Kelebihan Dan Kekurangan Browser Firefox, Opera, Google Chrome dan Internet Explorer


Bagi anda yang hobi surfing di internet tentu hafal betul apa itu web browser atau peramban. Ya,web browser atau sering disingkat browser adalah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk melintasi, mengambil, dan menyajikan informasi di World Wide Web. Singkatnya, web browser adalah program atau software aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi internet atau dunia maya. 

Anda sudah kenal dengan nama-nama seperti Firefox, Opera, atau Google Chrome. Nah, mereka itu adalah salah satu contoh web browser yang populer digunakan oleh banyak orang saat ini. Tapi tahukah anda apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari varian browser itu? Bisa jadi, anda pernah mengalami loading yang cukup lama ketika membuka suatu situs/halaman web tertentu. 


Berikut kelebihan dan kekurangan masing-masing browser internet :

Mozilla Firefox 

Kelebihan : memiliki banyak fitur tambahan/add ons (https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/) yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan user. Add ons itu bisa berasal dari Mozilla itu sendiri atau dari komunitas pengembangnya di seluruh dunia. Mozilla Firefox juga mudah di update dan memiliki security system/keamanan yang sangat baik. Browser juga memiliki kemungkinan konfigurasi yang sangat banyak (jika dibandingkan dengan Internet Explorer). 

Kekurangan : terkadang loading Mozilla Firefox cukup memakan waktu saat mulai dari start awal. Terlebih jika banyak adds on yang terinstal. Update pada Firefox juga artinya kita mendownload versi anyar dari Firefox itu sendiri, tidak seperti Internet Explorer yang hanya meng-upgrade modulnya saja. Selain itu, update Firefox juga biasanya menyebabkan beberapa adds on yang terinstal tidak berfungsi. 

Opera 

Kelebihan : Opera Browser merupakan aplikasi browser yang cukup ringan, sehingga tidak memakan memori hardisk yang cukup besar pada notebook atau PC. Memiliki email client dan rss sendiri sehingga tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook dan sebagainya. Memiliki Opera Turbo yang bisa diaktifkan ketika koneksi sedang lambat sehingga proses loading page bisa lebih cepat. Pemanggilan kembali Cache lebih cepat. 

Kekurangan : Opera Browser biasanya sedikit lambat dalam membaca scriptpada beberapa halaman situs. Sama seperti Firefox, meng-update Operas Browser artinya harus men-download kembali masternya. 

Google Chrome 

Kelebihan : Chrome saat ini memiliki reputasi yang cukup kuat untuk menyaingi Firefox di dalam dunia web browser. Browser Chrome ini bisa dikatakan sebagai browser yang ringan, gesit, termasuk saat start awal dan melakukan perpindahan tab. Chrome otomatis akan mem-bookmark semua situs yang pernah dibuka atau sering dikunjungi. Browser adrress dari Chrome juga bertindak sebagai search engine sehingga lebih praktis. Desainnya cukup simpel dengan sistem keamanan yang sangat kuat (paling tahan terhadap serangan hacker). Update Chrome juga mudah. 

Kekurangan : Tapi sayangnya Google Chrome yang tersedia saat ini masih dalam versi Beta. Chrome juga terkesan kurang dinamis karena fiturnya tidak banyak. Beberapa ahli juga mengatakan bahwa Chrome masih banyak security hole-nya sehingga tidak disarankan untuk transaksi keuangan. Makin banyak tab dibuka maka makin banyak pula memori yang dibutuhkan saat browsing. 

Internet Explorer 

Kelebihan : Sudah menyediakan add ons tetapi tidak sebanyak Firefox, tampilan lebih simpel, elegan dan menarik, terintegrasi dengan system operasi Windows, gampang dan tidak ribet dalam pengoperasiannya, tampilan situs dan loading gambar lebih cepat dan jelas, beberapa situs hanya bisa dibuka khusus untuk IE dan saat ini Internet Explorer masih menjadi browser yang paling banyak dipakai di seluruh dunia. 

Kekurangan : Sering gagal membaca script dibeberapa situs khususnya CSS, system keamanan yang belum optimal, tidak ada fitur tab, dan kecepatan dalam membuka web kalah cepat dengan yang lainnya apalagi dalam kondisi bandwith kecil, berat saat membuka tab baru dan start pertama.

47 komentar:

  1. chrome....sampai skrg masih cinta

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Ali : Antum anak mane ?

      Hapus
    2. jika membandingkan performa ketiganya, memang chrome bisa dibilang unggul.

      Hapus
    3. gue juga msh setia sama chrome

      Hapus
  2. bener juga ni loading mozilla firefox saat awal dibuka memang agak lama dan memakan waktu..
    trims buat review masing2 browser ni mas bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju, mozilla berat saat membukanya.

      Hapus
  3. Terima kasih atas info nya

    BalasHapus
  4. Pake di iPhone , iPad , maupun PC . Google Chrome paling mantapppp (y)

    Yang lain loading (n)

    BalasHapus
  5. sayangnya chrome = spyware, google akan memantau terus site2 apa yg anda kunjungi utk keperluan serach enginenya dan client pemberi iklan/uang - tidak akan bisa dimatikan (klo bisa, ente dikibulin! liat aja Android deh, mana bisa ente blocking dia kontak central servernya di goggle tiap ente konek ke internet).

    ini mah beritanya dah kelamaan ya? IE 7 sudah ada tab-nya, dan ini dah rilis seblum th 2010.

    reviewernya ga update berita nih.

    lebih aman pakai Opera, ga ada spywarenya, bahkan bisa masking browser ID, model spyware ini pernah ada di versi lama (v11 and below) tapi skrng (v12) sudah hilang, mungkin krn banyak yg protes - "mo ngikutin spying ala goggle chrome ya?!".

    cepat ga cepat relatif, semua tergantung koneksi internet, bukan browser, kec. cara handling script dan parsing/rendering page baru bole dinilai.
    Opera memang rada rese soal JavaScript yg kadang bikin performa internet slow kalo ada website tertentu yg geblek bikin animasi dgn JS shg musti disable JS di site tsb.
    tapi variasi settingan yg paling lengkap, ga ada yg ngalahin brow...

    Firefox paling berguna cuma buat DL yutub video, selain itu sloooww at everything.

    Chrome cuma berguna buat casual websurfer, cuma bagus bagi yg butuh pengen liat page aja, ga pengen savepage ato yg laen2. managemen rada sulit klo mo yg komplex (anehnya settingan chrome rada bikin mumet, dan ga jelas benar utk apa utk setingan tertentu). Chrome memang cuma buat user yg simple pengen liat page doang alias avg users, yg ga (perlu) aware lagi diawasi mbah google 24/7 aktifitasnya, sama spt website2 yg sekrg dibawah kendalinya spt youtube.com (btw, facebook.com dan twitter.com juga sama2 spyware spt google.com products).

    BalasHapus
  6. aku tda pernah embedakan perangkat lunak diatas, tapi yg sy suka ya broser mozilla firefox.krna dr dulu hx mozilla yg q pakai tuk akses internet pertama klx..bxk fitur tmbhnx..

    BalasHapus
  7. mnrtku mozilla lbh mdh buatku...tp mslhx untuk koneksi internt aku tdk tau mn yg paling mudah..krn smwx jg mudh ko'..

    BalasHapus
  8. pling nyaman klo pke mozilla atu opera ,,

    BalasHapus
  9. lebih nyaman pakai mozilla la..............

    BalasHapus
  10. lebih nyaman pakai mozilla la..............

    BalasHapus
  11. bagus gan informasi nya ..

    BalasHapus
  12. Google Chrome the best browser ever..!!neh skr lg enak browsing pake GC whuss..whuzz..whusz...

    BalasHapus
  13. semuanya memang tergantung dri koneksi internet dan kebutuhan user..tp yg plg nyaman sech mozila firefox dgn tmbhan aplikasi yg memang cocok untuk saya..

    BalasHapus
  14. Ehm ehm...
    Tidak akan ada habisnya jika berdebat tentang selera...

    BalasHapus
  15. chrome lah paling enak dan cepat~

    BalasHapus
  16. Chrome paling cepat & simple (Udah trbukti 100%)
    ga' ada yg nyaingin kcepatan ama khandalanx
    soal add-on juga udah bxk banget smpe pux add-on game di browser, plus tema yg bisa di ganti'' sesuka hati
    i Love Google :)

    BalasHapus
  17. crome tetap yang terbaik apalagi versi android ics!.
    yg lain berat!....

    BalasHapus
  18. nice info,,, sampai saat ini saya masih merasa nyaman dengan browser Google Chrome dibanding yang lainnya.. thanks for share sukses selalu :)

    BalasHapus
  19. aku suka mozila

    BalasHapus
  20. Opera is the best for me :)

    BalasHapus
  21. Browser mozilla plaing TOP

    BalasHapus
  22. 1.Kelemahan Opera Browser adalah Tidak bisa ngeprint (Copies di Printer Dialog) lebih dari 1 kali dalam Windows 7. Teman-teman ada solusinya kah. supaya opera browser bisa ngeprint dokumen lebih bnyk di windows 7.

    2.Kelemahan lain dari mozilla firefox adalah seringnya looping berkali-kali dalam proses php (fungsi for), padahal user request cuman 1 kali saja dan fungsi for juga 1 kali. Tapi kenapa fornya jadi berkali kali. Jadi datanya sering minus.

    BalasHapus
  23. nice, kalau untuk browsing lebih suka mozilla tp untuk ngeblog di blogspot seringnya pake chrome coz ini browser produk google so lebih familiar sama blogger.

    BalasHapus
  24. aku suka google cherome

    BalasHapus
  25. pakai opera kalau mau kenceng (turbo), kalau standard ya firefox saja.

    internet explorer sama google chrome paling rese, banyak lubang keamanannya blum lagi dimata mata. kalau buat user umum sih ga pada sadar kalau dimata matai.

    BalasHapus
  26. kata Gus Dur " gitu aja kok repot"

    BalasHapus
  27. Wah ternyata begitu :) makasih dah

    BalasHapus
  28. betul gan lebih baik mozilla heehe

    BalasHapus
  29. Ada satu lagi kekurangan Mozilla Firefox yaitu pada saat membuka youtube sering terkena Script.
    Mungkin bagi para Blogger atau facebooker tahu, apa sih itu Script ?????? dan apa solusinya ketika membuka Youtube di Mozilla Firefox agar tidak lagi sering terkena Script. Terima kasih

    BalasHapus
  30. nggak tahu nih firefox saya sejak v.24 smp 26 kok malah gak bisa tampilin like box FB,
    Tapi jujur dan perlu diketahui bahwa akses internet saya super lemot (pedesaa yang jauh dari BTS, Chrome lebih sulit, lebih sering gagal sambungan drpd firefox untuk pertama membuka, tapi bila sudah jalan chrome lebih enak, sekali lagi ini di tempatku yg susah jaringan.

    BalasHapus
  31. dulu pernah pakai opera, apa benar yah ??? sistem turbo harus berbayar ??? apa saya yang salah persepsi yah?

    BalasHapus
  32. Firefox is my choice :-) hehehe

    BalasHapus
  33. sekarang ini sy msh firefox lebih cepat loadingnya, tp kalau di hp masih opera

    BalasHapus
  34. mending pakai opera

    BalasHapus
  35. kalo saya sih lebih suka pake chrome karna yg lain sering ngelag

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan