ads

Jangan Klik Iklan Ini Di Facebook Atau Twitter

Rabu, 04 September 2013

Sosial media seperti Facebook atau Twitter atau yang lainnya kini telah digunakan oleh lebih dari satu miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Lahan ini tentu menggoda bagi penjahat cyber untuk menyebarkan malware. Mereka sering menanam posting menarik di media sosial yang berisi malware hanya dengan mengklik satu kali saja dan perangkat anda akan langsung terinfeksi virus. 

ESET, sebuah perusahaan antivirus dan keamanan perangkat lunak keamanan, memberikan tips keamanan pada posting sosial, baik itu di Facebook, Twitter atau media sosial lainnya, dan mengingatkan untuk tidak mengklik iklan tersebut. Berikut iklan yang berisi malware

  1. Cerita Satu Fakta, Penjahat cyber ingin memanfaatkan kisah atau cerita satu fakta dari para selebriti yang dikaguminya hal ini dengan memosting cerita selebriti yang menarik tersebut yang biasanya muncul di timeline Anda. Padahal ini tulisan tersebut merupakan cerita bohong dengan link ke malware. 
  2. Memohon Anda Untuk Memberikan Tanda "Suka". Anda mungkin telah menemukan posting yang meminta bantuan untuk mendapatkan jutaan “like atau suka” untuk beberapa alasan sosial atau untuk mengesankan bahwa produk tersebut disukai. Kunjungi log Aktivitas Anda di Facebook Pencari Grafik baru dan pastikan Anda tidak memberikan tanda "like” kepada setiap perusahaan, produk atau situs yang tidak anda ketahui. 
  3. Postingan Yang Berbau Diet. Banyak orang semakin terobsesi dengan berat badan mereka. Mereka ingin mencoba sesuatu yang dapat membantu mereka mendapatkan ukuran yang ideal. Scammers sering memanfaatkan diet dengan menawarkan "berat badan menakjubkan” sehingga hanya dengan menyebutkan kata "diet" membuat Anda gugup, dan menuntunnya untuk mengklik link tersebut. 
  4. Teman Yang Mengirim Kartu Hadiah. Meskipun mendapatkan kartu hadiah dari teman dapat membuat Anda merasa senang, tapi jangan sangka ini bisa berakhir dengan sistem yang terinfeksi. "Gift Card” atau “Hadiah kartu" terkadang menuntun anda memberikan data pribadi atau men-download malware yang mencuri informasi pribadi yang sensitif. 
  5. Outlet Berita Yang Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya. Para penjahat dunia maya sengaja membuat link berita palsu yang seolah-olah berita nyata. Padahal link tersebut menuntun anda ke situs yang berisi malware. Untuk itu hati-hati membuka link dari situs berita yang tidak valid.
  6. Posting Dari Teman Tentang Sebuah Berita Global. Link tentang berita global mungkin sering muncul di feed Facebook Anda seperti yang disarankan pos. Cara terbaik adalah untuk menghindarinya karena akan dapat menyebabkan Anda mendownload malware secara otomatis setelah diklik dan jangan berbagi link ini kepada teman-teman Anda.  
LazadaID

1 komentar on Jangan Klik Iklan Ini Di Facebook Atau Twitter

  1. thanks gan infonya bermanfaat banget, banyak banget iklan kayak gitu

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam