Aug 11, 2011

Square-Enix Mencari Developer Game Lokal Untuk Bekerjasama

Square-Enix Mencari Developer Game Lokal Untuk Bekerjasama

Acara Tabloid Chip Indonesia yang diadakan di Hongkong Café pada hari Rabu tanggal 10 Agustus 2011 baru saja berlalu. Acara yang diberi nama Chip Meet Up Volume 3 ini di beri tema Tren Android. Sepertinya Sistem Operasi Android sedang menjadi tren di dunia begitu juga dengan Indonesia. Menurut sebuah survey setiap hari ada sekitar 550.000 aktivasi baru android, lebih dari 400 handset, dan 250.000 aplikasi yang siap diunduh. Perkembangannya sangat pesat sekali pada saat ini mengalahkan Operating sistem lainnya.

Perwakilan dari Tabloid Chip membuka acara ini kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh Batista R. Harahap (CIO Urbanesia) yang juga sebagi developer Android. Batista memaparkan tentang sejarah singkat Android sampai aplikasi androidnya. Urbanesia sebagai Star-Up di Indonesia sudah membuat aplikasi Android yang diberi nama “JAJAN” sebuah aplikasi berbasis lokasi untuk mencari tempat makan yang terdekat pada saat kita ingin makan. Tidak akan lama Urbanesia juga akan meluncurkan aplikasi Android yang baru dengan nama “Urbanesia Bali”. Aplikasi ini menyajikan tempat makan yang ada di Bali dan digunakan untuk turis asing atau domestik pada saat tinggal di Bali.

Android memang mengalami banyak perubahan dari cupcake, donut, éclair, froyo, gingerbread, honeycomb hingga sekarang ice cream sandwich. Perubahan ini karena semata-mata Google sebagai perintis Android ingin menjadi inovator dalam segala hal. Setelah pemaparan dari Batista Harahap acara dilanjutkan dengan pemaparan dari pemerhati Android yakni Lucky Sebastian. Lucky Sebastian lebih menjelaskan kelebihan-kelebihan dari Andoid ini.

Diantara kelebihan Android adalah pembuatan aplikasinya yang sangat mudah, data yang disimpan oleh kita di Android tidak akan hilang walaupun handsetnya/smartphonenya hilang, penggunaan yang sangat user friendly, pada saat kita membuka sebuah halaman web dan tulisannya terlalu kecil untuk dibaca maka kita tinggal menariknya maka tulisan menjadi besar dan pengaturan rata kanan dan kiri akan otomatis, pengguna Android tidak dikontrol oleh Google alias bebas, aksesnya yang sangat cepat pada saat kita ingin menelepon, mengirim email, mengambil gambar dan mengakses internet, dapat tersambung dengan jejaring sosial secara cepat dan terintegrasi dengan beberapa sosial media lainnya, dan masih banyak lagi lainnya.

Setelah pemaparan dari Lucky Sebastian acara dihentikan dulu untuk buka puasa bersama. Setelah acara buka puasa bersama acara dilanjutkan oleh pemaparan dari Mr. Takashi Tokita dari Square Enix. Square Enix ini developer yang mengembangkan Game Final Fantasy. Final Fantasy pasti sudah tidak asing lagi oleh Gamer Indonesia karena sering dimainkan di konsol Play Station dan sekarang sudah merambah ke beberapa platform. Walaupun kemampuan Bahasa Inggris Mr. Takashi Tokita tidak begitu fasih tapi ada kabar yang sangat menarik untuk pengembang/developer Game Indonesia. Karena Square Enix sedang mencari orang yang mempunyai ide-ide kreatif mengembangkan game yang menarik dari putra-putri Indonesia. Oleh karena itu Square Enix menggandeng MIKTI membuat acara “Game Ideas Competition” dimana pemenangnya selain mendapat hadiah uang tunai juga memiliki kesempatan gamenya di publish oleh Square Enix dan akan tetap memiliki hak cipta karyanya. Nah bagi yang berminat silakan buka webnya MIKTI di www.mikti.org.


Square-Enix Mencari Developer Game Lokal Untuk Bekerjasama
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon