ads

Nokia Akhirnya Dijual Ke Microsoft Seharga Rp. 82 Trilyun

Selasa, 03 September 2013

Microsoft pada Senin malam baru saja mengumumkan bahwa perusahaan tersebut membeli bisnis ponsel Nokia. Kesepakatan penting akan membawa Microsoft bersaing dengan Apple dan Google di ranah smartphone yang akan menjadi rebutan. 


Microsoft mengakuisi Nokia sebesar 7,2 milyar USD atau setara dengan Rp. 82 Trilyun dengan asumsi 1 USD = Rp. 11.500,-. Dengan akuisisi Nokia oleh Microsoft, perusahaan ini berharap bisa meningkatkan pendapatannya dan bersaing dengan vendor-vendor ternama seperti Samsung, Apple dan Motorola yang sudah diakuisisi oleh Google. 


Penjualan smartphone Nokia Lumia yang menggunakan sistem operasi Windows Phone kini tumbuh cepat, tapi tentu masih di bawah penjualan smartphone lainnya seperti iPhone, Samsung Galaxy S4 bahkan dengan pendatang terbaru besutan dari Motorola yakni Moto X. Apple dan Google telah menguasai sebesar 86% dari pasar smartphone, sementara sistem operasi Windows Phone Microsoft baru menguasai pangsa sebesar 3,7%. 

Dengan kesepakatan ini, Microsoft mengatakan bahwa perusahaannya tidak dapat menyerahkan kontrol penuh pasar smartphone kepada Google dan Apple, dan memungkinkan para pesaingnya untuk terus berinovasi dalam aplikasi, integrasi, distribusi atau ekonomi. 

Kami sangat bersemangat untuk membawa perangkat mobile yang terbaik dari Microsoft dan Nokia secara bersama-sama," kata Steve Ballmer pada konferensi pers di Finlandia, Ballmer CEO Microsoft yang baru saja mengundurkan diri. Ballmer kesepakatan tersebut sebagai "win-win" bagi kedua perusahaan. Setelah kesepakatan tersebut saham Nokia melonjak lebih dari 45% di perdagangan saham Helsinki. Stepen Ellop dikabarkan akan menggantikan posisi Ballmer sebagai CEO Microsoft. Nokia akan kembali fokus pada usaha pabrik pulp kayunya di barat daya Finlandia. 

2 komentar for Nokia Akhirnya Dijual Ke Microsoft Seharga Rp. 82 Trilyun:

  1. salah tulis itu mas, bukan 8 Triliun rupiah tu murah banget.

    harganya 79 Triliun

    http://inet.detik.com/read/2013/09/03/154937/2348185/319/dibeli-microsoft-rp-79-triliun-saham-nokia-melejit?i991102105

    BalasHapus
  2. Persaingan semakin sengit...!

    Google vs Apple vs Microsoft vs Samsung

    Tinggal 4 Pemain

    Siapa pemenang utamanya nanti..

    Hidup GOOGLE

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam