20 Negara Pengguna Internet Terbesar Di Dunia


Pengguna internet dari waktu ke waktu terus meningkat, seiring dengan bertambahnya ponsel, tablet dan komputer jinjing di seluruh dunia. Selain itu menjamurnya media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan lain-lain menjadi pendorong meledaknya pengguna internet di seluruh dunia. 


Kini mengakses internet tidak hanya bagi penduduk yang berada di kota metropolitan, tetapi kini sudah menjadi bagian dari masyarakat yang tinggal di pedesaan. Bahkan bagi sebagian orang, internet sudah menjadi kebutuhan pokok, karena tidak ada hari terlewat tanpa mengakses internet. Dari ratusan negara pengguna internet di dunia ada beberapa negara yang memiliki jumlah pengguna paling banyak  di dunia. 


Berikut 20 Negara Pengguna Internet Terbesar di Dunia

  1. China. Negara yang secara resmi dikenal sebagai Republik Rakyat China memiliki jumlah penduduk diperkirakan 1,34 miliar per 2012. Negara ini menduduki peringkat pertama dalam hal pengguna internet di dunia dengan jumlah pengguna sekitar 538 juta. Penetrasi internet sekitar 40,1 dari populasi penduduknya. China memegang pangsa 22,4 persen di antara pengguna internet di seluruh dunia.  
  2. Amerika Serikat. Saat ini mempunyai populasi sekitar 313,8 juta. Dengan jumlah pengguna internet sekitar 245 juta. Penetrasi pengguna internet di sana mencapai 78,1% dari jumlah penduduk. Di mana 10,2% pengguna internet dunia bermukim di Negeri Paman Sam. Negara adidaya ini memang sangat maju di bidang teknologi internet. Dari Google, Yahoo, sampai Facebook, semua meraksasa tersebut berasal dari Amerika Serikat. 
  3. India. Industri telekomunikasi India yang terdiri dari ponsel, telepon, siaran dan Internet memiliki pertumbuhan sangat cepat sejak tahun 1990 dan telah berkembang lebih dari dua puluh kali lipat dalam waktu sepuluh tahun. Saat ini, India merupakan negara pengguna internet terbesar ke-3 dengan jumlah pengguna lebih dari 137 juta dari total populasi penduduknya yang diperkirakan sekitar 1,20 miliar. Dengan demikian, 11,4% penduduk India sudah berstatus pengguna internet, atau 5,7% pengguna internet dunia berada di India. 
  4. Jepang. Sebuah negara kepulauan di Asia Timur memiliki jumlah penduduk diperkirakan sekitar 127,3 juta dan sekitar 101,2 juta penduduknya merupakan pengguna internet aktif. Dengan demikian, penetrasi pengguna internet sekitar 79,5 persen dari total populasi. Dan sekitar 4,2% pengguna internet dunia berada di Jepang. 
  5. Brasil. Internet di Brasil diluncurkan pada tahun 1988. Saat ini memiliki basis pengguna internet sebanyak 88,4 juta dari total populasi yang diperkirakan sekitar 193,9 juta. Dengan demikian, negara ini memiliki penetrasi pengguna internet sebesar 45,6 persen dan menempati porsi 3,7 persen dari pengguna internet di seluruh dunia. 
  6. Rusia. Total populasi Rusia sekitar 142,5 juta. Sementara jumlah pengguna internet berkisar sebanyak 67,9 juta orang. Dari data-data tersebut, maka penetrasi pengguna internet di Negeri Beruang Merah adalah 47,7% dari keseluruhan jumlah penduduknya. Rusia mungkin bukan lagi negara adidaya seperti zaman dahulu. Namun saat ini, tingkat perekonomian dan perkembangan teknologinya semakin melaju. 
  7. Jerman. Memiliki jumlah penduduk sekitar 81,3 juta jiwa. Dengan 67,4 juta di antaranya tercatat sebagai pengguna internet aktif. Penetrasi pengguna internet tergolong sangat tinggi sekitar 83%. Sebanyak 2,8% pengguna internet dunia bertempat tinggal di Jerman. Jerman dikenal sebagai negara yang mengembangkan industri teknologi tinggi. Di sektor telekomunikasi, mereka punya Siemens yang bergerak di industri jaringan seluler. 
  8. Indonesia. Total populasi Indonesia sekitar 248,64 juta. Dengan pengguna internet aktif sekitar 55 juta. Dengan demikian, penetrasi pengguna internet di Tanah Air sekitar 22,1% dari total populasi. Dan sebanyak 2,3% pengguna internet dunia berasal dari Indonesia. Saat ini, popularitas perangkat mobile di Indonesia semakin tinggi. Di mana banyak pengguna internet memilih online dari ponsel atau tablet. 
  9. Inggris. Negeri Kerajaan ini memiliki total populasi sekitar 63,04 juta. Di mana 52,7 juta di antaranya merupakan pemakai internet aktif. Dari total populasi di sana, 83,6% di antaranya adalah pengguna internet. Di mana 2,2% pengguna internet dunia berasal dari Inggris. Inggris cukup berperan dalam perkembangan teknologi. ARM, perusahaan yang arsitektur chip-nya dipakai mayoritas perangkat mobile saat ini, berasal dari Inggris. 
  10. Perancis. memiliki total populasi sekitar 65,63 juta. Dengan jumlah pengguna internet aktif sebesar 52,2 juta. Dengan demikian, 79,6% populasi Perancis adalah pengguna internet. Di mana 2,2% pengguna internet dunia bermukim di negara mode ini. Penduduk Perancis memang semakin melek teknologi dan pengguna smartphone pun meningkat pesat. Di mana Android menjadi sistem operasi mobile terpopuler di sana. 
  11. Nigeria. Negara di benua Afrika ini memiliki jumlah pengguna internet terbanyak di benua tersebut di mana memiliki pengguna internet sekitar 48.3 juta dari perkiraan populasi 170.1 juta per 2012. Nigeria memiliki penetrasi 28,4 persen dalam hal jumlah penggunaan internet dan sebanyak 2 persen pengguna internet dunia berasal dari Nigeria. 
  12. Mexico. Saat ini Meksiko memiliki basis pengguna sekitar 42 juta dari jumlah populasi sekitar 114,9 juta. Mexico memiliki penetrasi sebesar 36,5 persen dari jumlah pengguna internet di negara tersebut. Dengan demikian, Mexico memiliki pangsa sebesar 1,7 persen dari pengguna internet di seluruh dunia. 
  13. Iran. Memiliki jumlah penduduk diperkirakan sekitar 78.8 juta dimana sekitar 42 juta adalah pengguna internet aktif. Ini menunjukkan penetrasi 53,3 persen dari populasi dan memiliki pangsa sekitar 1,7 persen dari pengguna internet di seluruh dunia. 
  14. Korea Selatan. Memiliki jumlah penduduk diperkirakan sebanyak 48,8 juta per 2012. Negara ini memiliki jumlah pengguna internet sekitar 40,3 juta. Penetrasi pengguna internet sekitar 82,5 persen dari jumlah penduduknya. Korea memiliki pangsa sebesar 1,7 persen dari seluruh pengguna internet di dunia. 
  15. Turki. Memiliki basis pengguna internet sekitar 36,4 juta dari total populasi sebanyak 79,7 juta yang menyebabkan penetrasi internet di Turki sebesar 45,7 persen dari populasinya. Saat ini, Turki memiliki pangsa sebesar 1,5 persen dari pengguna internet di seluruh dunia. 
  16. Italia. Memiliki jumlah penduduk sekitar 61,2 juta dan sekitar 35,8 juta penduduknya merupakan pengguna internet aktif. Dengan demikian, Italia memiliki penetrasi sebesar 58,4 persen dari populasinya. Dan Itali memiliki pangsa sekitar 1,5 persen di antara pengguna internet di seluruh dunia. 
  17. Filipina. Memiliki jumlah penduduk diperkirakan sekitar 103.7 juta dan sekitar 33,6 juta penduduknya adalah pengguna internet aktif. Ini menunjukkan bahwa Filipina memiliki penetrasi sebesar 32,4 persen dari populasi penduduknya dan sekitar 1,4 persen pengguna internet dunia berada di Filipina. 
  18. Spanyol. Memiliki jumlah pengguna internet sebanyak 31,6 juta dari jumlah populasi sekitar 47 juta per 2012. Spanyol memiliki penetrasi sebesar 67,2 persen dalam hal penggunaan internet dan sekitar 1,3 persen pengguna internet dunia berada di Spanyol. 
  19. Vietnam. Memiliki basis pengguna sekitar 31 juta dari total populasi sekitar 91,5 juta yang menyebabkan penetrasi sebesar 33,9 persen dari total populasi. Dengan demikian, sekitar 1,3 persen pengguna internet dunia berada di Vietnam. 
  20. Mesir. Negara yang terkenal dengan piramidanya ini memiliki jumlah pengguna internet sekitar 29,8 juta dari populasi penduduknya yang berjumlah sekitar 83,6 juta per 2012. Mesir memiliki penetrasi 35,6 persen dalam hal penggunaan internet dan dengan demikian sekitar 1,2 persen pengguna internet dunia berada di Mesir. 

5 komentar:

  1. 8 bisa no 8 tpi klo kecepatannya nomer brapa ya? hehehe....

    BalasHapus
  2. tidak masalah nomor berapa, yang penting kualitas jaringan dan koneksinya

    BalasHapus
  3. wah china memang cocok tuh jadi nomor satu dilihat dari jumlah populasi saja china sudah numpuk begitu,, indonesia ke 8 ya,, tapi ini dari segi pemakai ya bukan dari segi kualitas jaringan.. nice info bro salam sukses

    BalasHapus
  4. indonesia banyak yang pinter secara otodidak. :D

    BalasHapus
  5. Thanks infonya. Cukup berguna sebagai wawasan

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan