Mar 13, 2013

Raspberry Pi, Komputer Seukuran Kartu Kredit

Raspberry Pi, Komputer Seukuran Kartu Kredit


Kalau selama ini ukuran komputer identik dengan besat dan berat, tetapi tidak demikian dengan Raspberry Pi. Komputer buatan dari industri swadaya di Inggris ini berhasil mengembangkan sebuah desain komputer berukuran hanya sebesar kartu kredit. Perusahaan swadaya itu mampu menjual sebanyak satu juta unit di tahun pertamanya. Harga Rapsberry Pi berada di kisaran antara 25 - 35 dolar atau sekitar 250 – 350 ribuan. 

Menurut Direktur eksekutif Raspberry Pi Foundation, Eben Upton, meski berawal dari manufaktur di China, namun sebagian proses produksinya juga dilakukan di Pabrik Sony di South Wales. Karena sebagian besar proses produksinya menggunakan sistem otomatisasi, mereka bisa menekan ongkos tenaga kerja hingga seminimal mungkin. 

Berikut spesifikasi Raspberry Pi : memiliki layar LCD dengan resolusi 640 x 480 piksel, memiliki Keyboard QWERTY dengan touchpad built-in, memori internal sebesar 64GB SSD buatan Samsung (dengan partisi swap 1GB), baterainya bisa bertahan hingga 10 jam, bisa ditambah dengan SD card sebesar 4GB SD dan di dukung oleh akses WiFi dan Bluetooth. 

Raspberry Pi, Komputer Seukuran Kartu Kredit
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon