ads

Menikmati Kecepatan Jaringan 4G Smartfren di Cirebon

Rabu, 09 September 2015
Smartphone dan Modem 4G Smartfren 

Sejak pagi sekitar pukul 09.30 hingga siang hari, kami dari blogger Indramayu dan Cirebon beserta rekan-rekan media dari Jakarta dan Cirebon mengadakan Drive Test Network 4G Smartfren di Cirebon. Check Point pertama di Swiss BelHotel Cirebon di Jalan Cipto Mangunkusumo. 


Para blogger dan media menggunakan 2 bus untuk mengelilingi kota Cirebon. Jalan-jalan yang dikelilingi adalah Jalan Cipto Mangunkusumo kemudian ke Jalan Kesambi Raya. Selama perjalanan dari jalan Cipto ke Jalan Kesambi Raya kami melakukan video call dan chatting dengan Bapak Munir, selaku Vice President Network Smartfren dan hasilnya video call tersebut berlangsung dengan lancar tidak terputus-putus karena jaringan 4G stabil. 


Selama perjalanan menuju ke jalan Kesambi Raya, laptop yang saya bawa disambungkan dengan MiFi Andromax M2P sambil membuka blog, akun media sosial dan Youtube. Video yang saya buka adalah lagu tarling yang menjadi ciri khas orang pantura Cirebon dan Indramayu hasilnya lagu yang dibuka di Youtube berjalan tanpa buffering seperti nonton televisi atau video di rumah. 

Speedtest di Krucuk saat bus sedang berjalan 

Dari Jalan Kesambi Raya kemudian bus yang kami tumpangi mengarah ke Jalan Tentara Pelajar lalu menuju ke Jalan Wahidin. Di daerah Krucuk dalam kondisi bus bergerak, saya mengadakan uji speed test di laptop dan hasilnya tidak mengecewakan speed download mencapai 1,77 Mbps, dan upload 0,51 Mbps. 

Kemudian bus yang kami tumpangi menuju ke jalan Siliwangi yang menjadi pusat kota Cirebon. Dimana di tempat ini terdapat Kantor Walikota Cirebon, Masjid Agung At Taqwa dan alun-alun kota Cirebon. Setelah itu kami dan rombongan menuju ke jalan Karanggetas, lalu menuju jalan Lawang Gada dan melintasi daerah sekitar Keraton Kasepuhan Cirebon. 
Speedtest di sekitar BAT Cirebon 

Di sekitar kota tua Cirebon yakni Pabrik BAT, kami dan rekan blogger mencoba speed test di daerah tersebut hasilnya speed download mencapai 2,9 Mbps dan speed upload hingga 1,34 Mbps. Dalam perjalanan saya penasaran untuk mencoba downlaod video dari Youtube. Dengan menggunakan kode khusus akhirnya salah satu video bisa didownload. File yang besarannya 19,3 MB bisa di download kurang dari tiga menit dengan jaringan 4G Smartfren. 

Download Youtube dengan jaringan 4G Smartfren 

Selama perjalanan saya memutar video yang didonwload menggunakan akses internet di jaringan 4G Smartfren. Ternyata lagu-lagu tarling tersebut disukai oleh blogger dan rekan-rekan dari Smartfren terutama mas Fonda. 
Nonton Video Youtube

Drive test network 4G Smartfren kemudian dilanjutkan ke Jalan RA. Kartini hingga ke Jalan Tuparev. Setelah dari Tuparev perjalanan di lanjutkan ke Jalan Brigjen Darsono. Di laptop masih tetap video Youtube yang saya putar masih berjalan tanpa ada kendala. 

Smartfren Development Community di SMA Negeri 7 Cirebon

Tujuan berikut dari blogger dan media adalah SMA Negeri 7 Cirebon. Ditempat ini sedang diadakan acara Smartfren Community Development. Acara ini memberikan sosialisasi kepada para guru tentang manfaat dari internet untuk pendidikan. 

Pembagian Modem kepada Guru

Selain acara sosialisasi manfaat internet kepada para guru, Smartfren juga memperkenalkan layanan 4G kepada rekan-rekan guru di Cirebon, dan memberikan bantuan perangkat berupa modem MiFi Andromax M2P kepada rekan-rekan guru SMA Negeri 7 Cirebon untuk menunjang kegiatan mereka seperti mencari materi pembelajaran, mencari inovasi pembelajaran dan lain sebagainya. 

Pemenang Speedtest di perangkat smartphone Andromax Es

Setelah acara Smartfren Community Development di SMA Negeri 7 selesai, kami dan rombongan menuju ke Swiss BelHotel. Dalam perjalanan kembali, rekan-rekan dari Smartfren memberikan game kepada rekan-rekan blogger. 

Gamenya adalah adu speed test jaringan 4G Smartfren di smartphone Andromax Es blogger. Ternyata dari 12 blogger yang menggunakan perangkat yang sama ternyata smartphone milik Agus Nuril yang mendapat kecepatan paling cepat. Dia berhak mendapatkan hadiah berupa modem MiFi Andromax M2P. 
Seru-seruan di bus bareng rekan-rekan blogger

Selepas game, kami diminta rekan-rekan dari Smartfren untuk memperkenalkan diri sendiri. Di awali oleh blogger yang duduk paling depan yakni Dewi dan Susi Usielawati. Kemudian dilanjutkan Rizki Rahmadania, Syahrurriza, kemudian kepada saya, Agus, Ridwan, Santosa, Taufik, Tofik, Mas Ud dan Kang Dodi. Sepertinya rekan-rekan blogger ada yang penasaran satu sama lain dengan acara perkenalan ini akhirnya kita bisa saling kenal. 
Makan Siang di Swiss BelHotel Cirebon

Sesampainya di Swiss BelHotel Cirebon, kami sudah disiapkan makan siang dengan berbagai menu pilihan oleh panitia. Perut yang kosong dan menu yang nikmat membuat makanan langsung disantap dengan lahapnya tanpa sisa. 

Menu Makan Siang

Setelah makan siang kami dan rekan-rekan blogger sempat mencoba speed test lagi dan hasilnya speed download 10,67 Mbps, dan speed upload 2,24 Mbps. Kalau kecepatan seperti ini kerjaan ngeblog jadi tambah semangat karena untuk membuat satu atau beberapa tulisan tidak membutuhkan waktu yang lama terutama saat upload gambar di blog. 
Uji Kecepatan Internet 4G Smartfren

Media dan blogger kemudian dikumpulkan di ruang meeting untuk membahas drive test network 4G Smartfren yang tadi dilaksanakan. Pak Munir dan Pak Derick menjelaskan tentang teknologi LTE dan ketersediaan perangkat Smartfren di pasaran. 
Bapak Munir dari Smartfren

Selain membahas masalah teknologi, jaringan dan perangkat kepada para blogger dan media. Pihak Smartfren juga meminta masukannya oleh Bapak Munir mengenai acara tadi. Beberapa rekan blogger menyampaikan pengalamannya kepada pihak Smartfren dari menggunakan layanan video call, menonton video Youtube, upload video ke Youtube dan lain sebagainya. 
Sesi Tanyajawab 
Beberapa rekan media pun ada yang menanyakan beberapa hal termasuk mengenai program trade-in untuk pengguna Smartfren yang lama. Pak Munir menjelaskan bagi pengguna Smartfren yang lama diharapkan menukarkan perangkatnya ke galeri Smartfren terdekat karena jaringan CDMA saat ini akan berubah menjadi LTE Advance secara bertahap. 
Media dan Blogger 

Smartfren juga memberikan benefit kepada pengguna lama yang sering mengisi ulang pulsa. Semakin banyak mengisi ulang pulsa maka semakin besar mendapatkan potongan untuk menukar atau membeli perangkat 4G LTE Smartfren. 

Foto Bareng Blogger dan Media

Setelah acara chit-chat acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan media dan blogger yang telah melaksanakan acara Drive Test Network 4G Smartfren di Cirebon. Rekan-rekan media akan lanjut ke Bandung untuk ujicoba layanan 4G di Bandung sementara rekan-rekan blogger kembali ke rumahnya masing-masing. 

Pemenang Lomba Live Twit

Tetapi sebelum pulang panitia dari Smartfren mengumumkan pemenang lomba live twit acara Drive Test Network 4G Smartfren dan pemenangnya adalah saya. Alhamdulillah hadiah tersebut menjadi hadiah tambahan setelah tadi pagi diberi dua perangkat untuk ujicoba yakni smartphone Andromax Es dan modem Andromax M2P. 

Itulah keseruan acara drive test network 4G Smartfren Cirebon bersama rekan blogger dan media. Tetapi jika Anda belum yakin dengan jaringan 4G Smartfren di Cirebon, Anda bisa mencobanya sendiri menggunakan modem atau smartfren yang sudah mendukung jaringan 4G di Cirebon. Selamat mencoba dan mengeksplorasi jaringan 4G dari perangkat Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar test