Jajaran Mobil Irit BBM

(Mitsubishi Mirage)
Hari ini baru saja diumumkan kenaikan harga BBM (bahan bakar minyak), untuk premium dibanderol dengan harga 6.500,- sedangkan untuk solar dibanderol dengan harga 5.500,-. Untuk menyikapi mahalnya BBM dan semakin langka, ada baiknya anda cermat dalam memilih sebuah kendaraan yang sesuai dengan Anda dan juga hemat BBM. 

Tingkat keiritan pemakaian bahan bakar pada sebuah kendaraan memang ditentukan dari berbagai faktor. Baik dari jenis bahan bakar, kondisi jalanan, sikap dalam mengemudi dan juga dari segi teknis lainnya. Selain irit bahan bakar, sekarang banyak konsumen yang mencari kendaraan yang emisi gas buangnya rendah. Dari sekian banyak kendaraan yang beredar ada beberapa yang layak disebut sebagai mobil irit BBM dan Ramah Lingkungan.

Berikut jajaran mobil irit BBM  : 

  1. Mitsubishi Mirage. Telah terbukti sebagai city car yang sangat irit dengan konsumsi bahan bakar. Dengan pencapaian rekor 44,39 km/liter untuk transmisi manual dan 37,19 km/lt untuk transmisi otomatis. 
  2. Nissan March. Dengan menggunakan mesin 3 silinder berkapasitas 1.2 liter, March sanggup capai konsumsi BBM 19,8 km/lt untuk luar kota dan 15,4 km/lt untuk dalam kota. 
  3. Peugeot 107. Mobil ini hadir sebagai sosok city car Eropa yang menyuguhkan mesin 998 cc. Dari mesin sanggup hasilkan tenaga 68 HP pada 6.000 rpm dengan torsi 93 Nm pada 3.600 rpm yang disalurkan melalui transmisi 2-Tronic. Hasilnya dalam konsumsi BBM dapat mencapai 19,72 km/lt untuk luar kota dan 15,3 km/lt untuk dalam kota. 
  4. All-New Suzuki Swift. Mobil ini dicoba melalui Jakarta-Bogor pergi-pulang. Seorang jurnalis lain yang mencobanya melaju konstan di bawah 100 km/m, konsumsi BBM mampu menunjukkan perbandingan 1 liter bisa mencapai 20 km. 
  5. Ford Fiesta. Mobil yang didukung teknologi mesin 1.6L Ti-VCT dengan didukung pilihan transmisi dualclutch PowerShift enam kecepatan. Kombinasi mesin dan transmisi ini dirancang untuk memberikan efisiensi bahan bakar luar biasa dan menghasilkan akselerasi tangguh.Tim penguji independent PT SUCOFINDO (Persero) telah memberikan pernyataan resmi bahwa BBM Ford Fiesta mencapai 23.19 km/liter. 
  6. Toyota Camry Hybrid. Mobil ini mampu memberikan warna cerah terhadap konsumsi BBM. Dengan mengusung teknologi hybrid sedan mewah bermesin 2.493cc suguhkan daya sebesar 143 hp dengan torsi 270 Nm. Untuk konsumsi BBM, Camry Hybrid catat 15,95 km/lt untuk luar kota dan 11,15 km/lt untuk dalam kota. 
  7. BMW 116d. Mobil buatan Jerman ini membuktikan teknologi mesin turbocharged diesel plus EfficientDynamics ini benar-benar efisien. Dengan mengandalkan mesin empat silinder berkapasitas 2.0 liter turbocharged. Jantung pacu ini sanggup hasilkan tenaga 116 hp pada 4.000 rpm dan torsi 260 Nm antara 1.750 - 2.500 rpm. Hasil konsumsi BBM-nya tercatat 2,7lt/100km. Selain irit dari hasil emisi gas buang CO2 juga cukup rendah dengan angka 99g/km karena sebelumnya 118g/km.  
  8. BMW Concept Active Tourer. Mobil ini akan masuk ke segmen city car compact premium dengan keunggulan dynamic performance dan style. Meski dalam model konsep, mobil hybrid pertama BMW ini akan sangat dinantikan banyak orang tahun 2013 ini. BMW akan menggunakan mesin baru tiga silinder berkapasitas 1.5 liter TwinPower Turbo. Mesin ini akan bersanding dengan motor listrik dan baterai lithium-ion atau berteknologi Plug-in Hybrid. Hasilnya untuk konsumsi BBM rata-rata, BMW mengklaim sanggup capai 2,5lt/100km. Sedangkan untuk emisi gas buang CO2 tercatat 60g/km.
  9. Nissan Leaf. Merupakan kendaraan 5-penumpang yang didukung dengan motor listrik. Performa mesin listrik ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 108 hp. Untuk akselerasi hingga kecepatan 100km/h, Nissan Leaf bisa menembus angka di bawah 10 detik. Untuk mobil listrik memang saat ini masih menghadapi beberapa kendala di seluruh dunia. Harganya yang lebih mahal serta sulitnya mendapat atau ketersediaan port pengisian daya listrik mobil menjadi penghalang utama.Tapi sebagai kendaraan masa depan yang sangat ramah lingkungan ini yang akan menjadi harapan banyak orang. 
  10. Mazda CX-5. Kendaraan ini menjanjikan performa mesin tangguh sekaligus efisien. Hasilnya dalam konsumsi BBM tercapai angka 12,47 km/lt untuk luar kota dan 8,24 km/lt untuk dalam kota. Mazda CX-5 mengandalkan mesin bensin empat silinder berkapasitas 1.997cc. Dengan tenaga 155 hp dan torsi mencapai 196 Nm. Performa mesin disalurkan ke penggerak depan melalui transmisi otomatis 6 percepatan. 
  11. Honda Brio Amaze. Mobil ini akan tersedia versi mesin bensin 1.2 liter. Sedang untuk pasar otomotif di India akan mendapat pilihan versi mesin 1.5 litre Earth Dreams i-DTEC turbodiesel yang akan sanggup produksi torsi sebesar 200 Nm.Namun di Indonesia Honda Brio Amaze belum tersedia dan juga tidak diketahui apakah mesin diesel 1.5 i-DTEC akan tersedia juga. Sebab sebagai contoh mesin diesel 1.6 i-DTEC diklaim Honda sanggup capai konsumsi BBM sekitar 3,59 lt/100 km. Kemudian emisi gas buang CO2 yang dihasilkan sekitar 94g/km. 
  12. Mercedes Benz E-Class. Mercedes-Benz sanggup hasilkan kendaraan berteknologi hybrid yang memiliki efisiensi tinggi. Melalui varian Mercedes-Benz E300 BlueTEC Hybrid 2013 yang didukung dengan mesin diesel berkapasitas 2.1 liter empat silinder. Dan konsumsi BBM sedan mewah ini mencapai 4,2lt/100km. 
  13. Daihatsu Sirion. Walau ada beberapa orang yang mengejek tampilan mobil ini tapi jika anda penyuka mobil irit dan efisien tidak ada salahnya memilih Daihatsu Sirion. Dengan harga yang terbilang murah untuk sekelas mobil bermesin 4 Silinder dan 1.298cc, ia juga dapat mencapai kekuatan sampai 92HP pada torsi 120Nm. Konsumsi BBM luar Kota = 18,2Km/Lt dan dalam kota = 12Km/Lt. 
  14. New Kia Picanto. Walau berbadan mungil namun jangan sekali-sekali meremehkan mesin 4 silinder berkapasitas 1.248cc. Mobil yang diproduksi sebagai city car dan menarget kalangan muda ini memiliki tenaga sebesar 87HP pada torsi 120 Nm. Konsumsi BBM luar Kota = 17,25Km/Lt dan dalam kota = 11,7Km/Lt. 
  15. Suzuki Ertiga. Suzuki yang dikenal sebagai mobil dengan konsumsi irit hampir disetiap jenisnya. Seperti tak puas suzuki kembali memberikan jenis mobil baru berlabel Ertiga. Dengan model yang belum pernah dilihat orang Indonesia sebelumnya namun masih memiliki ciri khas ala Suzuki sepertinya mobil ini bakal menyaingin mobil rakyat pilihan orang Indonesia Selanjutnya. Bermesin 1,4 Liter DOHC dengan teknologi VVT membuat MPV ini memiliki ruang pembakaran sempurna sehingga konsumsi bahan bakar pun menjadi irit. kekuatan mesinnya 95HP pada torsi 130 Nm. Konsumsi BBM rata-rata = 16,3Km/Lt. 
  16. New Daihatsu Xenia. Dengan mesin 3 silinder berkapasitas 989cc ia bertenaga 63HP pada torsi 90 Nm. Konsumsi BBM luar Kota = 13,48Km/Lt dan untuk dalam Kota = 9,15Km/Lt. 
  17. Toyota Avanza Veloz. Mobil ini termasuk dalam kelas MPV keluaran Toyota ini memang sudah dikenal masyarakat Indonesia sebagai mobil rakyat, kini mereka memberikan generasi terbaru varian Avanza yang lebih fresh pada tampilan fisiknya. Dengan kapasitas mesin sebesar 1,5 liter mobil ini mampu menguarkan tenaga 104HP pada torsi 136 Nm. Konsumsi BBM luar Kota = 12,13Km/Lt dan dalam Kota = 7,87Km/Lt. 
Lazada Indonesia

7 komentar:

  1. hmmmm ttp gak terbeli buat sy mas. mudahan tahun ajaran depan ada rizki yg lebih untk mobil. salam super. ditunggu kunjungan dan komentar baliknya

    BalasHapus
  2. wahaha mending naik sepeda atau jalan kaki saja :3 ditunggu kunjungan baliknya^^

    BalasHapus
  3. entar kalo ada rizki setifikasi dulu lah

    BalasHapus
  4. livina nggak masuk ya? 1 ltr luar kota 18km, dlm kota 15km

    BalasHapus
  5. mana nih grandlivina? mobil super irit

    BalasHapus
  6. Mitsubishi Mirage ternyata irit banget ya, 1 liter bisa nyampe 44km.

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam