

Suara menggelegar 7,1% 


Berapa lama waktu yang dihabiskan untuk bermain game 



1 Jam 38,1 % 

2 Jam 31% 

3 Jam 19% 

4 jam 4,8% 

5 Jam 7,1% 


Smartphone gaming yang diidamkan : 



ROG Phone 70% 

Sisanya 30 % 

 

Dari survei yang diikuti oleh sekitar pelajar tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa pelajar menghabiskan waktu bermain game rata-rata 1-3 jam. Game favorit yang biasa mereka mainkan adalah Mobile Legends, Free Fire dan PES. 


Fitur smartphone gaming yang diinginkan adalah baterai tahan lama, prosesor kencang, layar jernih, kamera dengan piksel besar, memiliki Fitur AirTrigger, suara menggelegar, dan memori besar.  


Dari kesimpulan tersebut smartphone yang diidamkan oleh mereka ada pada ROG Phone 6. Ini dia alasannya : 

Ilustrasi baterai ROG Phone 6


Baterai Berkapasitas Besar Dan Pengisian Lebih Cepat 

Setiap gamer mengharapkan smartphone yang digunakan memiliki baterai berkapasitas besar dan pengisian baterai lebih cepat agar tidak terlalu sering mengisi ulang saat bermain game. ASUS ROG Phone 6 Series menggunakan bateri berkapasitas 6000 mAh. ROG Phone 6 memiliki desain MMT yang unik, karena terdiri dari dua baterai 3000 mAh. 


Dengan desain ini ada beberapa manfaat selain dapat menurunkan suhu saat pengisian daya, juga memungkinkan pengisian daya 65W. Penurunan daya saat ponsel memainkan gaming yang berat juga tidak menghasilkan panas yang berarti. 


Selain itu, desain baterai dua sel juga memungkinkan untuk menempatkan motherboard di tengah frame. Hasilnya keseimbangan berat yang sempurna dan ASUS bisa menanamkan solusi pendinginan yang unggul. Kelebihan lainnya adalah pada desain termal yang memungkinkan pengisian yang lebih cepat dari 0 – 100%. Smartphone gaming ROG Phone 6 bisa terisi penuh dalam 42 menit  (10 menit lebih cepat dibandingkan dengan ROG Phone 5).




Performa Kencang dan Dapat Memainkan Game Berat 

Berdasarkan data dari survei tersebut kita bisa menarik kesimpulan bahwa mereka menginginkan smartphone dengan prosesor yang kencang dan memori yang besar. Dan ROG Phone 6 menggunakan prosesor terbaru Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform.  


Prosesor tersebut menghadirkan clock speed CPU yang jauh lebih cepat hingga 3,2 GHz. Kombinasi antara CPU dan GPU Adreno 730 membuat kinerja CPU dan GPU yang 10 persen lebih tinggi. Efisiensi daya CPU juga meningkat 30 persen. 


Untuk meminimalisir bottleneck, ROG Phone 6 Series diperkuat RAM LPDDR5 hingga 18GB dan penyimpanan SSD UFS3.1 yang besar untuk menyimpan file hingga 512GB sehingga penggunanya lebih leluasa menyimpan foto, video, atau aplikasi game favoritnya tanpa menghapus file yang lainnya. 


ROG Phone 6 bisa memainkan game berat dengan grafis tinggi seperti Genshin Impact, PUBG (Player Unknown’s Battle Grounds) Mobile, Shadowgun Legends, Fortnite, Asphalt 9 Legends, Call of Duty Mobile, ARK: Survival Evolved dan lain-lain. 



Layar ROG Phone 6


Layar Jernih untuk Bermain Gaming 

Berdasarkan data survei, ternyata mereka menginginkan layar smartphone yang jernih  saat bermain game dan ASUS ROG Phone 6 Series memakai layar AMOLED HDR10+ dengan luas 6,78 inci dari Samsung dan disetel oleh ROG yang membuat tampilan game apapun lebih realistis. 


Untuk kenyamanan dan keamanannya, layar ini sudah diproteksi dan diperkuat dengan Corning® Gorilla® Glass Victus™ yang sangat kuat. Agar mata pengguna terlindungi saat menggunakan ponsel ini sudah dibekali teknologi Eye Care Display. Dengan refresh rate maksimum 165Hz, layar ROG Phone 6 Series adalah yang tercepat dan tertajam yang tersedia di pasaran. Touch-sampling rate hingga 720 Hz dan latensi sentuh 23ms yang menakjubkan menjadikan layar ini menjadi pamungkas bagi gamer yang ingin memiliki keunggulan sehingga bisa bersaing dengan lawan-lawannya. 


Kontrol AirTrigger 6


Kontrol Maksimal dengan AirTrigger 6 

Bagi seorang gamer, tombol kontrol pada smartphone sangat dibutuhkan untuk kemudahan saat bermain game sehingga tidak menyebabkan frustasi. Itulah sebabnya ROG Phone 6 Series sudah diperkuat teknologi AirTrigger 6 terbaru yang menawarkan sensitivitas yang lebih baik, pemosisian yang lebih baik, dan lebih banyak kontrol gerak. Teknologi ini dilengkapi hingga 18 titik sentuh spesifik yang dipetakan pada layar (dengan AeroActive Cooler 6 terpasang). Sistem AirTrigger 6 bahkan dapat digunakan di luar game untuk mengaktifkan tindakan atau aplikasi yang berguna dengan gerakan meremas sederhana saat dalam mode portrait.  


Fitur terbaru di AirTrigger adalah fitur Tekan & Kiri yang memungkinkan pengguna untuk memetakan tindakan yang berbeda saat menekan tombol pengaktif ultrasonik dan tindakan yang berbeda saat mengangkat jari dari tombol. Tambahan baru lainnya adalah, sekarang pengguna dapat menggunakan giroskop untuk membidik atau mengontrol sudut pandang. Cukup tekan dan tahan tombol ultrasonik terlebih dahulu, lalu pengguna dapat mengontrol area tampilan dengan menggerakkan atau memiringkan ponsel. 


Kamera belakang ROG Phone 6 


Kamera Gaming Terbaik  

Salah satu fitur yang dibutuhkan oleh gamer ternyata kamera. Karena kamera dimanfaatkan untuk mengungkapkan eksistensi diri, atau melakukan live streaming menggunakan smartphonenya. ROG Phone 6 Series telah menyematkan tiga kamera belakang. 


Kamera utamanya menggunakan sensor SONY IMX766 50MP. Kamera ini menawarkan mode utama 12,5MP menggunakan filter warna Quad Bayer atau mode asli 50MP. Kamera ini memungkinkan perbesaran 2x lossless asli dalam kondisi pencahayaan siang hari. Ia akan beralih ke zoom digital 2x berdasarkan mode 12,5MP pada kondisi pencahayaan rendah untuk menangkap cahaya yang cukup. Kamera keduanya memiliki lensa sudut ultra lebar 13MP yang mampu merekam sampai sudut 125 derajat dengan koreksi distorsi secara real time. Sedangkan kamera ketiga adalah lensa makro 5MP yang dapat digunakan untuk menghasilkan gambar berukuran makro. 


Kamera depan ROG Phone 6 bisa digunakan untuk live streaming saat bermain game


Sementara itu kamera depannya memiliki resolusi 12 MP yang bisa merekam group selfie dalam kualitas tinggi dan melakukan video streaming secara langsung.


Suara yang Menggelegar

Berdasarkan survei, mereka juga mendambakan sound atau suara yang dihasilkan dari smartphone gaming itu tidak cempreng atau sember saat volume suara maksimal. ROG Phone 6 sudah melakukan peningkatan dalam hal suara karena menggunakan pengaturan speaker yang canggih dan penyetelan yang luar biasa oleh Dirac. 

Ilustrasi Speaker ROG Phone 6


Sistem terbaru ini bertumpu pada dua Speaker Super Linear 5-magnet 12x16 simetris yang didukung oleh amplifier mono Cirrus Logic CS35L45. Bersama dengan pemrosesan sinyal digital terbaik dari Dirac, ROG Phone 6 Series akan menghadirkan pengalaman sound yang lebar, jernih, dan kedalaman suara yang lebih baik daripada ponsel lain sehingga bisa dipastikan disukai oleh para gamer atau yang hobi mendengarkan musik atau menonton film. 


ROG Vision


ROG Vision yang Mengerti Kamu 

Seorang gamer terkadang ingin memperlihatkan identitas dirinya bahwa dia seorang gamer. Dan ROG Phone 6 sudah menyematkan ROG Vision pada bagian belakangnya.  ROG Phone 6 memiliki ROG Vision yakni layar OLED 2 inci yang mampu menampilkan animasi yang dapat disesuaikan untuk beberapa skenario, seperti: panggilan masuk, memulai game, mengisi daya, memasuki mode X, dan sebagainya.


ROG Phone standar tersedia dalam pilihan warna Storm White dan Phantom Black. Sementara ROG Phone 6 Pro tersedia dalam warna tunggal Storm White dengan layar AMOLED ROG Vision di bagian belakang yang membuat pemiliknya lebih mempesona bagi orang di sekitarnya. 


Layar AMOLED bisa diaktifkan maupun dinonaktifkan atau disesuaikan tampilannya sesuai selera dan style pengguna. Pengguna bisa memilih animasi tertentu untuk menggambarkan skenario tertentu, seperti Mode X, layar aktif, panggilan masuk, dan lainnya. ASUS juga sudah menambahkan 60 animasi baru ke ROG Phone 6 Pro dan kalau belum cukup, kamu bisa mengunduh lebih banyak atau membuat animasi sendiri di editor ROG Vision. 

GameCool 6


GameCool 6 Cooling System yang Canggih

Smartphone yang dipakai untuk gaming pasti memiliki permasalahan dengan suhu yang panas saat digunakan untuk bermain game. Tetapi ROG Phone 6 mampu memainkan game-game yang demanding dengan performa yang tak tertandingi dan konsisten tetapi smartphone tetap dingin. 


Hal ini karena menggunakan teknologi pendinginan GameCool 6 Cooling System yang mengagumkan. Sistem GameCool generasi kelima yang canggih ini adalah pembaruan terbesar untuk pendinginan sejak diperkenalkannya seri ROG Phone. Struktur internal pada sistem pendinginan ini lebih ditingkatkan untuk pembuangan panas yang lebih efisien daripada sebelumnya. 


Sistem pendingin CPU 360° yang baru telah didesain ulang lalu difokuskan pada tata letak dual-PCB yang ditempatkan di tengah. Dengan memanfaatkan metode yang eksklusif ini untuk mengisi celah udara antara dua PCB dengan senyawa termal khusus, kinerja pendinginan pun meningkat hingga 10°C.  

AeroActive Cooler 6


AeroActive Cooler 6 untuk Pembuangan Panas yang Optimal

Selain menggunakan cooling system yang canggih untuk mengurangi panas saat bermaing game, ROG Phone 6 Series telah menyiapkan aksesoris AeroActive Cooler 6 terbaru. AeroActive Cooler 6 hadir dengan Thermoelectric AI Cooling System yang terintegrasi, berbasis chip pendingin Peltier, untuk mengoptimalkan pembuangan panas menurut temperatur CPU. 


Teknologi ini akan berkomunikasi dengan ROG Phone 6 Series melalui sambungan USB-C untuk menurunkan temperatur permukaan dekat CPU sampai 25°C. Sehingga pengguna akan menikmati kenyamanan dan mobilitas saat memainkan game yang demanding tanpa panas berlebihan di tubuh ponsel. Aksesoris opsional ini bebas kabel dan bekerja dengan daya dari baterai ponsel. Pendingin dapat memilih mode pendinginan optimal tergantung pada suhu CPU. Misalnya, dengan loading game yang berat, Cooler akan menyalakan chip pendinginnya untuk pendinginan yang lebih baik. 



ROG Kunai Gamepad

Layaknya Consol Game, ROG Phone 6 juga memiliki aksesoris yang diberi nama ROG Kunai Gamepad yakni sebuah controller game yang dapat dipasangkan dan dicopot bersama ROG Phone 6. Aksesoris khusus ini terdiri dari sebuah casing dan dua sisi controller yang dapat dilepas. ROG Kunai Gamepad juga dilengkapi dengan tombol fisik serta kontrol analog untuk pengalaman bermain game kelas konsol sehingga penggunanya bisa menikmati pengalaman bermain game yang menyenangkan. 


Dengan berbagai kelebihan tersebut maka tidak heran jika smartphone ROG Phone 6 menjadi smartphone gaming idaman para gamer dari gamer pelajar hingga gamer dewasa.   


Sebagai seorang guru hanya bisa mendukung dan mendo’akan semoga mereka yang hobi dengan game tidak melupakan dengan pendidikannya dan mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan menjadi gamer profesional atau menjadi pembuat game di tanah air atau di luar negeri yang bisa membanggakan Indonesia. 



Ponsel Gaming Anti Percikan Air

Para gamer biasanya suka ngumpul bareng atau nongkrong di cafe atau tempat makan. Sering kali terjadi kejadian yang tidak diinginkan seperti terkena tumpahan kopi atau teh. Tapi jangan khawatir karena ROG Phone 6 memiliki fitur IPX4 yang artinya tahan terhadap percikan air dan merupakan smartphone gaming pertama di dunia yang memiliki fitur Splash Resistant.  





Buat kalian yang mau beli ROG Phone 6 PRO, kalian juga udah mulai bisa pre-order di tanggal 24 Oktober - 10 November 2022. Untuk pemesanan awal ini, kalian akan mendapatkan banyak promo menarik antara lain Free Aero Active Cooler 6 + Devil Case + Exclusive Backpack ROGXONIC Esports selama persediaan masih ada, dengan total keuntungan hingga Rp.2.000.000. Untuk ROG Phone 6 PRO ini bisa kalian dapetin dengan harga Rp 18,999,000 eksklusif hanya di Erafone, Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace dan Tokopedia.  Info selengkapnya kamu bisa cek disini ya : https://rog.asus.com/id/phones/rog-phone-6-model/  


Nah, kalau buat ROG Phone 6 sekarang udah tersedia  di partner-partner penjualan ROG Phone 6 yang bisa kalian dapetin langsung di Erafone,Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace, dan  JD.ID langsung dengan harga Rp 10,999,000 untuk variant 8/256GB dan ROG Phone 6 12/256GB dengan harga Rp 13,999,000.  So, tunggu apalagi buruan beli sebelum kehabisan! 


Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 6 Blog Writing Competition di Blog Katerina Travelerien
ROG Phone 6, Smartphone Idaman Para Gamer
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon