ads

9 Produk Teknologi Terdepan Yang Menakjubkan Tapi Gagal Bertahan

Rabu, 17 Juli 2013
Teknologi tidak ada yang abadi selalu berganti dan berinovasi. Banyak teknologi yang dulu disanjung-sanjung karena sangat menakjubkan, akhirnya harus kandas diterjang oleh waktu. Teknologi yang menakjubkan tersebut ada diantaranya sangat populer pada masanya karena memiliki teknologi yang canggih atau banyak digunakan oleh penggunanya di seluruh dunia. 

Tapi sayang perusahaan tersebut tidak mampu bertahan karena berbagai faktor, dari kurang laku dipasaran, tidak ada pengembangan dan lain sebagainya. 

Berikut 9 Teknologi Terdepan Yang Menakjubkan tapi gagal


  1. Friendster 2003. Friendster dianggap sebagai salah satu jejaring sosial asli dan bahkan disebut "kakek" dari jaringan sosial. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menghubungi anggota lain, mempertahankan kontak-kontak, dan berbagi konten online. Website ini juga digunakan untuk situs kencan dan menemukan peristiwa, band, dan hobi baru. Pengguna dapat berbagi video, foto, pesan dan komentar dengan anggota lain melalui profil mereka dan jaringan mereka. Layanan ini menjadi populer di Asia Tenggara dan merupakan situs utama di dunia. Friendster tidak mati, tetapi pada tahun 2011 itu akhirnya menjadi situs game sosial yang sangat populer di Asia. 



  2. Danger Hiptop. T-Mobile Sidekick, atau yang dikenal sebagai Danger Hiptop, dirilis pada tanggal 1 Oktober 2002, Hiptop original dan unik dibandingkan dengan semua versi perangkat keras lainnya. Perangkat ini sudah menampilkan "Menu", "Kembali", "Jump" dan tombol lain yang dapat diakses bahkan ketika perangkat ini ditutup. Hiptop ini juga memiliki speaker walaupun perangkat ini tidak digunakan untuk menelepon. Dibagian tepi atas bezel telepon terdapat transceiver inframerah. Pada tanggal 2 Oktober 2009, Microsoft kehilangan kemampuan untuk mengakses data pengguna untuk pelanggan T-Mobile Amerika Serikat , Pelanggan kehilangan data termasuk kontak, catatan, kalender dan photos. Akhirnya penjualan T-Mobile Sidekick ditangguhkan. Penjualan dan aktivasi baru dilanjutkan pada tanggal 16 November 2009. 




  3. LiveJournal 1999. LiveJournal adalah kombinasi antara blog dan jejaring sosial. LiveJournal dimulai pada tanggal 15 April 1999 oleh programmer Amerika Brad Fitzpatrick sebagai cara untuk menjaga persahabatan dengan teman-teman SMA-nya dengan memperbaharui aktivitasnya. Seharusnya LiveJournal memiliki popularitas dan uang seperti Facebook atau Google sekarang. Tapi LiveJournal yang pernah menjadi raksasa era Web 2.0, karena salah langkah manajemen dan basis pengguna yang tidak banyak di internet. Di antara kesalahannya adalah penambahan iklan kontroversial di akun non-bebas.



  4. Apple Newton 1993. Platform Newton adalah personal digital assistant (PDA) yang dikembangkan oleh Apple pada tahun 1987. Ini merupakan pendahulu dari Smartphone modern. Proyek ini untuk menjawab tujuan awal untuk komputasi personal, dan kemudian menulis ulang pemrograman aplikasi kontemporer. Proyek Newton akhirnya menjadi korban dari sebuah proyek, karena ketakutan yang semakin meningkat bahwa hal itu akan mengganggu penjualan Macintosh. Menurut mantan CEO Apple, John Sculley, perusahaan menginvestasikan sekitar 100 juta USD untuk mengembangkan Newton, tapi ketika Steve Job kembali ke Apple sebagai CEO-nya, hal pertama yang dia lakukan adalah untuk mengikis proyek tersebut yang sudah banyak mengeluarkan uang dengan menghasilkan keuntungan. 




  5. Protokol Gopher 1991. Gopher adalah sebuah protokol lapisan aplikasi yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan mengambil dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain menu-dokumen, protokol Gopher disajikan alternatif untuk World Wide Web dalam tahap awal, tapi akhirnya HTTP menjadi protokol yang dominan. Ekosistem Gopher sering dianggap sebagai pendahulu yang efektif dari World Wide Web. Diciptakan oleh tim yang dipimpin oleh Mark P. McCahill di University of Minnesota, protokol ini menawarkan beberapa fitur tidak didukung oleh native Web dan menerapkan hirarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya. Meskipun sebagian besar digantikan oleh Web di tahun-tahun berikutnya, protokol Gopher masih digunakan oleh penggemar, dan populasi kecil ini masih menggunakan server aktifnya untuk tetap dipertahankan. 




  6. Philips CD-i 1991. Philips CD-i (Compact Disc Interactive) adalah CD player multimedia interaktif yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Royal Philips Electronics NV ini kategori perangkat diciptakan untuk menyediakan fungsionalitas lebih dari pemutar CD audio atau konsol game, namun dengan harga yang lebih rendah dari komputer pribadi dengan CD-ROM pada saat itu. Penghematan biaya adalah karena kurangnya hard drive, floppy drive, keyboard, mouse, monitor (televisi standar yang digunakan), dan kurangnya perangkat lunak pada sistem operasi tersebut. Konsol permainan, CD-i format terbukti gagal dalam komersial dan beberapa permainan dianggap sebagai permainan terburuk yang pernah dibuat. Pada tahun 1998, Philips mengumumkan bahwa konsol akhirnya dihentikan. 




  7. HyperCard 1987. HyperCard adalah program aplikasi dan tool pemrograman untuk Apple Macintosh dan Apple IIGS komputer, yang merupakan salah satu pertama sistem hypermedia yang sukses sebelum World Wide Web. HyperCard menggabungkan kemampuan database dengan grafis, fleksibel, user interface yang dimodifikasi. HyperCard juga dilengkapi HyperTalk, bahasa pemrograman untuk memanipulasi data dan user interface. Kombinasi fitur tata letak bentuk yang sederhana, kemampuan database dan kemudahan pemrograman menyebabkan banyak digunakan secara luas dalam berbagai peran yang berbeda. HyperCard awalnya dirilis pada tahun 1987 dengan biaya 49,95 USD dan gratis untuk semua Mac baru yang dijual pada saat itu. Tapi akhirnya HyperCard ditarik dari penjualan pada Maret 2004. 




  8. Digital Audio Tape 1987. Digital Audio Tape (DAT) adalah alat perekam dan pemutaran musik atau suara yang dikembangkan oleh Sony dan diperkenalkan pada tahun 1987. Dengan penampilan sangat mirip dengan Compact Cassette, menggunakan pita magnetik 4 mm tertutup oleh shell pelindung, dengan ukuran 73 mm x 54 mm x 10,5 mm. Seperti namanya, rekaman digital DAT memiliki kemampuan untuk merekam pada tingkat sampling yang lebih tinggi, sama atau lebih rendah dari CD pada 16 bit kuantisasi. Jika sumber digital disalin maka DAT akan menghasilkan klon yang tepat, tidak seperti media digital lain seperti Digital Compact Cassette atau non-Hi-MD MiniDisc, baik yang menggunakan sistem reduksi data lossy. Meskipun dimaksudkan untuk menggantikan kaset audio, formatnya yang tidak pernah diadopsi secara luas oleh konsumen karena masalah beban dan kekhawatiran dari industri musik tentang sahnya salinan kualitas digital, dan lain sebagainya dan akhirnya DAT ini tidak bisa dilanjutkan. 




  9. QUBE 1977, layanan interaktif dari Warner Cable, memainkan peran penting dalam sejarah televisi kabel Amerika. Diluncurkan di Columbus, Ohio pada Desember 1977, QUBE diperkenalkan kepada pemirsa, dan pers internasional, beberapa konsep yang menjadi pusat perkembangan masa depan televisi kabel yakni program berbayar per tayangan, jaringan televisi kabel untuk minat khusus, dan layanan interaktif. Tapi layanan tersebut tidak bertahan lama karena biayanya jauh lebih mahal dibandingkan pendapatannya dari pelanggan. Pada tahun 1983, Warner Cable terlilit hutang sebesar 875 juta USD setelah bermitra dengan American Express.

3 komentar for 9 Produk Teknologi Terdepan Yang Menakjubkan Tapi Gagal Bertahan:

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam